Home » » [Es Teler] Produk Unyu-Unyu Ala Panmomo yang Bikin Kesengsem

[Es Teler] Produk Unyu-Unyu Ala Panmomo yang Bikin Kesengsem

Merry Christmas and Happy New Year Gaaaaaan!


Masih dihawa-hawa liburan nih, ketemu lagi sama ES TELER alias Success Story of Recommended Seller!


Kali ini kisah Seller sukses yang bakalan kita kupas itu bergerak di bisnis barang-barang unik nan unyu, cocok banget buat yang nyari hadiah buat pasangan, ehhmm kalo yang belum punya..semoga tahun baru ini mendapatkan pasangan yang sejati ya Gan!


Langsung aja kita panggil, PANMOMO!




Halo Gan Pindy, lagi sibuk apa nih?


Halo juga Sehari-harinya sih kita sibuk siapin orderan dari pelanggan dan reseller kita, selain itu juga sedang ngebagusin situs dan mencari barang unik yang baru.




Dari mana asal nama Panmomo?


Saat itu saya dan Andy (Co-Founder panmomo) mencari sebuah nama store yang unik dan lucu, namun ga terlalu panjang supaya mudah diingat. Selain itu juga yang belum mempunyai domain .com-nya. Beberapa kandidat namanya yang saya ingat waktu itu ada tanpopo, tanmomo dan akhirnya pilihannya jatuh ke panmomo.




Sebenarnya apa saja jenis produk yang Panmomo sediakan?



Kami menyebutnya barang unik, barang yang jarang dilihat di mall atau toko online lain. Ada beberapa kategori yang tersedia di panmomo, mulai dari aksesoris, fancy stationery, jam dinding, tas, lampu (yang sempat masuk hot review Kaskus juga) dan mug. Ke depannya kami berencana untuk menambah produk t-shirt juga.




Gimana cara memilih produk-produk yang akan dijual? Atas dasar apa dan kenapa yakin produk tersebut bakal disukai oleh konsumen Panmomo?


Awalnya kami lihat apakah kualitas produknya bagus, apakah kualitasnya sebanding dengan harganya, lalu berapa banyak penjual yang juga punya produk serupa di pasaran. Kalau sudah banyak, apakah kami bisa menang dalam hal harga di panmomo. Itu beberapa faktor yang kami pertimbangkan sebelum membeli produk baru untuk dijual di panmomo.
Sampai sekarang kami juga masih ada beberapa barang yang ternyata kurang disukai, dan menurut kami itu normal. Dulu dari 10 barang yang kami jual, mungkin hanya 5-6 jenis yang mudah terjual, sekarang mungkin ada 7-8 jenis yang gampang laku. Stok barang mati di gudang juga pastinya ada :P




Yang paling laris biasanya apa Gan? Apakah ada timeline tertentu, misalnya sebulan sekali, untuk ganti jenis produk?


Yang paling laris di panmomo adalah mug. Ternyata banyak yang suka dengan mug unik dan digunakan di kantor untuk minum kopi atau teh (sebagai gelas pribadi). Biasa setiap bulan kami memasukkan beberapa jenis barang baru, antara 6-8 jenis dari berbagai kategori. Yang sangat disayangkan adalah sering ada produk yang tidak diproduksi lagi padahal respon dari pembeli sangat bagus, jadi setiap bulan ada sekitar 1-2 jenis produk yang terpaksa kita hapus dari katalog produk panmomo.


Berapa karyawan dan reseller Panmomo sekarang?


Tim panmomo baru ada lima orang, saya, Andy (programmer canggih yang membuat situs panmomo dari nol), Endah (admin yang menerima dan menyiapkan pesanan dari pelanggan dan reseller, kaskuser berat juga), dan duet Lusi-Zelta, shop assistant untuk booth kita di mall Central Park. Mudah-mudahan ke depannya bisa nambah karyawan lagi


Pesanan yang ditunggu-tunggu


Sibuk packing pesanan


Endah & Pindy


Untuk reseller, saat ini yang tergabung di panmomo ada sekitar 70 orang, dengan reseller aktif sekitar 8-10 orang. (Thanks!)


Untuk memotivasi Kaskuser, berapa kisaran omzet Panmomo tiap bulannya?


Dari penjualan online, termasuk melalui reseller, omset kita sekitar 30 juta rupiah per bulan.




Sejak kapan Panmomo memutuskan buka toko sendiri? Dimana dan apa suka dukanya?


Kami sudah punya rencana untuk membuat toko sendiri semenjak tahun 2012, tapi baru kesampaian di bulan Agustus 2013 ini (tepatnya di Central Park Mall lantai 3, depan Gramedia). Punya toko offline merupakan salah satu cita-cita kita di 2013 yang kita sendiri gak menyangka bisa terwujudkan. Bagusnya kalau sekarang ada yang nanya, "sis ini online aja ya?" kita bisa jawab kalau sudah ada tokonya biarpun cuman satu hahaha... Dukanya sih kalau penjualannya lagi gak bagus aja.


Lusi dan Andy, di booth panmomo di Central Park Mall


Mengapa Gan Pindy membuka lapak di KASKUS? Apa manfaat KASKUS buat Agan?


Saya sendiri seorang Kaskuser dari tahun 2004, walaupun gak pernah aktif posting tapi saya sering menghabiskan waktu kosong dengan buka-buka Kaskus. Ketika memutuskan mau berjualan online, yang kepikiran adalah jualan melalui Kaskus. Pertama kali jualan juga agak gak pede, takut gak laku, apalagi waktu itu sistem penjualan saya pre order. Eh ternyata responnya bagus, dan dari situ saya jadi yakin untuk terus berjualan secara online. Gak hanya di online, panmomo sekarang sering ikut bazaar karena dulu ikut event yang diadain Kaskus (tepatnya SocMedFest), setelah event itu kita juga mulai berani ikut event offline yang lebih besar lagi. Jadi melalui Kaskus saya merasa di-encourage untuk terus masuk ke bidang ini.


Apa pengalaman lucu atau unik yang pernah dialami Agan selama berjualan?



So far sih pengalaman kita normal-normal aja, dapet customer yang puas ada, pernah juga diomelin customer dan dikirimin barang rusak sama supplier, pernah juga ketipu. Sama dengan penjual-penjual lainnya hahaha...




Bagi tips untuk Kaskuser dong, gimana caranya jadi reseller sukses di KASKUS


Untuk toko dengan budget kecil seperti panmomo, yang bisa kita lakukan cuma hal-hal simpel aja, misalnya:
1. Fast response, entah itu pertanyaan lewat email, telepon, sms kita akan balas secepat mungkin.
2. Pastikan barang sampai di pembeli dalam keadaan bagus. Mug yang kita kirim kadang sudah pecah begitu diterima, tapi selalu kita ganti lagi yang baru tanpa biaya tambahan apapun. Buku juga kadang ternyata ada yang basah (kehujanan), kelipat, atau bonyok. Semuanya adalah tanggung jawab kami dan akan kami ganti.
3. Harga yang terjangkau. Harga barang di panmomo di set supaya sebanding dengan kualitasnya. Harga di panmomo bukan yang paling murah se Indonesia, karena kami tahu kami tidak bisa bersaing soal harga dengan pemain lain yang lebih besar, belum lagi pendapatan kami harus bisa menutup biaya operasional plus bayar gaji karyawan yang layak. Tapi harganya juga gak mahal sehingga customer merasa di "rip off" ketika belanja di panmomo.
4. Melayani reseller dengan baik. Perkembangan panmomo sampai tahap ini sangat terbantu oleh reseller. Jadi kami sangat menghargai reseller dan berusaha mendukung reseller sebaik-baiknya.
5. Beramal. Kita mempunyai program Donation Item ( bisa dibaca di sini: http://panmomo.com/help/donation ) yang singkatnya, untuk pembelian item tertentu, sebagian keuntungannya akan disumbangkan melalui YCAB (Yayasan Cinta Anak Bangsa). Walaupun jumlahnya belum banyak, tapi kita jadi selalu punya motivasi untuk maju terus.


Oke, terima kasih Gan! Sukses buat Panmomo!


Terima kasih untuk semua yang sudah menemani panmomo sampai sekarang, dan tidak lupa terima kasih dan sukses juga buat Kaskus!
Happy holiday!


Lapak KASKUS :
klik dimari
Toko Panmomo : Central Park, lantai 3 depan Gramedia


Quote:Agan punya lapak seru yang ngejual barang atau jasa yang unik dan berkualitas? Mau di-review kaya gini Gan? Yok isi FORM REGISTRASI FJB SELLER ini! Gratis!

Spoilerfor : Disclaimer

Tulisan ini hanya merupakan artikel liputan biasa, bukan merupakan kepastian jaminan rekomendasi KASKUS untuk pihak tertentu. Segala transaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli merupakan tanggung jawab masing-masing pihak.

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/52be6516bfcb17f26f8b48ec

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger