Home » » Lokasi-Lokasi Menarik di Bekasi yang Jarang Diketahui

Lokasi-Lokasi Menarik di Bekasi yang Jarang Diketahui

Quote:Quote: Welcome to My Threads
Quote:Kabupaten Bekasi adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Kota Cikarang. Kabupaten ini berada tepat di sebelah timur Jakarta, berbatasan dengan Kota Bekasi dan Provinsi DKI Jakarta di barat, Laut Jawa di barat dan utara, Kabupaten Karawang di timur, serta Kabupaten Bogor di selatan. Kabupaten Bekasi terdiri atas 23 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Memiliki luas wilayah 1.484,37 km2 dan penduduknya sekitar 2.630.401 jiwa. kepadatannya mencapai 1.772,07 jiwa/km2. 72% wilayah Kabupaten Bekasi berada pada ketinggian 0-25 meter di atas permukaan air laut.
Spoilerfor 2:
Di Kabupaten Bekasi terdapat enam belas aliran sungai besar dengan lebar berkisar antara 3 sampai 80 meter, yaitu sebagai berikut Sungai Citarum, Sungai Bekasi, Sungai Cikarang, Sungai Ciherang, Sungai Belencong, Sungai jambe, Sungai Sadang, Sungai Cikedokan, Sungai Ulu, Sungai Cilemahabang, Sungai Cibeet, Sungai Cipamingkis, Sungai Siluman, Sungai Serengseng, Sungai Sepak dan Sungai Jaeran.
Spoilerfor 2:
Selain itu, terdapat 13 situ yang tersebar di beberapa kecamatan dengan luas total 3 Ha sampai 40 Ha, yaitu Situ Tegal Abidin, Bojongmangu, Bungur, Ceper, Cipagadungan, Cipalahar, Ciantra, Taman, Burangkeng, Liang Maung, Cibeureum, Cilengsir, dan Binong.
Spoilerfor 2:
oke biar gak kelamaan nunggu langsung aja cekidot
Spoilerfor Cekidot: Quote:1. Taman Buaya Indonesia Jaya
Spoilerfor 1:
Jika kita melintas dari Cikarang kearah Bogor/Jonggol/Cianjur/Karawang/Bandung melalui jalan Cikarang-Cibarusah, maka akan melewati kompleks penangkaran buaya di Serang.
Penangkaran buaya ini dikenal dengan Taman Buaya Indonesia Jaya. Dengan jumlah buaya kurang lebih 500 ekor, Taman Buaya Cikarang merupakan salah satu penangkaran terbesar di Asia bahkan dunia.
Selain sebagai penangkaran buaya, juga sebagai sarana rekreasi alternatif, karena Taman Buaya juga menyediakan tempat untuk rekreasi. Terdapat taman bermain untuk anak, sarana untuk bersantai, panggung hiburan bahkan pada hari-hari tertentu diadakan pertunjukan manusia dan buaya.
Jadi, mengapa kita tidak bersantai sejenak sambil melihat-lihat buaya di Taman Buaya Indonesia Jaya.
Quote:2. Jababeka
Spoilerfor 2:
Terletak di Cikarang Baru, Jababeka dibagi menjadi 2. Ada Jababeka 1 dan Jababeka 2. Jababeka 1 merupakan lokasi Kawasan Industri kota Cikarang. Kota Cikarang memang dikenal sebagai Kota Industri karena banyaknya jumlah Perusahaan yang terletak di wilayah Kabupaten Bekasi ini. Salah satunya Samsung, Unilever, Loreal, Garnier, Kraft, Toshiba, Panasonic, Sosro, Coca Cola, dsb.
Sementara di Jababeka 2 merupakan perumahan dan pusat kota di wilayah Kabupaten Bekasi. Di Jababeka 2 ini terdapat beberapa fasilitas diantaranya arena Outbond, Paintball, Padang Golf, Botanic Garden, dan Movieland. Tempat-tempat tersebut biasa dikunjungi oleh warga sekitar sekedar untuk jalan pagi, berkumpul, dan bersantai. Karena lokasinya yang cukup teduh diselimuti pohon-pohon yang rindang. Namun Padang Golf Jababeka merupakan tempat yang harus agan kunjungi. Jababeka Golf & country club adalah tempat yang ideal untuk golf rekreasi maupun untuk business entertaining. Dirancang oleh Nick Faldo-pegolf kelas dunia, Jababeka Golf menawarkan tantangan championship course serta menyediakan panorama bentang alam yang menakjubkan serta lingkungan yang tenang. Lapangan premier 18-hole yang memiliki sentuhan elemen strategis seperti fitur air, berbagai pilihan tee, dan berbagai macam posisi pin. Jababeka Golf mampu menarik 3.500 hingga 4.000 pegolf dan tamu setiap bulan, sebagian besar berasal dari Korea, Jepang dan Eropa. Di Jababeka 2 ini pula terletak President School dan markas besar Polres Kabupaten Bekasi.
Quote:3. Waterboom Lippo Cikarang
Spoilerfor 3:
Water Boom Cikarang didesign khusus sebagai Taman Rekreasi Air Kelas Dunia dengan konsep nuansa alam Bali yang eksotis. Dan merupakan salah satu taman wisata air terbaik di Indonesia. Berbagai aktivitas dan atraksi Air yang menarik, unik, mengasikkan dan penuh dengan petualangan bagi anak-anak, remaja, sampai dewasa dapat agan rasakan disini!!
Selain menyajikan suasana alam yang Asri, Teduh dan Nyaman,Water Boom Lippo Cikarang juga menyediakan berbagai permainan air yang seru yang bisa dinikmati anak-anak, remaja dan orang tua sekalipun.
Quote:4. Rumah Tradisional Saung Ranggon
Spoilerfor 4:
Saung Ranggon diperkirakan dibangun pada abad-16 oleh Pangeran Rangga, putra Pangeran Jayakarta, yang datang dan kemudian menetap di daerah ini. Saung ini merupakan bagian dari basis perlawanan masyarakat Bekasi terhadap pemerintah kolonial Hindia Belanda. Bangunan ini diakui oleh masyarakat Bekasi sebagai bangunan tertua di Cikarang Barat, pada khususnya, dan mungkin di seluruh Bekasi. Pada tahun 1821, saung ini ditemukan oleh Raden Abbas. Berlokasi di Desa Cikedokan, Kecamatan Cikarang Barat.
Quote:5. Bumi Perkemahan Karang Kitri
Spoilerfor 5:
Bumi perkemahan karang kitri merupakan obyek wisata perkemahan alam yang memiliki pemandangan indah dan menarik. Dilengkapi oleh fasilitas outbound dan perkemahan yang lengkap. Berlokasi di Karang Mulya, Kecamatan Bojong Manggu.
Quote:6. Kota Delatamas
Spoilerfor 6:
Kota Deltamas merupakan kawasan wisata dan bisnis serta perumahan dengan gaya arsitektur perpaduan Eropa dan Amerika. Berlokasi di kecamatan Cikarang Pusat. Biasanya digunakan untuk sekedar jalan santai atau bersepa santai.
Quote:7. Gedung Juang '45/Gedung Tinggi
Spoilerfor 7:
Gedung ini berada pada lingkungan perumahan dan perkantoran. Berada di tepi jalan raya Hasanudin No. 5, Kecamatan Tambun Selatan atau jalan yang menghubungkan Tambun-Bekasi-Jakarta. Jarak Bandung ke Tambun sekitar 95 km, dan Tambun - Bekasi ke arah Barat sekitar 10 km, dapat ditempuh dengan kendaraan umum dari berbagai arah. Secara geografis gedung berada pada koordinat 107 05'.455" BT dan 06 25' 953" LS dan ketinggian 33 m di atas permukaan laut.
Gedung juang 45 merupakan tempat bersejarah yang memiliki nilai-nilai perjuangan. Saat ini gedung juang ’45 difungsikan sebagai museum dan perpustakaan pemerintah kota Bekasi. berada di jln. Sultan Hasannudin, Kecamatan Tambun.
Quote:8. Pantai Muara Gembong
Spoilerfor 8:
Pantai Muara Gembong lokasinya berada di Desa Pantai Sederhana yang termasuk dalam kawasan Kecamatan Muara Gembong. Pantai Muara Gembong ini memiliki keindahan alam yang menawan dan juga pesona pantai yang menjanjikan untuk dijadikan sebuah objek wisata di Kabupaten Bekasi. Salah satunya yaitu Pantai Muara Bendera, terletak di Desa Pantai Bahagia Kecamatan Muara Gembong. Di sana agan bisa menemukan hutan bakau dan beberapa satwa liar yang tinggal di dalamnya. Lalu ada Pantai Muara Beting di Desa Pantai Bahagia. Selain bisa melihat hutan bakau, biasanya hutan bakau ini disinggahi oleh burung yang sedang bermigrasi dari Laut Cina Selatan. Selain itu terdapat juga lutung dan buaya rawa.
Quote:9. Rumah Tuan Tanah Pabayuran
Spoilerfor 9:
Rumah Tuan Tanah Pebayuran terletak di Jalan Raya Pebayuran, Desa Pebayuran, Kecamatan Pebayuran. Seraca geografis terletak pada 107 17'.091" BT dan 06 12' 913" dan 52 di atas permukaan laut. Dahulu rumah ini sebagai tempat tinggal Tuan Tanah Pebayuran, dan sekarang digunakan sebagai kantor Polisi Sektor (Polsek) Pebayuran/ruang pertemuan. Bangunan ini menurut penuturan para pejuang setempat (Bekasi dan Karawang), di masa perjuangan kemerdekaan digunakan sebagai basis perjuangan rakyat Indonesia terutama dari daerah Bekasi dan Karawang, diperkirakan dibangun tahun 1930. Pada saat Ir. Soekarno diasingkan oleh para pejuang untuk persiapan proklamasi kemerdekaan, dari rumah pengasingan di Rengasdengklok (Karawang) dibawa dan mampir dulu di rumah tersebut dan beliau berkesempatan memberikan arahan dan wejangan kepada para pejuang setempat sebelum ke Jakarta.
Quote:10. Klenteng Liem Thay Soekong
Spoilerfor 10:
Klenteng Liem Thay Soekong (Kong Siang Tee Kong) terletak di Jalan K.H. Fudolih, Kampung Klenteng, Desa Karang Asih, Kecamatan Cikarang Utara. Berada pada koordinat 06 15 294 LS dan 107 08 557 BT, dengan ketinggian 95 fit dari permukaan tanah.
Lingkungan klenteng merupakan perkampungan penduduk keturunan Cina terlihat pada bangunan-bangunan yang terletak di tepi Jl. Raya Pasar Karang Asih masih tampak beberapa bangunan dengan arsitektur Cina yang sejak dulu sebagai pertokoan.
Klenteng ini sebagai salah satu bukti bahwa Kabupaten Bekasi sejak abad ke-16 M telah mempunyai hubungan perdagangan dengan Cina dan secara budaya telah terjadi akulturasi secara damai. aktivitas budaya Cina dari komunitas masyarakat keturunan Cina yang ada di Desa Karang Asih, Kecamatan Cikarang Utara dapat berperan dalam menyajikan keanekaragaman budaya dengan tetap menggelarkan perayaan Tahun Baru Cina (Cap Go Meh)
Quote:11. Situs Buni
Spoilerfor 11:
Buni Pasar Emas, Desa Buni Bakti , Kecamatan Babelan. Secara geografis terletak pada UTM : X 725.518.19 Y 9.324.459.91 34 dpl / sekitar Latitude : -6.089307 Longitude : 107.022243 dan ketinggian 23 m Di atas permukaan laut.
Situs Buni merupakan kawasan penemuan benda-benda arkeologi, hasil penelitian di wilayah Kampung Buni Pasar Mas dan Buni Pendayakan menunjukkan adanya temuan berupa tembikar terdiri dari macam-macam bentuk dan ukuran berupa periuk, mangkuk berkaki, kendi dan tempayan. Selain itu ditemukan adanya beliung persegi, artefak logam perunggu dan besi, gelang dari batu dan kaca, perhiasan emas, manik-manik, bandul jala dari terakota dan tulang belulang manusia. Penelitian ini dilakukan oleh Tim Penelitian dari Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasional (LPPN), yaitu tahun 1960 (berupa ekskavasi penyelamatan) dan dilanjutkan secara intesif pada tahun 1964, 1969 dan 1970 LPPN yang dipimpin oleh R.P. Soejono.
Quote:12. Keindahan Alam Desa Cicau
Spoilerfor 12:
Cicau adalah desa di kecamatan Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia. Di sini terlihat hamparan luas sawah terasering dengan bukit-bukit yang hijau dan jalan yang naik turun seperti pegunungan. Sehingga menimbulkan kesan tersendiri bagi saya. Terutama saat pertama kali saya melewati jalan ini.
Quote:13. Gedung Pemkab Bekasi
Spoilerfor 13:
Lokasinya yang berada di wilayah jauh dari kota, dengan dikelilingi hamparan bukit dan padang rumput yang luas. Dan tidak jauh dari lokasi pemkab terdapat pertambangan Gas Alam terdapat di wilayah selatan. Sumur gas yang sudah berproduksi terdapat di Jatirarangon.
Quote:14. Pusat Perbelanjaan
Beberapa seperti Giant, Carrefour, Lotte Mart, Ramayana, Naga, dan Hypermart banyak terdapat di wilayah kabupaten Bekasi. Namun di wilayah tersebut juga berdiri 3 pusat perbelanjaan terbesar di wilayah kabupaten Bekasi.
Quote:SGC (Sentra Grosir Cikarang)
Spoilerfor 1:
Pusat belanja terbesar dan termegah di cikarang dengan konsep one stop shopping. Terletak di pusat kota kabupaten Bekasi dan berada di wilayah segitiga emas Kawasan Industri dan hunian yang berada di Cikarang. Dengan akses yang mudah karena lokasinya yang dekat dengan Terminal Cikarang. SGC pernah dijadikan salah satu tempat untuk mengisi acara Hip Hip Hura di SCTV.
Quote:CTC (Cikarang Trade Center)
Spoilerfor 2:
Cikarang Trade Center merupakan salah satu pusat perbelanjaan di Cikarang yang mudah diakses, karena lokasinya berada di jalur utama Cikarang â€" Cibarusah. Selain itu posisi CTC berada diantara di kawasan perumahan elit di Cikarang, yaitu Jababeka dan Lippo Cikarang dan juga diapit oleh di kawasan industri Jababeka dan EJIP, Hyundai atau Delta Silicon.
Quote:Mal Lippo Cikarang
Spoilerfor 3:
Surga belanja seluas 25.000 meter persegi yang megah mempesona di pusat kota, Mal Lippo Cikarang memiliki beraneka ragam gerai baik dari dalam maupun luar negeri, dan juga peritel terkemuka seperti : hypermart, Matahari, Hero, Batik Keris, Optik Melawai dan masih banyak lagi. Berlokasi di Jl. M.H. Thamrin, Lippo Cikarang.
Quote:15. Danau Elysium
Spoilerfor 15:
Terletak di Mega Cluster Elysium Residence, Lippo Cikarang, kota Cikarang. Danau Elysium di tepiannya terdapat jogging track. Dan di beberapa titik terdapat ruang terbuka hijau. Sehingga sangat cocok untuk bersantai apalagi di sore hari.
Quote:16. Stadion Utama Kabupaten Bekasi (Cooming Soon)
Spoilerfor SC:


Pembangunan Stadion Utama Kabupaten Bekasi di Gelanggang Olahraga Kabupaten Bekasi yang berlokasi di Citarik, Cikarang Timur terus dikebut menjelang persiapan Pekan Olahraga Daerah Provinsi Jawa Barat 2014 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bekasi.
Hingga akhir tahun 2013, pembangunan stadion ini direncanakan rampung hingga 60% dan selesai 100% pada Agustus 2014 agar siap digunakan pada Porda Jabar XII pada November 2014. Stadion seharga Rp.400 miliar ini rencananya juga akan dijadikan markas Persatuan Sepakbola Kabupaten Bekasi (PERSIKASI).
Stadion ini bertipe A atau Internasional dengan kapasitas kursi 45.000 orang, rencananya stadion ini akan dilengkapi fasilitas-fasilitas modern berkelas internasional.
Quote:Tujuan ane bikin thread ini, ya supaya agan lebih dalam mengenal Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bekasi dikenal karena Kawasan Industrinya saja. Tetapi menurut ane salah. Ternyata dibalik gemerlapnya polusi Industri di kawasan Kabupaten Bekasi, masih ada tempat-tempat hijau asri dan sangat cocok untuk agan kunjungi. Selain untuk refreshing, bisa juga untuk menambah ilmu kita tentang sejarah di beberapa tempat tersebut. Namun tidak lupa pula untuk menjaga tempat-tempat tersebut
Quote:tempat-tempat tersebut cuma ada di wilayah Kabupaten Bekasi. Beberapa tempat merupakan tempat wisata alam, taman wisata, wisata modern, wisata budaya dan wisata buatan. Ternyata Kabupaten bekasi memiliki potensi wisata budaya yang luar biasa. Namun sangat percuma jika lokasi-lokasi tersebut tidak di rawat dengan sedemikian rupa. Saya harap trit ini mampu menjadi masukan bagi Pemkab bekasi agar senantiasa merawat dan menjaga potensi wisata, baik wisata keluarga, wisata alam maupun buatan dan wisata budaya maupun modern.
Quote:NOTE : bagi agan yang sedang berkunjung ke wilayah Kabupaten Bekasi, bisa tanyakan ke akun twitter @UrbanCikarang mengenai tempat-tempat tersebut. Soalnya ini akun kota paling aktif dan siap sedia untuk menjawab semua pertanyaan agan tentang kota Cikarang dan Sekitarnya
Klik Gambar

Quote:Berkenan gan, Jangan dikasih Lalu minta plus komen agan
Mohon maaf jika ada salah kata maupun penyampaian dalam thread ane ini
Mohon ditanggapi dengan komentar yang bermutu
Klik "CENDOL" untuk mengirimkan
Spoilerfor Sumber: Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Sumber CicauUPDATE POST 7

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/52be72d21acb17783d8b465c

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger