Home » » Alasan Kenapa Dosen Sering 'Reseh' Sama Kita

Alasan Kenapa Dosen Sering 'Reseh' Sama Kita



No repost, Gan.
Spoilerfor No Repost:

Quote:Spoilerfor Dosen:

Tanpa sadar, dosen telah memberikan pelajaran hidup kepada mahasiswanya

Mahasiswa, sadarkah anda bahwa dosen anda telah memberi pelajaran tentang kerasnya hidup kepada kalian? Mungkin selama ini kalian benci dengan dosen A karena sikapnya, atau kalian benci dosen B karena pelit dengan nilai, atau benci dosen C karena selama bimbingan skripsi dengan beliau kalian selalu dipermainkan. Sadarlah kalian para mahasiswa, pada saat itu dosen kalian sedang menguji kalian dengan pelajaran-pelajaran hidup yang mungkin saja dahulunya adalah pengalaman hidup mereka sendiri, dan mereka coba bagikan kepada kalian sebagai murid mereka. Mereka memberikan pelajaran tersebut secara praktek langsung, tidak lagi melalui buku-buku pelajaran seperti yang kalian dapatkan dibangku sekolah menengah. Karena apa? Karena mereka tahu bahwa kalian telah dewasa dan sudah bisa menilai segala sesuatunya dari kacamata kalian. Tanpa harus didikte, disuap, dan dituntun.


Quote:
Quote:Tahukah kalian, ketika dosen memberikan jadwal kuliah secara mendadak pada kalian…


…itu bukan sekedar untuk mengerjai kalian, namun memberikan pelajaran bahwa dalam instansi tempat kalian bekerja nanti kalian juga akan bertemu dgn yang namanya emergency call of duty atau panggilan tugas darurat. Baik itu panggilan untuk tugas diluar kota, panggilan untuk segera ketempat tugas secepat mungkin, dll. Akankah kalian marah atau kesal kepada instansi tempat kalian bekerja karena membuat panggilan mendadak?


Quote:
Quote:Tahukah kalian, ketika dosen memberikan deadline pengumpulan tugas yang diluar logika…



…itu bukan untuk membuat kalian kesal Karena merasa dipermainkan. Namun untuk melatih kalian berpikir dan bekerja dengan cepat disaat genting. Bagaimana jika bos anda menyuruh anda mengerjakan tugas dalam waktu yang singkat dan harus tuntas-tas-tas dan dipresentasikan? Apakah anda akan mengeluh ke bos anda? Itulah pelajaran dari dosen yang nantinya akan berguna dikehidupan kerja dan karir anda.


Quote:
Quote:Tahukah kalian, ketika kita menunggu dosen sangat lama, padahal kita baru menelponnya dan dia bilang “On The way, bentar lagi saya nyampe”, ternyata dia baru nongol 2 jam kemudian…



…berpikir positiflah, sobat. Dosen tersebut tidak sedang ingin mengerjai anda. Dia justru ingin mengajari kita bagaimana seorang pekerja keras bersabar. Dalam dunia kerja nanti anda akan banyak menemui klien yang sifatnya tidak selalu sama. Anda harus bersabar mengikuti sikap mereka demi untuk mendapatkan simpati mereka. Jangan hanya karena sikap negatifnya memberikan pengaruh yang besar kepada anda, sehingga mengurangi semangat dan integritas anda kepada klien anda tersebut.


Quote:
Quote:Tahukah kalian, ketika dosen memberikan evaluasi yang banyak pada skripsi atau Tugas Akhir kalian…



…itu bukan untuk menunjukkan kepada kalian bahwa dosen tersebut sangat-sangat pintar dan kalian tidak sepintar beliau. Justru dosen ingin memberikan kalian pelajaran tentang keterbukaan kalian menerima kritik. Singkirkan ego kalian ditempat kalian bekerja. Selalu terbuka untuk saran dan kritik apalagi dari atasan dan tidak menutup kemingkinan dari rekan kerja. Banyaknya evaluasi tidak melulu mencerminkan bahwa anda adalah mahasiswa yang bodoh. Singkirkan pula perasaan negatif tersebut. Seorang pekerja keras tidak dinilai dari sedikitnya evaluasi/kritikan kepada dirinya, akan tetapi dinilai dari kesungguhannya untuk berubah menghadapi kritik tersebut, berapapun banyaknya kritikan itu.


Quote:
Quote:Tahukah kalian, ketika dosen membentak dan seakan mencari-cari kesalahan kalian dalam sidang skripsi…



…itu bukan untuk mengerjai kalian yang hatinya sedang gundah menghadapi skripsi. Itu untuk memberikan kalian pelajaran apakah kalian masih bisa berpikir jernih ditengah tekanan. Dalam karir anda nanti mungkin anda akan menemui klien/nasabah yang complain atau atasan yang memarahi hasil kerja anda yang asal-asalan. Dalam keadaan dimana anda merasa telah melakukan yang terbaik namun mereka tidak mau mendengarnya. Dalam keadaan itu apakah kalian masih bisa tenang menerima tekanan tersebut? Berterimakasihlah kepada dosen anda yang telah memberikan pelajaran itu terlebih dahulu kepada anda sebelum anda terjun di dunia karir.


Quote:Dan tahukah kalian, ketika dosen mengumumkan nilai sidang skripsi/tugas akhir anda, saat itulah beliau ingin memberikan apresiasi yang sedalam-dalamnya kepada anda karena anda telah berhasil melewati ujian demi ujian untuk digunakan oleh anda meniti karir anda nanti. Dan saat itu merupakan saat paling mengharukan bagi sang dosen, karena telah berhasil menempa anda menjadi seorang pekerja keras dan siap berkarir.



Quote:
Jika pada saat sekolah dulu kita selalu dijejalkan dengan nasihat dan petuah langsung dari guru bahkan dari buku, pada saat kuliah ini kita tidak lagi diberikan pelajaran itu. Kita bebas untuk menyerap atau mementahkan pelajaran yang langsung dipraktekkan dosen tsb. Berhasil atau gagal, sukses atau terpuruk, itu merupakan pilihan yang harus kita ambil sendiri karena jalan hidup kita, yg menentukan adalah dari kerja keras kita sendiri. Akhir kata, jika sobat mahasiswa masih berpikiran negatif kepada dosen anda, cobalah buang jauh-jauh pikiran tersebut. Tidak semua dosen itu buruk. Justru kajian filosofi kitalah yang buruk sehingga sesuatu yang kita pandang selalu buruk dimata kita.


Nah, gimana menurut agan-agan semua? Jika agan menganggap thread ini bermanfaat mohon di.
Kalo blm ISO boleh di
TS tidak menginginkan karena niat TS baik mau berbagi.
Dan jangan lupa budayakan komeng.

Spoilerfor INGA-INGA TINGG!:

Spoilerfor KOMENTAR AGAN-AGAN:
Quote:
Yang Punya Pengalaman

Quote:Original Posted By tokomadju â–º
maaf gan ane dulu suka jelek2in dosen ane

Quote:Original Posted By nonthayoos12 â–º
terima kasih tritnya gan
selama ini ane selalu ngeluh sama keadaan pas kuliah
semoga semester depan ini ane makin semangat kuliah

Quote:Original Posted By clouods â–º
Setuju ane gan walaupun suka ngeluh ane sama dosen

Quote:Original Posted By dananggk17 â–º
ane juga ngerasa gan,pernah dosen ane nyeletuk:

"YANG PENTING BUKAN JAWABAN BENAR ATAU SALAH,TAPI YANG SAYA NILAI ADALAH PROSES ANDA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH YANG SAYA BERIKAN"


MASALAH disini ane tadinya pikir adalah SOAL UJIAN AJA.
ternyata masalah itu kompleks seperti yg TS uraikan di atas

Quote:Original Posted By uzhanx â–º
paling kesel ama dosen yang egois, ga sosial sama mahasiswanya ketika ngajar ga komunikasi mending cabut ga usah masuk



Pandangan Agan2 yang ane tanggapin menurut pandangan ane (boleh dtanggapin balik)

Spoilerfor Tanggapan:
Quote:Original Posted By garuk.fantat â–º
tapi kaga sedikit juga dosen nyang "Subjektif" seenak pantat robah jadwal, seenak jidatnya dateng ke kelas. plus ngerevisi skripsi banyak karena kaga suka sama mahasiswa ybs

Quote:Original Posted By p03tr48un95u â–º


Ada juga sih gan. Tapi kalo dipikir2 lagi kita juga harus tau knp doi ngubah jadwal mendadak? Dosen adlh org yg sibuk gan. Banyak para dosen yg satu minggu dalam hidupnya dihabiskan buat penelitian, atau seminar keluar kota dll, jadi mungkin wajar aja dosen mengubah jadwal kuliahnya. Atau kenapa dia bisa dtng telat? Ini juga bisa banyak sebabnya krn dosen juga manusia layaknya kita yg bisa diberi hambatan selama perjalanan atau mngkin ada urusan mendadak yg harus diselesaikannya lebih dulu. Kalau masalah dosen memberikan nilai rendah atau banyak koreksi pada skripsikarena tidak suka dengan salah satu mahasiswanya, mnrt ane itu adalah waktu yg tepat utk mahasiswa tsb intropeksi diri. Mungkin mahasswa trsebut pernah menyakiti hati dosen itu. CMIIW.

Quote:Original Posted By zhynew â–º
tritnya ngena gan kebetulan ane mahasiswa tingkat akhir

Quote:Original Posted By p03tr48un95u â–º


berarti pas banget dong gan. Terus semangat gan. Kalo agan pernah dibuat kesal dgn dosen, yakinlah klo itu bukan niat dosen yg sesungguhnya. Dia care dgn agan, makanya dia memberikan agan pelajaran itu dan agan sendirilah yg hasus mengambil intisarinya.

Quote:Original Posted By DimasNugrohoW â–º
ane terharu gan , keinget waktu ane ujian pendadaran (ujian komprehensif) setelah sidang skripsi. Di ujian pendadaran ane di uji beberapa mata kuliah, sambil kadang2 dibentak-bentak gan, tp memang dosen mksdnya baik gan, biar ane bisa tetep fokus di tengah tekanan2 yg ada.
Alhamdulillah ane lulus juga melewati pendadaran, nah pas pengumuman kelulusan hbs pendadaran (masih di hari yg sama), ane cuma diam sambil terharu gan mendengar evaluasi dosen sama apresiasi beliau-beliau kepada ane.

Jadi keinget dosen2 ane di alamamter ane nih.

Quote:Original Posted By p03tr48un95u â–º


Iya gan. Ujian skripsi tanpa adanya kengototan ibarat sayur tanpa garam. Diruang ujiannya bisa ngantuk tuh dosen sama mahasiswanya.
Tapi sekali lagi pas nilai udah diumumkan kita baru bisa melihat bahwa sesungguhnya dosen tersebut men-support kita. Apalagi dosen ane dulu itu udah lama ane kenal gan. Dan ane g nyangka selama 4 tahun kenal dgn dosen itu, hari itu beliau super mega giga galaknya pas nguji ane. Ane hampir mewek waktu itu tapi g jadi.

Quote:Original Posted By blackdahliamurd â–º
bener banget gan, semua yang diberikan dari dosen ke kita pasti berguna kelak.
kadang dosen sengaja ga memberi tahu maksudnya apa, kita yang harus mencerna sendiri

Quote:Original Posted By p03tr48un95u â–º

Ok sama2 gan. Dirate dong gan


Bener banget gan. Dosen jarang memberikan penjelasan atas sesuatu sebelum kita mencari tau sendiri. Dosen2 ane biasanya gitu.

Quote:Original Posted By bluegraze â–º
ane curiga nih trit yg bikin seorang dosen.

tapi kalo ane pikir-pikir, emank bener sih gan trit ente ini. cuman ya, cuman, ane yakin tetep ada aja dosen yg misal kalo telat nggak mikir kayak apa yg agan sampein di trit ini, doi telat ya emank gegara bangun telat (misal), macet (alesan paling gampang), de el el de es be. yg pasti, sekarang ane nggak nggak lagi deh ngomel-ngomel tiap kali dosen bikin ane darah tinggi, soalnya ane darah rendah.

nice trit gan, keep posting.
sayang ane belon iso.

Quote:Original Posted By p03tr48un95u â–º




He2, ane bukan dosen gan. Dulu pas lagi ababilnya jadi mahasiswa ane juga sering benci dengan dosen2 tertentu. Ane pernah 3 kali ngulang mata kuliah dengan dosen itu. Pokoknya bencinya sampe ke ubun2. Tapi semua berubah saat negara api menyerang...
Eh, maksud ane saat sang dosen diputuskan menjadi Pembimbing Skripsi ane. Ane awalnya shock. Mungkin ini karma karena ane benci sm tu dosen, ujung2nya dia juga yg mmbimbing skripsi ane. Dan sifat aslinya pun ketahuan lama2. Ane jd g benci lagi. Sori curcol gan.

Quote:Original Posted By cahsewon â–º
ane setuju gak setuju,
ada bbrp hal yg bener, tapi untuk beberapa poin bukannya kebiasaan yg buruk itu gak baik buat diteruskan,
jangan krn dosen diperlalukan buruk di masa lalu trus dia bikin yg sama ke mahasiswanya

Quote:Original Posted By p03tr48un95u â–º


Ya bner gan. Tapi maksud dari dosen tersebut bukanlah apa yang dilakukannya, tapi bagaimana mahasiswa tersebut menanggapinya. Apakah mereka mau berpikir dari sudut pandang lain, atau hanya mampu berpikir secara mainstream. CMIIW.



SUMBER: Pengalaman pribadi sebagai mahasiswa

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/520ee5413fcb17131f000004

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger