Home » » Tips-Tips Menghemat Buat Anak Kost

Tips-Tips Menghemat Buat Anak Kost

Quote:Tips Jorok untuk Hemat ala Anak Kos

Quote:



Spoiler for Cek Repsol

Quote:Setelah sempet bikin trit salah kamar dan repost, kali ini ane bikin trit asli produk sendiri walaupun gambar masih comot sana-sini dari eyang gugel. Bersumber dari pemikiran yang dangkal ditunjang pengalaman ngekos dua setengah tahun. Maka terciptalah trit ini "Tips Jorok untuk Hemat ala Anak Kos", langsung aja gan tanpa babibu.

Quote:Anak kos pada hakikatnya emang penuh keterbatasan terutama dari segi keuangan, maka dari itu ane ingin berbagi tips menghemat pengeluaran dengan cara "jorok" ala anak kos tentunya.
Spoiler for Pertamax
  • Hemat Shampo


  • Quote:Sebenernya secara umum agan harus hemat mandi terlebih dahulu, sehari sekali ane rasa cukup. Lebih spesifiknya nih gan, ente perlu hemat dalam penggunaan shampo saat mandi. Lha kalo sabun ama odol?, kedua benda itu wajib sebagai komponen mandi sedangkan shampo sunah hukumnya. Jangan shampoan jika tidak dibutuhkan, ini yang harus dipegang teguh. Shampoanlah saat rambut bener-bener terasa gatal. Bisa juga kalo abis mimpi hujan "basah" kuyup barulah shampoan. Beli aja shampo yang kemasan sachet, agan gagal hemat kalo beli shampo botol.



    Spoiler for Keduax
  • Jangan Beli Sapu

  • <a name='more'></a>
    Quote:Alat bersih-bersih yang paling umum adalah sapu, tapi doi juga punya kawan kayak alat pel, pengki, dan kemoceng. Untuk penghematan agan gak perlu beli benda tersebut satupun. Solusinya saat agan pengen bersihin kamar adalah "pinjam". Agan bisa pinjam sapu ke temen sekosan, temen sekelas, dosen, ato bahkan rektor dijamin ada yang punya. Kalau mereka semua pelit gak mau minjemin masih ada satu penyelamat. Yaitu ibu kos, bisa juga sekaligus sepik-sepik pasti dikasi pinjam sapu, ibu kos mana sih yang gak suka kalo anak kosnya rajin bersih-bersih.


    Spoiler for Ketigax
  • Hemat Ganti Baju


  • Quote:Tips yang ini cukup umum sebenernya gan, tapi ane coba memaksimalkannya. Pasti pernah denger petuah seperti ini "Selagi mampu jangan laundry baju, cuci aja sendiri biar hemat". Ane setuju banget dengan quote itu, tapi kurang maksimal. Kenapa?, karna kalo nyuci sendiri bisa juga jadi boros, kalau baju kotornya seabrek bisa ngabisin deterjen juga kan. Maka dari itu solusinya adalah hemat ganti baju. Ilustrasi gambar ane kasi gantungan baju supaya agan-agan kebayang, kalo ada baju kotor seharunya jangan langsung dimasukin keranjang baju kotor, gantung aja dulu sapa tau besok-besok masih mau dipake lagi.


    Spoiler for Keempax
  • Jangan Pakai Sprei


  • Quote:Kasur dan sprei, ibarat dua pasangan sejoli yang tidak terlalu berarti dimuka bumi ini. Coba perhatiin contoh kasur busa diatas, sebenernya dia udah punya pendamping sejak dia dilahirkan di pabrik. Kasur selalu dilapisin entah kain atau apa itu yang menyelimutinya. Menurut ane pemborosan kalo udah pake kasur busa tapi masih dibungkus sprei, toh tetep bisa tidur dengan aman dan nyaman. Hal kedua yang bikin males pake sprei yaitu pemasangannya, ribet apalagi kalau sepreinya kegedean. Apalagi harga selembar sprei lumayan juga lho.


    Spoiler for Kelimax
  • Kumpulin Piring Kotor


  • Quote:Yang ini secara gak sengaja memiliki hubungan tersirat sama tips lain diatas. Pasti ada diantara agan yang anak kos masak nasi sendiri buat makan, yap tujuannya tidak lain dan tidak bukan biar hemat. Nah hubungan kemiripannya yaitu antara baju kotor sama piring kotor. Tapi piring kotor disini dikumpulin bukan untuk dipakai lagi, tapi nunggu banyak dulu kalo bisa sampe perkakas dapur agan kotor semua. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan agar menghemat sabun cuci piring, kalo tiap satu piring kotor langsung dicuci kan bisa boros. Usahakan juga beli sabun cuci piring yang kemasan sachet.



    Spoiler for Update dari agan-agan
    Quote:Original Posted By HayateAyasaki â–º
    tambahin gan

    7. pake kaleng bekas biskuit buat jadi celengan... masukkin duit2 receh koin yg cuman "mengganggu" di dompet. suatu saat uang2 receh ini akan menyelamatkan agan
    Quote:Original Posted By young.lord â–º
    yang nomor 5, daripada numpuk piring gitu lebih baik pake ini aja

    ane beli piringnya 4 biji ama lapisannya itu satu plastik, total gak nyampe 25ribu, dan udah 2 bulanan ini ane gak pernah nyuci piring
    Quote:Original Posted By dendengbat0k0k â–º
    ane tambahin gan..untuk ganti piring dan gelas gunakan tempurung kelapa yg telah diparut isinya..
    lebih alami dan natural gan..
    Quote:Original Posted By budimarunikov â–º
    Nice thread.
    Setuju bgt tuh ama yg sprei, ane kesel dah pake sprei, maklum, ane gahar di ranjang, bangun tidur sprei pasti ujung2nya lepas berantakan.

    Ane tambahin neh:

    -Untuk menghemat penggunaan baju kotor (khususnya celana dalam), gunakan sistem side A-side B. Dijamin jorok. Klo pakaian luar dibolak balik kan keliatan, kalo pakaian dalem, apalagi celana dalem, ga bakal keliatan walau dibolak-balik berkali-kali padahal udah ada bercak-bercak nanahnya, ya kecuali kalo make celana dalemnya kek Superman, dipasang di luar.

    -Simpen baju jelek, jangan dibuang walau udah robek2, yg kaos masih bisa dipake buat daleman, yg celana atau pakaian lainnya masih bisa dipake buat kain pel. Walau ga pernah disapu, kamar dipel doang pasti udah otomatis bersih.


    Quote:Original Posted By adilahyunita â–º
    kalo mau ngirit ya nyuci sendiri gk usah laundry,
    masak nasi sendiri pake magic jar yg ukuran kecil lauk nya br deh beli di warung

    kalo shampoo kyknya lebih murah kalo lsg beli yg botolan gan jatohnya lbh hemat

    Quote:Original Posted By Ghettoman â–º
    Kumpulin piring kotor.Kalo males nyuci beli nasi bungkus

    Quote:Original Posted By Drinking.Time â–º
    Yang buat hemat baju Bener tuh gan apalagi musim hujan gini ane aja boxer gk ganti2

    Quote:Original Posted By waytha â–º
    Kalo ane biasa pake bungkus nasi buat pengganti piringnya murah gan 2500 se pak. Selembar bisa buat 3 makan. Kalo ane se pak bisa buat sebulan... Atau lebih.

    Quote:Original Posted By XBlueMind â–º
    tambahan nih gan, pengalaman teman ane.. mandi kalo pas ada jadwal kuliah aja. kalo tu hari kosong ga ada jadwal, kagak usah mandi, lumayan hemat sabun.







    Quote:Original Posted By LeBrondong â–º
    gelas plastik cukup 1 piring 1 sendok garpu 1
    aqua galon 1 gak usah pake pompa atau dispenser cukup tuaanngg

    Quote:Original Posted By torinoi â–º
    manzab gan infonya...

    ane tambahin bikin sapu dari sabut kelapa...gk usah beli...
    bikin celengan dari botol aqua....buat piring mangkok dari botol aqua jua bisa....

    anak kost kan dituntut untuk kereatif dengan memaksimalkan barang yang ada tapi minim budget...


    Quote:Original Posted By pbocil â–º
    Tambahan nih
    gak usah mandi. Mandi sehari sekali aja
    udah pasti hemat air, sabun, odol ama sampo

    Quote:

    Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/52e7bdc0f7ca17b02d8b4591

    Hosting

    Hosting
    Hosting

    TryOut AAMAI

    Hosting Idwebhost

    Hosting Idwebhost
    Hosting Handal Indonesia

    Belajar Matematika SD

    Popular Posts

    Arsip Kaskus HT

     
    Template Created by Creating Website Published by Mas Template
    Proudly powered by Blogger