Home » » Fakta Menarik Tentang Barapan Kebo

Fakta Menarik Tentang Barapan Kebo



Quote:Quote:Mukaddimah

Quote:Jika Pulau Madura terkenal dengan Karapan sapinya, Jembrana Bali terkenal dengan Makepungnya dan Tanah Minang terkenal dengan Pacu Jawinya, maka Sumbawa terkenal dengan Barapak Kebonya. Barapan Kebo atau Balap Kerbau dalam Bahasa Indonesia adalah permainan tradisional masyarakat Sumbawa. Dari namanya saja kita sudah tau kalo yang jadi pemain utamanya adalah kerbau, mirip dengan Pacu Jawinya Tanah Minang, tapi ini menggunakan kerbau. Dalam kesempatan ini Ane akan memberikan sedikit gambaran tentang Barapan Kebo â€" Ajang Adu Nyali dan Gengsi dari Tana Samawa Nusa Tenggara Barat.

Quote:Quote:S e j a r a h

Quote:Barapan kebo merupakan tradisi masyarakat agraris Sumbawa termasuk Sumbawa Barat yang hingga kini masih hidup di "Tana Samawa" (nama lain Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat). Tradisi ini digelar masyarakat Suku Samawa setiap menjelang musim tanam. Awalnya, tradisi ini dilaksanakan sebagai penghibur ketika musim hujan tiba yang selalu diikuti dengan musim tanam padi. Saat hujan turun, sawah-sawah digenangi air. Pada saat inilah para petani mulai berbondong-bondong mengolah sawah-sawah mereka untuk ditanami, mulai dari membersihkan rumput dan tanaman liar lain, hingga menggemburkan tanah sawah dengan cara membajaknya.Kerbau menjadi hewan utama untuk membantu petani membajak sawah.

Quote:Masyarakat kemudian berbondong-bondong membawa ternak kerbau mereka, turun ke sawah-sawah. Kegiatan membajak sawah tentulah merupakan kegiatan yang melelahkan. Karena itu, dalam kondisi fisik yang lelah dan jenuh, para petani membutuhkan hiburan. Naluri seni masyarakat pun akhirnya menginspirasi kegiatan hewan-hewan ini untuk dijadikan hiburan sebagai wujud kegembiraan pada musim tanam padi. Tradisi ini kemudian menjadi pesta rakyat yang dikenal dengan barapan kebo. Kerbau-kerbau yang sebelumnya berfungsi hanya untuk membajak sawah ini akhirnya menjadi penghibur bagi masyarakat.

Quote:Pada sawah-sawah yang hendak ditanami, secara bergantian kerbau-kerbau milik masyarakat akan beradu cepat dari satu sawah ke sawah lainnya. Kegiatan ini terus dilakukan secara turun-temurun dan menjadi budaya atau tradisi bagi masyarakat Samawa. Setelah fungsinya tidak lagi hanya membajak sawah, tetapi sebagai hiburan, kegiatan ini dipoles dengan cita rasa seni masyarakatnya.



Quote:Fakta Menarik Tentang Barapan Kebo
Quote:Quote:Perangkat pertandingan

Quote:Seperti halnya dalam setiap perlombaan, pasti ada yang namanya perangkat pertandingan, dalam barapan kebo perangkat pertandingannya terdiri dari sepasang kerbau, lahan tempat lomba, joki atau pengendara, petugas di garis start, petugas di tongkat finish dan petugas pencatat waktu. Garis start tidak ada bedanya dengan garis start pada lomba lari, yang berbeda adalah garis finish, ada semacam tiang / tongkat yang ditancapkan di tengah sawah dan itu yang harus ditabrak sebagai garis finish, namanya adalah sakak.

Quote:Quote:Ciri kerbau yang baik untuk lomba

Quote:Kerbau balap tidaklah sembarangan, namun biasanya memiliki ciri khusus berupa pusaran pada bulunya. Tanda itu jumlahnya seimbang pada bagian tubuhnya, misalnya, dua pusaran masing-masing di kiri dan kanan tubuhnya. Yang terbaik, pusaran itu berada pada bagian tengkuk dan di antara kedua mata kerbau. Kepalanya selalu memandang tegak ke depan, dan tanduknya tumbuh sempurna melengkung ke atas. Ciri-ciri itu dimiliki sepasang kerbau yang kelak jadi petarung dalam barapan. Sebelum jadi atlet, duet kerbau dilatih berlari di sungai-sungai yang kebetulan airnya lagi surut, atau di tempat khusus yang disediakan pemilik kerbau. Berapa lama kerbau dilatih sebelum diturunkan ke arena kompetisi, tidak ada target waktunya.


Quote:Quote:Aturan dalam barap kebo

Quote:Tekhnik barapan kebo sendiri adalah terdiri dari dua kerbau karapan dan di pasangi “Noga” atau sebatang kayu yang di pasangkan di kedua leher kerbau karapan tersebut dan di tengahnya ada sebatang kayu memanjang kebelakang badan kerbau dan diujung kayu tersebut dipasang “kareng” sebagai tempat joki berpijak, dan dengan “mangkar” (cambuk) sang joki menggiring kerbau dari garis start kearah “sakak” karena untuk memenangkan pertandingan pasangan kerbau tersebut harus menabrak “sakak” (batang kayu yang ditancapak di garis finis). Batas arena lomba juga ditandai kayu disebut pancang. Di dekat sakak berdiri wasit, yang memberi komando dengan peluit saat permainan dimulai. Jadi ini sebenarnya bukan balapan antar kerbau, tapi peserta dilepas satu persatu dan yang tercepat waktunya adalah pemenang.


Quote:Quote:Tidak Mudah Menjadi Joki

Quote:Biasanya joki ini bukanlah pemilik kerbau, mereka hanya bertugas mengendarai kerbau yang akan ikut lomba, tidak mudah menjadi joki, Tugas joki di area barapan kebo tidak hanya mengendarai kerbau. Kecepatan dan cara menyeimbangkan tubuh dalam mengendarai kerbau untuk mengenai sakak juga hal yang tak mudah dilakukan. Belum lagi harus melawan licin dan terganggunya penglihatan saat lomba yang disebabkan oleh lumpur. Banyak joki yang sampai harus terjatuh saat lomba berlangsung.

Quote:Quote:Demi Gengsi dan Harga Diri

Quote:Yang dicari bukanlah hadiahnya karena memang hadiahnya tidaklah banyak, bahkan biaya yang harus dikeluarkan oleh pemilik kerbau jauh lebih banyak dari hadiah yang disediakan, tapi bagi pemilik kerbau, perlombaan ini adalah pertarungan prestise dan martabat, imbas lainnya adalah pada harga kerbau yang melonjak jika menjadi juara, bahkan katanya sepasang kerbau pemenang bisa dihargai sampai ratusan juta rupiah.


Quote:Quote:Ajang Pertarungan Sandro

Quote:Sandro dalam bahasa sumbawa artinya Dukun, konon katanya, barapan kebo menjadi ajang pertarungan ilmu para sandro, biasanya para sandro akan berdiri disekitar sakak/tanda finis kemudian mengganggu kerbau yang sedang berlomba, misalnya dengan membuatnya terjatuh atau berbelok arah, hanya saja sang joki dan kerbau yang diganggu pun memiliki sandro pula, sehingga disitulah terjadi perang ilmu.


Quote:
Sumber Tulisan : sumber 1 I Sumber 2 I Sumber 3 I Sumber 4
Sumber Gambar : T K P



Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53996b8698e31b3b0c8b4574

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger