Home » » Mengenal Plombir, Pajak Tahunan Sepeda Onthel

Mengenal Plombir, Pajak Tahunan Sepeda Onthel



Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat siang gan, kali ini ane mau sedikit share dengan harapan bisa menambah ilmu pengetahuan kita semua.
Oh iya dan tentunya sudah teruji di ITB dan IPB kalau trit ini gak repost lho yaa..
Spoiler for cek repost

Quote:Agan pernah lihat plombir.?
Kalau agan/sista sudah pernah lihat secara langsung atau malah pernah mengalami cegatan plombir a.k.a razia plombir bersyukurlah karena agan hari ini mungkin sudah jadi bapak-bapak/emak-emak atau bahkan kakek-kakek/nenek-nenek..

Quote:Plombir atau sebagian menyebutnya plembir menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah meterai yang berasal dari timah, kertas, sejenis bahan plastik, dan semacamnya yang digunakan sebagai tanda bahwa sang pemilik plembir tersebut sudah membayar pajak kendaraan.
Bahasa sederhananya, plombir yaitu bukti kalau kita sudah membayar pajak sepeda onthel, yap sepeda onthel bukan sepeda motor..

Quote:
Plombir dan kartu bukti pembayarannya

Quote:Plombir mulai diperlakukan di Indonesia sejak tahun 60an, ketika itu bentuknya masih berupa surat yang harus dibawa disaat bepergian menggunakan sepeda (kalau saat ini mungkin sama dengan STNK kendaraan bermotor). Baru memasuki tahun 70-an sudah berubah menjadi stiker. Hal ini untuk mempermudah pemeriksaan.

Quote:
Kartu plombir di tahun 1963 yang dikeluarkan oleh Pemkot Yogyakarta

Quote:Jadi dijaman orde baru, disaat presiden kita Bapak HM. Soeharto berkuasa, berbagai benda berharga yang dimiliki rakyat dikenai pajak. Selain iuran televisi yang harus dibayar per bulan, juga ada pajak plombir yang dibayar pertahun. Bukti pembayaran (plombir) tersebut akan ditempel di kendaraan tidak bermotor seperti sepeda, becak, andong dan dokar. Bahkan ada juga plombir untuk binatang peliharaan seperti anjing, terutama anjing ras.

Quote:Plombir dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah setempat. Setiap daerah mempunyai desain yang berbeda-beda baik bentuk maupun warnanya. Besaran nominal pajak plombir ditentukan oleh jenis dan merk sepeda. Jenis sepeda itu misalnya berwujud sepeda jengki, sepeda mini, sepeda kumbang, ataupun sepeda unta (laki).

Quote:
Contoh plombir yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Surakarta (solo)

Quote:Setiap tahunnya para pemilik sepeda harus membayarkan pajak plombir di kantor desa. Setelah itu bukti yang didapat (plombir) harus ditempelkan pada sepeda ditempat yang mudah dilihat. Namun dulu banyak yang malah menempelkannya di bawah sedel (jok) sepeda, dengan tujuan "mengerjai" petugas yang akan memeriksa plombir, soalnya harus membalikan sepeda atau ngintip-ngintip untuk memeriksa plombirnya.

Quote:
Sepeda yang sudah ditempeli plombir

Quote:Bagi yang tidak membayarkan pajak plombir harus ekstra hati-hati saat bepergian menggunakan sepedanya terutama di jalan raya atau tempat keramaian. Dikarenakan pada saat tertentu akan diadakan pemeriksaan plombir oleh hansip / polisi / pemerintah daerah yang berwenang (kalau sekarang mungkin razia SIM dan STNK). Apabila diketahui tidak memasang plombir disepedanya akan dikenai denda sesuai aturan yang berlaku dan sepedanya disita. Sedang untuk menebus kembali sepeda yang disita agan bisa langsung membeli plombir ditempat razia tersebut. Kalau sekarang istilah kerennya mungkin "damai ditempat" ya gan..

Quote:
Ilustrasi cegatan plombir

Quote:Era plombir diperkirakan berakhir tahun 1994, ada juga yang tahun 1995, mungkin tergantung daerahnya. Tetapi dari penelusuran di google dapat ditemukan foto plombir tahun 1997. Mungkin saat berakhirnya rezim Bapak Soeharto, berakhir pula era plombir nampak di jalan.

Quote:Ane sendiri belum pernah mengalami razia plombir, ya iyalah ane sendiri baru lahir tahun 90an sedang terakhir plombir dikeluarkan tahun 97an (nyepedanya baru pake roda 3 muter kampung belum sampe jalan raya).
Dari cerita bapak ane dulu kalau ada razia plombir pada puter balik buat menghindari, atau bahkan malah ngebut hingga terjadi kejar-kejaran pakai sepeda.

Quote:Andai waktu ane sekolah masih ada razia plombir mungkin ane bakalan sering kena, soalnya sepeda onthel batavus warisan bapak ane selalu jadi teman perjalanan ane saat SMA.
Spoiler for numpang eksis boleh yaa.Quote:
pokoknya disana ada TS bersama sepeda onthel kesayangan.
Quote:
gowes terus gan..! (kalau yang ini adik TS)

Quote:Gimana gan udah pada tahu kan apa itu plombir. Bagi agan-agan yang punya pengalaman dengan plombir, razia plombir atau informasi pelengkap lainnya silahkan di share disini, nanti ane kumpulin di page one biar bisa jadi pelengkap pengetahuan buat kaskuser lainnya..

Kiranya cukup sekian, mohon maaf bila banyak kekurangan di trit ane.
Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb..

Quote:Dirangkum dari berbagai sumber :
Sumber 1  (ensiklo.com)
Sumber 2  (b2w-indonesia.or.id)
Sumber 3  (sejarah.kompasiana.com)
Sumber 4  (ikanmasteri.com)

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/545345fb128b4606608b4570

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)