Home » » 5 Alasan Kenapa Blackbox Airsia QZ8501 Harus Ditemukan

5 Alasan Kenapa Blackbox Airsia QZ8501 Harus Ditemukan

Quote:Quote:
Spoiler for Buka Dulu gan
Cek Repost  (www.kaskus.co.id)
Sumber  (boombastis.com)

Quote:Quote:Quote:Insiden AirAsia merupakan salah satu bencana memilukan yang menimpa sebagian besar penumpang asal Indonesia dan beberapa penumpang berwarga negara asing yang melakukan penerbangan dari Surabaya menuju Singapura tersebut. Penerbangan AirAsia QZ8501 terakhir kali kehilangan kontak dengan pengendali lalu lintas udara pada tanggal 28 Desember tepatnya pada hari Minggu. Beberapa korban sudah di temukan beserta puing-puing pesawat AirAsia 8501. Namun, korban lain masih berusaha ditemukan oleh para tim SAR Indonesia.

Para ahli mengatakan bahwa bukan hanya karena cuaca yang buruk yang membuat pesawat jatuh. Namun, hal ini masih belum dikonfimasi. Para pihak terkait sedang berusaha menemukan blackbox dari pesawat tersebut. Para pihak yang terkait tersebut harus menemukan black box pada pesawat AirAsia QZ8501 tersebut dalam kurun waktu 2 minggu. Blackbox merupakan alat yang menempel pada tiap pesawat.
Kenapa alat ini sangat penting dan harus ditemukan?
Berikut alasan-alasan kenapa black box pesawat AirAsia QZ8051 harus ditemukan.

Quote:Spoiler for 5 Alasan Kenapa Blackbox Airsia QZ8501 Harus DitemukanQuote:Quote:1. Perekam Percakapan Antara Pilot dan Setiap Suara yang Datang Dari Kokpit
Penerbangan pesawat tidak bisa dilakukan dengan hanya satu pilot di dalam ruang pilot. Dibutuhkan sekitar dua hingga tiga pilot. Hal ini bertujuan untuk mengatur arah pesawat dan kecepatan pesawat, jika pengaturan awal tidak sesuai dengan cuaca.

Dalam hal ini, blacbox (kotak hitam, yang sebenarnya tidak berwarna hitam melainkan orange) berfungsi untuk merekam percakapan antara pilot di ruang pilot (kokpit) di dalam pesawat serta suara yang muncul dari kokpit. Selain itu, black box dapat merekan juga respon pilot sebelum pasawat yang dikemudikan bermasalah dan jatuh.

Quote:Spoiler for 5 Alasan Kenapa Blackbox Airsia QZ8501 Harus DitemukanQuote:Quote:2. Mengungkap Penyebab Jatuhnya Pesawat
Selain data tentang pesawat yang sangat penting untuk penerbangan, blackbox ini sangat penting untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan yang menimpa pada pesawat.

Apakah pesawat tersebut jatuh atau tabrakan karena sistem mekanik yang telah diatur sebelumnya ataukah penyebab lainnya. Hal ini dapat diketahui melalui informasi dari rekaman yang terekam dalam blackbox serta respon dari pilot.

Quote:Spoiler for 5 Alasan Kenapa Blackbox Airsia QZ8501 Harus DitemukanQuote:Quote:3. Mengkonfirmasi atau Menyangkal Dugaan-Dugaan
Pesawat AirAsia QZ8051 tersebut diduga mengalami kecelakaan dikarenakan cuaca yang buruk. Namun, terdapat pakar lain yang menduga bahwa pesawat AirAsia QZ8501 mengalami kecelakaan dikarenakan aerodynamics stall, yaitu bagian depan yang terlalu mendongak keatas dan kecepatan pesawat yang rendah yang membuatnya jatuh ke laut.

Namun, semua dugaan tersebut masih belum dipastikan. Dengan adanya blackbox kejadian misterius jatuhnya pesawat AirAsia QZ8051 dapat terungkap. Dengan begitu, dugaan-dugaan yang muncul bisa terkonfirmasi.

Quote:Spoiler for 5 Alasan Kenapa Blackbox Airsia QZ8501 Harus DitemukanQuote:Quote:4. Melacak Ratusan Pengukuran Pesawat
Teknik dalam menerbangkan pesawat tidaklah mudah. Banyak hal yang dipertimbangkan dibandingkan dengan transportasi darat. Mulai dari kecepatan, ketinggian, kondisi atmosfer, tingkat bahan bakar, berat badan, suhu mesin, kecepatan vertical dan horizontal dan sebagainya.

Untuk pertimbangan tersebutlah, seorang pilot membutuhkan blackbox yang menempel pada pesawat. Dengan adanya blackbox, pilot dimudahkan dalam menangkap data terkait ketinggian, kecepatan, suhu mesin, kondisi atmosfer dan lain sebagainya. Selain itu, pilot juga dapat mengatur kecepatan vertical dan horizontal pesawat hanya dengan pengaturan di blackbox.

Quote:Spoiler for 5 Alasan Kenapa Blackbox Airsia QZ8501 Harus DitemukanQuote:Quote:5. Memancarkan Sinyal Darurat
Ketika pesawat jatuh atau bertabrakan, sangat diperlukan sekali indikasi atau sinyal yang dapat memberikan sinyal kepada teknisi atau pihak yang berada di kantor pesawat yang berkaitan.

Terdapat perangkat yang menempel pada blackbox. Perangkat pada blackbox ini berfungsi sebagai pemancar sinyal darurat jika terjadi hal-hal buruk terhadap pesawat. Biasanya perangkat ini akan memancarkan sinyal selama 30 hari setelah kejadian pada pesawat terjadi.

Quote:Dari ulasan diatas, kita tahu betapa pentingnya blackbox pada suatu pesawat. Oleh karena itu, tim-tim terkait dan tim SAR dari pesawat AirAsia QZ8501 berusaha mencari blackbox tersebut. Marilah kita ikut serta berdoa agar tim pencari blackbox dan korban yang tersisa dapat menemukannya diwaktu yang Cepat. Dengan ditemukannya blackbox, kita bisa mengetahui penyebab dan asal-usul pesawat AirAsia QZ8501 mengalami kecelakaan.
Sekian Gan dan Semoga Trit ini bermanfaat buat kita semua


Quote:SUMUR  (boombastis.com)

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/54a8376d108b469b2b8b456e

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)