Home » » Mungkin, Ini Alasan Kenapa Agan Malas Jalan Kaki di Kota-kota

Mungkin, Ini Alasan Kenapa Agan Malas Jalan Kaki di Kota-kota

Proud to be part of

Click to Visit Our Home  (www.kaskus.co.id)

Welcome to



Hallo Gans,
Kali ini TS mau membahas tentang alasan kenapa kita malas jalan kaki di kota-kota Indonesia. Alasan-alasan yang TS tulis berdasarkan pengamatan TS di kota ane serta TS ambil dari beberapa sumber.
Tentu saja banyak sekali alasan kenapa jalan kaki di Kota Indonesia ini bikin malas, misal saja: jarak yang jauh, panas, polusi, tidak adanya shelter-shelter khusus untuk transport umum, dll. Namun, disini TS akan memfokuskan pada sarana pejalan kaki yang ada yaitu Trotoar atau Pedestrian Ways.

Quote:Apa sih Trotoar itu?

Trotoar adalah JALUR PEJALAN KAKI yang terletak di daerah manfaat jalan, diberi lapis permukaan, diberi elevasu lebih tinggi dari permukaan jalan, umumnya sejajar dengan jalur lalu lintas kendaraan
Fungsi utama trotoar adalah untuk memberikan pelayanan pada pejalan kaki sehingga dapat meningkatkan kelancaran, keamanan dan kenyamanan pejalan kaki tersebut. Trotoar juga berfungsi untuk memperlancar lalu lintas jalan raya karena tidak terganggu atau terpengaruh oleh lalu lintas pejalan kaki. Ruang dibawah trotoar dapat digunakan sebagai ruang untuk menempatkan utilitas dan perlengkapan jalan lainnya.



Jelas bahwa trotoar milik pejalan kaki. Alasan kenapa kita sering malas jalan di trotoar karena pada prakteknya, banyak trotoar yang memiliki fungsi ganda selain sebagai sarana pejalan kaki, apa aja sih?

Quote:1. Trotoar sebagai jalur tambahan untuk motor
Kemacetan dikota memang menjadi momok, karena itu banyak sepeda motor yang menggunakan trotoar sebagai "jalur alternatif" untuk menghindari kemacetan, hal ini tentu membuat pejalan kaki malas untuk jalan di trotoar, karena trotoar tak lagi "aman".
Spoiler for motor
Quote:
Quote:
Quote:

Quote:2. Tempat Parkir
Parkir memang menjadi masalah utama di perkotaan, banyak lokasi yang tidak menyediakan parkir khusus untuk kendaraan, alhasil, badan jalan dan trotoar pun dijadikan lahan parkir yang menambah kemacetan. Tentu kalo trotoar penuh dengan kendaraan bikin malas jalan di trotoar kan gan?
Spoiler for parkir
Quote:
Quote:
Quote:

Quote:3. Tempat Mangkal PKL
PKL emang udah jadi kebutuhan bagi masyarakat, selain karena harganya yang terjangkau tempatnya juga terjangkau. Hmm..ya, karena banyak PKL yang menggunakan trotoar untuk membuka lapak mereka. Banyaknya PKL yang memenuhi badan jalan pasti juga bikin males jalan kaki kan gan?
Spoiler for PKLQuote:
Quote:
Quote:

Quote:4. Trotoar tempat semua tiang berada
Kenyamanan pejalan kaki terganggu banget ma tiang-tiang yang sering ada di trotoar mulai dari tiang listrik, tiang telepon, tiang lampu jalan, dll. Selain tiang, trotoar juga sering dipenuhi buat tiang reklame super gede yang bikin males kalo jalan di trotoar.
Spoiler for tiangQuote:
Quote:
Quote:
Quote:


Quote:5. Trotoar tempat Pot Super Gede
TS cukup bingung dengan maksud adanya pot super gede yang terkadang memenuhi trotoar jadi bikin ga nyaman pejalan kaki. Mungkin sih tanaman pot-pot ini untuk peneduh, namun, malah mengganggu kenyamanan pejalan kaki dan bikin males jalan di trotoar, padahal kan fungsi utamanya buat jalan kaki
Spoiler for potQuote:
Quote:
Quote:

Quote:6. Tempat Halte
Halte bus rapid transit di beberapa kota Indonesia menggunakan lahan trotoar yang sangat mengganggu pejalan kaki. Bahkan terkadang, tidak ada ruang untuk pejalan kaki, hal ini tentu bikin males buat jalan kaki, karena trotoar yang tidak terputus-putus.
Spoiler for halteQuote:
Quote:
Quote:


Selain banyak fungsinya yang sudah tak sesuai, kondisi trotoar sendiri kadang bikin males untuk jalan kaki gan. Misalnya nih..

Quote:1. Banyak Trotoar Rusak
Kondisi trotoar yang rusak dan berlubang mesti bikin males jalan kaki kan gan?
Spoiler for rusakQuote:
Quote:
Quote:

Quote:2. Sempit dan Miring
Banyak trotoar di kota-kota yang sempit, ada juga yang terlalu miring sehingga gak nyaman buat pejalan kaki
Spoiler for sempitQuote:
Quote:

Quote:3. Banyak Pohon
Sebenarnya pohon memang untuk peneduh, namun terkadang keberadaan pohon-pohon ini mengganggu pejalan kaki, sehingga membuat malas jalan di trotoar
Spoiler for pohonQuote:
Quote:
Quote:



Belum selesai itu aja gan..selain trotoar, fasilitas yang disediakan buat pejalan kaki yaitu zebra cross dan jembatan penyeberangan, namun kenyataannya..

Quote:Pelanggaran Zebra Cross
Untuk yang satu ini sudah tidak asing lagi dan sudah menjadi pola kebiasaan dimasyarakat. bagaimana tidak, ketika lampu merah kendaraan malah berhenti di jalur zebra cross dan para para pejalan kaki yang ingin menyebrang justru harus berusaha menyelip diantara himpitan kendaraan. Mungkin hal ini bikin males jalan kaki karena tak ada ruang untuk menyebrang
Spoiler for zebraQuote:
Quote:
Quote:

Quote:Motor di Jembatan Penyeberangan
Ini yang dibilang nekat gan, dan kerap menyebabkan para pejalan kaki malas untuk menyebrang melalui JPO. tentu saja dengan kondisi yang seperti ini kita tidak akan merasa nyaman dan juga merasa takut untuk menyebrang. kalo tiba-tiba jebol dan jatuh kebawah piye?
Spoiler for penyeberanganQuote:
Quote:
Quote:


Tentunya alasan-alasan diatas bikin males jalan kaki yah gans .
Perencanaan dan penanganan yang baik dari pemerintah, serta dukungan dari masyarakat sangat diharapkan untuk menangani berbagai permasalahan yang ada
Gak baik kalo cuma menampilkan sesuatu yang buruk saja kan gan, tak semua trotoar di kota-kota kaya gitu kok gan, banyak juga kota yang memiliki pedestrian baik seperti pada Kota-Kota dengan Pedestrian Terbaik di Indonesia  (www.kaskus.co.id) ini.

Spoiler for Sumur
Sumur 1  (retnodamayanthi.wordpress.com)
Sumur 2  (abidinltc.wordpress.com)
Sumur 3  (pu.go.id)
Sumur Gambar  (www.google.co.id)





Sekian dari TS, Semoga Bermanfaat

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/54ab649e582b2e8f1d8b457d

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)