Home » » Mengenal Mass Rapid Transit sebagai Solusi Kemacetan Kota

Mengenal Mass Rapid Transit sebagai Solusi Kemacetan Kota

Proud to be part of
  (www.kaskus.co.id)
Click Image to Visit Our Home

Welcome to


Long time no see gans..kali ini ane mau bahas tentang Konsep MRT sebagai solusi kemacetan kota.


Quote:Prologue

Kemacetan dipandang sebagai tidak seimbangnya rasio panjang jalan dengan jumlah kendaraan. Ketika jumlah kendaraan kian meningkat, solusinya adalah menambah jaringan jalan. Namun jaringan jalan baru tetap tak bisa mengurangi kepadatan lalu lintas. Pemecahan masalah kemacetan tersebut kurang tepat dilaksanakan karena penyelenggaraan transportasi masih menggunakan pendekatan penyediaan infrastruktur untuk mengantisipasi volume kendaraan di masa depan.



Pertama...apa sih MRT itu?

Quote:Mass Rapid Transit, yang juga disebut sebagai Angkutan Massal Cepat adalah layanan transportasi penumpang, biasanya dengan jangkauan lokal yangi biasanya beroperasi pada jalur khusus tetap atau jalur umum potensial yang terpisah dan digunakan secara eksklusif, sesuai jadwal yang ditetapkan dengan rute atau lini yang didesain dengan perhentian-perhentian tertentu, walaupun Mass Rapid Transit dan trem terkadang juga beroperasi dalam lalu lintas yang beragam. Ini dirancang untuk memindahkan sejumlah besar orang dalam waktu yang bersamaan

Hmm..mungkin sebagian besar dari agan semua berfikir bahwa MRT itu cuma kereta cepat, tapi sebenarnya ada beberapa jenis MRT yang ada.
Berdasarkan bentuknya Apa aja sih?

1. Rail Transit System
Rail Transit System merupakan sistem MRT yang beroperasi menggunakan rel sebagai jalur utamanya. Ada beberapa jenis gan..
Quote:1. Heavy Rail Transit/Subway
Rail transit system adalah sistem angkutan menggunakan kereta berkinerja tinggi, mobil rel bertenaga listrik yang beroperasi di jalur-jalur khusus eksklusif, biasanya tanpa persimpangan, dengan bangunan stasiun besar. Ini adalah jenis MRT termahal per kilometer persegi, namun memiliki kapasitas tertinggi.
Spoiler for Contohnya
Quote:
MRT Singapore

Quote:
London Subway
Quote:
Tokyo Subway
Quote:
Chicago Train
Quote:Kalo di Jakarta jadi ada monorail, bakal kaya gini bentuknya gan




Quote:2. Light Rail Transit
Light Rapid Transit merupakan sistem jalur kereta listrik metropolitan yang dikarakteristikkan atas kemampuannya menjalankan gerbong atau kereta pendek satu per satu sepanjang jalur-jalur khusus eksklusif pada lahan bertingkat, struktur menggantung, subway, atau biasanya di jalan bahkan seringkali beroperasi tanpa jalur khusus eksklusif, dalam lalu lintas campuran.
Spoiler for Contohnya
Quote:
Minnesota Tram
Quote:
Hammilton Train
Quote:
Paris Tram
Quote:
Punya Indo nih gan, Commuter Line


Quote:3. Monorail
Monorail adalah kereta penumpang dengan jalur yang terdiri dari rel tunggal, berlainan dengan rel tradisional yang memiliki dua rel paralel dan dengan sendirinya, kereta lebih lebar daripada relnya. Biasanya rel terbuat dari beton dan roda keretanya terbuat dari karet, sehingga tidak sebising kereta konvensional. Saat ini terdapat dua jenis monorail yaitu Tipe straddle-beam dimana kereta berjalan di atas rel dan Tipe suspended dimana kereta bergantung dan melaju di bawah rel
Spoiler for Contohnya
Quote:

Jalur monorel Tama Toshi, Tokyo, Jepang
Quote:
Kuala Lumpur Monorail in Kuala Lumpur, Malaysia
Quote:
Suspended Monorail Tennessee
Quote:
Sydney Monorail
Quote:Kalo di Jakarta jadi ada monorail, bakal kaya gini bentuknya gan



2. Bus Rapid Transit
Bus Rapid Transit adalah satu bentuk angkutan berorientasi pelanggan dan mengkombinasikan stasiun, kendaraan, perencanaan dan elemen-elemen sistem transportasi pintar ke dalam sebuah sistem yang terpadu dan memiliki satu identitas unik. Ciri-ciri Bus Rapid Transit termasuk koridor busway pada jalur terpisah, sejajar atau dipisahkan secara bertingkat, dan teknologi bus yang dimodernisasi.
Quote:
Luar NegeriSpoiler for contohnya
Quote:
Curitiba Sebagai BRT Pertama di Dunia
Quote:
BRT Bogota yang menjadi contoh TransJakarta
Quote:
BRT Amsterdam
Quote:
BRT Istanbul
Quote:
BRT Guangzhou

Quote:
Indonesia
Spoiler for contohnya
Quote:
TransJakarta
Quote:
Trans Jogja
Quote:
Batik Solo Trans
Quote:
Trans Sabagita Bali
Quote:
Trans Metro Bandung


Kenapa Konsep BRT tepat digunakan di Kota-Kota Indonesia?
Quote:
Dari sekian banyak pilihan teknologi yang ada, Konsep BRT yang merupakan salah satu jenis sistem MRT berbasis jalan raya, sangat tepat diimplementasikan di berbagai kota besar di Indonesia sebagai negara berkembang karena:
  • Pengoperasian Konsep BRT memberikan prioritas bagi angkutan umum dalam pemanfaatan ruang jalan melalui penyediaan jalur khusus untuk Konsep MRT.
  • Kapasitasnya bersifat fleksibel dari mulai belasan ribu hingga puluhan ribu orang per arah per jam.
  • Biaya investasi pembangunan yang dibutuhkan relatif sangat rendah dibandingkan teknologi MRT lainnya. Selain itu, rendahnya nilai investasi dapat mempercepat pencapaian titik impas dan nilai tarif layanan dapat ditekan


Kenapa MRT diperlukan di Jakarta?
Quote:
Membangun sistem jaringan MRT bukanlah semata-mata urusan kelayakan ekonomi dan finansial saja, tetapi lebih dari itu membangun MRT mencerminkan visi sebuah kota. Kehidupan dan aktivitas ekonomi sebuah kota, antara lain tergantung dari seberapa mudah warga kota melakukan perjalanan/mobilitas dan seberapa sering mereka dapat melakukannya ke berbagai tujuan dalam kota. Tujuan Utama dibangunnya sistem MRT adalah memberikan kesempatan kepada warga kota untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas perjalanan/mobilitasnya dengan lebih andal, terpercaya, aman, nyaman, terjangkau dan lebih ekonomis.
  • Perkiraan Jakarta macet total : Saat ini pertumbuhan jalan di Jakarta kurang dari 1 persen per tahun dan setiap hari setidaknya ada 1000 lebih kendaraan bermotor baru turun ke jalan di Jakarta. Studi Japan International Corporation Agency (JICA) 2004 menyatakan bahwa bila tidak dilakukan perbaikan pada sistem transportasi, diperkirakan lalu lintas Jakarta akan macet total pada 2020 (Study on Integrated Transportation Master Plan (SITRAMP II)
  • Kerugian ekonomi akibat kemacetan lalu lintas di Jakarta berdasarkan hasil penelitian Yayasan Pelangi pada 2005 ditaksir Rp 12,8 triliun/tahun yang meliputi nilai waktu, biaya bahan bakar dan biaya kesehatan.
  • Polusi udara akibat kendaraan bermotor memberi kontribusi 80 persen dari polusi di Jakarta. MRT Jakarta digerakan oleh tenaga listrik sehingga tidak menimbulkan emisi CO2 diperkotaan.



Apa Saja Syarat keberhasilan Konsep MRT?
Quote:
  • Adanya integrasi dengan sistem pendukung lain seperti jaringan pengumpan (feeder system) dan sistem transportasi kendaraan tidak bermotor terutama fasilitas jalur sepeda dan pejalan kaki.
  • Adanya institusi penyelenggaraan angkutan umum yang sehat dengan mekanisme perijinan yang transparan dan mengutamakan tinginya kualitas pelayanan.
  • Adanya persiapan yang matang (menyeluruh) dan tahapan yang tersosialisasikan dengan baik kepada masyarakat. Intensitas dan kontinuitas sosialisasi ini harus tetap terjaga selama masa perencanaan hingga akhir pelaksanaan. Materi sosialisasi ini tidak hanya menyangkut hal-hal teknis semata tetapi juga termasuk latar balakang yang mendasari tiap tindakan yang diambil dan upaya antisipasi pemerintah terhadap setiap konsekuensi yang harus dihadapi masyarakat terkait dengan pelaksanaannya


Jadi, konsep Mass Rapid Transit (MRT) merupakan alternatif yang tepat dalam mengatasi permasalahan transportasi di Indonesia, dengan tetap memberhatikan kondisi sosial-ekonomi masyarakatnya, serta dampaknya terhadap lingkungan.
Busway yang merupakan salah satu sistem dalam konsep MRT merupakan kebijakan awalan yang sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia. Sistem ini akan lebih berhasil jika didukung dengan adanya integrasi dengan sistem pendukung lainnya, adanya institusi penyelenggara, dan adanya persiapan yang matang serta sosialisasi terhadap masyarakat untuk ikut serta menyukseskan kebijakan tersebut

Spoiler for Sumur
sumur 1  (trisnasristia.blogspot.com)
Sumur 2  (www.jakartamrt.com)
Sumur 3  (id.wikipedia.org)
Sumur 4  (id.wikipedia.org)
Sumur Gambar  (www.google.co.id)


Semoga Transportasi umum di Indonesia lebih baik dengan konsep MRT.

Sekian dari TS, Jangan Lupa Rate 5 dan Komeng

Terima Kasih Telah Mampir

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/540ed081138b462d318b456e

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)