Home » » Berbagai Macam Jenis Jambu Biji yang Perlu Lo Tau

Berbagai Macam Jenis Jambu Biji yang Perlu Lo Tau




Spoiler for Insha Allah no repsol

Quote:Quote:Pembukaan
Halo agan dan aganwati. Pada kali ini TS akan membahas tentang macam-macam jenis jambu biji. Siapa sih yang gak pernah makan jambu biji? pasti kita semua pernah kan? Jambu Biji adalah buah ajaib yang sangat akrab di sekitar kita, banyak masyarakat yang mengetahui tentang jambu biji. Di Indonesia ada beberapa daerah yang menjadi sentra produksi buah ini, diantaranya DKI Jakarta, Jabar meliputi Karawang dan Cirebon, Jawa Tengah meliputi Grobogan, Pekalongan, Jepara, Kudus, Purbalingga, Cilacap, Gombong, Wonogiri, Semarang dan Sukoharjo, DIY meliputi Gunung Kidul, Sleman, Kulon Progo, Jawa Timur, Bali, NTB, Kalimantan dan Sumatera. Dan beberapa daerah lainnya

Beberapa macam Jambu Biji dikenal di Indonesia, sebagian dikenal sejak lama, sebagian merupakan introduksi dari negara lain.



Quote:Quote:~à¹'à¹'.Macam-Macam Jenis Jambu Biji.à¹'à¹'~


1. Jambu Biji Kristal Taiwan
Spoiler for Jambu Biji Kristal Taiwan
Jambu Biji Kristal merupakan mutasi dari residu Muangthai Pak, ditemukan pada tahun 1991 di District Kao Shiung -Taiwan. Diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1991 oleh Misi Teknik Taiwan. Jambu Kristal sebetulnya tidak benar-benar nirbiji, jumlah bijinya kurang dari 3% bagian buah, sepintas Jambu Biji Kristal hampir tidak berbiji. Jika ingin tahu cara Budidaya Jambu Biji Kristal Taiwan silahkan baca pada artikel Budidaya Jambu Biji Kristal.



2. Jambu Pasar Minggu


Spoiler for Jambu Pasar Minggu
Jambu pasarminggu memiliki dua varian: berdaging buah putih dan merah. Yang berdaging putih, dikenal sebagai jambu 'susu putih', lebih digemari karena rasanya manis, daging buahnya agak tebal, dan teksturnya lembut. Yang berdaging buah merah kurang disukai karena buahnya cepat membusuk dan rasanya kurang manis. Kulit buahnya tipis berwarna hijau kekuningan bila masak. Bentuk buahnya agak lonjong dengan bagian ujung membulat, sedangkan bagian pangkal meruncing. Jambu pasarminggu merupakan ras lokal.


3. Jambu Biji Getas Merah

Spoiler for Jambu Biji Getas Merah
Jambu biji getas merah adalah varian jambu biji yang berdaging hijau sampai kekuning kuningan dan berisi merah muda. Jambu ini beda dengan jambu pasar minggu, jambu ini bentuknya agak meonjong dan rasanya kurang manis, tetapi jambu ini memiliki hasiat yang baik karena mengandung Tanin, quersetin, glikosida quersetin, flavonoid, minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan vitamin yang lebih banyak. kelebihannya lagi jambu getas merah ini tidak mengenal musim, dan selalu berbuah setiap saat dan dan kebanyakan kikembangbiakkan dengan pencangkokan. jambu ini sudah banyak di budidayakan di daerah Kendal, asalnya dari Pageruyung Kendal.


4. Jambu Australia
Spoiler for Jambu Australia
Jambu biji australia diintroduksi dari Australia. Memiliki tajuk dan bentuk tanaman yang hampir sama dengan jambu biji pada umumnya. Kekhasannya adalah daunnya berwarna merah keunguan. Dengan buah juga berwarna merah keunguan. Walaupun buahnya dapat dimakan, biasanya orang menanam di pekarangan lebih sebagai tanaman hias. Buahnya manis bila sudah masak, tetapi tawar bila belum matang

5. Jambu SukunSpoiler for Jambu Sukun
Jambu sukun. Kata "sukun" berarti "tidak berbiji". Jambu varietas unggul ini memang tidak memiliki biji; kalaupun ada hanya 2-3 biji. Daging buahnya putih kekuningan dengan rasa manis agak asam. Teksturnya agak keras, renyah, dan beraroma wangi. Bentuk buahnya mirip apel, dengan ukuran panjang antara 4-5 cm. Kulit buahnya bila matang berwarna hijau keputihan. Jambu sukun dapat berproduksi terus menerus sepanjang tahun, meskipun relatif sedikit. Namun demikian, jenis jambu ini relatif tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

6. Jambu Bangkok
Spoiler for Jambu Bangkok
Jambu bangkok berasal dari Bangkok, Thailand. Keunggulannya terletak pada ukuran, rasa, dan warnanya. Ukurannya tergolong besar gemuk dengan panjang 6-7 cm dan diameter sekitar 5 cm. Rasanya sangat manis dengan kandungan air sedikit sehingga teksturnya agak keras. Buah muda berwarna hijau kekuningan, sedangkan yang tua merah bergaris hijau kekuningan. Produksi buahnya sangat banyak sehingga dalam satu pohon buahnya tampak menutupi daun. Jenis ini memiliki biji lebih besar dari jenis lainnya

7. Jambu Kamboja
Spoiler for Jambu Kamboja
Jambu Kamboja, sesuai dengan namanya, Jambu ini berasal dari Kamboja. tetapi, ada juga yang mengatakan bahwa Jambu ini sesungguhnya datang dari Thailand dan dikembangkan di Kamboja. Bentuknya Buah Jambu Kamboja cukup besar layaknya buah Alpukat. beratnya pada 400-500 g per buah. di banding dengan Jambu Apel, Jambu ini beraroma cukup tajam serta terasa amat manis. oleh karena itu, Jambu ini kerap jadikan juice. Produksi buahnya cuma mencapai 10 kg per pohon per periode panen.

8. Jambu Tukan
Spoiler for Jambu Tukan
Jambu Tukan adalah varietas introduksi dari Thailand. keunggulan varietas ini terdapat pada ukuran buahnya yang besar. di wilayah Pati orang menyebutnya Jambu Kurap. diameter buahnya lebih kurang 15 cm dengan berat tiap-tiap buah bisa mencapai lebih Kurang 1.200-1.700 g. dengan keunggulan tersebut Jambu ini sangat digemari penduduk meskipun harganya relatif mahal. tak hanya keunggulan tersebut, buah Jambu ini mempunyai daging buah yang sangat tebal serta terasa enak. warna daging buah putih kekuningan. produksi buahnya bisa berlangsung selama musim dengan keseluruhan lebih kurang 120 kg per pohon per tahun. tetapi, buah yang terlampau masak terasa tidak enak serta kurang manis. oleh dikarenakan itu, yang kerap dicari adalah yang daging buahnya masih agak keras.

9. Jambu sari
Spoiler for Jambu Sari
Jambu sari adalah jenis Jambu bangkok. tetapi, umumnya ukuran Jambu sari tidak seperti Jambu Bangkok yang besar. garis tengahnya cuma lebih kurang 10 cm dengan berat lebih kurang 600-1.000 g. wujud buah membulat prima. kulit buah licin mengilap berwarna kekuning-kuningan bila masak. Daging buahnya tebal, bertekstur halus, serta berwarna putih dengan rasa manis, harum, serta empuk tidak memiliki serat. tak hanya itu, Jambu sari mempunyai keanehan : ukuran buah sebelum saat masak besar, namun sesudah masak ukurannya mengecil.


10. Jambu Merah Getas
Spoiler for Jambu Merah Getas
Jambu merah getas adalah hasil silangan Jambu bangkok dengan Jambu pasarminggu yang berdaging buah merah. hasil silangan ini memanglah mempunyai karakter yang bisa diunggulkan dari ke-2 induknya. Pada umum yang pantas diunggulkan dari Jambu ini adalah ukurannya besar, daging buahnya tidak tipis, teksturnya lunak, bijinya sedikit, terasa manis, serta aromanya harum. produktivitas Jambu biji ini lalu tergolong tinggi, ikuti produktivitas induk Jambu bangkok. didalam berproduksi type ini tidak mengetahui musim.




Spoiler for bonus
Quote:Manfaat Jambu Biji
1. Mencegah kanker
Jambu biji mengandung antioksidan pelawan kanker, likopen. Likopen dalam jambu biji lebih mudah diserap tubuh dibanding yang berasal dari tomat karena perbedaan dalam struktur selnya. Konsumsi likopen yang cukup sangat berpengaruh pada penurunan risiko kanker prostat pada pria. Semua jenis jambu biji mengandung antioksidan yang tinggi, terutama pada jambu biji berdaging merah.

Riset-riset epidemologis likopen pada studi yang dilakukan peneliti Itali, mencakup 2.706 kasus kanker rongga mulut, tekek, kerongkongan, lambung, usus besar dan dubur, jika mengkonsumsi likopen yang meningkat, khususnya pada jambu biji yang daging buahnya berwarna merah, berbiji banyak dan berasa manis mempunyai efek memberikan perlindungan pada tubuh dari beberapa jenis kanker.

2. Menurunkan hipertensi
Jambu biji juga mengandung kalium yang berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat-zat gizi lainnya ke sel-sel tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan dan sel tubuh.

Jambu biji adalah buah yang sebaiknya rutin dikonsumsi jika Anda ingin menghindar dari serangan jantung. Buah ini menjadi hipoglikemik di alam dan kaya akan serat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Selain itu, jambu biji berukuran sedang bisa mencukupi 20 persen kebutuhan harian tubuh akan potasium. Penelitian juga menunjukkan rutin mengonsumsi potasium bisa menurunkan tekanan darah.

3. Mengobati diare
Tanaman jambu biji memiliki astringen, zat kimia yang akan menyusutkan jaringan tubuh. Ini sebabnya gusi akan terasa lebih keras dan segar setelah kita mengunyah jambu biji. Selain itu daun jambu biji juga mengandung zat antibakteri sehingga bisa mencegah pertumbuhan bakteri saat terkena disentri. Pembunuh bakteri lain dalam buah ini adalah karetinoid, vitamin C dan potasium. Jambu biji juga mengandung tannin, yang menimbulkan rasa sepat pada buah tetapi juga berfungsi memperlancar sistem pencernaan, sirkulasi darah, dan berguna untuk menyerang virus.

4. Batuk dan flu
Daun jambu biji yang dimakan mentah atau buah yang masih mentah yang dibuat jus dipercaya secara turun temurun sebagai obat mengatasi batuk dan flu. Ramuan ini bekerja dengan cara mengurangi pembentukan lendir serta membuat saluran pernapasan bebas infeksi. Buah jambu biji juga kaya akan vitamin C dan zat besi yang efektif untuk menghambat infeksi virus flu.

5. Merawat kulit
Kandungan astringet dalam jambu biji akan meningkatkan tekstur kulit dan mengencangkan kulit yang mulai kendur. Bukan hanya itu jambu biji juga mengandung vitamin A, C dan potasium yang memiliki fungsi sebagai antioksidan. Karena di dalam jambu biji terdapat likopen yaitu zat non gizi potensial lain selain serat. Likopen adalah karatenoid (pigmen penting dalam tanaman) yang terdapat dalam darah (0,5 mol per liter darah) serta memiliki aktivitas anti oksidan.

Nutrisi ini akan membantu proses detoksifikasi dan menjaga kulit tetap sehat serta bebas keriput.

6. Mencegah sembelit
Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji efektif untuk mencegah sembelit atau konstipasi. Buah jambu biji ukuran sedang mengandung 36 persen kebutuhan serat yang direkomendasikan. Selain itu biji buah ini juga menjadi laksatif yang ampuh yang berfungsi untuk membantu membersihkan sistem pembuangan usus.

7. Diabetes
Menurut penelitian yang dilakukan pada tikus, baik buah dan daun jambu biji bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Jambu Biji juga meningkatkan produksi hormon Insulin. Insulin merupakan hormon yang berfungsi untuk merubah gula dalam darah menjadi gula otot sehingga tidak ada kelebihan gula dalam darah.

8. Menurunkan berat badan
Buah ini memiliki komponen yang diperlukan untuk menurunkan berat badan, misalnya serat, protein dan vitamin. Buah ini juga membuat perut terasa lebih kenyang. Jambu biji berukuran sedang yang diasup saat makan siang sudah cukup untuk mengganjal perut sampai makan malam.

9. Sariawan
Vitamin C yang terkandung dalam jambu biji empat kali lebih tinggi dibanding dengan vitamin C yang terdapat dalam jeruk. Selain itu, buah ini juga menjadi obat yang ampuh untuk sariawan (Chanker Sores, Ulkus Aftosa), penyakit yang ditandai dengan gusi bengkak dan berdarah.

10. Merawat gigi
Konsumsi jus jambu biji untuk merawat gusi, mengatasi gusi bengkak dan berdarah.

11. Menurunkan kolesterol
Jambu biji memiliki kandungan pektin yang merupakan serat larut air. Dengan adanya pektin, manfaat jambu biji juga dapat menurunkan kolesterol.

12. Mengobati infertilitas pria
Satu jambu biji memiliki 165 miligram (mg) vitamin C. Sementara, satu jeruk hanya mengandung 69 mg saja. Kandungan vitamin C pada jambu biji ini efektif dalam mengobati infertilitas pria.

13. Membantu Mengatasi Deman Berdarah
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji ternyata dapat menghambat pertumbuhan virus dengue penyebab demam berdarah dengue (DBD).
Quote:Quote:Penutup
Gimana gan? banyak kan jenisnya?Ternyata di balik jenisnya yang banyak juga terkandung khasiat yang banyak pula.Sekian dari ane, kurang lebihnya mohon dimaafkan .Tambahan dan komentar para kaskuser ada di bawah ya gan . Nanti kalo thread ini rame, nanti TS bakal unjukin pohon jambu serta buahnya yang ad di rumah TS.





Spoiler for sumurSUMUR
SUMUR 2

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5382095c0e8b460f0b0000de

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)