Home » » Biar Gak Lupa Password, Cek Tipsnya Dulu Gan

Biar Gak Lupa Password, Cek Tipsnya Dulu Gan


Bismillahirahmanirahim

Sebelumnya No Repost gan
Spoiler for BUKA


Ingat adegan dalam film Batman, di mana Bruce Wayne, jutawan yang kaya raya dalam semalam menjadi miskin dan kehilangan semua hartanya? Ini terjadi karena sidik jarinya berhasil dicuri dan digunakan untuk melakukan transaksi derivatif di bursa saham Gotham. Dari cerita di atas kita bisa mengetahui pentingnya otentikasi dan bahayanya jika jatuh ke tangan yang salah.


Suatu ketika TS dihubungi oleh seorang teman dia meminta supaya ane Hack akun Twitternya
karena dia yang lupa password/kata sandi. Disitu TS pun berusaha semaksimal mungkin untuk mendapat akun twitternya dengan mereset passwordnya via email, tetapi hasilnya 0 BESAR karena dia juga lupa emailnya
terlebih lagi TS bukan Hacker sungguhan.




Wajar memang kita semua adalah Manusia terkadang suka lupa dengan suatu hal seperti Password / Kata Sandi
Pikun berdasarkan faktor usia atau pun yg lain, mungkin karena banyaknya Social Media, E-mail, Cloud Storage dan Security login di dunia ini, apa lagi yang memiliki lebih dari > 1 id. Betapa membingungkan apa bila lupa Sandinya.
(Fb, Twitter, Yahoo , Gmail , You Tube , Skype , Kaskus , Dropbox, Media Fire , Steam , Gemscool, OS admin)
dan masih banyak lagi jika disebutkan

Dari situ TS mempunyai ide untuk membuat thread ini yang bertujuan mengurangi resiko lupa Password / Kata Sandi TS sendiri sudah sejak lama menggunakan cara ini tebukti ampuh .
Note : Tips ini mengutamakan agan untuk mempermudah mengingat Password / Kata Sandi
jadi untuk keamanannya berada pada urutan ke-dua

Berikut Caranya


1 . Gunakan Password yang sama
Spoiler for Buka
Salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh pemilik akun adalah banyaknya jumlah akun yang berbeda yang dimilikinya. Jika setiap akun ia harus mengingat Sandi yang berbeda-beda, yang sering terjadi adalah hal yang konyol, seperti lagu yang dinyanyikan oleh Kuburan, namun dalam kasus ini yang dilupakan bukan lupa syairnya, tetapi lupa passwordnya. Dimana pemilik akun terproteksi oleh dirinya sendiri dan tidak dapat mengakses akun karena lupa akan passwordnya.

Karena itu banyak pemilik password memilih jalan pintas dengan menggunakan satu password yang sama untuk semua akunnya. Cara simpel ini mempermudah kita untuk tidak lupa Password/ Sandi karena kita hanya perlu mengingat 1 Password/Sandi saja. Untuk ke-amanannya gunakan Password unik yang tidak akan mudah orang lain tebak agan bisa membuat yang lebih kreatif gunakan huruf besar-kecil , nomer , dan simbol
Contoh : banKempes11, kopiAsin++, sendalJeplek11 ,peteJengkol11 ,nanemUBI11, tehMangkok11

2. Gunakan Password yang berbeda Pe-nomeran / Jumlah Simbol pada E-MAIL
Spoiler for Buka
Tujuannya adalah sebagai pendukung cara pertama supaya cara Ke - 1 lebih aman lagi agan perlu password yang berbeda pada E-mail agar ketika akun SOSMED dihack agan bisa reset password lewat E-mail sehingga agan menghafalkan 2 password Eits....! tenang ga usah yang ribet cukup beda Pe-nomeran & Jumlah Simbol pada Password / Kata Sandi saja agan bisa membuat yang lebih kreatif pada nomer dan jumlah simbolnya.
Contoh : banKempes22, kopiAsin+++, sendalJeplek22 ,peteJengkol22 ,nanemUBI22, tehMangkok22

3. Mencatat pada Buku catatan
Spoiler for Buka
Sebenarnya cara ini adalah milik teman sekolah TS dia punya banyak akun untuk kepentingannya sendiri bayangkan berapa kali dia sering buka buku catatan sakunya, jadi agan boleh mengikuti cara ini tetapi agan usahakan untuk menyimpan catatan rahasia, agar terhindar dari orang yang berniat mengintip akun kita.
Untuk ke-amanannya agan bisa membuat yang lebih kreatif pada sensor Nomor dan Simbol setelah itu agan perlu mengingat sensor tersebut atau jika agan mudah lupa bisa menggunakan sensor capslock / huruf Kapital agan hanya perlu mengingat dimana letak huruf besar kecilnya karena dengan cara ini salah 1 huruf Kapital saja sudah gagal login, jadi walaupun orang lain mau ngintip akun kita yang terjadi adalah gagal login.

Cara menulis pada buku catatan
Contoh Sensor Nomor & Simbol :
banKempes**, kopiAsin**, sendalJeplek** ,peteJengkol** ,nanemUBI**, tehMangkok**
Contoh Sensor Huruf Kapital :
bankempes11, kopiasin++, sendaljeplek11 ,petejengkol11 ,nanemubi11, tehmangkok11

4. Mengupload text Password
Spoiler for Buka
Cara ini hampir sama dengan Cara ke-3 yaitu mencatat pada buku catatan yang membedakan hanyalah text digital yang diupload pada web Cloud sharing
buat new document menggunakan notepad(.txt) atau MS word (.docx) ketik semua akun id & Password pada Note Pad / MS word jangan lupa untuk menyertakan sensor seperti cara ke-3 agar aman kemudian menguploadnya ke Cloud Penyimpanan terpecaya bisa Dropbox / Google drive / 4 shared, sehingga ketika agan lupa pasword agan tinggal menuju Cloud penyimpanan.

5. Menggunakan Program Password Manager
Spoiler for Buka
Program ini cukup banyak tersedia, baik versi komersial maupun versi gratis. Salah satu Program Password Manager adalah KeePass yang menurut TS cukup handal tersedia versi installer dan portablenya,
KeePass juga sudah support Operating System (windows , Mac , Linux, Ipad, windows phone, Android , BB) terlebih lagi bersifat open source yang artinya gratis.

KeePass Password Safe adalah password manager yang bisa kita gunakan untuk menyimpan semua password kita dengan aman. Password kita tersebut akan dilindungi oleh satu master key atau satu key file. Sehingga yang perlu kita ingat cukup satu password master key saja ataupun cukup kita pilih satu key file untuk membuka semua password database yang telah kita simpan.

Password yang telah kita simpan di dalam database KeePass Password Safe akan dienkripsi dengan enkripsi yang paling aman saat ini yaitu AES dan Twofish. sehingga sekalipun data file password anda jatuh ke tangan orang lain, akan sangat sulit bagi penemunya untuk membuka file tersebut. Selain fitur pengamanan yang mumpuni dan kenyamanan untuk tidak perlu mengingat password, KeePass juga dapat memberikan perlindungan tambahan karena anda tidak perlu mengetikkan Username dan Password tetapi hanya perlu melakukan [Copy] dan [Paste] file rahasia dari KeePass.

untuk mendownloadnya Klik disini
untuk cara penggunaannya klik disini


Sudah membacanya gan ?

jangan lupa untuk membantu rate pada thread ini dan komentarnya
jika berkenan boleh dilempar
Spoiler for BukaTerimakasih banyak
sumber
Spoiler for bukadari pikiran sendiri dan berbagai macam referensi google 1& 2


Akhir Kata saya ucapkan
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/538848c46c07e7de198b4745

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger