Home » » Apakah Kita Membutuhkan Bulan?

Apakah Kita Membutuhkan Bulan?





Quote:

Spoiler for moonQuote:
Quote:Ada banyak bulan dalam sistem tata surya kita, tapi tak ada yg seperti kita miliki. Bulan memiliki peran dan pengaruh yg luar biasa bagi bumi kita, menjaga agar dunia kita selalu pada keadaan seimbang. Mengapa bulan begitu kuat dan luar biasa..? Seperti apa hubungan yg kita miliki dengan tetangga terdekat kita ini ? Bagaimana bulan membantu membentuk planet ini dan membentuk evolusi kita? Apa yg akan terjadi jika bulan tidak berada pada posisinya seperti sekarang ini..? Tanpa bulan, apakah mungkin kita ada di bumi ini..seperti saat ini ?


Quote:Bagaimana jika bulan berada pada posisi yg berbeda dari saat ini, lebih jauh atau lebih dekat ? Seperti apakah dunia kita jadinya jika itu terjadi..? Bulan adalah sebuah benda langit, bola batu di luar angkasa, tetapi memiliki kekuatan untuk menciptakan pasang surut yg begitu besar di bumi. 2 kali sehari, bulan menarik 66 juta ton air laut melalui berbagai macam tempat di bumi, contohnya di Loch Etive di skotlandia. Hasilnya adalah arus yg sangat deras, bagian leher sungai Loch seperti leher botol, air mengalir melalui saluran yg cukup sempit dan selama kurang lebih 1-2 jam, akan menjadi salah satu perjalanan air paling cepat di dunia. Inilah salah satu wujud kekuatan bulan dari jarak dekat.

Spoiler for Loch Etive
LOCH ETIVE





Bagaimana bulan melakukan ini ? Gravitasi, adalah kekuatan besar universal dari tarik menarik, gravitasi membuat kita tetap bisa berdiri di planet bumi, dan menjaga bulan tetap mengorbit pada bumi, tapi ketika bumi menarik bulan, disaat yg sama bulan juga menarik bumi, menarik semua samudera dan lautan yg ada di bumi. Layaknya energi yg terdapat pada magnet, bulan menarik lautan di bumi keatas, menjauh dari permukaan bumi.

Spoiler for moon



Kekuatan gravitasi bulan menciptakan “tonjolan” air di lautan. Dan seperti bulan mengorbit bumi, maka bulan menarik tonjolan air ini mengelilingi planet, dan menciptakan gelombang pasang yg besar dan kecil, besar kecilnya gelombang pasang ini tergantung pada jarak antara bumi dan bulan.Hukum fisika sangat jelas pada hal ini, semakin dekat dua obyek maka semakin besar gaya tarik menarik keduanya, semakin besar gaya gravitasinya. So, kita mendapatkan gelombang pasang karena bulan, yg berjarak 384.400 km. Tapi bagaimana jika bulan lebih dekat dengan kita..?.

Spoiler for ilustrasi

yang akan terjadi





Ada beberapa teori yg menjelaskan tentang bagaimana bulan terbentuk, salah satunya yg paling populer adalah : 4.5 milyar tahun lalu, pada waktu itu bumi muda masih tidak memiliki satelit, mengorbit pada matahari sendirian. Namun bumi juga tiap detiknya dihujani oleh meteor dan komet di permukaannya. Kemudian planet lain seukuran Mars, mendekati orbit bumi dan planet itu berada dalam jalur tumbukan.

Spoiler for ilustrasi
Bumi Muda


Impact




Tumbukan itu melontarkan sejumlah besar batuan cair ke luar angkasa dan orbit bumi. Pecahan2 ini kemudian bergabung menjadi sebuah bola dan terbentuklah Bulan, yang pada saat itu hanya berjarak 22.530 km dari bumi muda, dan ini adalah jarak terdekat yg memungkinkan, jika lebih dekat lagi, maka gravitasi bumi akan menarik kembali serpihan puing2 itu ke bumi, dan bulan tidak akan terbentuk. Saat ini bulan hanyalah sebuah bola batu raksasa yg memantulkan cahaya matahari, tapi sebelumnya, dahulunya bulan merupakan sebuah bola batu yg berpijar dengan terang.

Spoiler for early moon
EARLY MOON RISE



Ketika kita mengarahkan teleskop kita ke bulan, dengan spesifikasi tertentu pada teleskop kita, kita bisa melihat kawah2 yg menakjubkan pada permukaan bulan. Dan, satu hal yg pertama akan kita ketahui adalah, kita akan selalu melihat kawah yg sama pada bulan, ini disebabkan karena bulan berotasi sangat pelan, satu putaran tiap 29 hari, dan itu juga merupakan kecepatan yg sama pula pada bulan untuk mengorbit bumi.

Spoiler for moon



So, ketika dan selama bulan mengitari kita maka bulan akan menunjukkan “wajah” nya yg sama pula.Jadi dengan kata lain kita tak akan pernah melihat sisi terjauh bulan atau disebut dengan “the dark side of the moon”. Gak ada hubungannya sama Sentinel Prime ya gan

Jika saja kita bisa, kita akan melihat banyak kawah di sisi terjauh bulan, dan kenyataannya kita sekarang sudah mengetahui bahwa terdapat banyak kawah di sisi terjauh bulan daripada sisi terdekatnya. Yang mana juga fakta yg melegakan kita, karena masing2 kawah itu terbentuk dari hantaman / tumbukan asteroid yg bisa saja menghantam bumi dan melenyapkan kehidupan yg ada. Bulan yg membantu memulai kehidupan di bumi juga menjaganya, The Earth's Guardian Angel.

Spoiler for dark side of the moon

Ide bahwa bulan menjaga kita sudah dikenal begitu lama. 5.000 tahun yg lalu, orang2 di Outer Hebrides membentuk bebatuan tertentu menjadi sebuah formasi batuan megalit dan meletakkannya dalam sebuah lingkaran besar. Mereka tak memiliki peralatan logam apalagi alat2 seperti crane / katrol, benar2 sebuah hal yg hebat yg berhasil dilakukan. Lebih jauh lagi mereka membangun sebuah observatorium, untuk menyaksikan dan menandai aktifitas yg langka pada bulan.

Spoiler for stonehenge







Setiap 18.5 tahun sekali, bulan akan turun kebawah langit dan hanya bisa terbit diatas horizon.Ini dikenal dengan nama “Lunar Standstill” dan peristiwa ini terakhir terjadi pada tahun 2006 dan tak akan terjadi lagi hingga tahun 2024. Anehnya, orang2 yg membangun Callanish (Stonehenge) ini kemungkinan besar mengetahui tentang Lunar Standstill dan mereka menata batu2 tersebut untuk melihat peristiwa ini.

Spoiler for lunar standstill



Untuk menata batu2 tersebut secara akurat, mereka hanya bisa memeriksa posisinya setiap 18.5 tahun sekali, pada lunar standstill berikutnya.Nampaknya memang sesuatu yg rumit, mengapa mereka melakukannya..? dalam dunia kuno, orang2 memuja bulan dan membuat cerita2 tentang kekuatan misterius bola bercahaya yg muncul pada langit malam. Beberapa cerita berhasil lolos seleksi waktu, anggap saja film klasik tentang werewolf, semuanya tentang kekuatan aneh dan menakutkan dari bulan.

Spoiler for moon power



atau yg lebih mengerikan lagi ini gan

Spoiler for





Sebuah spesies terumbu karang yg bernama Diploria strigosa (Brain Coral) juga merupakan salah satu bukti bahwa bulan mempengaruhi kehidupan yg ada di bumi, setiap 26 hari pada waktu bulan purnama, terumbu karang ini membentuk lapisan kerangka baru diatas lapisan yg lama. Dorongan pertumbuhan ini dipengaruhi oleh orbit bulan, dan lapisan skeletal tersebut bisa digunakan sebagai kalender bulan, layaknya sebuah rekaman waktu yg sedang berjalan.

Spoiler for brain coral





Akan tetapi spesies terumbu karang yg lain bahkan menunjukkan sesuatu yg lebih lagi, membuat kita bisa memandang jauh ke masa lalu dan mengungkap sesuatu yg luar biasa tentang kekuatan bulan. Dibawah ini adalah foto sebuah fosil terumbu karang dari “Devonian Era”, yg berusia sekitar 400 juta tahun. Seperti lapisan bulanan yg terbentuk, ada juga lapisan tahunan yg terbentuk, bahkan terdapat juga lapisan yg terbentuk harian.

Spoiler for fossil

Dan jika kita menghitung untuk menentukan lapisan harian ini terbentuk dalam 1 tahun, kita akan menemukan bukan 365 hari, melainkan dalam koral ini ada 400 lapisan tiap tahunnya, 400 hari dalam 1 tahun, jadi dengan kata lain ada tambahan 35 hari lagi pada tiap tahunnya. Jika benar2 ada 400 hari dalam 1 tahun di era itu, seberapa lamakah tiap harinya..? Jika kita melakukan perhitungan, dan menjumlahkan total jumlah jam dalam 1 tahun kemudian dibagi 400 hari maka kita akan mendapatkan bahwa pada Era Devonian, ketika fosil tersebut masih hidup, 1 hari di era itu sama berlangsung selama 21 jam 55 menit. Sangat aneh bukan, faktanya bahwa dalam 1 hari di era itu bukanlah 24 jam seperti saat ini.

Spoiler for devonian era
DEVONIAN ERA









Kita tahu bahwa panjangnya / lamanya 1 hari ditentukan oleh waktu yg dibutuhkan bumi untuk berputar satu kali, dari matahari terbit hingga terbit selanjutnya. Jika di masa lalu hari2 berlangsung lebih singkat, pastinya bumi berotasi dengan lebih cepat. Faktanya, di masa lalu, milyaran tahun yg lalu, bumi berputar dengan sangat cepat yg mengakibatkan 1 hari hanya berlangsung selama 5 jam saja. Tapi mengapa kecepatan rotasi bumi terus berubah setiap waktu ? Ini disebabkan oleh bulan. Ketika bulan baru saja terbentuk, jaraknya sangat dekat dengan bumi, dan gravitasinya sangat kuat, ini juga berfungsi sebagai “rem” untuk bumi. Gerak rotasi yg berlawanan dengan bulan menyebabkan rotasi bumi melambat. Selama milyaran tahun, gaya gravitasi dari bulan menjadi “rem” pada putaran bumi, dan hari2 di bumi menjadi lebih lama, apa yg dulunya hanya 5 jam sekarang menjadi 24 jam.

Spoiler for moon

Sangat menakjubkan melihat bahwa setiap ritme planet kita telah diatur oleh objek luar angkasa yg terdekat dengan kita ini. Tapi bagaimana dengan bulan itu sendiri ? Bagaimana bulan terpengaruh oleh putaran bumi..? Satu hal yg bisa kita pelajari dalam fisika adalah, ketika ada aksi maka selalu ada reaksi. Ketika putaran bumi semakin perlahan seperti saat ini, ada sesuatu yg justru smakin cepat, dan itu adalah bulan. Selama milyaran tahun, semakin cepat, dan apa yg terjadi jika sesuatu pada orbit itu menjadi semakin cepat ? Bayangkan seperti permainan anak2 dibawah ini :

Spoiler for ilustrasi

jika kita semakin meningkatkan kecepatan putaran, maka tubuh kita akan terdorong / terlempar kearah luar, seakan dengan kata lain tubuh kita terdorong keluar ke arah orbit yg lebih lebar, dan itu kurang lebihnya apa yg terjadi terhadap bulan.

Bulan semakin menjauh dari orbit bumi, layaknya membentuk lintasan spiral yg semakin lebar, tapi apakah bulan masih menjauh sampai saat ini ? Atau telah berhenti?. Selain bermain-main di bulan, astronot apollo juga melakukan serangkaian eksperimen dan pada misinya yg ketiga mereka meninggalkan perangkat yg disebut “retro-reflector units”, yg terbungkus oleh cermin2 kecil.

Spoiler for moon





dan sejak saat itu, para astronom telah menembakkan laser ke alat tersebut secara berkala, untuk terus memantau tepatnya seberapa jauh bulan. Astronom telah menggunakan laser untuk mengukur jarak bulan selama 40 tahun, dan apa yg mereka temukan diantara partikel2 laser tersebut sudah jelas, bulan yang telah bergerak menjauh selama milyaran tahun ternyata masih terus bergerak menjauh dengan kecepatan 3.78 cm per tahun, dalam skala manusia, itu sama dengan kecepatan tumbuh kuku pada jari kita.


Spoiler for moon


Lanjut dibawah gan

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/54507e8d12e25741128b4568

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger