Home » » Developer - Developer Game Anti Mainstream

Developer - Developer Game Anti Mainstream

Halo Agan-agan Kaskuser, sebelum lanjut...



PENDAHULUAN
Quote:Kali ini ane mau sharing tentang game, tapi yang ane mau omongin bukan tentang gamenya sendiri, melainkan pengembang-pengembang atau pembuat game yang punya keunikan sendiri-sendiri.

Sebelum lanjut, ane tekenin kalo developer game itu beda dengan publisher game, jadi developer itu yang ngebuat game, sedangkan publisher itu yang ngeluarin game tadi ke pasaran, nah kadang emang developing dan publishing dilakukan oleh pihak atau perusahaan yang sama


nah gitu pendahuluannya, yuk lanjut ke isinya....



Inilah Developer yang Beda dan Unik


Paradox Development Studio (PDS)
Quote:Spoiler for
PDS adalah sebuah perusahaan game yang lahir dan berlokasi di Swedia, Perusahaan ini sekarang sih udah gede, mereka udah banyak ngerilis game-game dari pengembang game lain. Namun yang bikin pengembang ini unik adalah karena game-game yang mereka kembangkan sendiri adalah game-game yang masuk kategori anti mainstream.

Di saat orang-orang umumnya nyari game yang grafiknya bagus, dan bisa bikin senang karena ceritanya bagus, PDS malah terkenal dengan game-game grand strategi yang bisa bikin kepala pecah (saking rumitnya).
Beda Game strategy dan grand strategy adalah: jika game strategy biasanya jangkauannya pendek (misalnya: perang kayak seri Total War), Grand Strategy jangkauannya lebih luas karena biasanya kita ngontrol negara secara menyeluruh dan harus memperhatiin semuanya, mulai dari keadaan ekonomi dunia, hubungan relasi antar negara, krisis-krisi di dunia, dan tentunya PERANG.

Sebenernya persentase orang-orang yang suka jenis-jenis game kayak gini jumlahnya kecil. Bahkan di majalah-majalah game sering di bahas kalo PDS ini terlalu jago dan berani main di kategori yang sempit ini. Tapi sampe sekarang PDS masih tetap berjaya di kancah game anti-mainstream ini karena mereka konsisten dan game-gamenya juga bagus dan inovatif. Bahkan mereka punya fanbase yang solid banget menurut ane.

Game- game top keluaran mereka adalah, Europa Universalis series, Crusader Kings series, Victoria series, dan Heart of Iron series

Jadi yang bikin mereka beda adalah mereka ngebuat game yang rumit dan susah (seenggaknya pas baru belajar) dan audience-audience yang terbatas dan sempit

Ane fans berat PDS btw, bukti kalo game meeka susah, ane ngecheat aja kadang masih bisa kalah hahaha…..

Spoiler for game


Maxis
Quote:Spoiler for

Siapa yang ga kenal the sims dan sim city. Dua seri maut ini zaman sekarang udah bener-bener terkenal, tapi sekarang ane ngajak agan-agan buat bahas developernya. Maxis sendiri sebenarnya merupakan anak perusahaan developer game lain, yaitu EA, tapi dibanding EA, mereka relatif lebih dianggap baik, karena EA itu terlalu kapitalis.

Maxis termasuk dalam kategori unik dan beda buatan ane karena mereka adalah orang yang pertama ngebuat game yang bertema simulasi (sim city) dan mereka juga yang pertama kali membuat game dengan mode sandbox dimana pemain bebas melakukan apa yang mereka mau dan ga ada batasan jelas antara kalah dan menang dalam game tersebut.

Game mereka yang paling anyar pastinya Sims 4 yang baru aja rilis (dan krack nya baru matang kayaknya hahahaha…..) <-- ane ga tahu yang ini, lagi ga perhatiin yang kayak ginian sekarang.

Game-game mereka yang terkenal adalah : the sims series, sim city series, dan spore

Mereka unik karena mereka adalah inovator game jenis sandbox yang kita kenal sekarang.

Spoiler for game



Sport Interactive Games (sigames)
Quote:Spoiler for
F*ck you FIFA and EA….

Mungkin ini sih gambaran dari Sigames dan Football Managernya, soalnya sigames adalah perusahaan yang relatif kecil tapi langsung bersaing dengann perusahaan yang punya sumber ga kebatas kayak EA. Dan yang lebih yahud lagi adalah, mereka bisa dibilang lebih unggul daripada EA dalam game managernya, bahkan ketika EA punya lisensi untuk menggunakan nama dan logo resmi dari klub-klub sepakbola di bawah FIFA

Kelebihan yang dimiliki oleh sigames dan Football Managernya adalah realitas, kompleksitas, dan fitur yang mereka miliki atau dengan kata lain mereka punya kualitas yang bisa ngalahin EA dan FIFA Managernya.

Jadi Keunikan sigames ini bisa jadi pelajaran hidup buat agan-agan karena uang bukanlah segalanya , ya kira-kira begitulah karena kalo agan punya kualitas, agan bakal bisa ngalahin mereka yang punya sumber daya yang besar (baca: duit)

Ah, ngomong-ngomong menurut ane game FM ini makin lama main rumit, semenjak yang 2013 ane udah ga jago lagi maininnya (curcol)

Spoiler for game

Shining Rocks Software (SRS)
Quote:Spoiler for
SRS adalah developer ngebuat game banished, agan tahu game banished? Itu lho game simulator ngebangun desa. Gamenya mirip sim city, tapi ini yang dibangun desa, kedengarannya mungkin agak sepele, tapi kalo agan main agan bakal terpukau, karena dibikin lebih cantik daripada simcity (sim city 5). Bahkan Banished sendiri dibuat karena kekecewaan developernya kepada game simcity

Di mana yang bikin SRS ini jadi perusahaan developer game yang unik? SRS unik karena yang namanya SRS ini cuma terdiri dari satu orang, yaitu Luke Hodorowicz. Gila kan, satu orang bisa bikin game yang (menurut ane sih) epic… kalo ga percaya coba sendiri deh main banished, pasti agan kagum dengan gamenya, sizenya kecil, grafik bagus, kompleks tapi mudah dimengerti fiturnya oke, pokoknya T-O-P abis dah nih agan Luke Hodorowicz.

Kenapa ane begitu salut kepada agan Luke Hodorowicz ini, karena dia bisa programming, bikin sound buat gamenya dan bikin artwork buat gamenya, dan semuanya ga setengah-setengah, hasilnya T-O-P abis.

Spoiler for banished

Telltale Games
Quote:Spoiler for
Agan pernah main game Visual Novel gak? Itu lho game â€"game yang berat ke cerita dan biasanya dibuat perusahaan-perusahaan developer game dari Jepang. Nah Telltale ini sebenarnya spesialis buat game kayak Visual Novel ini, tapi mereka menurut ane bikin gamenya lebih epic, karena selain cerita yang apik, mereka juga jago ngebuat tambahan fitur-fitur action dari game storytelling mereka yang ngebuat game mereka ga pernah ngebosenin.

Mereka juga jago bikin cerita yang bercabang-cabang tergantung pilihan yang dipilih oleh pemain, jadi main sekali sering kali ga bakal cukup karena agan bakal penasaran dengan dampak dari pilihan lain yang ga agan pilih.

Artwork dari game-game mereka juga punya karakter yang enak dipandang tapi selalu konsisten, pokoknya keren deh, kalo menurut ane kalo masalah cerita buat game, mereka belum ada lawannya deh, karena mereka biasanya bisa mengadaptasi sesuatu yang epic jadi lebih epic lagi, misal pas buat game Walking Dead sari serial TV dan Game Wolf Among Us dari komik Fable.

Dua game yang di atas rekomen banget dah dari ane, bener-bener keren. Sekarang ane lagi nunggu mereka bikin game adaptasi dari cerita Game of Thrones, semoga bener-bener epic

Spoiler for game

nah jadi begitulah developer-developer game yang unik menurut ane, kalo agan-agan ada ide lagi boleh dipost di bawah


Thanks ya gan atas kunjungannya, jangan lupa komen dan rate 5, cendol juga boleh kalo berkenan

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/544ddc8dc3cb17747a8b456e

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)