Home » » Manfaat-Manfaat Positif dari Tumbuhan Bakau

Manfaat-Manfaat Positif dari Tumbuhan Bakau



~à¹'à¹'.Adanya Tumbuhan Bakau Berdampak Positif Bagi Kelestarian Alam.à¹'à¹'~
Quote:
Bismillahirahmanirrahim

Tau tumbuhan bakau kan gan ?
Iya tumbuhan ini kaya manfaat gan. selain sekarang sedang digalak galaknnya penanaman bakau atau mangrove ini sebagai cara untuk mencegah adanya gelombang besar dari lau ke daratan, ternyata masih ada lagi loh manfaat tanaman bakau ini untuk keberlangsungan bumi atau alam kita ini.
Simak baik baik ya kawan !!


Quote:
Quote: Penjelasan
Tumbuhan Bakau atau Mangrove mampu tumbuh dan berkembang pada daerah pasang surut pantai berlumpur. Sementara ini wilayah pesisir didefinisikan sebagai wilayah dimana daratan berbatasan dengan laut. Batas wilayah pesisir di daratan ialah daerah-daerah yang tergenang air maupun yang tidak tergenang air dan masih dipengaruhi oleh proses-proses bahari seperti pasang surutnya laut, angin laut dan intrusi air laut, sedangkan batas wilayah pesisir di laut ialah daerah-daerah yang dipengaruhi oleh proses-proses alami di daratan seperti sedimentasi dan mengalirnya air tawar ke laut, serta daerah-daerah laut yang dipengaruhi oleh kegiatan-kegiatan manusia di daratan seperti penggundulan hutan dan pencemaran.


Quote:border="0" alt="" />
Manfaatnya Tumbuhan Bakau !!

Spoiler for Sebagai tempat hidupnya satwa:
Dapat menjadi tempat hidupnya berbagai satwa langka seperti bekantan atau pun jenis burung

Spoiler for Perlindungan Terhadap Bencana Alam:
Vegetasi hutan bakau melindungi bangunan, tanaman pertanian atau vegetasi alami dari kerusakan akibat badai atau angin yang bermuatan garam melalui proses filtrasi.

Spoiler for Pengendapan Lumpur:
Sifat fisik tanaman pada hutan bakau membantu proses pengedapan lumpur. Pengendapan lumpur berhubungan erat dengan penghilangan racun dan unsur hara air. Karean bahan-bahan tersebut seringkali terikat pada partikel lumpur. Dengan hutan bakau kualitas air laut terjaga dari endapan lumpur erosi.

Spoiler for Penambahan Unsur Hara:
Sifat fisik hutan bakau cenderung memperlambat aliran air dan terjadi pengendapan. Sering dengan proses pengendapan sering dengan proses pengendapan ini terjadi unsur hara yang berasal dari berbagai sumber, termasuk pencucian dari areal pertanian.

Spoiler for Penambatan Racun:
Banyak racun yang memasuki ekosistem perairan dalam keadaan terikat pada permukaan lumpur atau terdapat di antara kisi-kisi molekul partikel tanah air. Beberapa spesies tertentu dalam hutan bakau bahkan membantu proses penambatan racun secara aktif.

Spoiler for Sumber alam kawasan ( In-Situ ) dan luar Kawasan ( Ex-Situ ):
Hasil alam in -situ mencakup semua fauna dan hasil pertambangan atau mineral yang dapat dimanfaatkan secara langsung didalam kawasan. Sedangkan sumber alam Ex-situ meliputi produk-produk alamiah di hutan mangrove dan terangkut/berpindah ketempat lain yang kemudian digunakan oleh masyarakat di daerah tersebut, Menjadi sumber makanan bagi organisme lain atau menyediakan fungsi lain seperti manambah luas pantai karena
pemindahan pasir dan lumpur.

Spoiler for Sumber Plasma Nutfah:
Plasma hutfah dari kehidupan liar sangat besar manfaatnya baik bagi perbaikan jenis-jenis satwa komersial maupun untuk memelihara populasi kehidupan liar itu sendiri.

Spoiler for Memelihara Proses Proses dan Sistem Alami:
Hutan bakau sangat tinggi peranannya dalam mendukung berlangsungnya proses-proses ekologi, geomorfologi atau geologi di dalamnya.

Spoiler for Penyerapan Karbon:
Proses fotosestesis mengubah karbon anorgaini (Co2) menjadi karbon organik dalam bentuk bahan vegetasi. Pada sebagian besar ekosistem, bahan ini membusuk dan melepaskan karbon kembali ke atmosfer sebagai (Co2). Akan tetapi hutan bakau justru mengandung sejumlah besar bahan oraganik yang tidak membusuk. Karena itu hutan bakau lebih berfungsi sebagai penyerap karbon dibandingkan dengan sumber karbon.

Spoiler for Mencegah Berkembangnya Tanah Sulfat Masam:
Keberadaan hutan bakau dapat mencegah teroksidasinya lapisan pirit dan menghalangi berkembang kondisi alam.



Quote:
Quote:Berita Aktifitas Penanaman Bakau
Spoiler for Beritanya !: Spoiler for Berita CR7 & Pak SBY menanam Bakau (26/6/2013):
Liputan6.com, Teluk Benoa : Cristiano Ronaldo bersama Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono menanam bakau di Bali pada Rabu (26/6/2013). Penanaman bakau (mangrove) ini dilakukan Ronaldo dalam kapasitasnya sebagai duta Forum Peduli Mangrove Bali yang digagas pengusaha Tommy Winata.

Penanaman ini dilakukan di Teluk Benoa. Hadir dalam acara Ibu Negara Ani Yudhoyono dan Menteri Kehutanan Zulkifly Hasan. Ronaldo akan berada di Indonesia selama tiga hari .

Saat menanam bakau, Ronaldo terlihat menikmati momen langka itu. Pemain Real Madrid itu menggunakan sekop untuk mengangkat tanah ke dalam lubang tanaman bakau. Ia kemudian berpose bersama SBY seperti yang terlihat dalam foto yang diunggah akun resmi Twitter @SBYudohoyono.

Sebelumnya Ronaldo memberikan hadiah istimewa bagi SBY dan Ani. Sepasang jersey Real Madrid dengan nomor punggung 7 menjadi kado pemain asal Portugal itu.

Ronaldo tiba di Bali Selasa malam bersama kekasihnya Irina Shayk sekitar pukul 22.50 WITA. Mereka datang dengan menggunakan pesawat jet pribadi.

Quote:
"Mari Kita Jaga Alam ini dengan menjaga juga keberadaan Tumbuhan Multifungsi ini agar kelak kelestarian bumi kita ini tetap terjaga selamanya"

Hanya Berbagi kepada sesama Kaskuser !!
Kurang Lebihnya Mohon Maaf

SOURCE #1 SOURCE #2
Spoiler for NO REPOST:

UPDATE FROM KASKUSER ada Di Post #2

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5324159080cf17e163000073

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger