Home » » Kegiatan-Kegiatan di SD yang Paling Berkesan

Kegiatan-Kegiatan di SD yang Paling Berkesan


Welcome To My Thread

Sebelumnya ane mohon maaf kalo ane repost


Alhamdulillah Thread ane HT lagi. Terima kasih banyak buat Punggawa Kaskus yang udah memilih thread ane. Terima Kasih atas komentar, rate dari agan-agan semua. Salam buat temen-temen di Clan Kurang Gizi.

Spoiler for Cek HT



Kegiatan Di SD Yang Berkesan

Masa-masa saat di SD mungkin menjadi masa yang paling mudah untuk diingat bagi sebagian orang. Masa-masa paling menggembirakan, menyenangkan dan penuh canda tawa. Di SD kita memulai semua kegiatan belajar mengajar mulai baca tulis menghitung hingga memahami. Pasti gak bakalan lupa kegiatan-kegiatan yang pernah kita lakuin saat di SD, ya walaupun gak 100% ingat. Ne ane coba ngasih list kegiatan di SD yang mungkin berkesan dan memiliki memori tersendiri bagi agan-agan semua.

Spoiler for Kegiatan 1


Upacara Bendera

Nah, bagi sebagian besar siswa SD ane yakin paling gak suka kalo disuruh ikut upacara bendera tiap hari senin. Ada aja alasanya ada yang alasan kurang enak badan atau sembunyi di toilet sekolah. Sekalipun ikutan upacara pasti gak bisa diem. udah kaki pada pegel pegel belum lagi kalo panas. ampuuuuuuuun dah. Yang juga ada ngajak ngerumpi teman sebelahnya. Da gak yang kayak gitu?


Spoiler for Kegiatan 2


Pramuka
Agan suka pramuka? bagi yang suka pramuka, mungkin ada yang berkesan di hati mereka. Mungkin saat persami atu saat kemah. Ada yang waktu kemah jadi juara umum, atau mendapatkan pengalaman berharga saat kemah itu sendiri. belajar tali temali, dasa dharma dan trisatya hingga kerja sama antar anggota. Biasanya yang suka pramuka punya jiwa sosial yang tinggi.


Spoiler for Kegiatan 3


Senam Pagi
MUngkin kalo di SMP/SMA udah jarang senam pagi. Tapi kalo di SD udah ada jadwal rutinya. Ada senam SKJ, Senam Komando, Senam Anak Indonesia, dan banyak lagi.


Spoiler for Kegiatan 4


Belajar kelompok
Pasti dong pernah belajar kelompok. Bisa di rumah ato disekolah. Lebih seru lagi kalo da temen yang ditaksir jadi satu kelompok.


Spoiler for Kegiatan 5


Menanam Pohon
Kalo sekarang ada mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH). Paling seneng kalo belajar dengan lingkungan, suasananya jadi menyenangkan dan seru. Kegiatan ini bisa jadi pembelajaran buat ana-anak agar mencintai lingkungan.


Spoiler for Kegiatan 6


Peringatan Hari Kartini
Ada yang masih inget gak? Dulu disuruh pake baju adat, baju profesi kayak polisi, dokter, tentara dll. Seru tuh, tradisinya udah dari TK udah kebiasaan kalo pas Kartinian pake kostum. Kalo sekarang pake baju jadul.


Spoiler for Kegiatan 7


Lomba
Paling manteb saat penerimaan hadiah. Biasanya dijadikan satu saat upacara. Jadi semua siswa dan guru tau siapa jawaranya dan sia anak menjadi bangga bisa menjadi yang terbaik dilomba itu. Apa lagi kalo udah tarafnya kecamatan/kabupaten.


Spoiler for Kegiatan 8


Kerja Bakti
Kerja bakti udah dipupuk sejak SD. Jadi kalo ada agan yang gak mau ikutan kerja bakti pasti dulu gak lulus pelajaran PKn. Kerja bakti memupuk kita menjadi anak yang berjiwa sosial, kerja sama yang baik, gotong royong antar sesama serta turut serta menjaga lingkungan.


Spoiler for Kegiatan 9


Bersalaman dengan guru

ini kegiatan rutin disekolah dulu. Salaman ma bapak dan ibuguru dengan mencium tangan. Biasanya dilakukan saat berpapasan dengan guru, setelah upacara atau sebelum masuk kelas.


Spoiler for Kegiatan 10


Belajar Mengajar

Kelas adalah tempat kita menyerap ilmu yang diberikan guru. Kegiatan belajar mengajar jelas menjadi hal paling berkesan dihati kita masing-masing karena kita semua mengalaminya. Inget saat dulu kita belum bisa membaca, menulis, menghitung dengan sabarnya bapak/ibu guru mengajari kita dengan telaten. Mungkin diantara agan-agan ada yang mengidolakan guru tersebut?

Ada yang di cap baik dan sabar, ada pula yang dicap galak dan diktator. Guru yang galak bukan berarti membenci kita,mungkin cara mereka mengajari kita seperti itu. Jangan pernah membenci mereka, tetap hargai mereka. ane jadi kangen ma guru SD ane


UPDATE GAN

Spoiler for Kegiatan 11


Drum Band
Gak banyak yang ikutan ini. Selain hanya sekolah yang besar yang punya grup drum band, anggota drum band juga terbatas. Mungkin ada yang berkesan saat ikut kejuaraan ato malah menang suatu kejuaraan.


Spoiler for Kegiatan 12


Study Tour/rekreasi
Nah, tiap tahun sekali anak kelas VI mengadakan kegiatan rekreasi. Biasanya dikemas dengan study tour agar anak-anak tidak hanya bersenang-senang tapi juga bisa menyerap ilmu yang bermanfaat dari tempat yang dikunjungi. Ini jadi momen yang jarang dilupakan karena ini menandakan kalo kita akan meninggalkan SD dan masuk ke jenjang SMP karena biasanya diadakan setelah ujian berakhir.


Spoiler for Kegiatan 13


Gerak Jalan
Salah satu kegiatan rutin tiap bulan agustus diadakan lomba-lomba salah satunya ialah gerak jalan. Buat anak SD ini seru bisa ikutan lomba antar SD. Ad yang masih inget?


Spoiler for Kegiatan 14


Corat-Coret Meja
Ini bukan kegiatan yang positif. Tapi berkesan baut para pelakunya. Dari SD sampai SMA pernah melakukanya. Ada yang buat iseng, buat contekan atau yang lagi galau.


Spoiler for Kegiatan 15


Perpisahan
Buat anak kelas Vi dan pengisi acaranya ini merupakan kegiatan berkesan. Buat kelas VI ini adalah kegiatan yang menandakan merek lulus dari SD. Buat para pengisi acaranya jelas ini merupakan ajang buat menunjukkan kemampuan mereka.


Spoiler for Kegiatan 16


Berbaris sebelum masuk kelas

Nah ini juga "hanya" ada di TK dan SD. Mulai SMP dan seterusnya nyaris gak ada.


Spoiler for Kegiatan 17


Olah Raga
Salah satu pelajaran favorit anak-anak. Udah pelajaranya diluar kelas bisa dibilang nyantai lah dari pada pelajran lainya. Paling asik kalo tanding sebuah permainan macam sepak bola/voli. Kalo kalah trus gak terima kadang akhirnya berantem juga.


Spoiler for Kegiatan 18


Tata Boga
kegiatan ini dilakuin waktu kelas VI. Ada yang pernah ngalamin? Menunya macam-macam dah. Masakanya juga gak kalah ma masakan ibu-ibu. Cuma kadang ada aja yang keasinan. Wajarlah namanya juga masih anak-anak.


Spoiler for Kegiatan 20


Kerajinan Tangan
Biasanya di pelajaran Kertakes. Klo sekarang namanya SBK (Seni Budaya dan Keterampilan). Kerajinanya banyak macamnya seperti buat baling-baling, layang-layang, origami, karya dari barang bekas dan banyak lagi. Mereka gak kalah kreatif lho.


UPDATE LAGI GAN

Spoiler for Kegiatan 21


Serbu Kantin Sekolah

Yang satu ini adalah kegiatan wajib buat anak-anak. Kantin jadi primadona saat bel istirahat berbunyi. Jajanan pasar hingga jajanan yang dikemas mewah ada. Es dengan beragam rasa, minuman warna warni tak ketinggalan. Banyak kenangan ne kalo di kantin. Kadang ada yang lupa bayar. Hayoooo ngaku gan...


Spoiler for Kegiatan 22


Baca Buku Perpustakaan

Nah, kalo ini kegiatan favorit anak-anak yang agak "bener" . Entah emang tujuanya membaca atau hanya mencari tempat yang adem buat ngerumpi ma temen-temen. Mungkin gak semua sekolah punya perpustakaan, tapi setidaknya ada buku bacaan.


Spoiler for Kegiatan 23


Bermain Saat Istirahat
Gak dipungkiri lagi, ini adalah salah satu momen paling ditunggu anak-anak. Maklum setelah menerima pelajaran yang dirasa membosankan dan membuat badan lelah, istirahat jadi pelampiasan. Yang tadinya gak semangat pelajaran dan terlihat lemas jadi begitu bersemangat saat istirahat. Bahkan kekuatannya jadi berlipat ganda saat bermain.


Spoiler for Kegiatan 24


Hukuman
Disetrap, hormat bendera, lari keliling lapangan atau membersihkan WC adalah beberapa hukuman yang pernah berlaku di SD. Nah lho, ini bukan kegiatan rutin lho ya. Kecuali ada agan-agan yang suka ini dan jadi kegiatan rutin. Biasanya hukuman ini diberikan saat ana-anak tidak mengerjakan PR atau membuat onar. Spesial buat para preman-preman cilik. Ayo ngaku gan...hahaha...Tapi jaman sekarang udah jarang hukuman kayak gini.


Spoiler for Kegiatan 25


Pulang Sekolah

Apa yang paling ditunggu anak-anak saat sekolah? yup, pulang sekolah . Momen paling menggembirakan karena kita "terbebas" dari rutinitas sekolah. Acaranya ada aja, da yang pulang dulu terus main, ada pula yang main dulu baru pulang. Agan termasuk yang mana?


Spoiler for Kegiatan 26


Periksa Kuku
Siapa yang kukunya panjang-panjang? Kegiatan ini biasnya dilakukan seminggu sekali atau rutin setiap mau masuk ke kelas. Setelah anak berbaris kemudian masuk satu per satu dengan syarat kukunya harus pendek. Tau sendiri anak-anak kalo kukunya panjang identik dengan warna hitam dan coklat akibat kena tanah.


Spoiler for Kegiatan 27


Imunisasi

kalo inget waktu imunisasi dulu ane tertawa sendiri. Sekarang lihat anak kecil takut disuntik ane ngerasa itu hal sepele padahal waktu kecil ane sama kayak mereka...



Spoiler for Yang Berkesan Dari Kaskuser
Quote:Original Posted By lastanonym â–º
Biasanya kalo anak SD yang usil itu corat-coret bangku sekolahan gan

Jadi pengen belajar kelompok lagi sama temen SD


Quote:Original Posted By suissu â–º
ane yg paling berkesan ya waktu ikut pramuka, apalagi kalo acaranya 'mencari jejak' , sampe masuk hutan, kejeblos di sawah, kecebur kali/sungai . pokoknya berkesan banget bagi ane



Quote:Original Posted By maidenprincess â–º

Ngangkat rok anak cewe kk


Quote:Original Posted By parabot.euy â–º
ngetawain yang e'e dicelana

Quote:Original Posted By kayato â–º
jangankan anak SD, sampe SMA pun kegiatannya sama banyaknya.. jadi kangen sekolah.. #DOOOH

Quote:Original Posted By TheCelupStone â–º
Ane jadi inget dulu gan waktu ane SD ..

tanpa ane sadari ane sama temen temen ane bikin bom sederhana , wktu itu ane kls 6 SD ..
nah di sklh ane ada tukang biang es ane beli dah tuh 7rb (duit patungan temen temen sama ane) kita masukin ke botol yg berisi sedikit air , kurang lebih 1 menit kemudian botol tersebut leduk gan dengan daya ledak seperti gan 3KG meleduk , sampe sampe puing botolnya kena pengendara motor ..

tapi over all ane untung gak di DO cuma di dpt peringatan keras

jika berkenan page one

Quote:Original Posted By ZankRou â–º
bener banget gan.,
ane waktu sd semangat banget ikutan pramuka.,
sampe udh ngumoulin lebih dari 10 lencana

tapi entah kenapa pas masuk smp tiba2 semangat itu lenyap tak berbekas

Quote:Original Posted By kayzea â–º
Yang berkesan adalah nahan boker, ga bisa boker di wc sekolah krn wc nya jorok abis.

Alhasil pas bel pulang berbunyi langsung ngibrit ampe rumah

Quote:Original Posted By cuendlueng â–º
yang paling berkesan saat SD itu ane harus satu kelas dengan 50 orang cowok, gak ada cewek di kelas ane gan, karena ane sdnya SD Islam, makanya waktu masuk smp jadi playboy

seragam sd ane gak ada betnya sama sekali, cuma putih polos,
gak ada topi juga karena waktu sd pakainya kopiah
senam SKJ juga ane gak bisa karena waktu SD gak diajarin
pakaian pramuka juga gak ada, waktu itu seragam sd ane senin sampe rabu putih merah, kamis atasan batik bawahan putih, saptu - minggu atasan putih bawah coklat
seragam olahraga juga gak ada, kalau olahraga pakai pakaian bebas, trennya jaman itu pakai jersey bola
yg lain upacara bendera hari senin, sd ane upacara bendera hari saptu
itu kerenya sd ane, yang membuat ane jadi mangsa waktu MOS di SMP, karena hal-hal tadi

Quote:Original Posted By 64m64n9s â–º
menanam singkong di lahan kosong belakang sekolah.....beberapa bulan kemudian panen......dikolak, dibakar, buat lemet/ketimus, macam2 dah....makan bareng se-sekolah.........seru gan...



Quote:Original Posted By lakone666 â–º
kalo ane yang berkesan salah satunya memasak gan. masak jajanan tradisonal,icip2 yang lain, mainan bahan makanan...skrg masih ada g ya gan?

Spoiler for ilustrasimeski repot banget gan,ane kebagian jalan kaki bawa kompor,dulu masih pake kompor minyak

Quote:Original Posted By semarstore â–º
semua itu biasa aja... yg berkesan itu BERMAIN

Quote:Original Posted By colot_nay â–º


Ada lagi gan..
kalo di kampung kan masih banyak yg buat minyak kelapa tradisional
Nah, bekas parutan kelapa yang udah diambil sarinya itu biasanya kita cari juga
buat ngepel lantai gan, kinclong abis dah

ama ini juga gan
Spoiler for Rekreasi setelah bagi raport



Quote:Original Posted By kangkung.rawa â–º
disuntik imunisasi gan.
berkesan banget tuh gan.
ngeri ngeri sedap
Antara takut dengan jarum suntik dengan mau dikatain cemen





Spoiler for Sumber
Gambar : google image
Opini TS


Ini hanya beberapa kegiatan yang dapat ane sampaikan mungkin agan-agan punya kegiatan berkesan lainya atau pengalaman pribadi waktu usia SD juga boleh, monggo ane tunggu sharingnya. Sekian thread ane kali ini. Semoga bermanfaat buat semuanya dan ane tunggu komen-komen dari agan-agan semua. Terima Kasih

Jangan lupa bantu sundul thread ane dengan

Kalo berkenan bagi dong

Kalo gak suka ma thread ane mohon jangan lempar

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5377f8c4cb07e7a97d8b4617

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger