Home » » 12 Bentuk Bungkus Daun Pisang Asli Indonesia

12 Bentuk Bungkus Daun Pisang Asli Indonesia







Quote:





Quote:Daun pisang adalah daun dari pohon pisang yang digunakan sebagai bahan dekoratif pada berbagai kegiatan keagamaan atau sebagai bahan pelengkap dalam kuliner, seperti yang dilakukan beberapa negara di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Daun pisang mengandung polifenol dalam jumlah besar yang sama seperti pada daun teh, berbentuk EGCG, sehingga menghasilkan aroma khas ketika menjadi bahan pelengkap makanan.

Bungkus makanan yang terbuat dari daun pisang mengesankan kekhasankuliner tradisional Indonesia. Daun pisang yang lebar dan lentur cocok dipakai untuk masakan maupun kue. Makanan pun menjadi wangi sedap. Berapa jenis bungkusan yang Anda kenal?

Selain lontong dan lemper, ada banyak bentuk bungkus dan wadah dari daun pisang. Prof. Dr. Florentinus Gregorius Winarno, pakar ilmu teknologi pangan, mendokumentasikannya dalam sebuah handout sederhana berjudul 'Tumpeng Offering'. Yuk, coba memakai teknik bungkus daun ini untuk makanan

SumberSumber 2




Quote:Spoiler for 12 Bentuk Bungkus Daun Pisang Asli Indonesia:
Quote:
1.Takir

Quote:Bentuk takir masih sering kita lihat sebagai wadah kue tradisional, salah satunya kue lampu-lampu dari Manado. Cara membuatnyapun relatif mudah. Daun pisang digunting bentuk persegi lalu dilipat kedua ujungnya hingga membentuk wadah kotak tak bertutup. Agar tak lepas, disematkan lidi.

Quote:
2.Sami

Quote:Bentuk sami sangat sederhana, tinggal gunting daun pisang berbentuk bundar. Biasanya sami digunakan sebagai alas agar makanan tak langsung menyentuh wadahnya yang berbentuk bundar.

Quote:
3.Ceper

Quote:Bentuk ceper juga persegi, namun dengan alas yang lebih luas dan sisi-sisinya diberi tekukan daun pisang sehingga makanan yang ditaruh tidak berantakan. Wadah serbaguna ini dapat memuat lebih banyak makanan.

Quote:
4.Kue Pisang

Quote:Kue pisang atau nagasari biasa dibungkus dengan cara ini. Adonan diletakkan di tengah-tengah sepotong daun pisang, kemudian sisi kiri dan kanannya digulung hingga rapat. Ujung atas dan bawahnya lalu dilipat ke arah belakang hingga isinya tak bisa keluar. Tidak perlu disematkan lidi lagi. Aroma daun pisang semakin membuat sedap kue isi pisang di dalamnya.

Quote:
5.Bongko bali

Quote:Untuk membuat bongko Bali, sepotong daun pisang dibentangkan. Setelah makanan ditaruh di bagian tengah, daun pisang di kiri dan kanan dilipat dengan arah miring dan bertumpangan. Lidi disematkan di bagian tengah untuk mencegah bungkusan terlepas/terbuka.

Quote:
6.Tum

Quote:Bungkus tum biasa dipakai untuk mengemas jongkong kelapa muda atau pepes. Sepotong daun pisang di bagian tengah diberi sepotong daun pisang dengan ukuran lebih kecil. Sisi kiri dan kanan daun dilipat ke arah tengah kemudian sisi atas dan bawahnya ditekuk sehingga bagian tengahnya menggembung. Kemudian disemat lidi di tengah lipatan hingga rapi dan tidak terbuka.

Quote:
7.Lontong

Quote:Bentuk lontong berasal dari daun pisang yang digunting persegi panjang, kemudian digulung hingga berbentuk silinder. Salah satu ujungnya disematkan dengan lidi. Setelah beras masuk ke dalam selongsong lontong, semat lagi ujung satunya dengan lidi. Lontong yang dihasilkan akan berwarna sedikit hijau dan beraroma wangi.
Quote:
8.Pasung

Quote:Bentuk pasung diperoleh dari daun pisang yang digunting berbentuk lingkaran atau setengah lingkaran lalu digulung. Hasilnya adalah wadah kerucut memanjang. Biasanya bungkus ini diisi dengan adonan tepung beras, santan, dan gula merah sehingga menjadi kue pasung.

Quote:
9.Sudi

Quote:Sudi merupakan kombinasi unik dari bentuk bundar, limas, dan segiempat. Sepotong daun pisang dibentuk membulat lalu disemat sisinya dengan lidi. Kemudian ujung yang runcing ditekan ke arah dalam sehingga berbentuk seperti mangkuk. Sudi yang berbentuk seperti piring ini biasa menjadi wadah kue tradisional yang mungil seperti klepon, cenil, dan ongol-ongol.

Quote:
10.Pincuk

Quote:Bentuk pincuk sangat sederhana. Daun pisang berbentuk persegi dilipat sedikit di bagian tengahnya dan disematkan lidi. Karena bentuk inilah pincuk bisa dijadikan wadah nasi atau pecel

Quote:
11.Sumpil

Quote:Sumpil adalah lipatan daun pisang berbentuk segitiga dengan helai bagian bawah diselipkan ke dalam. Model lipatan ini biasa dipakai untuk membungkus lupis.

Quote:
12.Lemper

Quote:Makanan ditaruh di salah satu sisi sepotong daun pisang, lalu digulung ke arah tengah. Kedua sisinya dilipat sambil dipadatkan dan disemat dengan lidi sehingga berbentuk segi empat. Bentuk ini juga bisa dipakai pada lemper bakar atau arem-are.

SumberSumber 2



Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/52e13de8c1cb1745798b4645

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger