Home » » Segala Sesuatu yang Bisa Dikonsumsi Saat Tersesat di Gunung

Segala Sesuatu yang Bisa Dikonsumsi Saat Tersesat di Gunung

Spoiler for Komeng juragan: Komeng terngakak di trit ane
Quote:Original Posted By laog â–º
ane pernah nyasab cuma makan aer doank
hahahaha... aer gimana caranya coba bisa di makan?? hahaha..
Quote:Original Posted By mureg â–º
ngapain juga kenal ke maho hiiiiii
ente kenapa gans???

Quote:Original Posted By cocacola â–º
Gw minumnya langsung dari sungai (bukan kali loh, ya)...

Ini pas lagi ambil aer buat minum...

Spoiler for Minum:

Sumber airnya...

Spoiler for Sumber air:



wah... udah ada yang nyoba gans,, minum di air sungai...
Quote:Original Posted By bakrieee â–º
ane baru pernah makan begonia gaaaans

asem" kecut kaya belimbing wuluh hihi

kasih deh buat aganogam

#iloveindonesia
agan ini udah nyobain gans... ane kasih pictnya deh begonia tuh kayak gimana,,Spoiler for Begonia:

ada tambahan materi nih gans
Quote:Original Posted By ifansyahputra â–º
Survival adalah suatu tehnik untuk mempertahankan diri dalam keadaan kritis di alam bebas..orang yg melakukan survival disebut survivor..
Definisi Survival:
S: sadari sungguh2 situasimu
U: Untung malang tergantung ketenanganmu
R: Rasa Takut Harus DiKuasai
V: Vakum/kekosongan pikiran harus dihindari
I: ingatlah dimana dirimu berada
V: Viva/Hidup harus dihargai
A: Adat istiadat harus dihormati
L: Latihlah dirimu selalu

gan..

Quote:Original Posted By bananamagic â–º
kalo air yang pasti bersih n jumlahnya banyak itu di bagian bawah pohon bambu gan, coba di potong setengah di bagian paling bawahnya ( sedikit diatas tanah ) nanti keluar air
makasih gans info yang udah di berikan


Seringkali kita ngeliat berita berita tentang hilangnya dan meninggalnya para pendaki baik pemula bahkan yang berpengalaman sekalipun..

ane mau ngeshare sedikit ilmu yang udah ane dapatkan di organisasi kepencinta alaman di kampus ane..

sebelumnya apa sih survival itu?
Spoiler for Survival: Survival yaitu suatu keadaan atau kondisi tidak menentu yang dihadapi oleh seseorang atau sekelompok orang pada suatu tempat didaerah terasing dan terisolir. Sedangkan orang atau kelompok yang sedang menghadapi keadaan ini disebut survivor.

Nah,, seteleh kita mengetahui arti survival ini,, ane bakal ngeshare cara mendapatkan minuman ketika kita menjadi seorang survivor
Spoiler for Air:
Spoiler for Air yang dapat langsung di minum: a. Hujan.
b. Tumbuhan.
c. Embun.
d. Tanaman rambat di hutan atau rotan.
e. Bunga kantong semar. Jangan meminum air di bunga kantong semar yang sudah terbuka.
Spoiler for Air yang harus di masak terlebih dahulu: a. Air tergenang.
b. Air sungai besar.
c. Air yang didapat dari menggali pasir pada dasar sungai kering ataupun daerah aliran sungainya.

Setelah agan" mendapatkan air yang sangat berguna bagi tubuh kita,, selanjutnya kita harus mencari makanan.. makanan seperti apa sih yang bisa di konsumsi??
Spoiler for Makanan:
Spoiler for Yang perlu di perhatikan: a. Tumbuhan tersebut sudah dikenal dan biasa dimakan.
b. Tumbuhan tersebut tidak hidup menyendiri.
c. Tumbuhan yang biasa dimakan oleh hewan mamalia.
d. Tumbuhan tersebut tidak berwarna menyolok, tidak bergetah susu, dan tidak berbau kurang sedap.
e. Jangan memakan hanya satu jenis tumbuhan saja.
f. Sebaiknya dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan.
Spoiler for Jenis tumbuhan yang dapat di konsumsi: a. Umbi talas, rumput teki, uwi atau gadung dan ganyong.
b. Buah harendong, arbei hutan, markisa, ceplukan, dan pisang hutan.
c. Biji muda sengon dan kaliandra.
d. Selada air, poh-pohan, dan antana.
e. Batang muda katebonan dan batang daun begonia.
f. Bunga honje dan bunga turi.
g. Jamur tiram dan jamur kuping.
Spoiler for Tumbuhan beracun: a. Jarak, racun pada bijinya menyebabkan muntah, buang air besar, dan kepala pusing.
b. Picung, seluruh bagian pohon mengandung asam cyaan yang sangat beracun.
c. Kecubung, daun dan bunganya menyebabkan halusinasi.
d. Jamur amanita verna, dapat mematikan manusia ataupun hewan sekalipun.
e. Jamur psilocybe sp, dapat menyebabkan halusinasi.
Spoiler for Yang perlu diperhatikan: a. Jenis hewan tersebut.
b. Tempat hidup atau habitatnya.
c. Ukuran tubuhnya.
d. Makanannya.
e. Pola tingkah laku hewan tersebut.
Spoiler for Jenis hewan yang dapat di konsumsi: a. Mollusca, yang termasuk kelompok ini adalah siput dan kerang.
b. Annelida, yang termasuk kelompok ini adalah cacing.
c. Insecta (berbagai macam serangga), jenis serangganya adalah belalang, ulat sagu, dan ulat jati.
d. Crustacea, yang termasuk jenis ini adalah udang dan kepiting.
e. Pisces, yang termasuk kelompok ini adalah ikan.
f. Amphibia, banyak dijumpai di dekat aliran air dihutan terutama pada malam hari yaitu katak.
g. Reptilia, yang termasuk kelompok ini adalah ular, kadal, cecak,dll.
h. Mamalia, yang termasuk kelompok ini adalah kelinci, rusa, tikus.
i. Aves, Yang termasuk kelompok ini adalah ayam hutan dan burung.


Quote:Makasih buat agan dan sista yang udah mampir ke trit ane.. jangan lupa buat ninggalin jejak!!! karena itu penting buat ane.. hehehe..
jangan lupa dan yaa agan sista sekalian
Spoiler for Update: UPDATE
Quote:Original Posted By dheriez â–º
Sekalian post cara bikin jebakan/jerat buat nangkep binatang kalau lagi digunung,siapa tau berguna
ngeliat request agan,, ane bakalan nyoba ngasih info membuat trap
Spoiler for trap: Spoiler for Yang harus di perhatikan: 1. Membaca jejak binatang
a. Tanda jejak. Sebagian besar binatang adalah makhluk yang mempunyai kebiasaan menggunakan arah yang tetap diantara tempat mata air, tempat makanan dan sarangnya.
b. Kotoran binatang. Kotoran memberikan satu petunjuk yang baik dari jenis binatang. Bila kotoran yang sudah kering merupakan petunjuk berapa lama mereka sudah lewat dan kotoran tersebut akan mengeras dan baunya sedikt agak hilang. Bila kotoran yang masih baru, biasanya kotoran tersebut masih basah dan bau serta banyak mendatangkan lalat.
2. Membuat jebakan atau jerat
Peralatan yang umumnya sudah tersedia misalnya: tali sepatu, tali jaket, dan tali plastik (snar) didalam kotak survival kit. Sedangkan sarana yang tersedia dialam yang dapat digunakan adalah rotan atau tali yang dibuat sendiri dari serat kulit kayu. Selain dengan jerat untuk beberapa jenis unggas dapat ditangkap dengan menggunakan getah pohon.

mudah-mudahan trit ane bermanfaat.. sekarang ane mau nyoba ngasih video tentang membuat trap burung.. karena burung adalah binatang yang paling enak kalo lagi survival..
Quote:

Quote:Original Posted By 12.des.2012 â–º
air hujan ga bagus loh ga buat diminum .
Quote:Original Posted By Lacroixz â–º
wah keren
Oh iya gan, air hujan emang enak ya ? Ane pernah waktu kecil minum aer hujan dan malem harinya sakit perut bgt


Quote:Original Posted By ag88bbr â–º
Air hujan emang ga bagus gan buat di minum, namun jika keadaan darurat boleh diminum tapi jangan terlalu over minumnya..
Quote:Original Posted By 19petruk19 â–º
kalo masalah air hujan itu tergantung lokasinya gan
kalo hujannya di lokasi industrial sih kagak boleh diminum langsung gan
tapi kan trit ente membahas survival yg berarti berada di hutan belantara yg masih kecil polutan, berarti air hujan boleh diminum langsung tergantung tempatnya
sepertinya ada perbedaan pendapat mengenai air hujan bisa langsung di minum atau tidak.. coba ane gugling dulu.. apakah air hujan bisa langsung diminum atau tidak.. bagi agan sista yang udah punya sumurnya silahkan di posting.. nanti ane taro pejwan
Quote:Original Posted By santaikalus â–º
mantap gan... mirip seperti jejak petualang survival klo bisa tambahin pict biar makin keren tritnya

Quote:Original Posted By djasu13 â–º
nice impoh gan
sayang belum ada pictnya di thread ini

Quote:Original Posted By themonggoose â–º
Sekedar masukan ªĴª nih gan, mungkin bakalan lebih baik lg ЌäĽ☺ ente nyantumin gambar-gambarnya gan, insya Allah bakalan jd HT nih trit ente

Quote:Original Posted By tinta.hitam â–º
bagus banget ni thread
nice info gan
tapi kalo bisa ditambah gambar biar orang awam bisa ngerti
terus setau ane kalo gadung tu harus diilangin getahnya dulu baru bisa dimakan
soalnya getahnya beracun, prosesnya ribet perlu 3 hari kalo ga salah
CMIIW


ane coba menampilkan pictnya gans..
Quote:Original Posted By twiggy23 â–º
Buat air bisa juga dari pohon pisang
caranya cari pohon pisang yang ngga terlalu besar potong sekitar 10cm di atas akar... di tengah pohonnya itu dibuat kaya mangkok nah atasnya ditutup rapet pake daun, besok paginya bisa kita dapetin air segar di dalemnya... dan aman buat diminum. jadi bisa buat kita siapin buat persediaan, soalnya airnya bakal terus ngumpul selama daunnya masih tertutup...
Trus klu pohonnya ga ada buahnya di batang pohon pisang bagian dalem juga bisa dimakan.. mungkin ada yang bisa jelasin lebih rincinya yah, soalnya ane ga jago bikin tutorial ...

Cara ini juga yang dipake sama acara di discovery channel "Man Vs Wild" di salah satu episodenya...
makasih gans semoga bisa bermanfaat buat yang laen
Quote:Original Posted By zonakaskus â–º
Kalo makan tumbuh-tumbuhan dan buah di hutan liat di tumbuhan / buah tersebut gan, ada nggak hewan yang makan tumbuhan tersebut....
biasanya kalo hewan aja nggak mau makan berarti beracun...

*ane dikasih tau dari pengalaman anak mapala tahun 70-an*

nah ini ada yang lebih simple lagi gans.. semoga bermanfaat buat agan dan sista yang mau ke gunung,,
Quote:Original Posted By azzklab â–º
tutor membuat api gak ada gans?, penting loh, hewan hewan berbahaya katanya takut api, bisa untuk masak air, daging, dan utk menghangatkan diri di malam hari.

pejwan gan


Quote: Kantong semar

Umbi Talas

Rumput Teki

Gadung

Ganyung

Buah Harendong

Arbei hutan

Sengon

kaliandra


Quote:Thread ane yang laen:
Kok bisa ada goa sih???
Ornamen Goa Yang Bikin Indah di dalem
8 Surga Dunia GANS!!!
Big Thanks Special buat
Spoiler for AIr Hujan: Quote:“Maka terangkanlah kepadaKu tentang air yang kamu minum. Kamukah yang menurunkannya dari awan ataukah Kami yang menurunkan? Kalau Kami hendaki , niscaya Kami jadikan dia asin, maka mengapakah kamu tidak bersyukur?” (QS Al Waaqiah 56:68-70)

“…dan Kami beri minum kamu dengan air yang tawar?” (QS Al Mursalat, 77:27)

“Dialah Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuh tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu (QS An Nahl , 16:10)

Seperti telah kita ketahui, air hujan berasal dari penguapan air dan 97% merupakan penguapan air laut yang asin. Namun, air hujan adalah tawar. Air Hujan bersifat tawar karena adanya proses fisika yang telah ditetapkan Allah. Berdasarkan sunnatullah ini, darimanapun asalnya penguapan air ini, baik dari air laut yang asin, atau dari danau yang mengandung banyak mineral, atau dari dalam lumpur, airnya yang menguap tidak pernah mengandung bahan lain apapun dari asalnya.

Air hujan akan jatuh ke tanah dalam keadaan murni dan bersih, sesuai dengan ketentuan Allah : “ ….Kami turunkan dari langit air yang amat bersih.” (QS Al Furqan 25:48) .

Maha suci Allah dengan segala kalamNya (HY/PSPI) Sumur 1

Quote:Air hujan itu bersih dan murni:

Dalam siklus air, semua air permukaan dimurnikan oleh proses penguapan yang kemudian membentuk awan, terkondensasi dan turun sebagai hujan. Harusnya tidak ada perdebatan, bahwa air hujan adalah air yang paling bersih dan paling murni. Paling bersih dalam artian, bebas mikroorganisme pathogen; paling murni dalam artian bebas partikel terlarut.

Salah satu ukuran kemurnian air adalah TDS (total dissolved solids= total padatan terlarut) dalam ppm (parts per million). Makin sedikit nilai TDS, makin tinggi kemurniannya. Misalnya air laut 30.000 ppm, air sungai 500-1.000 ppm, air kemasan 10-120 ppm, dan air hujan 3-20 mg/L. Air hujan memiliki partikel terlarut paling sedikit. Sebuah kelebihan sekaligus kekurangan.

Walaupun bersih, tetapi dalam perjalanan dari awan hingga ke tanah, mungkin saja air hujan tercemar misalnya karena jatuh ke atap rumah yang kotor,atap rumah mungkin saja tercemar kotoran burung atau bangkai serangga dan atap asbes bisa melarut. Atau mungkin ditampung dalam wadah yg kotor dan penyimpanannya tidak ditutup. Yang paling sering, kualitas air hujan menurun karena tercemarnya udara di lokasi turunnya hujan. Itu sebabnya air hujan di daerah pedesaan jauh lebih bersih dari daerah perkotaan yang banyak industrinya.

Jadi masalah bersih dan higienisnya air hujan sebagian besar tergantung pada kondisi di atas. Kalau hal-hal tersebut beres, maka air hujan aman dipakai sebagaimana air tawar lainnya.

Rasa hambar air hujan:

Air bisa berbeda rasa karena adanya mineral yang berbeda, baik jenis maupun jumlah. Padahal air hujan tidak mengandung mineral. Lidah tiap orang sudah terprogram untuk memberikan persepsi yang berbeda tentang rasa air yang “segar”. Itulah yang sering menjadi masalah karena minum air yang rasanya asing bagi lidah lalu dirasakan sebagai “tidak menghilangkan rasa haus” walaupun sudah minum banyak. Dan lalu disebut airnya tidak segar.

Saya pernah mempunyai teman yang tinggal di pantai dan sering minum air payau. Kalau bikin kopi dengan air tawar, dia selalu menambahkan sedikit garam dan menurut dia itulah kopi yang enak.

Unsur “rasa” pada air bukanlah masalah kesehatan. Itu lebih ke masalah estetika. Dan rasa hambar pada air hujan disebabkan karena hampir tidak adanya partikel yang terlarut.Sumur 2

Semoga penjelasan tentang air hujan ini bisa meredakan persoalan tentang air hujan..
Quote:Sumur video 1
Sumur video 2
wah udah ada yang nimpuk ane nih.. makasih atas cendolnya... semoga cendol yang udah di timpuk ke kulkas ane bermanfaat.. hahahaha..

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/52ee364b0e8b460e2c00015a

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)