Home » » Mengenal Berbagai Jenis Batu Permata dari Indonesia

Mengenal Berbagai Jenis Batu Permata dari Indonesia



Disini TS akan membahas secara umum tentang batu-batu permata asli Indonesia, dan coba untuk mengenalkan permata ini serta asal-usulnya kepada agan/sista sekalian yang diharapkan untuk mengenal dan menghargai apa yang dimiliki oleh Nusantara kita tercinta Indonesia.

jangan di jaminan gak

Akik / Agate
Quote:
Quote:Batu akik tersebar diseluruh nusantara baik di gunung, dalam tanah, sungai ataupun di pantai tergantung jenis akiknya tergantung dimana pengkristalan terjadi.
Pada umunya jika batu tersebut adalah batu akik maka akan memiliki warna mencolok dan bermotif, ada yang tembus dan memiliki serat2 seperti kaca tergantung jenis.
Spoiler for More Akik: Akik Pancawarna
Quote:
Pancawarna merupakan jenis batuan yang mempunyai lima warna. Selain pancawarna, ada juga dwiwarna, yang mempunyai dua warna. Triwarna mempunyai tiga warna dan caturwarna yang mempunyai empat warna.
Akik Junjung Derajat
Quote:
Batu Akik Junjung Derajat adalah sebutan untuk batu cincin yang bukan termasuk dalam kategori batu Mulia. Di masyarakat rumpun Melanesia (khusunya Indonesia dan Malaysia), batu Akik ini menyimpan misteri berbagai macam mitos terkait dengan keberadaannya sebagai batu alam, yang akhirnya bisa menjadi komoditi bisnis, baik bisnis supranatural maupun non supranatural.
Akik Hijau Garut
Quote:
Batu Garut hijau yang tentu saja berasal sesuai namanya, Garut. Batu ini juga ada yang berwarna merah dan kuning. Tergantung selera anda untuk memilikinya.
Akik Gambar
Quote:
Batu akik gambar memiliki keunikan tersendiri, karena terdapat pola-pola alami yang terdapat pada batu tersebut, sehingga dapat diinterpertasikan sebagai gambar, tergantung bagaimana kita melihat dan mengartikannya.
Akik Combong
Quote:
Batu Combong memiliki struktur fisik yang cukup aneh bila dilihat dari sisi atas dan bawah, karena Batu tersebut memiliki lobang (combong) yang tembus dari sisi atas ke sisi bawah batu. Dan lubang yang terbentuk ini adalah asli dari asal muasal batu tersebut.



Bacan
Quote:
Quote:Batu Bacan, Batu Hidup dari kepulauan Maluku. Batu Bacan dipercaya sebagai batu hidup yang akan berubah warnanya seiring berjalannya waktu. Batu bacan dengan inklusi atau serat batu yang banyak lama kelamaan akan berubah menjadi lebih bersih dan mengkristal. Waktu yang dibutuhkan batu ini untuk mengkristal bisa bertahun-tahun. Nama pulau penghasil batu bacan itu adalah pulau Kasiruta. Sebenarnya nama Bacan diambil dari nama sebuah pulau di sebelah timur pulau Kasiruta, bernama pulau Bacan. Di pulau inilah pertama kali batu itu diperdagangkan sehingga penamaan batu ini menjadi batu Bacan.
Ada dua jenis batu Bacan yang beredar di pasaran Indonesia, yaitu Bacan Doko dan Bacan Palamea. Dari warnanya sudah terlihat perbedaan antara kedua jenis bacan tersebut. Bacan Doko kebanyakan berwarna hijau tua. Sedangkan bacan Palamea berwarna hijau muda kebiruan. Nama Palamea dan Doko sendiri adalah nama desa yang terdapat di pulau Kasiruta.
Spoiler for More Bacan: Batu Obi
Quote:
Batu Obi merah, yang biasa dikenal bacan merah yang kini mulai menjadi primadona dan banyak diburu para pecinta gemstones. Batu asal Maluku (Pulau Obi) ini juga ada yang berwarna jingga dan putih.

Fosil
Quote:
Quote:Batu fosil pada dasarnya bukanlah sebuah batu. Batu fosil sejatinya adalah kayu ataupun binatang yang telah membatu. Bahan-bahan organik pada kayu ataupun binatang tersebut sedikit demi sedikit berubah menjadi batu pada saat pembusukan. Struktur aslinya tidak mengalami perubahan, hanya saja secara perlahan mengeras dan berubah menjadi batu. Penyebaran batu ini ada diseluruh nusantara

Fosil Getah / Ambar
Quote:
Quote:Ambar atau amber adalah resin pohon yang menjadi fosil dan dihargai karena warna serta kecantikannya. Dan dapat kita dapati diseluru nusantara, meski tidak termineralisasi ambar sering digolongkan sebagai sebuah batu permata. Ambar sering disalah pahami terbentuk dari getah pohon, padahal tidak. Getah adalah cairan yang bersirkulasi melalui sistem pembuluhnya tanaman, sedangkan resin merupakan substansi organik amorf setengah-padat yang dikeluarkan dalam kantung dan kanal (saluran) melalui sel epitelium pada tanaman. Sebagian besar amber di dunia ini berumur 30 sampai 90 juta tahun. Karena dulunya adalah resin pohon yang lunak dan lengket, kadang-kadang di dalam amber terdapat serangga dan bahkan hewan vertebrata yang kecil.

Kalimaya / Opal
Quote:
Quote:Batu permata kalimaya dari Kabupaten Lebak, Banten, hingga kini terbaik di dunia karena memiliki aneka warna yang bagus dibandingkan dengan negara Australia atau Amerika Latin. Selama ini batu permata kalimaya asal Lebak memiliki keunggulan
dari negara lain di dunia. Sebab, kelebihan batu kalimaya Lebak, selain warna tidak menghilang, juga sangat memesona jika melihat aneka warna, seperti hitam, coklat, kuning, ungu, dan biru dengan warna pelangi.

Kecubung / Amethys
Quote:
Quote:Batu kecubung atau ametis merupakan jenis batuan mineral kuarsa. Batu kecubung merupakan batu lahir bagi seseorang yang lahir di bulan Februari. Batu kecubung biasanya berwarna ungu sampai merah muda. Dalam sejarah, ungu merupakan warna yang digunakan oleh raja, ratu, dan anggota keluarga kerajaan lain. Karena itulah, para penguasa sering memiliki berlian yang terbuat dari batu kecubung.
Spoiler for Kecubung: kecubung ungu (amethyst)

kecubung emas/kuning (citrine)

kecubung es (crystal quartz)

kecubung asap (smoky quartz)

kecubung ulung/asihan (purple chalcedony)


Mutiara / Pearl
Quote:
Quote:Sejak Zaman dahulu Manusia sudah dapat menyelam dikedalaman lautan,Salah satu hasil laut yang paling diminati selain ikan dan rumput, laut hasil yang lainnya adalah Mutiara. Mutiara sendiri telah dihargai sebagai barang yang sangat langka dan menjadi batu perhiasan yang prestisius. Mutiara ini dapat kita temukan di Lombok, Bali dan Manado.

Satam / Meteorit
Quote:
Quote:Batu Meteor merupakan batu hasil penemuan oleh para penambang tradisional di kepulauan Belitung. Ratusan ribu tahun lalu Pulau Belitung dihujani benda langit yang bernama meteor. Batu meteor tersebut saat ini banyak diburu para kolektor, bukan hanya dari Indonesia, namun juga dari mancanegara.
Batu meteor yang oleh orang belitung disebut BATU SATAM ini hanya bisa ditemukan dan tidak bisa dicari dengan sengaja. Biasanya batu satam ditemukan saat para penambang timah melakukan penambangan.

Masih banyak lagi jenis-jenis batu dinusantara kita ini, kalau agan atau sista mau menambahkan silahkan ya, dan kalau ada yang salah dari ane tolong beri tau/dikoreksi, agar informasi yang ane berikan tidak salah diterima oleh agan/sista yang lainnya.
Untuk informasi harga silahkan mampir ke FJB karena TS bukan ahlinya.


Quote:Sumber berita dan gambar ane dapet sepenuhnya dari nge'google, maaf kalau ada berita/gambar milik agan/sista yang sama ane pake di thread ini.
Kalau ada yang tidak berkenan silahkan pm ane ya.



Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/52f9a09dfbca17d4268b4936

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger