Home » » Apa Itu Banquet Operation?

Apa Itu Banquet Operation?

Assalamualaikum WR BR




Selamat datang di thread saya agan-agan semua karena baru pertamakali nulis mohon bimbingannya kalau banyak kekurangan ya gan hehe,, Di thread ini saya ingin sedikit share tentang "BANQUET OPERATION". Mungkin ada sebagian agan yang belum tahu tentang banquet semoga dapat membantu






Sebelum saya share, pernah gak agan agan menghadiri seminar/meeting di sebuah hotel atau mungkin ketika agan pergi ke sebuah hotel & menemukan ruangan/aula yang luasnya kaya lapangan bola gan? hehehe.. ya itulah tempat kerja "BANQUET TEAM" gan,, Kira kira dh kebayang belum gan, kalau belum ok dh mari kita bahas.



Quote:Quote:Pengertian Banquet Operation
Banquet kalo secara bahasa nih gan adalah bagian dari hotel yang melayani pelaksanaan function gan seperti acara pesta, seminar, meeting, wedding dan lain- lain di sebuah hotel, yang dipersiapkan atas dasar kesepakatan dengan pelanggan baik perorangan atau organisasi. Pelayanan banquet biasaya di lakukan dalam sebuah tempat khusus seperti function room,hall atau meeting room dengan setting ruangan yang telah disepakati dengan customer sebelumnya serta memberikan pelayanan perjamuan makanan atau minuman dalam event tersebut. Sudah ada bayangan kan gan.
Quote:.





Quote:Quote:Tugas Banquet Operation
Nah setelah agan tahu tentang banquet pasti agan akan bertanya "lalu apa yang mereka kerjakan ya gan di ruangan segede itu?" Tugas banquet team banyak banget tapi saya berikan gambarannya saja ya gan, job desk Banquet team itu melakukan table setup/preparation di sebuah ruangan untuk sebuah event baik meeting, seminar, dinner/wedding reception dan lain-lain yang layoutnya disesuaikan dengan request dari customer. "Oh cuma setup doang ya gan,,?" Tidak gan.. Selain melakukan preparation banquet team juga harus memberikan service ketika acara/event tersebut sedang berlangsung hingga selesai event. "ohh terus abis itu ngapain lagi mereka,,?" belum selesai sampai service gan Banquet team juga harus merapikan/membongkar semua preparation tadi setelah selesai acara & melakukan table setup lagi untuk acara berikutnya dengan layout yang berbeda beda di setiap event tentunya. Hmmmm kebayangkan jika ballroomnya berkapasitas 1000-2000 orang mereka harus bongkar pasang table setiap hari. Mungkin ada yang bilang banquet team itu waiter, menurut saya banquet team itu tidak hanya seorang waiter gan, lalu apa perbedannya? Karena jika seorang waiter hanya memberikan service kepada tamu di sebuah restorant beda halnya dengan seorang banquet waiter/banquet team selain service tamu mereka juga harus melakukan table setup di function room seperti dijelaskan diatas.
Quote:






Quote:Quote:Event yang sering diadakan di Banquet
Kalau event yang sering diadakan di banquet itu banyak gan seperti yang dibahas sedikit diatas tadi, biasanya bisa berupa Meeting dari sebuah perusahaan, bisa juga training, Seminar atau juga acara-acara party seperti wedding party / birthday party dan lain-lain gan. Jadi kalau suatu saat agan-agan ingin mengadakan event di hotel pasti agan akan bertemu dengan Banquet operation team gan.Quote:
.





Quote:Quote:Orang-orang yang bekerja di dalam Banquet Operation
Menurut saya mereka yang berada di dalam banquet team adalah orang-orang kuat dan hebat gan tidak hanya mengandalkan tenaga tapi mereka harus berfikir menjadi seorang konseptor, semua harus terplaning dengan tepat & jelas bayangkan gan dari ruangan kosong bisa menjadi layout yang sedemikian rupa bentuknya dari ruangan sebesar itu mereka harus setup menjadi sebuah bentuk yang bagus dengan susunan meja/kursi yang begitu banyak. Walaupun bekerja di dalam team tetapi mereka tidak hanya bekerja di satu ruangan gan tetapi banyak ruangan yang harus mereka setup dalam satu hari, karena biasanya hotel memiliki banyak function room. Lalu kapan mereka setup semuanya? Biasanya semua event di setup pada malam hari, bisa dibayangkan jika ada dinner sampai tengan malam dan mereka harus setup untuk event meeting di pagi harinya gan hehehe luar biasa ya gan.
Quote:
.




Quote:Quote:Fakta dibalik Banquet Team
Selain menjadi seorang konseptor banyak hal menarik yang bisa kita temui di dalam banquet team gan, yang pertama adalah kebersamaan jujur saya salut dengan kebersamaan & kekompakan mereka dari level manager sampai daily worker kita semua nyatu gan yang membedakan hanya seragam & job desk hehehe. Gak ada yang namanya perbedaan dh, itu menurut pengalaman saya ya gan dari ngrokok smpe ngopi segelas ngumpul bareng bareng, mau manager supervisor semua nyatu.
Quote:
Dibalik kebersamaan itu tapi ada yang sedikit membuat kita terenyuh gan, karena tidak semua teman teman kita di banquet mendapat gaji yang sesuai, Kenapa? Karena banyak dari mereka adalah seorang daily worker (pekerja harian) Biasanya mereka dibayar perhari lepas tanpa asuransi dan tunjangan lain2 & jika tidak ada event mereka dirumahkan/tidak ada skedjul jika tidak ada skedjul mereka tidak dibayar gan. Kenapa mereka tidak jadi karyawan?Bukannya tidak mau gan tetapi sangat sulit untuk menjadi seorang karyawan di banquet & karena rata2 hotel memang menggunakan sistem parttime / daily worker untuk di banquet, Di tempat saya dalam satu team Banquet operation ada lebih dari 40 orang & yang karyawan itu hanya dari level Banquet staf sampai manager total hanya 16 orang lalu sisanya daily worker & parttimer gan, & sedihnya banyak juga dari temen2 daily worker sudah berkeluarga dengan penghasilan yang tidak menentu.Quote:
.




Quote:

Biar lebih jelas lagi ini ada video tentang Banquet Operation Gan
Spoiler for video






Demikian gan share saya tentang BANQUET OPERATION semoga bermanfaat, silahkan di coment ya gan terimakasih atas perhatiannya, kalau suatu saat nanti agan-agan main ke sebuah hotel di setiabudi insyaallah kita bisa ketemu gan hehe..




Spoiler for SUMBERQuote:
  • Berdasarkan pengalaman pribadi

  • Picture dari koleksi pribadi sebagian googling

  • video dari youtube




Saya tidak berharap hanya ingin share & coment agan semoga bermanfaat buat agan semua
Assalamualaikum WR BR

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53e100db1a9975bc118b4966

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger