Home » » Alasan-Alasan Kenapa Lo Gak Usah Beli Kamera DSLR

Alasan-Alasan Kenapa Lo Gak Usah Beli Kamera DSLR



Spoiler for WARNING

Buat agan yg merasa anak sultan atau sultanya sekaligus atau orang yg bisa punya duit dan gak berseri serta mampu mampu aja beli dslr sambil ngupil, silahkan close tab ini




Spoiler for TOP THREAD


Quote: Gak mungkin repost ini semua hasil ketikan ane
SUMBER dari ANE, berdasarkan PENGALAMAN dan ANALISA serta PEMIKIRAN ane sendiri





Quote:
PEMBUKAAN
Banyak orang, orang Indonesia khususnya yg bermimpi bahkan rela nabung buat beli benda yg satu ini, benda prestige dengan bandrol mahal yg memang menaikan derajat siapapun yg memegangnya, tapi apakah selamanya demikian? Kita langsung cekidot aja yuk

Spoiler for CEKIDOT GAN


Spoiler for 1. DSLR Cuma menang di gaya selebihnya ribet


Hohoho punya kamera DSLR memang bikin kita keren palagi kita jepret jepret di khalayak ramai, wuih orang yg liat itu pasti ngiri deh sama agan , tapi asal tau aja ya teknik pemakaian DSLR itu ribet bin pusing gan, gak sembarang orang yg bisa dan perlu waktu untuk mempelajarinya, bukan Cuma asal jepret , DSLR punya ukuran berapa cahaya masuk per sekian detik yg berbanding lurus dengan buka tutupnya diafragma lensa dan rumus rumus lain yg juga gak segampang yg kita kira bentuknya jg gede gan gak bisa dibawa kemana mana asal asalan harus ada tas khususnya yg melindungi biar gak lecet belum perlengkapan yg dibawa pasti gak cuma kamera ya ini lah itulah dsb, itu ribett gan


Spoiler for 2. MAHAL


Jangan mikir kalo beli kamera DSLR udah beli kameranya aja ,enggak sesimpel itu gan, udah kameranya mahal perlengkapan pembatunya jg mahal mahal gan, tutup lensanya aja yg KW itu 60rebu gan, bahkan karet kecil viewfinder itu 50rb per pcs, belum tripod yg rata2 250rban, tas kamera, container kedap air/lembab yg minimal kalo merk li*n star itu 88rb, belum filternya itu yg abal abal aja bisa sampe 150rb gan, rata rata filter HO*A bisa sampe 350-900 ribuan, itu Cuma filter dan aksesoris, belum kl ganti lensa yg harganya bisa melebihi kameranya, flash, grip, mic, dan piranti pendukung lainya, palagi kalo rusak beuuhhh servicenya bikin kantong melarat


Spoiler for 3. DSLR pake AUTO? Kelaut aja gan


Penggunaan AUTO dalam DSLR bisa dibilang Cuma buat bayi yg baru lair dipegangin DSLR eittss kaskuser jgn langsung sewot dulu ane jelasin.. program AUTO memang ada dan membantu untuk candid atau untuk jepret sesuatu yg tak terduga agar kita gak kehilangan moment, serta ada tema2 unik yg bisa kita dapet dgn instan ,namun dalam harfiah penggunaanya NGAPAIN BELI DSLR KALO CUMA PAKE AUTO? camdig banyak jg yg punya fitur unik bahkan HDR dan slow speed,
selebihnya NO NO NO , minimal A/S/P lah itupun masih dilarang biasanya sihh, biasanya loh, banyak yg dibully juga , TUJUAN kita punya DSLR adalah mengetahui apa itu MANUAL MODE, GAK GUNA kalo kita pake MODE AUTO , sedangkan untuk menguasai MANUAL MODE dalam DSLR itu sangat sangat butuh waktu dan ilmu yg gak sedikit,waktu jam terbang panjang dan lama, ribet dan penuh rumus ,


Spoiler for 4. Beli DSLR = GAMBAR KAYA MODEL ??


Enak aja lu bilang gitu gan , gak sesimpel itu, banyak orang yg bingung, udah beli kamera DSLR tapi kok gambar masih jelek aja,ahirnya nyalahin kameranya, beli lensa yg mahalan dikit dan masih jelek jg yak karena kembali lagi gan, penggunaan DSLR gak sesimpel keliatanya , seorang fotografer harus tau tentang komposisi gambar,teori cahaya dan warna , rumus 3 garis, perpaduan harmonisasi antara ISO, SHUTER SPEED dan F/diafragma, serta teknik teknik fotografi lain, bagaimana cara mempotret dgn cahaya dri belakang/samping/gimana cara motret malam hari, gimana cara biar cahaya gak terlalu kontras semuanya ada ilmunya gan dan punya rumus sendiri sendiri, dan saking ribet dan susahnya banyak kan kursus2 fotografi berjajar, foto yg didapet pun gak semena mena langsung di publish tapi di permak dulu di photoshop jadi skill ngedit jg harus dapet jg gak langsung bisa bening kaya model gan ,, karena DSLR bukan mainan gan



Spoiler for 5. Harus Kreatif


Walaupun kamera DSLR itu punya rumus2 yg sangat dan sudah menjlibet jlibet, semua rumus itu gak ada yg pakem gan istilahnya ga ada rumus rata atau permanen misal memotret sore hari rumusnya iso 200 , ss 1/125 , f 4,5 di hari ini mungkin jadi, tapi besok belum tentu, karena fotografi membutuhkan unsur kondisi alam serta cahaya, yg kita tahu setiap harinya berubah ubah, gak mungkin ada sebuah kondisi yg sama satu sama lain, wong ada model gerak ganti pose ato kita ganti posisi dikit aja, itu aja udah ganti setingan, ya minimal ganti shutter speed dan f nya, walopun ya sepele, buat yg gak biasa pasti males ,, jadi fotografer itu harus kreatif gan ngutak atik sendiri dan menemukan harmonisasi antara cahaya yg ada dengan setingan kamera serta tidak melupakan kaidah teori tema pengambilan gambar yang ada,walopun udah menguasai rumusnya jd kadang semuanya harus improve sendiri lagi, hayo masih pengin?



Spoiler for 6. Kamera DSLR Punya Shutter count


Apa itu Shutter Count? yaitu penghitungan sudah berapa banyak gambar yg kita jepret, sebuah kamera dslr pastilah semua punya ini, dan ssst tau gak? udah mahal, ribet,dan bikin pusing ternyata kamera dslr punya batasan juga loh shutter countnya, jadi sekitar 100-500ribu gambar ,ada sih yg sampe 1 jt gambar, kalo udah full gak bisa dipake lagi, harus dikosongin dulu, di refresh dalemanya dan biayanya mahal gan bisa buat beli hape smartphone baru yg udah jelly bean dah , rawan juga nih yg beli bekas resiko loh tau aja bekas wartawan ato fotografer manten yg udah 5 taun kerja, beli mahal2 tau2 shutter count udah hampir mentok ujungnya2 tombok atau rugi kan?

Spoiler for komentar aganQuote:Original Posted By mwwâ–º
tambahan gan.. ane yakin ababil2 diluaar sana ga tau dslr itu punya umur..
contoh dslr entry level.. itu umur sktr 50-100rb jepretan.. kalo udah abis ya gabisa buat jepret lg.. mesti di "kosongin" lagi ke nol biar bs dipake lg
n biaya nya ga murah.. di atas 1 jeti.. cek aja ke alta


Quote:Original Posted By bangdauss â–º
dslr jg punya shutter count yg jumlahnya terbatas.. beda type beda jg jumlah SCnya.. jd sayang bgt klo buat jepret narsis doang..



Spoiler for 7. Kamera DSLR bukan buat NARSIS


Udah tau kan gimana ribetnya DSLR setelah ts jabarin di atas? Masih mikir DSLR itu buat narsis narsis aja? Sayang gan beli mahal mahal dan harus punya ilmu gak sedikit hanya untuk mendapatkan satu gambar hanya buat narsis,trus ada batasan jepret lagi, mending mah disewain aja, gak guna gan,sayang atuh , mending pake camdig aja gan yg mumpuni, bentuknya kecil bisa dibawa kemana mana, murah jg tpi kualitas gak kalah bgt kok, kalo Cuma nyari gengsi aja mah agan harus piker 2 kali, udah dibahas di thread sebelah yg pernah HT waktu itu dibilang orang bule ga suka motret orang indo kl liburan diluar negeri,soalnya kebanyakan bawanya DSLR yg ribet, tuh orang bule aja suka yg simple simple aja gak pandang gengsi



Spoiler for 8. Fotografi itu hobi dari hati yang tak berbatas kamera



Fotografi itu bukan soal kamera gan, melainkan skill mereka yg dijadikan patokan, mana ada pistol itu lebih hebat dr orangnya? emg bisa nembak sendiri? , gak perlu DSLR untuk menekuni hobi fotografi loh , nah bagi agan yg hobi fotografi dari hati bersyukurlah gan walau masih belum punya DSLR, ane doain cepet punya deh karena masih banyak disana orang yg kalap dengan gengsi ,padahal hobi gak bisa dipaksain, cuma ngikut2 tetangga, cuma gara2 dibully temen jadi beli tanpa ada rasa cinta tanpa ada rasa seni atau rasa ingin menekuni dan benar benar ingin terjun dalam kedunia tsb yg dipikiranya cuma gengsi gengsi gengsi aja, kasian gan liatnya









Spoiler for BOLEH DIBUKA BOLEH ENGGAK
Quote:
A : Yah gan ane udah kebanjur beli gimana dong gan?
B : Ya gak papa kan gan? mending lebih bersyukur mulai sekarang, udah tau kan banyak org yang kepengin tau gak kesampean? dan mending penggunaanya lebih dimanfaatin dan dimaksimalin,

A : yee TS mah sirik, ngapain , kan duit duit gue, kenapa ts yg ribet?
B : Ts cuma ingin mengajak kita lebih berfikir dan mempertimbangkan sebuah masalah sebelum menentukan langkah mana yg diambil, mau diterima silahkan,enggak jg gakpapa kok gan

A : ane mau beli tapi buat usaha gan gimana?
B : loh kok tanya gan? tujuan thread ini kan agar kita gak beli bila hanya untuk tujuan gak penting seperti narsis dan urusan foto2 lain yg sebenarnya bisa menggunakan camdig/hape, selebihnya dslr memang diperuntukan untuk usaha yg lebih bermanfaat dan menguntungkan pastinya

A : nah ts ngomong gini punya apa enggak? kalo punya ngapain suruh2 orang jangan beli
B : kalo gak punya ,gimana bisa ts ngomong kaya gini , ini kan wujud keprihatinan ts tentang keadaan dan kehidupan sosial anak zaman sekarang yg lebih memetingkan gengsi melebihi ukuran kantong, Ts punya pun karena tuntutan pendidikan dan profesi kok gan

A : TS ganteng deh ,boleh dong minta nocanya
B : et dah









KESIMPULAN



Kamera DSLR memang SEHARUSNYA hanya diperuntukan untuk kalangan profesional yg memang dituntut dalam profesi/pendidikan atau mereka yg memang hobi dari hati. yang memang dalam hal ini mereka lebih mementingkan FUNGSI daripada GENGSI

Selain itu Bagi agan yg masih punya keinginan ,bagi agan yg udah terlanjur nabung, bagi agan yg sekarang masih ngrengek2 orang tua, ,dan sadar kegunaanya bukan untuk seuatu yg bermanfaat ,STOP! banyak camdig dgn bandrol dibawah 1,5 juta yg berkualitas dan mumpuni sekelas DSLR dgn mode lbh simple dan memang diciptakan untuk segala kebutuhan ,ahir kata mulai sekarang berfikirlah...
Berbijaklah dalam memandang suatu barang, kadang sesuatu yg kita inginkan belum tentu kita butuhkan, gak usah mentingin gengsi dan nafsu belaka, orang yg berkualitas itu adalah orang yg bisa menghargai hartanya dengan membelanjakan sesuai kebutuhan tak peduli gengsi atau apapun itu



Bantu ya gan biar manfaatnya tersebar



PRESENTED BY


KLIK IMAGE FOR CENDOL

CEK JUGA YANG INI, KLIK AJA GAMBARNYA GAN



Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53df8bdd902cfe86398b47ad

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)