Home » » Fakta-Fakta Mencengangkan Seputar Hiu

Fakta-Fakta Mencengangkan Seputar Hiu



Ada yang pernah menonton film "Sharknado"? yaitu sebuah film tentang monster hiu, kalau tidak salah sampai sekuel 2, dan bukan di sini tempat membicarakan itu.

Hal yang paling menakutkan tentang hiu adalah bahwa mereka akan punah.

Berikut ini adalah 22 alasan bahwa sebenarnya hiu itu bukanlah hewan yang menakutkan bagi manusia, dan selama ini kita mungkin telah salah dalam menerima informasi tentang hiu ini.

Quote:Quote:1. Hiu memiliki indera keenam

Spoiler for
Hiu memiliki Organ khusus di moncong mereka yang disebut ampullae of Lorenzini, tugasnya adalah menangkap getaran listrik kecil yang dipancarkan dari gerakanan atau gesekan. Selain electroreception digunakan untuk menemukan hiu atau mangsa lain, juga digunakan sebagai kompas selama migrasi.

sumber

Quote:Quote:2. Hiu dapat berreproduksi dengan tiga cara

Spoiler for
Beberapa hiu bertelur di laut (Oviparity).
Beberapa hiu mengandung anaknya dalam plasenta, seperti mamalia (viviparity).
Tapi kebanyakan hiu berkembang sebagai telur di dalam induknya sebelum menetas di dalam saluran telur sampai pada waktunya. Ketika mereka siap, induk hiu melahirkan di laut (Ovoviviparity).

sumber

Quote:Quote:3. Tapi ternyata bukan hanya dengan 3 cara di atas, ada 1 lagi

Spoiler for
Biasanya ini terjadi pada hiu betina di penangkaran, mereka berreproduksi tanpa bantuan pejantan. Ini adalah contoh dari partenogenesis, di mana embrio dapat dibuat dengan fertilisasi eksternal, dan bisa terjadi di semua jenis hewan kecuali mamalia. Pertimbangan lainnya adalah bahwa hiu jantan bisa sangat kejam saat kimpoi.

sumber

Quote:Quote:4. Tidak akan didapati gigi berlubang pada Hiu

Spoiler for
Gigi hiu tersusun dari fluoride, yang berarti mereka tidak perlu sikat untuk mencegah gigi berlubang. Hiu rata-rata memiliki 40-45 gigi dan dapat memiliki hingga tujuh baris gigi pengganti. Hiu bisa mengalami pergantian lebih dari 30.000 gigi dalam hidupnya.

sumber

Quote:Quote:5. Secara genetik manusia dan hiu memiliki hubungan

Spoiler for
Analisis skala besar gen hiu putih besar mengungkapkan bahwa proporsi gen yang terkait dengan metabolisme dan molekul RNA hatinya lebih mirip dengan manusia.

sumber

Quote:Quote:6. Teknik berburu yang sama pada manusia dan hiu

Spoiler for
Yaitu pola yang didapati seperti pada hiu, lebah, dan banyak hewan lainnya yang dikenal sebagai Retribusi berjalan ketika mereka mencari makanan yang melibatkan serangkaian gerakan pendek di satu area dan kemudian perjalanan panjang ke daerah lain, tidak terbatas pada mencari makanan. Sebuah studi baru-baru ini menegaskan bahwa suku pemburu-pengumpul manusia juga mengikuti pola ini.

sumber

Quote:Quote:7. kemampuan memuntahkan kembali pada hiu

Spoiler for
Ketika hiu memakan sesuatu yang ternyata tidak disukainya dan tidak bisa dicerna, maka akan dimuntahkan seluruh yang telah dimakannya.


Quote:Quote:8. Hiu hampir tidak pernah sakit

Spoiler for
"Hiu memiliki jaringan yang bersifat antikoagulan dan sifat antibakteri. Para ilmuwan sedang mempelajari hal itu dengan harapan akan menemukan pengobatan untuk sejumlah kondisi medis, termasuk virus, dan beberapa bentuk kanker, "jelas Conservation International.

sumber

Quote:Quote:9. Sirip di punggung hiu digunakan untuk mendapatkan udara

Spoiler for
Sirip dorsal muncul di permukaan laut, itu bisa mendeteksi gelombang tekanan yang terkait dengan hewan lain yang ada di dekatnya.

sumber

Quote:Quote:10. Hiu pun juga ingin berjemur

Spoiler for
Beberapa ahli biologi kelautan percaya bahwa hiu datang ke pantai bukan karena mereka lapar, tetapi karena mereka menikmati berjemur. Mereka berenang ke arah air dangkal untuk mendapatkan lebih banyak paparan sinar matahari, dan pemanasan tubuh mereka.

sumber

Quote:Quote:11. Hiu menjadi tenang ketika mendengar alunan AC/DC

Spoiler for
Matt Waller, operator tur di Neptune Bay, Australia menemukan bahwa hiu putih besar dapat lebih tenang ketika mendengarkan alunan musik dengan AC / DC. Dua lagu disukai oleh hiu: "You Shook Me All Night Long" dan "Back in Black."

sumber

Quote:Quote:12. Tidak semua hiu berburu dengan gigi mereka

Spoiler for
Dalam berburu, ada jenis hiu mencari makan dengan berputar-putar pada sekelompok ikan, dan kemudian memukul dengan ekornya seperti cambuk.


Quote:Quote:13. Di antara jenis-jenis Hiu yang masih misterius

Spoiler for
Dari hampir 400 spesies hiu yang dikenal kebanyakan dari mereka adalah ... benar-benar tidak diketahui secara pasti, bahkan oleh ahli biologi kelautan.

Di antaranya Anda mungkin pernah mendengar tentang [Bahamas sawshark]: yang menggunakan dua sungut/jenggot panjang untuk mendeteksi mangsa di perairan gelap..

sumber

Quote:Quote:14. [Indonesian speckled carpetshark]

Spoiler for
[Indonesian speckled carpetshark]: salah satu dari beberapa spesies hiu yang hidupnya "berjalan" di dasar laut dengan mendorong dengan sirip dadanya. Itu hanya ditemukan pada tahun 2006.

sumber

Quote:Quote:15. [Megamouth shark]

Spoiler for
[Megamouth shark] atau Hiu bermulut besar: hidupnya adalah dengan menyaring plankton melalui mulut 4,2 kaki-panjang. Akan tetapi, hanya tercatat hidup 3 kali.

sumber

Quote:Quote:16. [Velvet belly lantern shark]

Spoiler for
[Velvet belly lantern shark]: punya duri bercahaya yang dapat digunakan untuk mengusir predator.

sumber

Quote:Quote:17. Hiu membantu menjaga siklus karbon dalam kehidupannya.

Spoiler for
"Dengan hiu memakan benda mati yang terkumpul di dasar laut, hiu laut dalam seperti pemulug, juga membantu untuk memindahkan karbon melalui laut. Selain itu, penelitian telah menemukan bahwa, pohon, hewan laut besar seperti paus dan hiu menyita dan menyimpan sejumlah besar karbon dalam tubuh mereka. Ketika mereka mati secara alami, mereka tenggelam ke dasar laut di mana mereka dimakan oleh pemulung."

sumber

Quote:Quote:18. Sebenarnya Hiu tidak suka berburu manusia sebagai makanannya

Spoiler for
Kebanyakan hiu memangsa manusia adalah disebabkan visibilitas air yang buruk, atau hiu hanyalah ingin menggigit sekedar ingin tahu, maka sering ditemukan korban dalam keadaan banyak gigitan di tubuhnya.

sumber

Quote:Quote:19. Hiu memangsa manusia karena manusia ketika di lautan berperilaku seperti makanan hiu

Spoiler for
Mana yang merupakan makanan hiu sebenarnya?

sumber

Quote:Quote:20. Dalam setiap satu jiwa manusia terbunuh oleh hiu, dua juta hiu dibunuh oleh manusia

Spoiler for
"Dengan membunuh hiu-hiu Ini menyebabkan keberlangsungan kesehatan dan ekosistem laut tidak berjalan dengan baik. Hiu adalah predator puncak, ketika hilang, maka hewan sakit dibiarkan menyebarkan penyakit, yang biasanya dimakan hiu. Akibatnya, rantai makanan terputus dan sebagian binatang lain terkena imbasnya mati kelaparan karena hilangnya makanan."

Menurut Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN), ada 201 hiu pada "Daftar Merah" dari spesies yang terancam punah.

sumber

Quote:Quote:21. Kebanyakan hiu dibunuh sia-sia hanya untuk diambil sirip atasnya

Spoiler for
Dikenal dengan Finning, yaitu praktek tidak manusiawi pemotongan sirip hiu dan melemparkan tubuhnya masih hidup kembali ke laut.

Akibatnya Hiu mati kelaparan, dimangsa hidup-hidup oleh ikan lain, atau tenggelam (disebabkan tidak seimbangnya insang mereka dalam mengekstrak oksigen dari air).

Pembantaian ini terjadi semata-mata untuk memenuhi permintaan untuk kelezatan Asia disebut 'sup sirip ikan hiu.'

sumber

Quote:Quote:22. Predator laut yang sebenarnya adalah manusia, bukan hiu

Spoiler for
"Penangkapan ikan hiu untuk tujuan komersial, perubahan iklim, dan pengambilan sirip hiu adalah semua fenomena yang memicu penurunan cepat dalam populasi hiu global dan itu sisebabkan oleh manusia.

Oceana.org memperkirakan bahwa pengambilan sirip hiu membunuh 26-73000000 hiu setiap tahun hanya untuk sirip saja. Ini artinya bahwa predator laut yang sebenarnya adalah manusia, bukan hiu."

sumber

Kesimpulan dan Saran

Lautan tanpa ada hiu adalah lautan yang tidak sehat, dan laut yang tidak sehat adalah berita buruk bagi manusia yang mempunyai ketergantungan dengan laut, baik itu sebuah pekerjaannya di laut ataukah makanan dari laut.

Maka dari sini, yang dapat kita lakukan adalah:

1. Jangan pernah membeli produk makanan atau menkonsumsi daging hiu.
2. Jangan pernah menggunakan produk-produk (termasuk make up, lotion, dan deodoran) yang berisi kandungan Squalene atau minyak dari hati ikan hiu.
3. Jangan percaya dengan mitos bahwa: HIU selalu haus darah MANUSIA sehingga memangsanya di laut, sebab itu akan menghambat upaya konservasi hiu tersebut.
4. Mari kita dukung adanya Undang-undang yang melarang pembantaian hiu (pengambilan sirip hiu), melindungi habibat hidup hiu, dan berlebihan dalam mengambil ikan.

INGAT: Seperti ini bukan hanya terbatas untuk hiu saja, akan tetapi untuk seluruh habitat di lautan.

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53ec7902d675d41c2b8b45a0

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger