Home » » Segala Sesuatu Tentang Kos dari A-Z

Segala Sesuatu Tentang Kos dari A-Z

SELAMAT DATANG DI TRIT ALA ANE
BAGI SELURUH AGAN DAN AGANWATI
SEJAGAD KASKUS RAYA TERCINTA




Kost adalah jasa berupa sebuah kamar untuk tempat tinggal dalam periode tertentu, yang menggunakan sistem pembayaran per bulan maupun per tahun. Kostan, biasa ia disebut kebanyakan digunakan oleh mahasiswa/i dan pekerja yang sedang kuliah atau bekerja jauh dari tempat tinggal asli mereka. Kali ini ane akan membahas serba-serbi Ngekost, sebutan yang biasa dipakai saat menggunakan jasa ini. Ane akan menjabarkan serba-serbi yang biasa dipakai di kostan versi ane ya gan, secara ane udah ngekost selama kurang lebih 2,5 tahun untuk menuntut ilmu di kota orang dan sudah cukup merasakan bagaimana suka duka ngekost. Di sini ane berusaha membantu agan dan aganwati yang ingin ngekost untuk mempersiapkan ngekostnya, atau agan dan aganwati yang sedang maupun yang pernah ngekost untuk bernostalgia suka duka diwaktu ngekostnya. Cekidot gan...



Spoiler for SERBA-SERBI MAKANAN & MINUMANBerhubung kita merupakan manusia yang normal, kita sangat bergantung dengan makan dan minum. Jadi pertama-tama yang ane jabarin dimari berkaitan dengan makanan dan minuman, kecuali ente ga perlu makan dan minum jadi ga perlu baca yang ini...

Alatnya dulu yang perlu ente punya di kostan:

Alatnya:
Piring (buat makan nasi)
Mangkok (buat makanan berkuah)
Gelas (buat minum air putih, dll)
Cangkir</b> (buat minuman sejenis teh atau kopi di pagi hari)
Sendok Besar & Kecil (yg besar untuk makan & yg kecil untuk ngeteh/ngopi)
Garpu (biasanya kepake saat makan mie di akhir bulan, yg kanker alias kantong kering pasti paham)
Pisau (motong buah atau sayuran mungkin)
Rice Cooker, sendok nasinya jgn lupa (jadi ente bisa masak nasi sendiri biar lebih irit)
Panci Listrik (jadi ente juga bisa ngerebus mie. kalo buat ngegoreng ane ga saranin berhubung ini listrik jadi gabisa disetel tingkat panasnya, jadi bisa lengket dan gosong)
Dispenser atau Pompa Galon Air Mineral (ente juga bakal ngerti kenapa butuh dispenser, nanti ane jelasin. kalo ente ga ada dispenser bisa pake pompa khusus galon)
Gunting (buat buka mie dan kopi sachet misalnya. bedain gunting ini dengan gunting lain, biar kaga kotor guntingnya. jgn lupa langsung dilap pake tisu bila kena cairan, nanti karatan gan)
Toples (untuk yg satu ini kyknya ente butuh beberapa biji, bisa buat nyimpen cemilan, beras, gula, dll)
Tutup Gelas (biasanya untuk minuman manis, atau kalo ente males nyuci abis minum minuman manis, mending ditutup deh gan soalnya repot kalo semut udah menyerang)

Alat Nyucinya:
Spons Busa & Kawat (yg kawat biasanya untuk menggosok bekas mie yg gosong alias menempel)
Sabun Cuci Piring (sekalian yg bisa nyuci buah gan kalo bisa)
Serbet (untuk mengelap piring/gelas basah)

Sekarang makanan dan minuman yang bisa ente stok di kostan:

Makanan:
Beras, jangan lupa gelas takarnya (biar lebih ngirit mending masak nasi sendiri. juga buat jaga-jaga kalo ujan deres dan udah kelaperan, jadi tetep bisa makan nasi di kostan)
Mie Instan (bisa mie instan yg direbus, maupun mie yg diseduh di cup atau di gelas. ingat gan jangan banyak-banyak, cukup sekali-dua kali seminggu. buat kondisi darurat aja)
Kecap (ini juga sangat berguna menurut ane, karena bisa dimanfaatkan saat beli nasi bungkus dari warteg. umumnya nasinya banyak tapi lauknya dikit dan kering alias tidak berkuah namanya juga dibungkus, bisa dipakein kecap untuk meningkatkan napsu makan ente)
Saus Tomat & Sambal (juga buat menambah selera makan ente, untuk makan mie atau gorengan +nasi disaat sedang krisis keuangan)
Pasta Kering yg Direbus (seperti spaghetti dan macroni untuk campuran mie instan ente, biar ente makin kenyang. bahkan lebih sehat karena terbuat dari gandum dan berkabohidrat tinggi, ini tergolong murah kok ente bisa cek di swalayan terdekat. kalo mau ngikutin yg satu ini, masak pasta keringnya duluan baru masukin mienya soalnya pasta kering lama matengnya)
Snack (usahakan pilih yg awet alias tidak terlalu beragam rasa, agar tidak cepat habis. contohnya seperti biskuit yg polos, tidak ada selai atau semacamnya)

Minuman:
Air Mineral Galon (tergolong penting ya gan. kalo ente aus gampang kan udah siap stok air di kostan, lagipula banyak minum itu sangat baik bagi kesehatan. yg paling penting bisa mengirit pengeluaran dibandingkan beli air mineral botol kecil atau sedang, untuk galon sendiri sekitar 15ribu bisa buat berminggu-minggu. ane saranin beli yg bermerk gan biar terjamin)
Minuman Seduh seperti Teh, Kopi & Susu (untuk teman ente di pagi hari sebelum beraktivitas maupun di malam hari saat sedang mengerjakan tugas kampus atau deadline kantor. di sini peran dispenser sangat berarti mengingat saat butuh air panas menjadi lebih mudah dan cepat)
Minuman Sirup atau Sachet Berperisa (untuk menjamu tamu ente yg kehausan, misalkan adek ente yg masih kecil datang berkunjung kan ga mungkin dikasih kopi)
Minuman Jahe atau yg hangat lainnya (kadang juga perlu kalo ente lagi masuk angin atau kedinginan dan ga enak badan)
Madu (buat campuran minuman atau diminum langsung biar badan ente sehat selalu)
Gula (buat bikin teh pastinya)


Spoiler for SERBA-SERBI ALAT MANDI & KEBERSIHAN PRIBADISelanjutnya giliran perlengkapan kebersihan diri ente masing-masing. Kan ga lucu bila peralatan ini ente ga punya dan harus minjem/minta ke kamar sebelah...

Peralatannya:
Sabun +Stoknya (stoknya dipake bila ada temen ente yg nginep, bisa dikasih deh tuh daripada satu sabun rame-rame. ini ga berlaku bila ente pakenya sabun cair)
Shampo
Sikat Gigi +Stoknya (stoknya juga bisa dipake buat temen ente yg nginep)
Odol/Pasta Gigi
Sabun Pembersih Wajah (menghindarkan jerawatan karena aktivitas ente yg padat. bisa juga dipake saat ente telat bangun dan ga sempat mandi, cuci muka doang deh pasti jadi pilihan ente)
Cairan Kumur Pembersih Mulut (alasannya sama, yaitu bisa dipake saat telat. tapi ane kaga pernah ya gan, ane selalu sikat gigi walaupun telat)
Handuk +Cadangannya (cadangan buat ganti kalo udah buluk, yg lama dicuci. atau buat temen ente yg sedang nginep, biar kuman ente dan temen ente tidak bersatu)
Sisir
Cermin
Deodoran/Parfum
Tissue
(wajib nih banyak kegunaannya)
Alat Cukur
Gunting Kuku
Korek Kuping (Cutton Bud)

Pembersih Tangan/Hand Sanitizer (siapa tau ente abis makan kekenyangan males gerak, bersihin pake tisu, pakein hand sanitizer beres deh wangi)
Perlengkapan lainnya buat para aganwati (ane kurang paham, yg pasti lebih banyak dan aganwati pasti lebih mengerti)


Spoiler for SERBA-SERBI ALAT TIDURSekarang peralatan tidur, ini penting biar istirahat ente berkualitas sehingga aktivitas ente besok pun dapat berjalan dengan baik...

Peralatannya:
Kasur +Kasur Tambahan kalo ada (tambahan diperlukan ketika ada yg mau nginep di kostan ente. kalo temen sih santai aja gan bisa dimana aja, nah kalo sodara atau siapa ente kan kaga enak juga tidur sekasur bedua apalagi kalo kasurnya kecil)
Bantal & Guling (ada kostan yg udah nyediain ini, termasuk kasurnya. ada juga yg ngga)
Selimut
Sprei & Sarung Bantal Guling +Cadangannya
(cadangannya dipake kalo dicuci)
Sapu Lidi (bersihin kasur ente gan jgn lupa biar tidurnya nyenyak)


Spoiler for SERBA-SERBI PAKAIANBerikut adalah pakaian sehari-hari yang bakalan ente butuhin hingga perlengkapan mencucinya...

Pakaiannya:
Kaos-Kaos
Kemeja
(saat acara yg lebih formal)
Batik (siapa tau diundang kondangan atau perayaan hari batik sedunia)
Jaket & Sweater
Daleman-Daleman
Celana Jins Panjang/Pendek sesuai selera
Celana Bahan pasangan Batik Kondangan
Dll, disesuaikan kebutuhan masing-masing agan & aganwati


Perlengkapannya:
Lemari Pakaian (ada yg udah menyediakan, ada juga kostan yg tidak menyediakan)
Gantungan Pakaian Dinding (buat pakaian yg masih bersih atau bisa dipakai lagi seperti celana jins dan jaket)
Hanger/Gantungan Baju (buat gantung jas mungkin kalo ada, atau almamater kampus, atau celana bahan, dll)
Kapur Barus & Pewangi Gantung (biar lemari pakaian ente ga apek, dan ga jamuran. ane pengalaman pakaian berjamur kalo ga dikasih kapur barus)
Setrika (kemeja biasanya kusut gan)

Perlengkapan Mencuci Pakaiannya:
Keranjang Pakaian Kotor (tempat menumpuk pakaian kotor ente biar ga berceceran)
Ember Rendaman
Detergen
Jepitan Jemuran
Dll
(maaf berhubung ane ga bisa nyuci jadi ane cuci kiloan )


Spoiler for SERBA-SERBI BERIBADAHSebagai manusia yang baik, jangan lupa beribadah kepada Tuhan YME. Ane sendiri beragama Islam, jadi ane jabarkan buat yg beragama Islam. Agama lainnya dapat menyesuaikan sesuai kepentingannya masing-masing...

Peralatannya:
Sajadah
Baju Muslim/Koko & Sarung bagi Agan serta Mukena bagi Aganwati
Kopiah/Peci
Tasbih
Al-Qur'an



Spoiler for SERBA-SERBI MEDIA INFORMASI & KOMUNIKASIPenting bagi ente untuk menerima segala bentuk informasi yang up to date...

Medianya:
Smartphone maupun Handphone (ini merupakan yg terpenting dan terminimal sebagai alat komunikasi. jgn ketinggalan kelengkapannya termasuk kotaknya siapa tau mau dijual, serta pulsa untuk kepentingan mendesak walaupun ente udah pakai paket internet)
Laptop (menunjang tugas dan pekerjaan ente, sekaligus mengisi waktu senggang. kalo ga ada bisa manfaatkan teman kostan ente, pinjem aja ga usah malu demi tugas atau kerjaan)
Koneksi Internet (ini juga tidak kalah pentingnya, ente juga pasti paham kan. bila kostan ente tidak menyediakan fasilitas wifi, minimal modem ente harus punya sendiri atau pinjem)
Printer +HVS (balik lagi ke kepentingan masing-masing, bisa yg print saja, atau +scanner. bila tidak terlalu perlu tidak masalah, bisa ngeprint di tukang print sekarang banyak kok)
Colokan Tambahan/Stekker (pasti ente perlu buat colak colok peralatan elektronik ente yg bejibun)
TV +Antenanya & Radio (penting juga gan buat nambah informasi ente, minimal denger berita waktu ente bangun pagi sebelum beraktivitas)
Buku Bacaan (bisa novel, majalah, koran, atau bacaan religi buat mengisi waktu ente bila ente gemar membaca)


Spoiler for SERBA-SERBI OBAT & KESEHATANIni untuk jaga-jaga bila sewaktu-waktu ente jatuh sakit atau ada hal yang tidak diinginkan terjadi, sedangkan ente males atau ga bisa minta ke temen sebelah...

Serba-serbinya:
Obat Pusing
Obat Masuk Angin
Obat Diare/Sakit Perut/Mules
Vitamin
Plester Luka & Plester Perban
Obat Merah
Alkohol Luka (Rivanol)
Kain Kasa
Bedak Gatal
Minyak Kayu Putih
Minyak Tawon
Obat Sariawan
Obat Tetes Mata
Salep Jamur
(bagi ente yg suka gatel-gatel di tempat yg tidak diinginkan ane tau merk yg manjur, pm ane aja. ane ga jualan ya, cuma mau membantu. nanti kalo disebutin juga ga enak dikira promosi)


Spoiler for SERBA-SERBI KEBERSIHAN KAMAR KOSTEnte juga diharuskan untuk rajin membersihkan kamar kostan ente biar sewaktu-waktu ada tamu atau cewek cakep dateng gitu kan terus ngeliat kamar ente kyk kapal pecah, ntar doi langsung cabs kan ente juga yg rugi...

Alat-alatnya:
Sapu Ijuk +Pengki
Pel, Cairan Pembersih Lantainya, Ember
Tempat Sampah +Plastik Sampahnya
(plastik kresek biasa sudah cukup)
Kain Lap (untuk mengelap tumpahan air dll)
Sendal Hotel (bisa dicomot di hotel atau rumah sakit saat ente sedang kesana. soalnya kalo ente males beresin kamar, lantai jadi berdebu dan banyak kotoran. udah dipastikan kalo ente jalan pasti ngeres, kotoran pada nempel mending pake sendal)


Spoiler for SERBA-SERBI PENUNJANG KEBUTUHAN KAMAR KOSTBerikut adalah barang-barang tambahan yang bisa dibawa ke kostan ente sebagai penunjuang berbagai kebutuhan ente...

Penunjangnya:
Meja +Kursi
(untuk ngerjain tugas dan kerjaan lainnya. ada kostan yg udah nyediain, ada juga yg belum)
Kipas Angin (kalo siang-siang panas atau malem-malem banyak nyamuk bisa dipake, umumnya di daerah yg udah dingin mah cukup. tapi kalo di perkotaan atau dataran rendah bisa aja pake ac)
Lampu Bohlam & Lampu Belajar
Jam Dinding
Kalender
White Board +Spidol
(bisa dipake buat nulis catetan penting biar ga lupa tentang apa hal yg mau dilakuin, white board ada juga yg model kertas yg bisa digulung jadi lebih gampang)
Notes Tempel Kecil (kalo ga mau pake white board bisa pake notes sobek yg udah ada perekatnya, jadi tinggal tulis sobek dan tempel di tempat yg kelihatan deh biar ga lupa)
Selotip/Lakban (buat nempel poster atau apapun di tembok biar ga sepi, atau ngelakban kiriman paket suatu saat pasti kepake)
Baterai (buat baterai remote tv, jam dll)
Pembasmi Serangga & Pengharum Ruangan (siapa tau ada kecoa gan serem bgt kan & pengharum ruangan kalo ada cewek mau dateng ke kostan ente jgn sampe nyium bau kostan ente yg sumpek, dijamin doi kaga bakal betah)
Kartu Remi, Domino, Rubik & mainan lainnya (untuk dimainkan bersama teman dan tamu yg datang berkunjung, jgn sampe mereka dateng dan krik krik aja intinya)
Asbak (buat yg ngerokok, atau temen yg dateng pasti ngerokok mending siapin asbak daripada buang abu rokok seenak udelnya)
Gitar (pengusir sepi nih saat sendiri maupun bersama-sama)
Amplop (buat ngasih surat izin atau sakit, atau ngamplopin kondangan)
Celengan (nabung gan, penting! mulai aja dari recehan dulu)
Timbangan (timbang berat badan ente, kalo kaga naek-naek berarti ente kebanyakan ngirit, bahaya bisa sakit, kurang gizi)
No Telepon Penting
Senter, Lilin, Korek (kalo mati lampu gelap gan)
Obeng Plus (biasanya suka kepake untuk peralatan elektronik, bakal lebih baik kalo ente punya perkakas yg lebih lengkap)
Palu +Paku (buat menggantung atau memajang sesuatu)


Spoiler for SERBA-SERBI SAAT KELUAR KOSTANPasti ada saatnya ente keluar kostan kan gan? Ada baiknya ente siapin ini juga...

Keluar Kostan:
Perlengkapan Motor; Jas hujan, Sendal jepit sebagai pengganti sepatu saat hujan di jalan, Helm, Masker, Sarung tangan, Pelindung angin dada untuk bepergian jauh (berhubung ane pake motor, jadi itu yg ane bisa saranin. kalo ente ga ada motor, minimal punya helm gocapan jadi gampang nebeng temen kalo kemana-mana)
Payung (kalo lagi ujan pengen keluar beli makanan)
Topi/Kupluk (kalo pengen keluar tapi ente belom keramas berhari-hari kan lepek daripada keliatan belon mandi mending pake ini)
Tas Kecil, Sedang & Besar (untuk main, untuk kerja & untuk mudik disesuaikan. untuk mudik ke rumah ya bawa yg besar, pas menuju rumah sih tidak perlu bawa barang banyak, tatapi untuk balik ke kostan kan jadi bisa membawa barang dari rumah misalnya makanan kan lumayan)
Sepatu & Sendal (sepatu untuk beraktivitas pastinya disesuaikan & sendal jepit khusus untuk ke warung atau keluar yg dekat kostan. yg jelek aja gan, ntar juga dipinjem-pinjem deh pasti)
Jam Tangan (waktu itu penting, jgn sampe telat)
Dompet (siapkan isi seperlunya saja. ane sendiri punya dua dompet, yg satu dompet di kantong isinya duit secukupnya, stnk-sim, atm. satu lagi dompet buat duit lebihan dan kartu penting lain yg ane taroh di tas. minimal kalo ente ditilang kan ga bakal diduitin sama polkis melihat dompet ente yg di kantong isinya cuma sedikit, yg penting surat lengkap)
Kunci Ganda Kendaraan (demi keamanan gan, mengingat kostan itu rawan maling)


Spoiler for SERBA-SERBI PELEPAS RINDU DI KOSTANSaat berada di kostan berarti berada jauh juga dari keluarga, sebagian besar merasakan itu. Jadi tidak ada salahnya bila menyiapkan beberapa hal yg membuat ente sedikit lebih tenang dan tersenyum mengingat kebahagiaan yg pernah terjadi...

Barangnya:
Foto-Foto & Poster
(tempel saja semua yg bikin ente seneng di dinding kostan ente, siapa tau ente termotivasi saat melihat tempelan itu)
Buku Tahunan Sekolah (bawa aja gan buat dilihat-lihat, ini bisa bikin ente senyam senyum sendiri dan bernostalgia sesaat. kontak yg tertera juga memudahkan kita kalo mau menghubungi teman sekolah kita)
Medali Kelulusan Sekolah, Gulungan Toga & Penghargaan lainnya (bawa aja gan semua yg berkaitan sama sekolah ente sebelumnya, buat kenang-kenangan sekaligus motivasi kalo ente telah melewati masa sekolah dan sekarang lagi melangkah meraih kesuksesan)
Topi & Seragam Kelulusan Sekolah (ini juga ane bawa, sebenernya iseng aja sih buat nginget-nginget masa sekolah. kalo ga dibawa ya ga masalah)
Kenangan dari Pacar, Teman & Keluarga di Daerah Asal (pasti ada kan barang yg berkesan dari orang yg deket sama ente? bawa aja udah daripada dirumah ntar ilang dibuang-buangin pembokat ente)

Spoiler for TAMBAHAN BUAT MAHASISWA/I
Alat Tulis (pasti lah ya, disesuaikan dengan jurusan tentunya karena setiap jurusan alat tulis dan perlengkapan perangnya pasti beda)
Binder +Kertas Isinya (kalo dosen nerangin dicatet gan, jgn maenan hp atau tidur di belakang)
Flashdisk (kalo emang udah males bgt yaudah ngopy materinya aja lah, biasanya kepake juga buat ngumpulin tugas, ngeprint, dsb)
Cover Tas (buat melindungi tas ente kalo tiba-tiba ujan di jalan)
Plastik (buat ngebungkus laptop dan hp ente saat ujan deres di jalan daripada rusak)

Spoiler for TAMBAHAN BUAT KOSTAN MEWAHKalo yg ini sih impian ane tapi ga kesampean

Kompor +Peralatan Masak, minimal goreng-gorengan (impian ane bgt bisa goreng nugget atau paling ngga telor ceplok)
Kulkas +Freezer (impian ane juga bisa nyimpen es batu, nugget dan makanan laen biar ga basi)
Haha ini sih udah muluk-muluk ya gan buat kostan mahasiswa

Terakhir ane cuma mau ngingetin kalo ini merupakan versi ane yg pastinya berbeda dengan agan-aganwati sekalian. Bila ada yg mau ngekost jgn lupa diingat-ingat lagi kepentingan ente masing-masing biar ga ada yg kelewatan dan ngekost ente semua jadi lancar jaya. Barangkali ada agan-aganwati yg ngekost atau pernah ngekost dan ingin berbagi monggo ditambahin yg kurang biar semuanya terasa semakin lengkap. Ane memang banyak kekurangan masih jauh dari sempurna kurang lebihnya mohon maaf.

Maaf kalo

Bila berkenan

Jangan di

Jangan lupa

Ditunggu komengnya




TERIMA KASIH SUDAH MAMPIR DI TRIT ALA ANE

Spoiler for SUMBERPengalaman Ane Sendiri Selama Ngekost

Spoiler for TAMBAHAN DARI KASKUSER

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5308c30bf9ca17f0598b472f

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger