Home » » 5 Resiko Beli Smartphone Android yang Murah

5 Resiko Beli Smartphone Android yang Murah




Spoiler for cek repost



Alhamdulillah HT#5
Thanks Momod & All Kaskuser



Quote:Kehadiran smartphone berbasis Android seakan membuka mata para pecinta teknologi selular, bahwasanya ponsel tak sekadar bisa dipakai untuk mengakomodasi kebutuhan dasar seperti telpon dan SMS. Namun, smartphone sudah bisa dipakai untuk internetan, main game, player musik dan bahkan untuk nonton film/video. Dan kini, smartphone Android pun makin banyak modelnya, dengan spesifikasi dan harga yang beragam.

Hanya saja, layaknya sebuah perangkat elektronik lainnya, "ada harga ada rupa", yang berarti bahwa produk dan kemampuan yang diberikan oleh ponsel Android itu pun pastinya berbeda, sesuai harga yang dilabelkannya. Di sini tak semua ponsel Android mampu menjalankan fungsinya, baik untuk media hiburan, gaming atau pun internet dengan lancar dan mulus lantaran keterbatasan hardware yang dibenamkan ke dalamnya.

Inilah beberapa resiko atau pun kekurangan dari produk smartphone Android murah. Dalam hal ini adalah keterbatasannya sebagai ponsel murah, diantaranya sebagai berikut:<br />
1. Material bodi ponsel berkualitas rendah
Quote:Karena harga murah, pastinya pihak pabrikan biasanya mengaplikasikan material bodi yang ‘murahan’ pula, untuk menekan biaya produksi. Nah, tentunya sebagai konsumen Anda tak sebatas ingin mendapatkan sekadar fungsinya dari ponsel Android, namun juga ketahanannya. Dalam hal ini pun pastinya Anda ingin bisa menggunakannya dalam jangka waktu lama.

Bilamana materialnya murahan maka imbasnya smartphone mudah pecah bodinya, gampang tergores bahkan ponsel bisa langsung mati saat terkena air walau sesaat saja karena proteksi bodinya kurang (ada celah di casing yang memungkinkan air masuk ke dalam secara cepat).




Atau malah, jika material bodi berkualitas rendah maka ponsel Android anda akan langsung rusak saat tak sengaja terjatuh. Padahal bodi diperlukan untuk menjaga ketahanan.

Bandingkan dengan smartphone Android kelas menengah atas, dimana bodinya kuat dan sisi layar pun rata-rata sudah terbuat atau dilapisi material hard glass ataupun Gorilla Glass hingga terhindar dari goresan atau pun pecah karena benturan.

2. Layar berkualitas rendah
Quote:Display aka layar merupakan salah satu hal penting pada smartphone Android, baik untuk navigasi ataupun memberikan kenyamanan pada mata saat mengakses interfacenya. Pasalnya, seperti kemampuan android di sisi internet maka layar inilah media tatap mata kita saat menjelajah alam maya.

Dengan harga yang murah pastinya kita tak akan mendapatkan layar yang optimal untuk menunjang aktifitas kita. Bisa saja ukurannya kecil, dan lagi resolusi layarnya ikutan mini walaupun diagonal layar berukuran cukup besar. Imbasnya, tampilan laar pun jadi tak padat, terlihat kotak-kotak.

Sebut saja ponsel Android murah beresolusi layar HVGA di bawah 480 x 320 piksel, yang tak akan mendukung secara optimal pengolahan gambar aplikasi-aplikasi hiburan. Saat digunakan menjalankan fitur gaming tampilan grafisnya tak akan terpancar, dimana sensasi game tersebut tak bisa secara penuh dinikmati.

Bisa kita lihat layar ponsel andoid kelas tengah, yang mengusung display IPS (in-plane switching), dengan performa yang jernih, terang dan tajam.

3. Prosesor Rendah dan RAM Kecil
Quote:Dengan harga murah tentunya prosesor yang dibenamkan ke dalam smartphone android tersebut ikutan rendah, yang pastinya membawa dampak pada kemampuan akses dan multitasking smartphone android ini. Terlebih lagi kapasitas RAM-nya ikutan kecil, yang makin memperlemah kemampuan ponsel android tersebut.

Untuk saat ini idealnya smartphone Android sudah pakai prosesor dual-core, meskipun chipsetnya garapan MediaTek (MTK). Pikir beberapa kali untuk membeli ponsel android dengan prosesor dibawah 1GHz atau RAM di bawah 512MB.

4. Tak dapat update OS Android terbaru
Quote:Biasanya ponsel Android murah tak menyediakan kemampuan update firmware sistem android-nya. Walaupun memang, secara spesifikasi smartphone android kompatibel untuk diupgrade ke ke versi lebih tinggi. Tapi karena ponsel ini harganya murah maka pihak vendor tak menyediakan software update androidnya, mengingat ada beban biaya tambahan bagi si vendor untuk pengadaan software update tersebut. Ini artinya ponsel android anda stag, tak bisa menikmati fitur-fitur menarik lain yang disediakan pada android versi atasnya.

Berbeda dengan ponsel Android kelas tengah-atas, dimana secara periodik mendapatkan update firmware android ke versi yang lebih baru, dimana disesuaikan dengan kompatibilitas hardware-nya. Misal dari android 4.0 ICS sampai ke Jelly Bean v4.1, v4.2, v4.3 atau pun sampai dengan KitKat 4.4.

5. Tak Didukung Teknologi 3G/HSDPA
Quote:Ada beberapa ponsel Android murah yang dijual di pasaran tanpa dukungan konektifitas 3G/HSDPA. Memang sih kemampuan internetnya bisa berjalan, tapi tak akan maksimal tanpa hadirnya koneksi jalur 3G. Terlebih lagi android butuh akses internet berkecepatan tinggi untuk jelajah alam maya alias browsing-browing.

Android murah yang sebatas pakai teknologi 2G (GPRS/EDGE) sebenarnya sudah cukup mumpuni untuk akses pesan instan (instant messaging ;IM), tapi untuk kebutuhan lain? Rasanya tak akan cukup maksimal alias lemot seperui untuk internetan.



Quote:Kira-kira itulah keterbatasan/kekurangan dari ponsel android murah yang ada di pasaran. Maka, pilah dan pilihlah smartphone Android yang ingin Anda beli. Jangan tergiur dengan harga murah, tapi musti dilihat dari semua aspeknya dulu, yaitu material bodi/disain, spesifikasi, dukungan aftersales dan lainnya. Baiknya mencari tahu dulu testimoni dari para penggunanya, untuk perangkat android yang ingin dibeli. Semoga bermanfaat.





Spoiler for komengQuote:Original Posted By brandon_212â–º
bener banget gan, karena ram dan prosesor kecil jadi sering nge hang/ restart sendiri, bikin kesel gan
walhasil ane jadiin modem aja tuh pecin
lumayan kenceng, masih berbasis HSDPA koneksinya
btw gan buat nice tritnya

Quote:Original Posted By regalia32 â–º
Ane banget ini
Agak nyesal juga sihh beli andro yg murah
Ram nya kecil bgt
Tapi ya udahlah,, ini ttap ane syukuri kok

Quote:Original Posted By kamilaawl â–º
ane prihatin di RAM doang, beli hp ini karna udah langka hehehe

Quote:Original Posted By jefriadera â–º
Sepi amt HT..

Ane mah ttp cinta merek lokal gan. Hp mahal y bwt mereka yg berduit aj. Gk usah mksa beli hp 3jt tpi byr kosan jd ngutang..
Wkwk

Quote:Original Posted By Van Boteng â–º
ya masa harga murah mau minta spek Prosesor ama RAM yang gede gan



Quote:Original Posted By ndutznul â–º
selain no 1&5 ane setuju masgan
seharusnya judulnya lebih ke android produk RRT yg murah
kalo produk merk, pengalaman ane make LG L1ii

1. bodynya bung, plastik yg ga wah memang.
tapi tahan banting bung, jatuh 1m lebih cuma casing ma baterei lepas.
pasang lagi bisaa.
kecebur di toilet, di bersihin, bisaaaaa. ( jangan tanya gimana kronologinya )

5. dan ini yang mungkin ane bilangin agan perlu revisi judul.
produk murah yang merk besar pasti udah ngasi HSDPA.



Quote:Original Posted By zizill â–º
bener banget gan, ane pernah karena ngedadak butuh hp dan budgetnya pas pasan wakttu itu bawanyaa ane beli HP cross A5, sumpah sampah lebih sampah daripada hp yang abal abal selama ini ane iseng kumpulin, bayangin aja
belum seminggu setelah pembelian, kalo play musik, ga ada suara begitupun saat ada telfon atau sms, ga ada bunyinya

yang pparah malah ga bisa detect kartu sim gan, yaudah anee jadiin tuh hp jadi genjel lemari, kapok ane beli kek gitu


Quote:Original Posted By super.cong â–º
bener banget kata si agan, tapi ada yg lebih penting. android bukan tentang sekedar harga dan spek, tapi sejauh mana membuat yg ga mungkin menjadi mungkin di HH agan, sejauh mana agan bisa bisa oprek andro agan
"smartphone for smart user"



Quote:Original Posted By ibnu.s4bil â–º
udah survei belum gan?? ntar malah menyesatkan lo.
kalau yg dibandingin sams*ng mahal ama sams*ng murah baru hal2 tsb berlaku, tapi kalau bandingin ama ponsel lokal atau ponsel cina, yang berlaku cuma no 1 dan no 4 gan.
kalau ga percaya silahkan buktikan gan.


Quote:Original Posted By nugisama â–º
murah ? batasan murah itu apa dulu gan ?

1. kebutuhan
2. keinginan

klo dg ram 256MB udah cukup, kenapa musti nyari yg 3GB ?
=> ada juga yg pake smarthpone cuman buat telpon doang. alasan simplenya, telpon yg lama udah rusak ato bahkan hilang

ane pake xperia miro (proccie gak sampe 1GB dan RAM cuman 512MB). udah smartphone kan ? fungsinya :
- BBMan
- WAan
- telfon
- sms
- dengerin musik (dah pada tau kan kualitas suara hape sony ^^)

ngegame, nonton film, browsing2 di lappie (alasannya cuman karena layar besar soalnya dg 6" ja ane merasa masih kekecilan tuh layar )



just my 2 cents



Quote:Original Posted By prionov â–º
Beli jangan yang asal murah....kalo uang belum cukup,mending ditabung n dikumpulin sampe dapet hp android yang sudah "punya nama" dan punya spek yang mumpuni
Nice thread gan



Quote:Original Posted By Siskaikoq â–º
memang harga mementukan kualitas gan sedih deh ane cuma bisa beli android yg biasa2 aja, itu juga hasil nabung sndri,, kedepan nya mau beli yg bagus dan nabung nya extra ditingkatkan lgi



Quote:Original Posted By rainbow^_^ â–º
beli android murah boleh asal spek mumpuni. tapi ingat juga murah setiap orang itu berbeda-beda








Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53e4c8c0118b46be218b45ba

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)