Home » » Gempa 6,1 SR di Tiongkok Barat Daya

Gempa 6,1 SR di Tiongkok Barat Daya

Spoiler for Hot Thread
Thanks

Beritanya :
Quote:
Sedikitnya 150 orang tewas dan sekitar 1.300 lainnya cedera akibat gempa berkekuatan 6,1 skala Richter di Tiongkok barat daya, Minggu (3/8/2014).

Badan Survei Geologi Amerika Serikat, USGS, mengatakan gempa pada pukul 16.30 waktu setempat itu menghantam wilayah sekitar 7 km dari kota Wenping, di Provinsi Yunnan.

Operasi penyelamatan besar-besaran sedang berlangsung. Stasiun TV negara, CCTV, mengatakan gempa tersebut merupakan yang terbesar di provinsi tersebut dalam waktu 14 tahun belakangan ini.

USGS mengatakan pusat gempa berada di kedalaman 10km di kawasan pegunungan terpencil di Provinsi Yunnan dan getarannya terasa sampai di provinsi tetangga, Guizhou dan Sichuan.

Kantor berita Xinhua mengatakan 12.000 rumah ambruk di Ludian, wilayah kecamatan berpenduduk sekitar 439.000 jiwa.

Namun sebagian besar korban jiwa sejauh ini dilaporkan di Kecamatan Zhaotong, yang paling parah dilanda gempa.

Seorang penduduk Zhaotong, Ma Liya, mengatakan kepada Xinhua kalau situasi di tempat itu seperti baru dilanda pemboman saat perang. Rumah tetangganya yang bertingkat dua juga rubuh.

Orang-orang berlarian ke luar rumah begitu gempa menghantam, yang juga memutus pasokan listrik dan hubungan komunikasi.

Pemerintah sudah mengirimkan 2.000 tenda, 3.000 tempat tidur lipat, 3.000 selimut, dan 3.000 jaket ke kawasan bencana.

Gempa besar bukan pertama kali melanda kawasan Tiongkok barat daya. Tahun 2008 gempa di Sichuan menewaskan ribuan orang dan tahun 1970 sedikitnya 15.000 orang tewas karena gempa berkekuatan 7,7 Richter.

sumber : http://internasional.kompas.com/read...campaign=Kknwp


Berita Lainnya :

Quote:Metrotvnews.com, Beijing: Jumlah korban tewas gempa berkekuatan 6,3 Skala Richter di provinsi Yunnan, Tiongkok, Ahad (3/8/2014), melonjak menjadi 175 orang. Sebelumnya diberitakan korban tewas akibat gempa hanya 26.

Gempa juga menyebabkan 180 warga dinyatakan hilang dan 1.400 lainnya terluka. Media lokal Tiongkok gempa terasa di Yunnan dan dua provinsi tetangga, Guizhou dan Sichuan.

Kantor berita Xinhua melaporkan episenter gempa terletak di kota Longtoushan, di wilayah pegunungan Ludian, Yunnan.

Komunikasi di Yunnan terganggu akibat gempa. Sejumlah foto di media online Tiongkok memperlihatkan pasukan militer menggotong warga dan menyingkirkan puing bangunan dari mobil yang terparkir.

Banyak warga berhamburan saat gempa terjadi. Lebih dari 12 ribu rumah dilaporkan ambruk dan 30 ribu lainnya mengalami kerusakan ringan hingga berat.

Provinsi Yunnan, Guizhou dan Sichuan kerap dilanda gempa dari waktu ke waktu. Pada 2008, sebuah gempa di Sichuan menewaskan hampir 70 ribu jiwa.
sumber : http://internasional.metrotvnews.com...onjak-jadi-175

Videonya :

Link Video


Link Video Amatir


Link Video Pasca Gempa

Semoga tabah bagi yang terkena musibah

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53de67ff620881767c8b463a

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)