Home » » [Hello Community] Blak-Blakan dengan Forum Kepolisian KASKUS

[Hello Community] Blak-Blakan dengan Forum Kepolisian KASKUS



Heeeyy KASKUSeeer!


Kali ini, Hello Community akan mengangkat salah satu forum unik yang ada di KASKUS. Gak cuman sekedar tanya jawab doang, tapi interview ini bisa ngebuka wawasan lo semua. Setelah baca wawancara di bawah ini, mungkin dari yang tadinya benci, lo jadi lebih kenal dengan komunitasnya dan mungkin jadi suka atau bahkan tertarik untuk gabung. Siapa mereka?



Yup, they are Forum Kepolisian
Buat lo yang penasaran kaya apa dan ngapain aja sih para polisi yang ada di KASKUS, mending cekidot perbincangan KASKUS dengan mereka:



1. Haloo Gan, apa kabarnya nih?
Alhamdulillah baik gan. Sebelumnya ane atas nama pribadi dan mewakili Forpol KASKUS mengucapkan terimakasih telah diberikan kesempatan masuk Hello Community.


FORPOL KASKUS.. menghubungkan ribuan kilometer, menyatukan perbedaan


2. Boleh diceritain gimana sejarah terbentuknya Forum Polisi di KASKUS?
Forum Kepolisian Kaskus didirikan pada tanggal 29 Mei 2008 dengan dibukanya thread Warung Kopi Mang Ndut [Polisi Masuk Yuk] oleh mang_ndut. Judul threadnya unik, agar para kaskuser merasa santai seperti lagi ngopi-ngopi di warkop. Namun sejatinya thread ini bertujuan untuk berdiskusi sesama polisi, tempat interaksi pemerhati kepolisian dan sebagai wadah bagi kaskuser yang ingin bertanya seputar kepolisian. Seiring melebarnya topik diskusi, maka dibukalah Sub Forum Kepolisian pada tanggan 19 Mei 2010, sebagai pengembangan dari Forum Militer.


3. Seberapa sering Forpol ngadain gathering dan biasanya ngapain aja kalau lagi gathering?
Untuk kopdar dan gathering akbar belum sih. Karena anggotanya menyebar di seluruh penjuru nusantara bahkan ada yang dikirim menjalankan tugas FPU VI Garuda Bhayangkara ke Darfur Sudan. Di hari-hari libur nasional juga susah karena banyak yang masih bertugas, seperti operasi lilin, operasi ketupat dll. Yang lain juga sibuk kuliah, kerja, bisnis dan kegiatan real life lainya. Memang agak susah ngatur timing untuk berkumpul. Tapi kalau untuk yang deket-deket biasanya mereka punya inisiatif gathering sendiri. Kegiatannya macem2 dari buka bersama, donor darah atau sekedar nongkrong dan ngobrol-ngobrol aja.


Kopdar forpoler di Pengadilan Tipikor, Jakarta

4.Kira-kira ada berapa banyak anggota Forpol? Adakah IGO-IGO yang ikutan aktif di Forpol?
Untuk anggota sampai saat ini ada sekitar 50 orang, terdiri dari masyarakat sipil maupun anggota Polri pada tingkatan dan kesatuan tertentu. Untuk IGO... the one and only yang aktif di Forpol. Tapi sejauh ini banyak aganwati yang mampir untuk bertanya maupun konsultasi



5.Topik apa yang paling banyak dibahas di Forum Polisi?
Sesuai dengan namanya, Forum Kepolisian kita buat untuk berbagi informasi seputar dunia Kepolisian dengan bahasa yang lebih ringan bila dibandingkan dengan bahasa baku dan istilah hukum yang biasa digunakan, sehingga kita harapkan kaskuser bisa memahami dan ga ngantuk saat membaca postingan kita hehe.

Topik yang diangkat diantaranya masalah tentang prosedur umum yang ada di Kepolisian, kriminal, perlengkapan dan persenjataan Polri, sharing tentang narkotika, informasi mengenai kesatuan-kesatuan di Kepolisian, tips-tips self defence dan informasi yang lagi happening.

Tapi porsi paling besar adalah tentang pengetahuan seputar Lalu Lintas, Etika di Jalan dan Traffic Education and Information. Kenapa diberikan porsi paling besar? Karena masyarakat khususnya kaskuser adalah pengguna jalan raya, harus tau tentang aturan-aturan sesuai perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Contoh yang paling sering di tanyakan kaskuser adalah tentang tilang, pengurusan SIM, STNK, BPKB, kecelakaan lalu lintas dsb.


Mini gath Forpoler FPU Garuda Bhayangkara di Darfur, Sudan

6.Ada gak cerita menarik atau kejadian memorable selama Forum Polisi berdiri. Ceritain dong Gan…
Saya dan agan boltcrank pernah menanggapi sebuah thread di Surat Pembaca yang membahas masalah slip tilang biru. Awalnya kami hanya ingin memberi solusi, pengarahan sekaligus meluruskan saja. Tapi thread tersebut malah menjadi ajang debat kusir dan makian. Kami berusaha semampunya untuk memberikan argumen. Eh besoknya link thread tersebut nongol di Official Fanspage Kepolisian Negara Republik Indonesia. Cukup kaget dan terharu ternyata Mabes Polri memantau forum KASKUS, padahal gak ada lobi sama sekali.



7. Apa pandangan Forum Polisi terhadap kepolisian yang ada di Indonesia saat ini?
Masih banyak kekurangan dan kelemahannya. Hal ini terlihat sejak berdirinya Forpol sampai detik ini masih banyak thread tentang keluh kesah, ketidakpuasan, pungli, power abuse, mafia kasus dll. Dari segi komunikasi juga sangat minim.

Kepolisian punya website resmi, facebook resmi, twitter resmi tapi kebanyakan hanya monolog, bukan dialog. Nah melalui forum kepolisian ini, kami mencoba hadir untuk berdialog, berdiskusi dan memberikan second opinion terhadap kaskuser dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang terjadi tengah-tengah masyarakat.


Kopdar mini forpoler di Kesugihan, Cilacap

8. Di media, termasuk KASKUS, ada beberapa cerita tentang masyarakat yang mengeluhkan tentang kinerja polisi di Indonesia. Bagaimana Forum Polisi menanggapinya?
Setiap organisasi dan birokrasi pasti ada sisi positif dan negatifnya. Kita menganggap setiap masalah ada jalan keluarnya. Forpol lebih mengedepankan win-win solution yang gak melampau koridor dan aturan yang berlaku di Indonesia. Karena pada akhirnya mau tidak mau, suka tidak suka kita pasti akan selalu berhubungan dengan polisi.

Membuat surat kehilangan, rumah kemalingan, meminta SKCK untuk melamar kerja semuanya butuh bantuan polisi. Jangan mengeneralisasi semua polisi kinerjanya buruk, seragam boleh sama tapi hati berbeda. Kalau semua dianggap buruk, kasihan mereka yang bekerja secara profesional, kasihan mereka yang ditugaskan jauh dari keluarga, kasihan mereka yang ditugaskan ke daerah konflik tanpa ada jaminan pulang dengan selamat.

[img] http://i.imgbox.com/PqJvSGTa.jpg[/img]
FORPOL KASKUS.. menghubungkan ribuan kilometer, menyatukan perbedaan

9. Bagaimana supaya masyarakat, khususnya KASKUSer bisa bekerja sama secara harmonis dengan Polisi Indonesia. Apakah mungkin mereka bisa berkeluh kesah di Forpol KASKUS?
Tentu saja. Kami membuka thread tentang Keluhan, Proses dan Prosedur Umum di Kepolisian, Serba-Serbi Tilang, Serba-Serbi SIM, Serba-Serbi Samsat, Materi Ujian SIM, Konsultasi kaskuser yang ingin jadi anggota Polri dan sebagainya.

Namun perlu digarisbawahi bahwa Forpol gak akan memberikan komentar, saran dan masukan untuk pertanyaan-pertanyaan yang menjurus kepada makelar kasus, penyogokan oknum aparat dan hal-hal lain yang bertentangan dengan hukum positif yang berlaku di negara Indonesia.

Satu lagi, mohon dimengerti bahwa kami tidaklah online 24 jam. We are just human beings that have social life, other works, family life and tiredness. Sabar ya gan kalau pertanyaan kalian belum dijawab-jawab.


Gathering Forpoler di depan Gedung Sate, Bandung

10. Apakah Forpol merupakan corong resmi dan dibuat untuk pembelaan / pencitraan institusi? Bagaimana netralitas dalam berforum?
Sama sekali enggak. Forpol adalah forum independen, bukan dibawah Polri. Setiap saran, opini dan masukan yang kami tulis murni pendapat pribadi berdasarkan keilmuan, pengetahuan dan pengalaman pribadi, tidak mencerminkan pendapat resmi dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Mohon digunakan sebagai second opinion untuk masalah kalian. Kami berusaha tetap netral dalam memberikan informasi mengenai kepolisian tanpa ada kepentingan apapun didalamnya.


Halal Bihalal FORPOL bareng Regional Bekasi di Summarecon Mall Bekasi

11. Share dong Gan suka dukanya selama ngaskus dan nongkrong di Forpol
Sukanya dulu deh. Senang bisa berbagi informasi kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya kaskuser, dalam hal ilmu kepolisian. Semoga dengan informasi ringan yang kami tulis ini dapat membantu memecahkan masalah atau minimal memberi masukan dan second opinion. Untuk anggota Forpol yang sipil, kapan lagi bisa berinteraksi dengan para polisi, bisa konsultasi dan nanya-nanya langsung.

Dukanyaaaaa.. banyak BSH (barisan sakit hati) dan police hater yang melakukan flamming dan ngerusuh di Forpol. Beberapa anggota juga di lempar bata hahaha. Kami menghimbau dan mengharapkan kepada rekan kaskuser untuk sama-sama menjaga semua postingan kita. Kalian marah boleh, kecewa juga silahkan, tapi gak perlu mengumbar amarah yang berlebihan kali ya..


Kontes Foto Narsis Bareng Polisi, salah satu upaya mendekatkan polisi dengan kaskuser

12. Apa harapan ke depan baik untuk forpol sendiri, KASKUSer, dan Kepolisian di Indonesia secara umum.
Untuk Forpol semoga semakin maju, banyak personil Polri yang bergabung dan bersedia menjadi contributor. Semoga Forpol bisa menjadi wadah untuk mengedukasi masyarakat dengan tetap menjunjung tinggi netralitas dan kode etik. Semoga apa yang Forpol lakukan bisa mempunyai arti bagi Kepolisian Negara Republik Indonesia, entah bagaimana caranya dan sekecil apa pun itu.

Untuk kaskuser mari kita sama-sama berubah menjadi lebih baik, dimulai dari diri sendiri. Cari informasi sebanyak-banyaknya dari sumber kredible agar gak terpengaruh isu-isu hoax yang berkembang. Jangan sungkan untuk mampir di Forpol entah untuk bertanya, konsultasi atau sekedar ngobrol santai. Dan point paling penting adalah Polri tidak bisa berubah menjadi lebih baik tanpa bantuan masyarakat. Hal paling simple adalah tilang, berapa banyak masyarakat yang memilih jalan damai ditempat, gak perlu repot-repot sidang. Kalau sudah begini, sampai kapanpun lingkaran setan gak akan pernah putus. Awasi kinerja polisi, kritik polisi, kasih solusi-solusi membangun, didik calon-calon bhayangkara dan generasi penerus agar mereka mempunyai dasar yang kokoh dan laporkan jika kalian menemui bad cop (anggota nakal). Mari kita berusaha bersama-sama menjadi lebih baik, menjadi pribadi-pribadi yang sadar dan taat hukum.

Untuk Kepolisian, tetaplah tegar dalam menjalankan tugas meskipun penuh cacian, makian, hujatan, anggaran yang tipis, lokasi kerja yang terpencil dan problem sosial yang pelik. Jangan pernah putus asa karena masyarakat masih sangat membutuhkanmu meskipun terkadang mereka membencimu. Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat jangan dijadikan sebatas tagline! Bekerjalah profesional, netral dan dikenal oleh masyarakatnya. Saya menggunakan kata "dikenal" ketimbang "dicintai", karena gak logis jika sosok polisi yang tugasnya menilang orang yang melanggar lantas, nangkepin maling bubarin orang lagi hang out di diskotik, untuk dicintai. Gak perlu dicintai lah, minimal dikenal dan dimengerti saja kalau tugas mereka memang seperti ini. Semoga kedepannya polisi lebih humanis, dekat dengan masyarakat serta lebih peka terhadap keluhan dan kritik dari masyarakat.

13. Terima kasih Gan untuk waktunya. Sukses terus dan makin kompak
Sama-sama, semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf apabila tulisan, komentar, dan jawaban-jawaban diatas ada yang kurang berkenan bahkan menyinggung hati rekan-rekan kaskuser. Sampai ketemu di Forum Kepolisian Kaskus gan!

Salam tribrata



Quote:Acara-acara yang pernah dibuat oleh Forum Kepolisian KASKUS:
Kontes Foto Narsis Bareng Polisi
Kontes Fotografi "Polisi Membangun Citra"
Giat Lomba Desain Kemeja FORPOL
Giat Lomba Desain Kemeja FORPOL

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53e99a199252333f358b458f

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)