Home » » Hidup Hemat Licik Ala Hagemaru

Hidup Hemat Licik Ala Hagemaru

Hidup hemat licik ala hagemaru

Dijamin no repost. Tulisan dari blog ane sendiri.

Buat yang masa kecilnya di era tahun 90-an, pasti pernah dong baca atau nonton komik atau serial kartun si Hagemaru ini:



Bocah botak yang hobi menjulurkan lidah dan menjilati bibir atasnya ini terkenal banget dengan cara-cara hematnya yang tergolong pelit dan licik. Tidak cuma dia, sekeluarga juga sifanya seperti itu. Nah pas saya baca komik Hagemaru beberapa minggu kemarin, saya kepikiran,
"Bisa gak yah hidup hemat banget kayak gitu di dunia nyata?"

Hari gini, jaman dimana biaya untuk memenuhi kebutuhan hidup selalu naik terus pasti penting banget dong buat bisa hidup hemat. Lalu mulai deh bermunculan beberapa ide hemat dikepala saya. Beberapa masih dalam tahap wajar dan bisa diterima, malah sudah saya coba. Tapi kebanyakan ide-idenga yang ngaco dan kayaknya harus putus urat malu dan ganti muka pakai tembok dulu baru bisa dipraktekin, hehehe.

Nah berikut ini beberapa idenya:

  • Harga teh tawar biasanya cuma seribu, 2 ribu atau gratis. Teh manis bisa 4 ribu. Bawa aja gula sendiri
  • Kalau mau makan diluar, bawa nasi sendiri. Kalau ke tukang nasi goring, bawa nasi sendiri dan minta digorengin aja. Paling abangnya yang ngomel-ngomel xD
  • Bawa botol air mineral yang gede ke kantor, dan refill dengan air dispenser kantor buat dibawa kerumah. Lumayan kan gak perlu beli air isi ulang.
  • Kalau naik pesawat atau makan diluar, bawa pulang peralatan makannya macam sendok, garpu (ini mah klepto ya?). Ups kalau ada headset-nya juga boleh xD

  • Mau baca buku? Baca langsung aja ditoko bukunya. Di Gramedia malah sekarang ada tempat duduknya jadi enak kalau mau baca buku berjam-jam.
  • Sok-sok nyobain sampel makanan gratis di supermarket. Kalau pas kita lewat gak ditawarin, sok-sok pede aja minta untuk nyoba. Saya sih gak deh kalau yang ini. Jaim boo! xD
  • Kalau mau beli buah di supermarket, tunggu aja beberapa hari. Sebelum layu, biasanya harganya diobral.
  • Kalau mau beli roti/cake di bakery, tunggu sampai hampir jam tutup tokonya. Biasanya suka obral atau malah dibagi-bagiin gratis.
  • Beli barang-barang pangan yang udah mau kadaluarsa, biasanya harganya diobral.
  • Kalau mau beli gadget, cari yang second, kondisinya mulus dan garansi resminya masih panjang.
  • Gak punya lauk? Mancing aja didanau-danau kampus. Biasanya mahasiswanya suka tebar bibit ikan kalau tahun ajaran baru jadi bakal banyak ikan disana.

  • Teh celup bisa dipakai buat diseduh dua kali. Jangan langsung dibuang. Terus sisa serbuk tehnya taruh aja di pot tanaman. Bisa jadi pupuk loh.
  • Nanem cabai, tomat, tauge atau tanaman pangan simple yang lainnya sendiri. Hemat sekalian penghijauan rumah, hihihi.
  • Mau internetan? Beli aja Aqua di sevel atau Lawson dan puas-puasin deh pakai hotspot disana.
  • Nebeng temen yang searah kalau pulang. Tapi tahu diri ya, sesekali isiin bensinya atau traktir makan.
  • Gak punya duit buat naik angkot? Pura-pura aja ngamen sampai tempat tujuan.
  • Minta baju-baju second punya temen yang sudah gak terpakai lalu dijual kembali di situs jual beli online. Temen saya ada yang kayak gini nih.
  • Bawa botol kosong dari rumah, lalu refill saus cabai atau tomat di tempat fastfood macam KFC, Mcd. Klepto gak sih? Hahaha
  • Ngeprint atau fotocopy kebutuhan pribadi di kantor. Awas ketahuan HRD. Termasuk korupsi gak ya? xD

  • Ngecas HP, laptop di kantor, rumah temen atau masjid. Hemat rekening listrik dikit, apalagi yang listriknya pakai token, hihihi.
  • Kalau bulan puasa, tiap mau maghrib nongkrong aja ke masjid biar dapet ta’jil gratis. Lumayan enak loh menunya, terutama di Masjid-masji yang besar.
  • Kalau mau bikin telur dadar, telurnya dicampur air dan tepung biar gedean dikit. Sedih ya, kayak orang zaman dulu, hahaha.
  • Kalau beli gorengan, minta cabai rawitnya dibanyakin. Lumayan buat stok emak dirumah bikin sambel.
  • Mau ngeteh atau ngopi? Di pantry kantor aja. Gratis! Kalau perlu bawa pulang kopi atau tehnya buat dirumah. Lah?
  • Kumpulin Koran atau kertas yang gak dipakai dikantor. Lumayan bisa dijual kiloan.
  • Kalau mau mandi, shampoan aja dulu. Busa dari samponya buat sabunan badan. *Lah

  • Busa cukur (shaving foam) mahal? Pakai sabun aja, dibuat busanya yang banyak. Atau pakai minyak sayur/minyak goreng. Atau kalau mau lebih ekstrim, kamu pas gosok gigi busanya dibanyakin, jadi bisa buat shaving foam deh.
  • Males cuci piring? Harga piring mahal? Pakai kertas nasi aja kalau makan. Simpel!
  • Membership Gym mahal? Rutin aja nyapu, ngepel, nyuci tiap hari. Sama-sama bakar kalori. Atau olahraga yang paling hemat dan lagi trend. Lari!
  • Kalau beli minuman botol, macam teh atau soda, campurin air tawar sedikit biar nambah banyak volumenya, tapi jangan kebanyakan nanti gak ada rasanya.
  • Selalu sedia baju batik dan amplop kosong. Lumayan bias makan gratis kalau ada kondangan. Standard banget ya sarannya, tapi ada yang pernah nyoba?
  • Bawa plastic/Tupperware kalau main kerumah temen. Kali â€"kali aja ada makanan belum habis yang bias dibawa pulang.
  • Kalau mau jalan-jalan, pergi aja ke taman â€"taman kota. Asri, sejuk dan yang terpenting, gratis!
  • Kalau mau main kerumah temen, pas deket jam makan siang atau makan malam. Siapa tahu diajak makan bareng.

  • Kalau mau nelpon atau sms orang, pinjem aja hp temen. Bilang hape kamu lagi lowbet atau error. Atau kalau terpaksa harus nelpon pakai pulsa sendiri, nelponnya pas tengah malem aja, tarifnya lebih murah, hihihi.
  • Sekarang kan zamannya udah pakai android semua, Kalau mau internetan atau chatingan, minta theatering wifi aja dari hp temen kamu. Hemat!
  • Buat yang masih sekolah, kalau ada yang mau difotokopi, kamu jadi kordinatornya aja. Trus hitung dengan bener harga fotokopiannya dan kasih lebih dikit biar kamu bias dapet fotokopi gratis

  • Menggunting tube pelembab/sabun muka/kosmetik/pasta gigi, pokonya yang berbentuk lotion lainnya untuk mengorek isinya yang tinggal sedikit
  • Menambahkan air ke botol shampo atau sabun cair yang isinya tinggal sedikit
  • Menempelkan sisa sabun mandi batangan ke sabun yang baru. Jadi gak kebuang deh sisa sabun lamanya.
  • Memanfaatkan kantong-kantong belanjaan sebagai kantong sampah
  • Mematikan lampu dan alat elektronik dirumah yang tidak dipakai


Nah segitu dulu deh idenya. Gimana? Berani untuk nyoba? Saya sendiri sih pikir-pikir dulu, terutama untuk yang agak berbau klepto. hahaha. XD

Yang jelas hemat sih boleh ya, tapi jangan sampai jadi pelit ya, apalagi untuk kebutuhan diri sendiri. Salah-salah kamu malah dijauhin sekitaran kamu karena dianggap Mr.Buntut Gasiran, hahaha.

Komen, rate dan cendolnya ditunggu gan.
Atau agan-agan ada ide menghemat yang lain, nanti ane pajang di Pekiwan deh.

Silent rider hati-hati dapet karma loh, nanti bisa di silent-in sama gebetan, pacar atau bininya.


Sekalian mampir ke blog ane kalau ada waktu:
Blog tentang Otaku, Hikikomori dan hal-gal random lainnya.

Trit ane lainnya buat yang suka baca komik & punya sifat introvert:
Komik Introvert on Kaskus by: @akbari13

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53f9c08996bde669158b456c

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)