Home » » Ternyata Orang Jawa Itu Berbeda-Beda Loh Gan

Ternyata Orang Jawa Itu Berbeda-Beda Loh Gan

Selamat Datang

Quote:nih thread dijamin no

Spoiler for pesan TS
disini ane mau mencoba meluruskan penafsiran yg sering salah tentang orang jawa, yang di-identikkan di sinetron/media lainnya bahwa orang jawa itu memakai blangkon, logatnya medok solo-yogya kadang tegal, lamban, telmi, kalem, kata tambahan -to dibelakang, dll
TS sendiri dulu menganggap orang jawa itu sama.
TS sendiri aslinya urang sunda,waktu kelas 7 smp di solo dan dari kelas 8 smp pindah ke jawa timur sampe sekarang, kota yg areanya dikelilingi gunung daerah arek persis bandung kota asli TS (agan pasti tau sendiri).
ane pertama kesini kaget, karena ternyata selama itu ane salah penafsiran

DAN SEKALI LAGI, ANE DISINI BUKAN BERMAKSUD SARA
karena perbedaan budaya itu pasti ada positif dan negatifnya

cek sendiri dah



Spoiler for isi

Spoiler for Blangkon

ane kira semua orang jawa itu make' blangkon kalo lagi pake topi adat, ada benjolan dibelakang topi dan kata orang itu juga menunjukkan sifat, lain di depan lain di belakang itu kata orang daerah asli ane.(masih katanya lo gan ane gak bermaksud sara)
ternyata di daerah ane tinggal sekarang mereka memakai Udeng

udeng gak seperti blangkon, beda jauh bentuknya seperti gambar diatas, dan menurut penuturan di thread sebelah, itu juga menunjukkan sifat yaitu blak-blakkan, egaliter, berani. bentuk lancip keatas itu menunjukkan kalo mereka gak mau direndahkan.


Spoiler for logat dan bahasa
dulu sebelum pindah ane memandang kalo orang jawa itu sama, logatnya yg jogja solo, ngomongnya halus dll
tapi ternyata gak gan, di daerah ane tinggal ternyata bedanya jauh, gaya bicaranya kasar, intonasi tinggi, beda banget ama daerah mataraman.
kata2 coxk, janc*k adalah kata sehari-hari, kata ini mengungkapkan kemarahan dan persahabatan (loh kok bisa ? buktikan aja sendiri) tapi jangan dipake' ke orang yang baru kenal ya gan (bahaya). kalo make' kata ini tergantung sikon juga


Spoiler for makanan
ane pertama ngira kalo makanan jawa itu pasti manis kyk gudeg jogja, nasi liwet dll, tapi ternyata nggak, di jawa timur makanannya cenderung asin dan pedas kyk rujak, rawon, tahu thek dll




Spoiler for fisik
ya, ini mungkin jarang yang mengamati, ini yang ane amati belakangan ini
ane didaerah asli (BDG) ane agak tinggi dari temen sebaya ane. tapi di domisili ane sekarang ane termasuk pendek. kenapa ya ? ane sendiri gak tahu, ane amati ini waktu sholat jum'at, di daerah sini memang fisik kebanyakan orangnya tinggi, yang pendek memang ada tapi hanya sebagian, ane bandingin waktu sholat jum'at di kota asli ane, justru ane yg termasuk tinggi. hal ini yang membuat ane penasaran, kemudian ane tanyain ke tetangga ane yg profesinya dosen kampus ternama di kota ane tinggal ( di indonesia juga loh) katanya kalo jatim daerah majapahit cth : malang utara, surabaya, mojokerto, jombang utara, gresik, sebagian pasuruan dan probolinggo terutama yang orang jawa fisiknya memang kebanyakan tinggi beda dengan daerah madura, mataraman, sunda (ane nih) yg kebanyakan postur tubuhnya agak pendek, rata2 daerah jatim majapahit ukuran tinggi badan: 165 - 175 cm bahkan banyak juga yang 180-185 cm. tinggi ane sendiri hanya 160 cm dan rata rata di daerah asli ane tingginya 154 - 165 cm itu kebanyakan. (ane bilang kebanyakan loh gan).
di daerah mataraman tingginya juga kurang lebih sama dengan daerah asli ane.
ini yg bikin aneh, tapi unik juga. dan hal ini yg bikin ane marah juga karena ane sering diejek saudara sepupu ane yg asli sini karena hal ini,



Spoiler for tambahan laen
ini yang ane copas dari sumber

Sifat sifat orang jawa timur

*cuek

*blak blakan (ngoko dan alusnya bicara tuh tergantung siapa yg dihadapi, kalo ngomong sama orang tua sih ya harus sopanlah masak iya org tua kita pisuhi, ya nggak ada ceritanya) (BENER BANGET INI GAN)

*jujur

*gerakan cepat, tapi terkadang terkesan serampangan dan terburu buru

*gaya bicaranya kasar banget, misalkan misuh jancok ataw asu itu dijadikan bahasa gaul anak muda untuk merekatkan persaudaraan, jadi kalo pernah denger orang timuran misuh jng kaget soalnya itu adalah hal biasa. Jadi kalo anda bukan orang jatim lalu tiba2 anda di jancok jancok kan sama dia, tp dg tujuan guyon ya udah dibales aza pake pisuhan semisal ''jancok dewe'' dijamin dia nggak bakal marah, malah bisa ngakak bareng
*mudah emosi tapi mudah pula redanya, dan kalau yg udah lalu ya udah lupain aza

*lebih suka adu jotos daripada adu mulut kayak perempuan (100% kalo ini mah)

*murah hati, suka ngasih2 (KEBANYAKAN EMANG IYA, tapi ada juga yg pelit)

*ringan tangan (maksudnya gampang mukul orang tapi juga suka bantu orang)

*nggak perhitungan sama teman (85% kalo ini gan)

*wataknya keras

*humoris (ini ditunjukkan dg adanya budaya ludruk yg memang aslinya dari jatim) tapi terkadang bercandanya kelewatan ( kalo ente ngerti bahasa & budaya sini)

#tokoh2 yg sangat menggambarkan org2 jawa timuran banget ialah : soekarno, kartolo cs, gus dur, dewi persik, trio macan, inul daratista.

Gimana udah jelas gambarannya sama org jawa timuran, sekarang kebalikannya...



Sifat sifat orang jawa tengah

*sabar, santun, n sopan

*tidak gampang terpicu emosi, tapi jeleknya adalah emosi yg dipendam hanya akan menjadi bibit dendam. Oleh karena itu orang jawa tengahan terkenal suka menyimpan dendam.

*lebih pelit dari org jawa timur, baik masalah uang, ataupun masalah makanan. Ini mjd keyakinan orang2 jatim bahkan mjd sebuah ungkapan ''wong jawa tengah pait / medit (pelit) nggak kayak orang jawa timur

*lebih berjiwa seni

*humornya garing banget

*lebih suka adu mulut daripada adu jotos, waduh maho donk

*gerak lambat dan sesuai dg gaya bicaranya yg lemah lembut

*gaya berpikirnya jadul, monoton, dan sempit seperti orang tua

*jika diliat marah, tapi kayak api dalam sekam

Note : bahkan kalau orang jawa tengah ini merantau ke luar jawa biasanya mereka lebih senang mendapat tetangga/kumpul orang jawa timur, soalnya orang jawa tengah itu berpikir kalo kumpul sama org jatim enak, krn suka ngasih2 jajan, barang atau uang, nah sebaliknya katanya orang jatim itu kalo merantau nggak pilih2, mau kumpul sama org mana aja terserah, mau bugis kek dayak kek sunda kek, pokoknya nggak ngurus.



#tokoh2 yg menggambarkan jawa tengah banget : soeharto, sultan hamengkubuwono yg sekarang, kh ahmad dahlan




Dua duanya ada negatif n positifnya

kalo jawa tengah perbedaan elite dan bawah begitu terlihat
kalo jawa timur perbedaan elite dan bawah tidak kentara alias tipis
karena elite dan bawah di jatim mau berbaur






Spoiler for pengalaman
yang ane suka disini, kalo berantem itu fair gan, sangat jarang yang namanya keroyokan, tapi ane akuin kalo berantem dulu sering kalah, masalahnya ya gitu, seperti filosofis udeng, atau gak mau direndahin, kalo sana kalah mesti gak terima & besok diulang lagi, kalo kalah ulang lagi sampe' sana menang, kadang malah gak segan bacokan, ane pernah ngalamin waktu kelas 3 smp, dia kalah sampek 3 kali, pas yang ke 4 kalinya dia bawa pedang pendek 2, yg satu dikasihin ke ane, dia ngajak duel bacokan sampe' mati , yah ane mikir nyawa ane, akhirnya ane nyerah & ngaku kalah, ane kemudian bonyok deh dipukuli tuh anak, yah gak papa biar gak ada dendam, dan akhirnya kita berteman baik sampe' sekarang.
kalo masalah pertemanan emang royal gan gak perhitungan, jarang ada istilah "petinju" maksudnya orang yang terlalu menggenggam uangnya atau pelit, ane jadi ingat dulu ada acara di tv, acara orang minta tolong, ane inget set lokasinya kalo gak di jawa tengah mesti di jakarta, kok gak pernah di surabaya ya? mana ane tahu gan.
kalo masalah fisik/ tinggi badan yg masih bingung coba deh agan amati diam2, ane ngamatinya waktu sholat jum'at diberbagai tempat.
ane juga bingung, padahal makannya sama2 nasi, inilah uniknya indonesia gan


Spoiler for peta

Spoiler for sumber
Ane Sendiri
sumber terpercaya


Spoiler for lanjutan
maksud ane buat thread ini NO SARA
ternyata indonesia itu beragam gan dan makin buat ane


silahkan agan beri atau
yg belum ISO


Spoiler for komeng kaskuser
Quote:Original Posted By gusiyanto â–º
yup hampir 90 % yang dibilang TS ini benar, ane tinggal di Jawa Timur tapi yang paling barat mepet Jawa Tengah (daerah Mataraman), selama 4 tahun kuliah di Surabaya, jadi ane mengalami sendiri..

Menurut pendapat pribadi ane, kalo ngomong sama orang lebih enakan sama orang daerah "timuran" karena orangnya blak-blakan, gak suka ya bilang gak suka. Tapi ya gitu ngomongnya suka ngawur/gak aturan ,kalo gak biasa dengerin kesannya emang kasar, jauh kalo kita ngomong sama orang daerah "barat" lebih adem,kalem,sopan.

contoh kalau nyapa temen yang udah lama gak ketemu :
orang Surabaya : lhoh cok, kok gak matek-matek arek iki?
orang Jogja : kepiye kabare dab?
(yang enak didenger yang mana gan?)

Dan biasanya penggunaan kata tiap daerah itu beda-beda juga..

Tapi semua kembali ke pribadi masing-masing, gimana cara kita bisa menempatkan diri aja, yang penting kita hormati adat istiadat dimana kita tinggal..berbeda itu indah kok gan


Quote:Original Posted By gangsar19 â–º
Kalo Jawa Tengah yg daerah Ngapak (Daerah Jawa Tengah agak kebarat-baratan , misal Banyumas, Purbalingga, Tegal, dan lain2) dijelasin juga gan, Jawa Tengah kan daerahnya bukan hanya solo , biar adil gitu

Salam Ngapak, Ora Ngapak, Ora Kepenak

Quote:Original Posted By bijiplee â–º
Kalo naek kendaraan pasti ngeyel

Quote:Original Posted By ramapele â–º
Org jawa timur emg gitu gan jawa timur bagian barat sama bagian timur logatnya udh beda.., tp yg diomong ts bener smua krna ane org jawa timur

Quote:Original Posted By robogie â–º
malah menurut ane sedaerah kadang juga ada bedanya gan. misalnya di kota ane tinggal malang, beda daerah rada beda juga logatnya gan. mungkin ga terlalu keliatan tapi kalo d amati keliatan gan.

tapi yang ane suka logat orang jawa itu bisa nunjukin daerah asal. kayak waktu ane sempet tinggal di jember, banyak orang sana langsung tanya "dari malang ya?" sebelum ane cerita dari mana ane tinggal. gara2 tanya "kamu mau es teh a?" tapi seru gan jadi bisa menebak asal daerah orang dari logatnya

Quote:Original Posted By ag88bbr â–º
Sedikit dari ane gan, bahasa di jatim itu kalo ga salah kebagi 3 yaitu Bahasa Arek Bahasa Mataraman dan bahasa using, kalo bahasa arek biasanya dipesisir Utara jawa,contoh Surabaya,gresik,Lamongan,Mojokerto Sidoarjo dan lain2, kalo bahasa Mataraman biasanya di wilayah barat Jatim dan sebagain pesisir selatan jatim, contoh Madiun,Nganjuk Kediri ngawi dll, untuk bahasa using di pesisir timur jatim contoh Banyuwangi dan sekitar, untuk fisik sendiri setau ane emang sebagian emang tinggi2 dan mayoritas kulitnya sedikit Coklat dibanding orang Jabar .. untuk nyali jangan tanya orang jatim kaya Apa sudah teruji.. , Salam Janccookk buat TS


Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53f1a16d108b466b448b4668

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)