Home » » Efek Mencampur Bensin Premium dengan Pertamax

Efek Mencampur Bensin Premium dengan Pertamax



Quote:


Pasti AGAN/SIS semua pernah berpikir dan nanya, "apa sih bahaya atau efek dari mencampur Premium dengan Pertamax?"



Quote:Dr. -Ing Tri Yuswidjajanto…insinyur mekanik lulusan Jerman sekaligus juga guru besar di ITB (Institut Teknology Bandung) memberikan pencerahan perkara ini.

Spoiler for PENJELASAN[spoiler]Kalau hanya untuk mengejar oktan maka sifatnya linear. Misalkan Premium harganya 6500 dengan oktan 88. Pertamax harga 11,400 oktan 92…Pertamaxplus mungkin harga 12ribu oktan 95. Bisa dapat oktan 92 dengan cara mencampurkan Premium dengan Pertamaxplus. Dan kalau dihitung dengan komposisi tertentu harga bisa lebih murah dibanding Pertamax. Secara oktan betul….karena bersifar linear. Jadi dengan pencampuran 50:50 oktan 88 dengan 92 akan dapat 90. Harganyapun pasti linear toh...

Lalu apakah ada perbedaannya antara Premium dengan Pertamax?
Spoiler for Penjelasan PremiumCuma masalahnya Premium ini adalah bahan bakar yang polos tanpa diapa-apain. Keluar dari kilang dalam bentuk nafta alias bukan Premium. Nafta ini macam-macam jenisnya yang nantinya diolah tergantung pesanan. Jika sang pemesan membeli Premium maka barulah produsen meracik nafta tersebut agar menjadi Premium. Ibarat makanan nafta diolah dengan chemical-chemical tertentu sesuai tujuan pengolahan. Tanpa micin, garam, bawang merah ataupun bumbu penyedap rasa lain (isuk-isuk ngomongne panganan bikin luwe wae :mrgreen: ) . Setelah jadi…ya udah, segitu saja. Tidak ditambahin apa-apa oleh mereka alias apa adanya.
Spoiler for Penjelasan PertamaxBenefit yang ditawarkan pada Pertamax atau Pertamaplus adanya zat aditif yang membantu meminimize terjadinya unwash gum atau kerak dalam mesin.

Jadi apa dong kesimpulannya jika mencampur Premium dengan Pertamax?
Spoiler for KESIMPULANZat aditif menjadi tidak bekerja. Karena didalam Pertamax ada bahan adiktif pembersih yang tidak ditemui pada Premium. Aditif pada kondisi tertentu juga baru terasa. Contoh…kita minum teh dikasih madu setetes, terasa nggak perbedaan?. Pasti tidak. Artinya….untuk mengejar nilai oktan, sistem oplos bisa. Namun karena komposisi sudah berubah dari spek yang dihitung pabrikan maka zat aditif yang berfungsi membersihkan mesin tidak bekerja alias engine akan tetap kotor.Sistem oplos murni hanya memberikan sumbangsih nilai oktan saja.

Spoiler for SumberSumber Thread
Spoiler for Bacaan LainBaca 1
Baca 2
Baca 3
Baca 4

Spoiler for Tambahan dari KASKUSERQuote:Original Posted By dhanielneoâ–º
kalo campur2.. bensin pertamax...

ECU = ELECTRONIC CONTROL UNIT

ECU salah satu tugasnya mengatur rasio pembakaran.
nah...gonta ganti bahan bakar ECU jadi ngaco...
apalagi dicampur..

mobil jadi ga enak..
karna pembakaran ga stabil, ngaruh ke suku cadang lain.

akhirnya service, mekanik ga ngerti, ganti oli, ganti kopling, ganti macem2, masih juga ga enak...

gan..
bisikin ke kuping mekaniknya gan....

"R E S E T ....... E C U ! ! ! "

harganya variatif, 1,5 jt sampe 2,5 jt..
tergantung mobilnya...

jadi..
mendingan jangan di campur..
pake premium selama lamanya..
atau pake pertamax selama lamanya...



Quote:Original Posted By gara2dibanned â–º


sorry nih gan sedikit sharing ilmu aja pertamax, pertamax plus, premium, solar. itu kalau di bawah permukaan bumi namanya sumbernya sama gan yaitu crude oil (minyak mentah) nah nanti minyak mentah itu yang nanti bakal diproduksi jadi premium,pertamax,pertamax plus, atau solar. kalau di analogikan misal ane punya jagung ane bisa buat jadi pop corn, bakwan jagung, atau jagung bakar dan ane jual dengan harga yang berbeda2 tergantung biaya produksinya. sorry nih jadi OOT



Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53ea5bd2a4cb17136a8b4580

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)