Home » » Kata Siapa Anak IPA Lebih Baik dari Anak IPS?

Kata Siapa Anak IPA Lebih Baik dari Anak IPS?





Quote:




Spoiler for No Repost Yah

Kata Siapa Anak IPA Lebih Baik dari Anak IPS ?

Quote:
Dulu, semasa SMA sepengetahuan ane anak-anak IPA itu lebih baik daripada anak IPS. Alasannya yaitu anak-anak IPS itu kebanyakan anak nakal (setau saya waktu dulu itu) , sedangkan anak IPA lebih kalem-kalem dan rata-rata adalah kutu buku. Selain itu saya juga mendengar statemen dari beberapa anak/teman sekolah ane kalau jurusan IPS tempat anak buangan IPA, kelas tersisih, isinya anak nakal dan pemalas, berandal yang kritis,tukang santai, jago nyarat dan sebagainya.

IPS=Ikatan Pelajar Santai, yah mungkin bisa dikatakan seperti itu bisa juga tidak. Saya pernah mendengar seorang teman dari kelas IPA berkata, “IPA dan IPS itu sama bagusnya, bedanya… belajar di IPS itu lebih santai…”
Benarkah saya sekolah sebagai pelajar yang santai??
Ya, kami santai. Karena kami tidak perlu menghitung rumus fisika berlembar-lembar. Tidak perlu menghitung massa jenis dan molekul sebangsanya, tidak perlu menghitung gaya sentripetal dan sentrifugal, serta tidak perlu mencari katak untuk dibedah dan diteliti system pencernaannya.
Apakah definisi sibuk-santai itu cuma berkutat di urusan hitung menghitung saja?
Kalau jawabannya tidak, berarti kami termasuk orang-orang sibuk. Kami harus menghadapi pandangan skeptis orang soal dunia IPS setiap hari. Saat bertemu tetangga, saya ditanyai, “Wah, SMA x itu khan bagus! Kamu masuk jurusan apa?”
“IPS…”
“Lho, ngapain masuk IPS?” tanya tetangga itu dengan sinis.
Dan perlakuan seperti itu tidak sekali dua kali, saya sudah kenyang.
Kesibukan kami yang lain adalah berusaha belajar dari buku dan dari lingkungan sekaligus. Hati kecil saya sering tergelitik saat para guru tidak berlaku sama seperti pelajaran yang mereka berikan. Sifat idealis ala Soe Hok Gie muncul, sehingga jam-jam kosong banyak diisi dengan obrolan ringan (yang lama-lama berat) soal pendidik-pendidik bobrok Indonesia. Sayangnya, guru-guru mengira kami cuma hobi mengobrol tidak jelas, karena kami tidak memegang pensil dan kertas berisi angka-angka.

Kemudian belajar di Jurusan IPS juga menyenangka hlu. . . . antara lain,

1. Belajar Hal Yang Dinamis
Di Jurusan IPS kita belajar banyak hal yang dinamis atau gampang berubah. Sebuah statement yang keluar dari seseorang pada tahun 1999 ternyata bisa dipatahkan oleh orang lain pada tahun 2008 dengan alasan mengikuti perkembangan zaman.

2. Melatih Kemampuan Berdiskusi dan Berdebat
Jurusan IPS an banyak terjadi perbedaan pendapat yang sangat mungkin menimbulkan perdebatan. Prinsip ilmu yang tidak pasti membuat kita dilatih untuk berpikir kritis dalam memandang suatu masalah. Kita dituntut untuk tidak langsung menerima dan menelan mentah-mentah suatu statement. Udah gitu, perdebatan yang terjadi akan lebih enak buat kita karena masalah diperdebatkan cenderung dekat dengan kehidupan sehari-hari.

3. Mempelajari Ilmu yang Mudah Diterapakan di Kehidupan Sehari-hari
Ada yang bilang IPS tuh jurusan hapalan. Wakwau, salah besar tuh. Sebenarnya semua jurusan tuh ada hapalannya dan ada juga prakteknya. Sangat disayangkan ketika masih banyak yang belum menyadari adanya praktek jurusan IPS. Padahal pelajaran-pelajaran seperti Ekonomi, Geografi, Sosiologi justru lebih mudah diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Kita bisa mencatan pengeluaran duit jajan kita. Kita juga bisa mengamati bahkan memberikan solusi pada berbagai penyimpangan sosial di sekitar kita. Yang lebih mantabz nih kalau kita lagi kebetulan pulang kampung, kita bisa tuh mengamati sistem irigasi di sana. Sebenarnya sih masih banyak lagi tapi segitu dulu ajalah. Kalau masih kurang bilang aja, ntar saya kasih tahu.

4. Cocok untuk Siswa yang Ingin Aktif Berorganisasi
Masa-masa SMA bisa dibilang masa yang paling maknyus untuk belajar berorganisasi. Kenapa eh kenapa? Ini dikarenakan Masa SMA adalah masa peralihan dari remaja menuju dewasa. Sehingga kita membutuhkan bekal-bekal yang nantinya akan kita butuhkan di masa dewasa. Nah, salah satunya adalah kemampuan berorganisasi. Di Jurusan IPS beban pelajaran cenderung lebih ringan dibanding jurusan IPA yang biasanya dipenuhi banyak tugas. Bahkan saya malah meningkat prestasi akademiknya semenjak masuk Jurusan IPS dan aktif berorganisasi.

5. Prospeknya Lagi Cerah
Dahulu kala saat Orde Baru Jurusan IPA seakan lebih diunggulkan. Tahu gak kenapa? Itu dikarenakan pada masa pembangunan seperti saat itu kita memang banyak membutuhkan insinyur dan ilmuwan. Tapi sekarang, tren sudah berganti kawan. Ketika krisis global sedang melanda dunia, kita membutuhkan banyak ekonom yang punya pemikiran revolusioner. Kita juga membutuhkan banyak sosiolog untuk mengatasi berbagai permasalahan sosial di negara ini. Kebetulan saya sekarang kuliah di PGSD, dan PGSD di SNMPTN masuk dalam jurusan IPS. Jadi alhamdulilah saya menjadi anak sosial karena soal-soal yang saya kerjakan dulu, adalah soal IPS dan alhasil saya juga diterima. Selain itu, kata orang sieh PGSD prospek kedepannya bagus,,, hag. . hag. . .

Semoga adja ea. . . amien. . .

Saya juga pernah mendengar pembicaraan dari seseorang, “Orang IPS cenderung lebih menang posisi dalam perusahaan”. Dari potongan pembicaraan tersebut, dan kemudian saya analisa ternyata ada benarnya. Alasannya simpel, kebanyakan orang IPA menjadi teknisi ahli yang bekerja dibelakang layar dari sisi teknis. Semenmtara orang IPS banyak menduduki posisi sebagai manajer karena dari pendidikannya adalah berusuan dengan manjemen. Itulah kondisi dan fenomena yang ada. Warren Buffet, salah satu orang terkaya di dunia, meraih kesuksesan karena pengetahuan ekonomi. Ekonomi di pelajari di jurusan IPS bukan IPA. Para pebisnis pun memerlukan pengetahuan sosial yang penting. Marketing, accounting, dan pengetahuan sosial lainnya adalah pengetahuan dasar yang perlu dimiliki oleh seorang Chief Executive Officer. Jadi jangan pernah memandang rendah jurusan IPS, dan jangan juga terlalu memandang jurusan IPA merupakan jurusannya siswa pintar.



Quote:
Kedua Jurusan itu sama sama bagus kok gan , cuman sering sekali banyak orang menganggap remeh anek IPS


Quote:



Quote:
Pernahkah Agan / Aganwati yang suka di tanya jurusanya apa ?? lalu kalian menjawab apa ?
Sumber


Spoiler for Apa Kata Kaskuser ?
Quote:Original Posted By vian.stifler â–º
Dulu Saya Jurusan IPS gan...Nah sewaktu UAN dulu ane dapet bocoran jawaban gan dri sekolah lain, jurusan IPS dan IPA ada jawabanya...tiap pagi pasti ngantri, nyarin saya gan anak IPA..hehehe

Sukses semua pada LULUS
Quote:Original Posted By xlimitedx â–º
sebenernya klo udah berpikiran ke depan ( maksudnya untuk kerja nantinya) anak IPS lebih enak karena banyak bidang pekerjaan nantinya.

tapi kebanyakan orang berpikiran untuk kuliah lebih enak jadi anak IPA soalnya (katanya) jurusannya lebih banyak, padahal sih engga juga



Quote:Original Posted By bad.sector. â–º
Kalo di SMA ane, jurusan IPA: hidup untuk belajar
klo jurusan IPS: belajar untuk hidup


Quote:Original Posted By haruna22 â–º
ane anak ipa kuliah di jurusan ips
22nya sama-sama bagus, jangan dibanding2in

Quote:Original Posted By s1s2s3 â–º
anak ips mah emng buangan rata2 mikirnya, tp disekolah ane dulu biang2 tawuran mlh dr anak2 ipa, anak ips cm ikut2an doang, kl gak ada anak ipa anak ipsnya pd kg berani



Quote:Original Posted By harrysetiawanh â–º
Dua2 nya sama gan, cuma beda fokus, ngga ada yang lebih baik kok kan ngga bisa dibandingin hehehe



Quote:Original Posted By tazmin â–º
anak IPS jiwa sosialnya lebuh tinggi gan, pengalaman ane tu?

Quote:Original Posted By taufan34 â–º
ane juga lulusan IPS gan

bener gan anak IPS itu selalu dipandang buruk (pengalaman gan )

Spoiler for titip, ilang ganti
  • Belalang Sembah Betina Tak Selalu Penggal Pasangannya
  • Manfaat di Balik Ikan Makarel
  • Mammoth Punah Akibat Gizi Buruk




  • Quote:Original Posted By ufoterbang â–º
    Setuju ama agan, di Jogja sendiri yang namanya anak IPS tetep aja di pandang sebelah mata, dimana-mana anak IPA dibilang lebih top, termasuk pas dulu ane masih sekolah dan masuk IPS langsung kena cibir sana sini, padahal jelas-jelas kita tu seimbang ama IPA, cuma basic ilmunya yang beda, yang 1 eksakta (pasti) yang 1 nya sosial (terus berkembang)

    Kalo dibilang anak IPS nyantai, emang sih gan, ane sendiri ke kampus gak perlu bawa buku tebel-tebel ama nenteng laptop, cukup buku pelajaran, buku catetan, ama bolpen

    Tapi tetep aja bukan berarti mata pelajaran yang kami pelajari gampang-gampang, ilmu yang kami pelajari tu jenisnya sosial, dan terus berkembang seiring berkembangnya jaman, kalo kita gak update ya ancur, belum lagi kita juga ada mata pelajaran ekonomi - akuntansi, di mata pelajaran itu beda angka NOL satu aja bisa berakibat fatal, kita di tuntut untuk cermat, teliti, serta akurat, gak nyantai itu kalau dah ngitung laporan keuangan beserta jurnal-jurnalnya

    Dan kalo di dunia kerja tu kebanyakan bos-bosnya tu malah basicnya dari jebolan IPS bro


    CMIIW no offense

    Quote:Original Posted By trafaguy â–º
    tergantung diri masing masing sih gan. Kalo emg dia punya niat yg kuat utk sukses. Kedepannya InsyaAllah bakal mencapai apa yg akan di cita2 kan.



    Quote:Original Posted By synkronized1 â–º
    Dulu anggapannya emang gitu kayaknya gan..tapi ane nyesel masuk IPA soalnya di IPS lebih enak kayaknya (minat jadi anak akun tp terbawa sama harga diri masa lalu)..hehehe

    menurut ane sih sama2 aja mau IPA ato IPS kan tergantung minat aja..



    Quote:Original Posted By DM.CINTADAMAI â–º
    ane kelas XI gan , jurusan IPS !!

    Disekolah ane malah kebalikannya lho gan ,anak2 IPS terutama kelas ane , malah lebih unggul daripada IPA lho gan, ini dibuktikan dgn prestasi dan hasil ulangan2 harian maupun ulangan tengah semester / akhir semester

    buktikan kalau :
    IPS = Ikatan Pelajar Sukses



    Quote:Original Posted By idnen â–º
    Sebenarnya pandangan sesat dr mana yah yg nganggap anak ipa lbh baik dr ips. Wktu sma juga ane ngerasain hal ky gtu. Org2 mmandang sebelah mata anak ips. Padahal 2 - 2 nya juga bagus. tdk bisa di bandingkn krn mmg fokus pelajarannya beda. Seperti halnya gunting dgn panci bagus mana?
    Tmn2 ane baik ips maupun ipa banyak yg sukses tp bnyak juga yg smpe skrg pd nganggur gak pnya kerjaan dr k2 jurusan itu. Jd tergantung individu msg2. Tp ane setubuh sm TS ttg internal IPS krn ane merasaknnya sendiri.



    Quote:Original Posted By pourgofes â–º
    ah sama aja gan tergantung minat dan bakat agan dimana..

    mau ipa mau ips sama aja..

    orang bego doank yang ngomong ipa lebih baek atau ips lebih baek



    Quote:Original Posted By Boyzsan94 â–º
    IPA dan IPS sama - sama bagus gan, mereka punya ciri khas sendiri yang kada tidak bisa disamakan ...

    Kebetulan ane SMA jurusan IPA dan kuliah di jurusan IPS



    Quote:Original Posted By cratcritcret â–º
    kawkawk ane dulu juga anak IPA gan,
    tapi ya gitu kelakuan ane sama temen2 teteeeep aja
    tiap hari adaa aja yang lompat pager minggat dari sekolah
    ada juga yang kalo lagi pelajaran ijin ke WC tapi ke kantin sampe jam istirahat
    ada juga yang duduk depan pojok tapi kerjaannya tidur kako jam pelajaran,awjajw
    akwka ane jadi kangen masa2 SMA,
    semua jurusan bagus kok gan,tinggal tergantung pribadi sendiri dan niat belajarnnya







    Gak Nolak Ijo - Ijo Om


    Sumbangan Anda Sangat Saya Hargai




    Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/530dbdff0d8b4615578b4869

    TryOut AAMAI

    Popular Posts

    Solusi WC Mampet Degra Simba

    Arsip Kaskus HT

     
    Template Created by Creating Website Published by Mas Template
    Proudly powered by Blogger
    close(x)