Home » » Cara Memperbaiki Android yang Tidak Mau Nyala

Cara Memperbaiki Android yang Tidak Mau Nyala




Spoiler for cek repost

Quote:

Jalantikus.com - Perangkat Android kamu tidak mau nyala? Terkadang, perangkat Android tidak menyala ketika kamu menekan tombol power, namun hal ini bukan berarti smartphone atau tablet kamu rusak.



Quote:Tekan Tombol Power atau Lepas Baterai

Quote:
Terkadang, perangkat elektronik seperti smartphone, tablet atau laptop bisa nyangkut di mode power-off. Pada kondisi seperti ini, tombol Power tidak dapat berfungsi karena perangkat tersebut memang stuck. Solusi yang paling mudah adalah dengan melepas baterai, tunggu beberapa saat, kemudian masukkan baterai kembali dan tekan tombol Power untuk menyalakan perangkat. Tindakan ini akan memutus semua power yang mengalir ke perangkat (disebut power cycle). Hal ini terutama sangat membantu untuk perangkat dengan baterai yang bisa dilepas.

Lalu, bagaimana dengan perangkat dengan baterai yang tidak bisa dilepas? Nah, ada cara lain untuk memutus power cycle. Tekan tombol Power selama 10 detik atau lebih. Perangkat yang berbeda membutuhkan waktu yang berbeda untuk boot. Android kamu akan menyala kembali dengan normal apabila proses ini berhasil.


Quote:Charging

Quote:
Jika perangkat Android kamu tidak mau nyala sama sekali dan tindakan menekan tombol Power tidak berhasil, bisa jadi baterai Android kamu habis. Isi baterai smartphone atau tablet kamu dan tunggu beberapa waktu hingga baterai cukup terisi. Apabila baterai Android kamu kering, maka kamu perlu menunggu beberapa menit sebelum bisa kamu nyalakan.



Quote:Jalankan Factory Reset dari Recovery Mode

Quote:
Jika perangkat kamu bisa nyala dan boot secara normal, namun bermasalah seperti proses boot gagal, freeze atau reboot dan mati setelah menyala, mungkin terdapat masalah pada perangkat Android kamu. Pada kasus seperti ini, kedua tindakan diatas tidak akan membantu.

Apabila kamu mengalami masalah booting Android atau bootloop, maka kamu bisa menggunakan cara rahasia untuk menjalankan factory reset. Hal ini akan menghapus semua data yang ada di perangkat Android kamu dan mengembalikannya ke kondisi awal saat pertama kamu membelinya. Harap diingat bahwa metode ini hanya digunakan pada kondisi apabila Android kamu mengalami kerusakan software atau crash.

Pertama, akses ke mode recovery Android. Matikan perangkat Android kamu kemudian booting dengan menekan kombinasi tombol berikut :



  • Tahan tombol Volume Up + Volume Down + Power.
  • Tahan tombol Volume Up + Home + Power.
  • Tahan tombol Home + Power.
  • Tahan tombol Volume Up + Camera.

Kombinasi tombol dapat berbeda pada setiap perangkat dan apabila kombinasi tombol diatas tidak berfungsi, maka kamu bisa coba mencari tahu lewat Google menggunakan keyword “recovery mode [type handphone]”.Perangkat Android akan booting dengan menampilkan gambar robot Android dengan panel terbuka di bagian dada apabila proses ini berhasil.



Gunakan tombol Volume hingga pilihan Recovery Mode muncul di layar. Tekan tombol Power untuk menjalankan recovery mode.Tahan tombol Power dan tekan Volume up. Pilih wipe data/ factory reset dengan menggunakan tombol Volume up dan down. Tap Power untuk memilih. Pilih Yes dan tap Power untuk melanjutkan.




Quote:Android Kamu Rusak

Quote:
Jika semua usaha diatas masih gagal berfungsi setelah mencoba berbagai cara diatas, berarti baterai atau Android kamu rusak. Jika baterai perangkat kamu bisa dilepas, coba beli baterai baru untuk menggantikannya. Bisa saja baterai kamu rusak. Untuk perangkat yang tidak bisa dilepas baterainya, kamu bisa membawa perangkat tersebut ke service center terdekat. Jika garansi perangkat kamu masih berlaku, kamu bisa memperbaikinya secara gratis atau membayar sejumlah biaya administrasi, tergantung kebijakan masing-masing vendor.








Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/540ee0269252334e3f8b457b

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)