Home » » 5 Masalah Klasik yang Dihadapi Saat Agan Mempersiapkan Pernikahan

5 Masalah Klasik yang Dihadapi Saat Agan Mempersiapkan Pernikahan


Quote:


Pernikahan di sini maksudnya resepsi ya. Kecuali kamu nikah super simple, dateng ke KUA pada hari kerja dan bayar 30 rebu, hal-hal dibawah ini ya bukan masalah. Tapi kalau kamu mau bikin pake resepsi yang ngundang ngundang ada makanan dan salam salaman, coba cek dulu hal-hal ini untuk jadi antisipasi.



Quote:

Duit


Pake duit siapa nih? Pembagiannya gimana? Duit kamu dan pasangan kamu? Duit ortu? Duit kamu + pasangan kamu + ortu? Cari sponsor? Crowdfunding? Pinjem ke bank? Pinjem ke kantor? Gadai rumah? Sumber dana dulu tentukan darimana, kemudian ancar-ancar budget. Jangan sampai lebih besar pasak dari tiang. Oh dan jangan terlalu berharap bisa balik modal dari angpao juga. Ntar kalo gak kesampaian dan kamu malah jatuh miskin dan terbelit hutang setelah menggelar resepsi mewah, kan gak asik bro.

Pengalaman gw dulu sih, ane ama calon istri ane dari 1 tahun sebelum resepsi sudah mulai buka rekening bersama, dimana kita tiap bulan wajib setor 500rb setelah gajian , Puji Tuhan sih pas mo resepsi ngumpul mayan banyak kira2 hampir 15 jutaan, sisanya waktu itu ane ngutang saja ama paguyuban di keluarga dan juga ke temen2 aja , gw nikah tahun 2005 waktu itu habis kira2 hampir 35 juta

Duit dari angpau sih jangan diharapkan bisa dapat banyak gan, gw dulu cuman dapat 14 jutaan , namanya resepsi mah ga nyari balik modal gan




Quote:

Tanggal dan kesediaan tempat.


Biar kata udah pake primbon, ngitung hari baik dan lain lain, kalau gak ada gedung yang tersedia di tanggal tersebut yaudah kandas deh. Apalagi kalau kamu pengen bikin resepsinya di gedung-gedung kimpoi ternama di kota kamu. Siap-siap aja masuk waiting list atau harus udah booking dari jauh-jauh hari. Minimal 6 bulan-1 tahun sebelum resepsi udah harus mulai ngincer tanggal dan gedung. Kalau mepet-mepet ya dapet tanggal seadanya aja.

Kalau bisa sih menurut ane lebih baik resepsinya mendingan di rumah saja bray, dengan syarat kondisi di sekitar rumah mempunyai akses yang gampang di cari para tamu undangan dan tentunya ketersediaan lapangan buat parkir tamu




Quote:

Jumlah Undangan



Karena jumlah undangan adalah kunci dari seberapa besar kamu mau membuat acara resepsi pernikahan kamu. Makin gede undangan berarti makin gede biaya kateringnya. FYI lebih dari setengah budget kimpoian itu buat ngasih makan tamu. Jadi bijaksanalah. Jangan ngundang 1000 orang kalo cuma mampu bayar katering buat 300 orang. Itu jahat namanya. Ngarep angpao banyak, tapi gak modal. Ngundang orang kan dengan maksud mereka ikut merestui dan mendoakan pernikahan kamu, kalau pas resepsi gak ada makanan dan desek desekan karena gedung yang sempit dan gak bisa nampung banyak orang, yang ada kamu malahan disumpahin instead of didoain sama para tamu. Jadilah pengundang yang baik dengan menyediakan makanan dan suasana resepsi yang menyenangkan. Biar berkah. Amin.

Untuk hal ini sih menurut standar itung2an orang tua ane dulu, dari jumlah undangan yang hadir harus di lebihin sekitar 20% jumlah porsinya gan, sebagai contoh, kita undang 500 orang, so untuk konsumsi kita harus siapkan (500*2)+20%, jadi paling tidak untuk hidangan kurang lebih 1200 porsi , kalau sisa yah di makan sendiri




Quote:

Siapa Aja Yang Diundang


Selain jumlah undangan, berikutnya yang juga bisa jadi permasalahan klasik adalah, siapa aja yang mau diundang? Apalagi kalau terbatas dan kamu cuma menyelenggarakan 1 kali resepsi plus akad. Siap-siap deh tuh rebutan antara undangan kamu dan undangan ortu. Apalagi kalau ini adalah pernikahan pertama di keluarga kamu. Beuh. Bisa-bisa jatah undangan buat temen-temen kamu cuma 10 orang. Harus tega untuk gak ngundang si ini dan si itu. Terus para mantan gimana? Pada diundang gak? Bisa jadi konflik nih saat bikin list siapa siapa aja yang diundang.




Quote:

Adat


Kalau kamu berasal dari suku yang sama dengan pasangan kamu, bagus. Gak akan ada masalah. Tapi kalau sebaliknya dan masing masing berasal dari keluarga besar dengan kebanggaan primodial yang tinggi....ya siap-siap aja menggelar 2 resepsi (beserta rangakaiannya) dengan adat yang berbeda. Mendingan kamu latihan fisik dulu yang giat.

Masih banyak sih printilan, tapi segitu aja dulu, biar sisanya kalian yang tambahin sendiri. Yuk marih gan di tambahin yah kalau ada.


sumber




Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/542361f4108b46c6328b456a

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)