Home » » #RokPungsat, Gerakan Sosial Memungut sampah di Tasikmalaya

#RokPungsat, Gerakan Sosial Memungut sampah di Tasikmalaya




Spoiler for #RokPungsat Bag 1
Quote:#RokPungsat Bag 1

Akhirnya, event #RokPungsat terealisasi untuk pertama kalinya pada hari Minggu, 7 September 2014, kemarin. Puluhan warga Tasikmalaya yang tergabung dalam berbagai komunitas kreatif sudah merapatkan barisan di sekitar Tugu Adipura sejak pagi. Lengan kanan dan kepala mereka terbebat sehelai kain putih bertuliskan #RokPungsat warna merah menyala. Suasana menjadi sangat riuh, bercampur dengan keriuhan suasana CFD seperti biasa.


Siap untuk #RokPungsat (foto by. Fiat Purnama)

Bukan, mereka bukan bermaksud melakukan aksi demonstrasi penolakan kenaikan harga BBM yang sempat santer belakangan ini. Mereka juga tidak bermaksud melakukan aksi huru-hara maupun anarkis. Mereka adalah orang-orang kreatif yang sengaja berkumpul untuk berbuat sesuatu bagi Tasikmalaya; pungut sampah! Ya, #RokPungsat tidak lain merupakan kepanjangan dari Relawan Orang Kreatif Pungut Sampah Tasikmalaya, sebuah gerakan sosial anak-anak muda Tasikmalaya untuk kotanya


(Foto by Fiat Purnama)

Di bawah naungan TCCF (Tasik Creative City Forum), sejumlah komunitas bergabung untuk melaksanakan kegiatan ini. Di antaranya adalah KWKT (Komunitas Wisata Kuliner Tasikmalaya), Klub Buku Tasik, Kaskus Reg Tasikmalaya, Berbagi Nasi, JFT (Japan Fans Tasikmalaya), PPMT (Paguyuban Pengusaha Muda Tasik), PFT (Pengemar Fotografi Tasik), KIS (Komunitas Indonesia Sejahtera), Komunitas Green Society, CISC (Chelsea Indonesia Supporter Club) regional Tasikmalaya, Stand Up Comedy Tasikmalaya, MHT (Movieholic Tasikmalaya), Paguyuban MOKA Tasikmalaya, SPOT Unsil, KOMBAT (Komunias Batu Alam Tasikmalaya) , Pet Lovers, Komunitas Backpacker, Komunitas Iket Sunda, TasikCyber, dan komunitas lainnya. Selain itu terdapat pula masyarakat umum yang bergabung secara sukarela


Menjemput yang tersembunyi (foto by Fiat Purnama)

KWKT bertugas menjadi Project Leader dalam gelaran pertama #RokPungsat ini. Tidak heran kalau beberapa anggota komunitas yang berseragam abu lengan hijau ini sibuk membagikan sarung tangan, trash bag, dan juga kantong kresek kepada para relawan yang berdatangan. Tidak ada ceremonial resmi untuk menandai pelaksanaan kegiatan ini. Hanya sedikit arahan dari Kang Uyung Aria, perwakilan dari TCCF, sebelum semuanya bergerak serentak menyisir arus CFD di sepanjang ruas jalan HZ. Mustofa Tasikmalaya.

Gerakan #RokPungsat merupakan bentuk keprihatinan TCCF atas kurangnya kesadaran masyarakat dalam menciptakan lingkungan bersih dan nyaman. Masih terbiasanya sebagian masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya menjadi salah satu yang menghambat terjaganya kenyamanan kota. Karena itu, #RokPungsat menjadi salah satu cara untuk mengedukasi masyarakat untuk melihat secara langsung bagaimana anak-anak muda Tasik peduli terhadap sampah. Tidak saja untuk para pengunjung CFD, tetapi juga untuk para pedagang yang ada. Semoga setelah ini mereka pun akan mulai peduli terhadap sampah-sampah yg ada.


Karena kami peduli. (foto by Fiat Purnama)

Yang kami perhatikan, tidak semua pedagang menyediakan kantong sampah untuk sampah makanan yang dijualnya. Begitu pula dengan ketidakpedulian mereka terhadap sampah yang berceceran di sekitar tempat berjualan. Karena itulah, kami pun bergerak untuk memberikan kantong-kantong sampah kepada setiap pedagang. Tentu dengan sedikit pesan agar besok lusa mereka dapat menyediakan sendiri kantong sampahnya dan menjaga kebersihan di sekitar area berjualannya. Kalau setiap pedagang menjaga kebersihan areanya, tentu sampah di sepanjang ruas CFD akan terminimalisir secara sendirinya.

#RokPungsat akan jadi pengingat juga bagi kami agar tidak hanya bisa mengedukasi orang lain, tetapi juga tetap mengedukasi diri sendiri. Kami diharapkan untuk selalu memberikan contoh baik, tidak saja dalam event-event tertentu, tetapi juga dalam keseharian. Insya Allah.


Dukungan Bapak Kapolres untuk #RokPungsat (foto by triowekwek)

#RokPungsat berakhir pada pukul 9 pagi, seiring dengan dibukanya kembali arus lalu lintas sepanjang jalan HZ. Mustofa. Sebelum itu, secara serentak seluruh sampah yang terkumpul dimasukkan ke dalam bak angkut petugas kebersihan, dan penyerahan komando pelaksanaan #RokPungsat untuk minggu depan. Komunitas J-Fantasy (Japan Fans Tasikmalaya) dan Stand Up Comedy Tasikmalaya dipercaya untuk menjadi Project Learder #RokPungsat berikutnya.

Mari kita selalu jaga Tasik untuk selalu bersih dan nyaman.

Sampai bertemu di #RokPungsat minggu depan!

SUMBER




Spoiler for #RokPungsat Bag 2
Quote:

#RokPungsat Bagian 2 , Minggu 14 September 2014
TKP : CFD Tasikmalaya




Karena kita semua peduli








Kaskus Reg Tasikmalaya


Movie Holic Tasikmalaya


Mojang Jajaka Kota Tasikmalaya



Spoiler for #RokPungsat Bag 3
Quote:
#RokPungsat Bagian 3 , Minggu 21 September 2014
TKP : CFD Tasikmalaya

Spoiler for 1
Persiapan #RokPungsat




Hasil sampah dalam 1 trip



Spoiler for 2









Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/54215814925233f2308b4570

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)