Home » » Dulu Lo Pake HP CDMA yang Mana Gan?

Dulu Lo Pake HP CDMA yang Mana Gan?





Quote: Intermezzo Dulu

Masih ingatkah gan waktu zaman tahun 2003 - 2010 ketika hp dan operator CDMA masih jaya jayanya di ranah negeri ini,hmm dulu sempat heboh dikala operator CDMA bersaing untuk menggaet pelanggan dengan menawarkan paket paket hemat dan murah dan tentu saja bonus nelpon gratis ke sesama operator tentunya,,hwehehe
Hmm berikut bane ada beritanya juga kalau operator CDMA resmi ditutup ama pemerintah

Jakarta - Setelah sekian lama, duet layanan fixed wireless access (FWA) dan teknologi Code Division Multiple Access (CDMA) harus mengucapkan selamat tinggal kepada para penggunanya di Indonesia.
Sepuluh tahun silam, FWA sempat menjadi jawaban untuk melayani wilayah terbatas antarkota kala duopoli Telkom dan Indosat tak lagi mampu untuk membangun telepon kabel berbasis PSTN. Masalah biaya jadi penyebabnya.
Dalam catatan detikINET, biaya untuk membangun satu sambungan telepon lewat kabel waktu itu memang mahal. Sangat timpang satu berbanding 70. ‎Telepon nirkabel jelas jauh lebih murah.
Untuk meminimalisir biaya, maka CDMA menjadi pilihan. Harga teknologinya yang lebih murah dibandingkan GSM membuatnya jadi opsi untuk menggelar yang namanya Flexi dan kemudian StarOne.
Mulanya, layanan FWA dengan CDMA ini cukup sukses sebagai alternatif seluler ‎GSM yang masih mahal. Wajar saja, dari sisi lisensi keduanya berbeda. Seluler lisensinya jauh lebih mahal karena cakupannya nasional. Sementara FWA hanya terbatas satu kode area.
FWA makin menjadi-jadi setelah Bakrie Telecom ikut masuk dengan gebrakan Esia. Tarif telepon Rp 1.000 untuk talktime 1 jam jadi andalan. Flexi milik Telkom dan StarOne Indosat pun ikut banting harga. Kemudian ada pula FWA milik Mobile-8 dengan brand Hepi yang sempat hadir sebagai penggembira.
Namun sayangnya, bulan madu FWA tak berlangsung lama. ‎Iklim ‎kompetisi yang ketat di industri telekomunikasi membuat FWA cepat menemui senjakala sejak seluler GSM tak lagi identik dengan tarif mahal.
Harga yang bersaing dengan cakupan nasional membuat FWA CDMA kian tersungkur. Pendapatan operator penyelenggaranya kian berdarah-darah. Bisa dibilang, dalam beberapa tahun terakhir ini, FWA CDMA hidup menderita. Mati segan hidup tak mau.
Berbagai opsi penyelamatan coba ditempuh. Namun sayangnya, semua kandas. Tak ada lagi harapan untuk FWA CDMA. Sementara, bisnis harus terus berjalan.
Maka jalan terakhir pun dipilih: FWA dimatikan, lisensinya dicabut untuk kemudian dikembalikan dalam bentuk lisensi seluler, tentunya dengan teknologi yang tak cuma terpaku CDMA yang juga tengah mendekati akhir.
Dengan teknologi netral, artinya operator bebas saja mau pakai teknologi apa asal masih bisa menggelar layanan sesuai dengan lisensi dan kondisi kekinian. Mau 3G boleh, 4G silakan, atau nanti 5G, tak lagi masalah.
"FWA yang ada sekarang sesungguhnya sudah selular, bisa dibawa ke mana-mana," kata Muhammad Ridwan Effendi, Anggota Komite Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) saat berbincang dengan detikINET, Selasa (23/9/2014).
Berhubung hampir tak ada lagi bedanya antara FWA dan seluler, baik itu dari segi tarif maupun jangkauan layanan, maka regulator pun merasa tak ragu-ragu lagi mengakhiri nyawa FWA dan CDMA di Indonesia.
"Dengan keluarnya Permen 800 MHz itu artinya FWA dicabut. Tak ada lagi teknologi 'banci' dan sudah digantikan dengan teknologi netral," kata Muhammad Budi Setiawan, Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos Informatika Kementerian Kominfo‎.
Dengan demikian, ini artinya kita sudah bisa bilang selamat tinggal pada FWA dan CDMA untuk kemudian mengucapkan selamat datang pada era 4G LTE dengan teknologi netral 'semau gue'.

oke dech,cukup sekian beritanya yah gan,,hmm daripada saya banyak ngetik lebih baik simak saja gambar2 berikut dech

Quote:Penampakan Ponserl CDMA jadhull

Spoiler for Nokia CDMA jadul 2003 - 2005












Spoiler for Hp CDMA bundling














Spoiler for Update Ponsel Nokia CDMA jadhullQuote:












Quote:Berikut Penampakan Perdana CDMA nya

Spoiler for Telkom Flexi

Spoiler for Esia

Spoiler for Fren

Spoiler for Smart

Spoiler for Ceria

Spoiler for Jagoan

Spoiler for Starone

Spoiler for No repost lho!!!

Quote:Jika berkenan kasih thread saya yah gan,,,gak nolak yang namanya ataupun ,,alhamdulilah kalau ada yang ngasih ijo ijo apa yang merah merah ,,,

Quote:Spoiler for SumberIde Kreatif saya

Google untuk gambarnya

Detik.com untuk beritanya

Quote:komen bagus saya angkut di update thread ===>

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5424d86d0f8b46836b8b4568

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger