Home » » "Tanpa Sadar, Lo Bisa Jago Bahasa Inggris Karena Hal-Hal Ini "

"Tanpa Sadar, Lo Bisa Jago Bahasa Inggris Karena Hal-Hal Ini "



ASSALAMUALAIKUM PARA KASKUSER/WATI

Disini ane ingin menceritakan pengalaman ane sendiri, dan juga pengalaman teman-teman ane yang bisa cepat belajar bahasa inggris tanpa perlu belajar di tempat les-lesan atau semacamnya.
Mungkin agan/sista bingung mau ngomong pake bahasa inggris sama orang lain takut salah atau apa pengen ngomong tapi gk mudeng sama yang diomongin. Yah disini ane kepingin share cara mudah versi ane sendiri dan beberapa temen ane dalam mengerti dan memahami kosa kata bahasa inggris yang baik dan benar dan cara mengimplementasikannya. Khususnya dalam hal SPEAKING dan LISTENING. Untuk WRITING mngkin agan bisa belajar di tempat kursus atau semacamnya. Namun SPEAKING dan LISTENING yang akan saya share bagaimana caranya agar dengan mudah memahami dan mengimplementasikannya mngkin dapat dengan sendirinya membantu agan dalam hal WRITING tersebut. TRUST ME ITS WORKS ^^

Spoiler for Yg Pertama
1. NONTON FILM LUAR NEGERI (YANG POSITIF )

Mungkin agan biasa menonton film barat bahkan sering melihatnya di TV berulang-ulang. Disalah satu stasiun TV sering memutar film sama berulang-ulang yang membuat agan jenuh dalam melihatnya. Namun coba dipikirkan sejenak, itu dapat menjadi suatu hal yang bermanfaat bagi kita, agan/sista dapat membuat pembelajaran disana dengan memahami setiap apa yang mereka bicarakan dengan arti (translate) yang ada dibawahnya.
Caranya :
• Dengan mengikuti setiap pembicaraan yang dibicarakan di dalam film tersebut, memahami dan mengerti setiap dialog. Karena arti dan pengucapan dalam bahasa inggris terkadang berbeda dalam hal penulisan dan pembacaanya. Misalkan “dad” dengan “Dead” itu hampir sama dalam pembacaanya tapi sangat berbeda dalam artinya. Namun akan lebih mudah bila agan melihat film dari hasil downloadn. Kenapa harus? Caranya gimana? Gini gan, jadi agan siapkan film favorit agan/sista yang akan ditonton dan menyiapkan 2 translate, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Cara ane memahaminya, ane tonton tu film berulang2 dan gk harus 1 hari putar terus2an haha, step by step/hari per hari jga bisa. Pertama menggunakan bahasa Indonesia. Pahami setiap kalimat pengucapan dan ingat2 setiap kalimat yang dimaksud beserta artinya. Kemudian setelah nonton tu film yg sama berulang2 dengan sendirinya pikiran agan akan inget terus akan dialognya, kemudian ganti translate bhs Indo tadi dengan bhs inggris. Nah dari sini pembelajaran pun dapat dimulai. Agan/sista pasti pernah hafal kan dialog dari sebuah film favorit agan/sista sampai keakar2nya? Hehe, Nah metode ini dapat dengan mudah diterapkan sama seperti yang ane bilang tadi. Disini agan/sista dapat langsung belajar 2 hal, yaitu listening dan speaking dengan sendirinya. Ikut berbicara bersama dengan aktor dalam film tersebut tu jga bsa membantu gan/sist, udah mudeng alur setiap dialognya, dan translate bhs inggris tadi dapat memberikan dorongan dalam hal memahami SPEAKING dengan menggunakan bhs inggris itu. Dan pasti akan lebih mudah memahaminya bila ud terbiasa dengar dan mengucapkannya. Intinya, belajar seperti anak bayi yg baru lahir tp udah di cekokin sm bahasa inggris

Spoiler for Yg Kedua
2. BERMAIN GAME PS/PC

Mungkin bagi para gamers sudah tau mengapa ane memberikan tips ini. Yah, secara tidak langsung game dalam bahasa inggris dapat memberikan pembelajaran pada setiap mereka yang tidak hanya “main saja”. Pengalaman yang ane rasakan waktu SD, itu saat ane main game Harvest Moon. Di dalam game tersebut ane jadi mudeng macam-macam sayuran, buah2an dalam bahasa inggris. Dan yang paling banyak memberikan pembelajaran ada pada game The Sims gan/sist. Berbagai macam bentuk kata-kata ada disana. Walaupun kita tidak mengerti artinya, namun kita akan langsung mengerti apa itu dari gerak gerik game tersebut. Misalkan kata “flirt”. Itu arti apa ane bingung maksutnya gmn, ternyata setelah dilakukan itu berarti “menggoda” yah semacam itu lah gan/sist. Walaupun kita tidak mengerti apa artinya, namun kita akan langsung mengerti dari apa yang akan mereka lakukan ! experience is the best teacher hehe.Terus dari game online, khususnya yg INTERNATIONAL, ane jadi ngerti istilah-istilah yang aneh tapi mengandung maksut tertentu. Misalkan “Piece of cake” artinya sepotong kue kan? SALAH kl mikirnya itu, itu adalah salah satu makna dalam bahas inggris yang berarti “mudah/gampang” tentang hal tertentu ^^ hahaha. Game memang jelek bila terlalu bermain akan memberikan dampak ketagihan, namun peran orang tua sangat penting disni. Jadi jangan anggap game itu adalah suatu hal yang negatif banget. Terus untuk game online yang sifatnya International tadi, kita juga secara tidak langsung akan berdialog dengan mereka yang memang asli menggunakan bahasa inggris dengan berbagai macam kata yang mereka gunakan ! wkwkwk, dan dari situ dapat menjadi pembelajaran bagi kita. Tau istilah singkatan2 seprti WTF,WTH,LMAO,LOL dan lain sebagainya. Like i said before experience is the best teacher ^^

Spoiler for Yg terakhir
3. Mengunjungi web-chat luar negeri

Agan dan sista dapat belajar dari sini. Secara tidak langsung akan dituntut untuk bisa berbahasa inggris jika masuk dalam webchat internasional, dan jangan malu2 membuka google translate kalo msh blm paham tentang bahasa inggris, tapi ingat jgn lgsg dimakan transalatean dari situ soalnya kdg gk sesuai sama yg diomongin hahaha. Masuk ke webchat tersebut, akan membuat agan/sista menjadi lebih berani dalam berkata-kata dalam bahasa inggris dengan lawan bicara agan/sista. Dan jangan malu salah, mereka jga gk akan menertawakan kita kok . Pengalaman ane sendiri ini punya temen dari luar negeri banyak ada yg dr turki, AS, china, jepang, singapura gan cewek lagi dan mereka ada di daftar temen fb ane ^^ mereka cerita berbagai hal, ada jga yg curhat gan hahaha. Ane tunjukin kehebatan INDONESIA dan mereka pun tertarik dengan apa yang ada didalamnya jga

Dari 3 hal yang ane bahas diatas 90% temen ane jga sharing hal yang sama dalam belajar bahasa inggris. Ternyata bukan sekeder ane yang memiliki metode belajar yang sederhana ini. Memang gan bukanya sombong atau apa, tp ketika tes Speaking ane mesti dpt A tapi waktu tertulis dapetnya C mulu padal ud level advance hehe, ini sekedar pengalaman pribadi dan sharing dari teman-teman ane aja gan. Kurang lebihnya mohon maaf. Bagi agan/sista yg memiliki cara tersendiri bisa di share disini, kita saling berbagi pengetahuan gan. Gak akan rugi kok dijamin halal ^^

Spoiler for Quotes dari aneJangan pernah malu dalam belajar apapun, SPEAKING walaupun salah grammer atau apa lah pun gk jd masalah gan/sist yg penting kita bisa mengerti dan paham terlebih dahulu apa arti suatu kata tersebut. Pada intinya harus berani lah ceplas ceplos asalkan sopan dan benar Mngkin dengan SPEAKING dan LISTENING yang agan/sista dapat akan dengan mudah membantu agan/sista dalam memahami WRITING. Disini tinggal grammer yg harus ditingkatkan jga jdnya Insya Allah lbh gampang gan. “Jangan pernah ragu akan dirimu sendiri ! Tuhan aja gk pernah ragu sama umatnya, masak kita ragu?”

Mungkin Cukup sekian aja dari ane buat sharingnya bagi agan/sista yg mau share kl ada cara lain bisa dimari kok saling berbagi pengetahuan gk bkalan rugi gan/sista hehehe

Bantu gan/sista kl berkenan, kl dikasih jga ane gak nolak

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5426d91da3cb178a578b4568

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger