Home » » [DIY] Tips Memperbaiki Mouse yang Rusak

[DIY] Tips Memperbaiki Mouse yang Rusak


Quote:Quote:Dengan Menyebut Nama ALLAH yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang
Assalammualaikum, selamat pagi, siang, sore atau malam. Salam kenal buat agan2 semua (bagi yang belum kenal) , klo yang kenal ya lanjut .
Buat mimin dan momod izinkan ane bikin trit lagi disini, klo ada salah2 kata, salah2 kamar, repost2 dikit, harap maklum aja ya
Prakata dari ane Quote:Jujur, kenapa nggak dari dulu ane memberanikan diri bongkar2 mouse ane yang rusak klik nya, ternyata cuma begitu doank mekanismenya .
Singkat cerita, beberapa waktu lalu ane beli mouse dan keyboard seken. Berhubung nggak sempet cek dan ricek, ane langsung bawa pulang. Ternyata si mouse bermasalah di tombol klik kiri dan kanannya, paling parah tombol klik yang ada di kiri, statusnya double klik terus, sampai akhirnya nggak bisa diklik sama sekali. Ane coba cari2 referensi dari internet cara memperbaikinya. Ternyata caranya gampang2 susah sih. Rata2 harus solder menyolder, sedangkan bagaimana mungkin, alatnya aja ane nggak punya apalagi harus nyari sparepartnya yang ane sendiri nggak tau ada dimana toko penjualnya (dilingkungan ane maksudnya) .
Dari situ ane beranikan diri bongkar mouse nya, kalau bener sukur, kalau rusak ya rusak sekalian . Kemaren ane dah bongkar 4 mouse yang kliknya rusak, hasilnya seeempuuurnaaa, mouse kayak baru lagi, dikliknya juga nyaman dan lancar . Ok Agan2, berikut tutorial cara sederhana benerin tombol klik versi ane, cekidot Gan :
Alat-alat yang dibutuhkan :Quote:
1. Obeng plus, apa aja yg penting bisa buat bongkar mouse.
2. Kalo ada 1 set obeng HP, klo nggak ada ya ora opo2
3. Amplas halus (secuil aja). kasar juga boleh, yg penting nggak modal, kyk ane boleh minta .
Quote:
Berikut langkah-langkahnya :Quote:Quote:1. Siapkan mouse yang akan dibongkar.
Kebetulan mouse yang ane bongkar merk logitech semua. Cuma ane yakin komponen switch nya rata2 sama semua. Nggak percaya, silahkan aja bongkar mouse punya Agan yang laen merk .Quote:Spoiler for Contoh Mousenya
Quote:Quote:2. Cari lubang tempat bautnya.
Rata-rata mouse punya baut pengikat dibagian bawah. Namun uniknya, kadang ditutup-tutupi oleh sesuatu jadi nggak semua orang awam tau posisinya. Bahkan ada yang ditutupi oleh bantalan karet kaki mouse . Special mouse yang ane bongkar hanya ada satu baut pengikat, dan itupun hanya ditutupi oleh segel garansi .Quote:Spoiler for Contoh Mousenya
Quote:Quote:3. Buka bautnya dengan obeng plus.
Gunakan type obeng plus yang leher / batangnya panjang. Karena biasanya posisi baut agak jauh masuk kedalam body mouse. Contohnya obeng HP 1 set punya ane nggak bisa buka baut mouse ane karena kurang panjang batangnya. Yang panjang memang lebih enak dipakenya Quote:Spoiler for Contoh Mousenya
Quote:Quote:4. Bongkar Body Mouse Perlahan-lahan.
Baut sudah dibuka, tinggal kita pisahkan body bagian atas dengan bagian bawah. Kenapa harus perlahan-lahan?. Karena kita pahami dulu mekanisme penguncian body mouse tersebut, selain baut ada lagi kuncian model kayak casing hp. Jangan maen asal bekek aja, ujung-ujungnya bisa patah nanti kunci bodynya .
klo untuk mouse logitech, renggangkan bagian belakangnya, kemudian coba didorong maju kedepan atau kebelakang (rada dipaksa dikit ). Klo mouse ane typenya yang didorong maju kedepan.Quote:Spoiler for Contoh MousenyaAne ganjel pake tutup flasdisk, coz nggak ada yang megangin waktu ane photo

Quote:Quote:5. Amati dan teliti baik-baik mouse yang sudah terbongkar
Ternyata begitu doank dalemannya, kayak gitu kok mahal (klo mo murah bikin aja sendiri ). Ngomong2 klo ente dah berhasil bongkar mousenya, coba perhatikan baik-baik posisi-posisi komponennya, tata letaknya, per-per pegas scrollnya, agar nanti nggak bingung klo mo nyatuin lagi. Biasanya pegas / per scroll mousenya yang suka loncat / lepas pas kita pisahkan. Ane aja sempet bingung nyari-nyari 3 menitan posisi per scrollnya . Simpel tapi butuh ketelitian.Quote:Spoiler for Contoh Mouse Yang Sudah Dibongkar
Gimana Gan, sampe sini dah bisa belum. Klo belum paham dan nggak bisa, santai aja Gan, nggak usah dipaksa.Spoiler for RELAKSASI DULUCuma ngebongkar doank masih nggak ngerti juga, DL aja deh Gan
Klo yang dah paham mo lanjut, silahkan cekidot lagi Gan :

Quote:Quote:6. Pisahkan bagian-bagian mouse yang saling berhubungan.
Copot kabel mouse yang berhubungan dengan PCB (Papan Induk). Copot juga mekanik scroll mouse. Kemudian pisahkan PCB dari body mousenya. Setiap mouse ada metodenya masing-masing2. Contoh mouse merk HP nggak perlu bongkar scroll mouse nya untuk mengeluarkan PCB nya. Untuk mouse yang ane bongkar scrollnya harus diangkat dulu, biar PCB bisa dilepas.Quote:Spoiler for Bagian Mouse Yang Dibongkar
Quote:Quote:7. Amati, teliti, dan cari posisi switch klik pada mouse.
Untuk point ini ane kira cukup mudah. Agan2 pasti dah bisa nebak posisi switch klik mouse yang mana. Klo yang nggak tau silahkan cek photonya.Quote:Spoiler for Switch Klik Mouse
Kemudian Agan2 harus tau mekanisme switch Klik tersebut. Coba Agan2 amati. Setelah ane amati sendiri ternyata switch klik mouse tersebut dapat kita bongkar / buka dengan sedikit keahlian (dikit aja Gan, nggak perlu banyak kok ). Switch tersebut punya kuncian dibagian kanan kiri sisinya. Jadi dengan sedikit direnggangkan terus dicongkel maka rumah / tutup bagian atas switch tersebut akan terlepas. klo sudah terlepas, kita bisa melihat struktur komponen switch tersebut. Disinilah misteri akan mulai terungkap .
Quote:Spoiler for Kuncian Body Switch
Quote:Quote:8. Proses Bongkar Switch Klik
Carilah pengungkit kecil yang ujungnya pipih. Dalam hal ini ane pake mata obeng min yang biasa digunakan untuk bongkar Handphone, ane ambil yang paling kecil biar mudah nyelip diantara sela2 . Kemudian congkel kunci body switch agar tutup bagian atas switch terlepas (dalam hal ini Agan2 perlu extra tenaga dan hati-hati jangan sampai obeng / alat pengungkit meleset terkena tangan dan bagian komponen lainnya).Quote:Spoiler for Proses Bongkarnya
Bagaimana Gan, apakah berhasil ngebongkarnya?. Memang rada keras sih. klo salah satu sisinya dah kebuka, paksa aja tarik kearah sisi satunya lagi, nanti kuncian yang belum kebuka akan kebuka sendiri karena terpaksa .
Quote:Spoiler for Hasil Switch Klik Yang Berhasil Dibongkar
Quote:Quote:9. Proses pembersihan elemen dan komponen switch.
Disinilah Gan letak biang kerok permasalahannya. Cuma gara2 permukaan elemen yang kotor sehingga tidak bisa menghantarkan arus listrik berakibat mouse ane jadi nggak bisa diklik lagi dan menyandang status rusak .Quote:Spoiler for Tersangka Utama
Karena Agan2 sudah tau biang keroknya. Silahkan Agan2 kerok tu kotorannya sampe bersih aliaz kinclong , dijamin tombol klik pada mouse akan kembali normal seperti masih baru . Salah satu cara ngebersihin yang baik adalah dengan mempergunakan Amplas halus yang diawal sudah kita minta sedikit ke temen atau tetangga . Gosok2 seluruh bagian dari switch klik yang terbuat dari logam, seperti elemen dan dudukan elemennya. Lebih jelasnya silahkan lihat2 photo waktu ane bersihin kotorannya .
Quote:Spoiler for Bersih2 dulu GanQuote:Spoiler for Biar bersih, mandiin sekalian, klo dah mandi kan jadi cantik
Quote:Quote:10. Proses pemasangan kembali komponen switch klik
Untuk poin ini gampang2 susah sebenernya, klo di umpamakan seperti bermain flapy bird . Keliatannya gampang, nggak tahunya susah, dibilang susah eh taunya gampang . Susahnya dimana?. Yaitu pada saat pemasangan elemen seng tembaga ke posisinya semula. Klo metodenya itu tergantung kreatifitas Agan2 sendiri. Ane sendiri utak-atik, geser sono sini, goyang kanan kiri, sampe akhirnya tuh elemen seng tembaga terpasang kembali dengan sempurna . Jangan lupa juga Gan untuk mempergunakan pinset, soalnya tombol kliknya kecil sehingga sulit dipegang dan dimasukan ke posisinya semuaQuote:Spoiler for Pake pinset megangnya, sory burem, kurang maen auto fokusnya

Quote:Quote:11. Pemasangan kembali semua bagian mouse (Final Step)
Akhirnya Gan. Setelah meluangkan beberapa waktu bongkar dan bersih2 mouse, tiba saatnya kita satukan kembali semua bagian-bagian mouse tersebut. Seperti pada umumnya, prosesnya merupakan kebalikan dari proses bongkar. Oleh karenanya ane nggak perlu jelasin panjang lebar ya Gan, silahkan Agan2 utak-atik sendiri . Yang jelas, PCB harus pas posisinya, jangan lupa pasang scroll mouse dengan benar, kemudian kabel mouse pasang kembali ke PCB, dan juga perhatikan posisi kabel mouse yang melewati kuncian body, agar ditekan rapat ke body mouse supaya body mouse bisa menyatu kembali. Dan terakhir pasang bautnya kembali.Quote:Spoiler for Proses Pemasangan Kembali
Setelah pemasangan kembali berhasil dengan sempurna. Silahkan Agan2 colokan mouse tersebut ke PC / Laptop, klo ada indikator lampu optic menyala, berarti bisa dipastikan 99% mouse akan berfungsi seperti semula . Untuk yang 1% klo ternyata ada komponen elektronikanya yang rusak , seperti konslet atau kebakar, klo seperti itu ya tinggal Agan2 lembiru aja Quote:Spoiler for Mouse berfungsi dengan baik, sekarang ane pake bikin trit
Tambahan Tips Dari Pertanyaan Agan KaskusQuote:Quote:12. Mengatasi tombol klik yang kendor
Quote:Original Posted By lisaanwar37 â–º
klo yg udh kendor tombol kliknya apa masih bsa di perbaiki gan?
pengalaman ane sih bisa Gan. buktinya mouse yg ane benerin suara klik nya jadi lebih kenceng dan rasanya ngga kendor. coba agan gepengin pegas elemennya jadi lebih horizontal. yang ane punya ane gepengin lagi.
tapi mungkin tergantung kualitas seng elementnya juga. klo tebel masih bisa dibikin kenceng lagi.
Spoiler for contohnya Gan
Motivasi Untuk Agan2 Yang Punya Mouse KerenQuote:Quote:Asumsi / pendapat ane tentang mouse merk Razer
Ane update di post 3 silahkan klik untuk meluncur ke TKP

Quote:Quote:Kesimpulannya
Secara logika dan hukum fisika, saklar penghantar arus listrik seperti besi dan tembaga harus bersih dari isolator agar dapat menghantarkan arus. Tombol klik mouse yang rusak, dikarenakan dua buah alat komponen tidak dapat bersentuhan sempurna akibat adanya penghalang (isolator - dalam hal ini debu / kotoran yang menumpuk) sehingga tidak dapat menghantarkan arus listrik.
Oleh sebab itu trit ini ane buat agar Agan2 yang belum tahu cara memperbaiki mouse (spesial tombol kliknya saja) dapat langsung to the point ke sumber masalah. Ada memang beberapa solusi lain untuk mengatasi hal ini, misalnya dengan menyemprotkan cairan pembersih, atau dengan langsung mengganti switchnya dengan solder menyolder. Silahkan agan pilih mana yang menurut Agan lebih nyaman dan dapat membuat mouse lebih awet.
Quote:Sekian dulu Gan trit hasil rangkuman ane.
Terimakasih buat Agan2 yang dah mau menyimak trit ane .
Ane mohon maaf apabila ada salah2 kata, ambil baiknya aja yang salahnya buang jauh2 . Ane tunggu komengnya Agan2.
Ane juga nggak nolak klo dikasih ijo-ijo

Akhir kata wassalam.
Have a nice day.
Sumurnya hasil pengalaman sendiri
Tambahan Dari Agan2 :Spoiler for Kaskuser CommentsQuote:Original Posted By sak1994â–º
wah di kantor banyak tuh mousenya yang begitu, di kantor mah pada dibuang buangin gan ane manfaatin ah dan jual dengan harga miring semiring miringnya ke temen temen ane
Tengkyu gan udah bikin trit yang membuka wawasan

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53f34652138b46b3658b4572

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger