Home » » Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan

Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan



WELCOME TO 5ARMENTO THREAD

Cek & Ricek
Spoiler for No Repsol

Jika berkenan, Jangan lupa dirate


Quote:Bagi penyuka masakan olahan dari ikan seperti ini :

pasti bikin ngiler masakan diatas atau diolah ke menu lainnya

Quote:
Seperti kita ketahui bahwa Sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai menu olahan ikan. Alasan utama mengkonsumsi ikan sangat bagus pada masa pertumbuhan karena mengandung protein tinggi dan mudah dicerna. Makanya ikan disebut sebagai makanan kecerdasan
Seleniumâ€"sejenis mineral -- yang teterkandung didalam tubuh ikan bekerjasama dengan dengan vitamin E akan berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh kita. Disamping itu juga berfungsi untuk mempertahankan elastisitas jaringan.
Jika kita kekurangan zat ini dalam tubuh, kemungkinan besar premature aging akan menimpa, keadaan dimana seseorang kelihatan lebih tua dari umurnya. Jadi jika anda ingin awet muda konsumsi lah ikan secara teratur.

Tapi bagi sebagian orang menolak mengkonsumsi ikan dengan berbagai alasan seperti bau amis dan banyaknya tulang-tulang halus dalam daging ikan sehingga orang malas untuk menikmatinya.

Quote:Bagaimana caranya agar orang tidak dengan mudah menolak makanan yang kaya gizi ini ? Susah susah gampang sepertinya, namun untuk mengantisipasi bau amis pada ikan, mari kita coba gunakan jurus jitu berikut :
Spoiler for notesebelum diberikan bumbu penghilang bau amis, Ikan harus segera diolah secepat mungkin, Semakin cepat ikan dimasak atau dibekukan setelah anda beli, maka ikan akan semakin sedikit mengeluarkan bau. terlebih dahulu bersihkan ikan utuh hingga ke sela-sela. Potong kepala dan bersihkan kotoran di bawah kepala atau biasa disebut dengan 'jerohan' ikan. Tahukah Anda bagian hitam yang biasa ada di bagian atas ikan setelah kepalanya dipotong? Ya, bagian itu adalah penyebab utama ikan berbau amis. Jadi, bersihkan bagian hitam tersebut hingga bersih.

Spoiler for 1. Gunakan Garam dan Air Jeruk

Perlakuan standar, cucilah ikan di air mengalir. Bilaslah ikan dengan bersih sampai ke sela-sela terdalam karena ada kotoran hitam yang terdapat dibawah kepala ikan tersebut yang menjadi sumber bau amis.

Setelah ikan bersih, lumuri dengan garam dan tambahkan air jeruk nipis/jeruk lemon, olesi sampai rata. Untuk 1 kg ikan laut dibutuhkan 3-4 sdm air jeruk lemon . Sementara untuk ikan airtawar dibutuhkan 2 sdm air jeruk. Setelah itu ikan dicuci kembali . Lakukan hal yang sama sebanyak 3 kali. Terakhir, setelah dilumuri garam dan jeruk nipis diamkan selama 20 menit , lalu dicuci bersih lagi sebelum diolah.

Penggunaan garam bertujuan agar minyak ikan yang berbau amis yang masih menempel dapat keluar melalui bantuan garam. Apabila Anda penderita darah tinggi atau sedang menjalani diet rendah garam, pemakaian garam dapat dihilangkan. Penggunaan air jeruk lemon disamping menghilangkan bau amis juga berfungsi menurunkan kadar asin yang dikandung ikan disamping itu juga agar ikan masih dalam kondisi segar saat memasaknya

Spoiler for 2. Cuka
klo yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi agan-agan, karena sering ngeliat klo pas makan bakso

Setelah ikan dicuci bersih, rendamlah dengan air cuka selama 30 menit sebelum diolah. Cairan cuka menjaga agar ikan tidak bebrbau amis pada masa tunggu sebelum dimasak. tapi ingat ya gan, cuka yang dipakai yang food grade

Spoiler for 3. Asam Jawa

Setalah ikan dicuci bersih, rendam ikan dengan air asam jawa pekat selama lebih kurang 1 jam. Setelah itu dibilas kembali dan ikan siap digunakan

Spoiler for 4. Daun serai dan asam jawa
klo asam jawa gambarnya dah ada sebelumnya ya gan, nah klo yang belum tahu serai atau biasa disebut sereh nih dia gan :

Remas daun serai dan asam jawa lalu balurkan pada ikan yang sudah dicuci bersih, diamkan selama 20 menit setelah itu cuci bersih kembali sebelum di olah.

Spoiler for 5. Jahe dan bawang putih

Untuk menghilangkan bau amis, ikan yang sudah dibersihkan direbus sebentar dengan potongan jahe. Atau dengan cara kedua, bawang putih dan jahe dirajang halus. Lalu lumuri ikan dengan ranjangan ini sampai ke sisi ikan yang terdalam. Tunggu sekitar 15 menit setelah itu ikan dibersihkan kembali

Spoiler for 6. Gula pasir

Cara yang paling simpel adalah dengan menaburkan ikan dengan gula pasir. Diamkan sebentar dan setalah itu cuci bersih. Ikan siap untuk diolah sesuai dengan selera.

Spoiler for 7. Mentimun/ketimun

Untuk jenis belut, cumi dan gurita penggunaan mentimun bisa lebih maksimal untuk menghilangkan bau amis . Bersihkan belut, cumi ataupun gurita sampai bersih setelah itu beri parutan buah mentimun sembari di remas-remas. Diamkan sekitar 20 menit. Setelah itu dicuci lagi sampai bersih dan siap untuk diolah sesuai keinginan.

Spoiler for 8. Susu segar
atau lebih tepatnya susu murni/UHT

Barangkali cara ini jarang dilakukan, namun penggunaan susu segar bisa membantu menghilangkan bau amis pada ikan. Rendamlah ikan selama 15-20 menit dengan susu segar sehingaa bau amis berkurang . Setelah itu cuci bersih . Seperti halnya tepung terigu, cara ini juga dinilai mahal, sehingga tak begitu dikenal.


Spoiler for 9. Tepung terigu

Terigu selama ini hanya kita kenal sebagai bahan utama pembuatan cake dan kue kecil . Rupanya terigu bisa menghilangkan bau amis juga . Cuci bersih ikan lalu baluri dengan tepung terigu, diamkan selama 20 menit. Setelah itu cuci bersih. Ulangi cara ini sampai 3 kali. Cara begini tidak terlalu populer karena dinilai agak boros dan mahal.

Spoiler for 10. Sabun anti bakteri

Lakukan pencucian standar seperti pada poin pertama. Setelah itu ikan di cuci menggunakan sabun anti bakteri . Kelebihannya menggunakan sabun anti bakteri, ikan tidak cepat membusuk dan terlindung dari bakteri
#Note : Cuma cara ini g ane rekomendasiin gan karena sabun merupakan bahan kimia, walopun dibilang aman tetapi lebih mending yang alami

Spoiler for 11. Tisu Dapur
Selain cara diatas, untuk lebih menyakinkan apakah ikan yang dicuci benar-benar tak berbau amis, gunakan tisu dapur untuk menyerap/mengeringkan air yang berbau yang menempel pada ikan.
nah klo cara ini ane belum tahu nih apakah aman juga.....

Spoiler for Tambahan dari agan-aganQuote:Quote:Original Posted By avenue4â–º
ane diajarin sama emak ane kalo pake jeruk nipis sama lemon, jadinya ga amis gan! hehe
Terima Kasih dah mampir di Thread ane ya gan dan Semoga Bermanfaat

Spoiler for Pesan TS Jangan pelit-pelit untuk ngelempar atau atau minimal ninggalin jejak/commen ya gan ya gan

Spoiler for Sumber Berita
Sumur 1
sumur 2

Quote: Jangan Lupa mampir juga ke thread ane yang lain ya......
Aquarium Beku di Jepang Kori no Suizokukan
Satu-satunya Orang Indonesia yang Punya Peternakan 'Raksasa' di Australia
RI Import Minyak dari negara yang tidak memiliki SDA minyak
ara Yang Benar Menyelesaikan Tes Kraeplin
HATI-HATI MENUKAR UANG ASING (DOLLAR,EURO, DLL) DI BALI...!!
Mouse Wireless Logitech Bergaransi

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/535f4b4982cf179a0900002d

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)