Home » » Kalau Hidung Tersumbat, Coba Redakan dengan Larutan Garam Gan

Kalau Hidung Tersumbat, Coba Redakan dengan Larutan Garam Gan

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Welcome To My Thread

kalo berkenan sebelum baca boleh nya dulu gan

Permisi mimin & momod, agan & aganwati..
Ane cuma mo share aja nih, semoga bisa bermanfaat & nambah pengetahuan kita semua.
semoga aja ga yaa..


Spoiler for cek repost

Spoiler for cekdan agan2 sangat berarti buat TS

Redakan Hidung Tersumbat dengan Larutan Garam

Anda menderita hidung tersumbat akibat alergi atau pilek? Mencuci hidung dengan larutan garam (saline solution ) dipercaya dapat membantu melegakannya.

Cairan garam bermanfaat mencuci lendir sekaligus alergen. Beberapa ilmuwan percaya, mencuci hidung dengan larutan garam dapat meredakan gejala pada penderita sinus kronis, alergi dengan hidung berair, sinusitis akut, pilek, juga gejala flu disertai hidung tersumbat. Cara ini dikatakan aman bagi anak-anak dan dewasa.

Berikut tahap demi tahap melakukannya.

Langkah 1: Tentukan yang dibutuhkan
Untuk membasahi hidung, Anda akan membutuhkan wadah dan larutan garam. Anda dapat membeli pre filled container (semacam wadah spesimen), menggunakan semprotan atau neti pot. Semua bisa didapat dari toko obat.

Langkah 2: Mencampur larutan garam
Setelah Anda memilih pre filled container , Anda dapat melewatkan langkah ini. Jika tidak, Anda dapat membeli bubuk larutan garam dan ikuti petunjuk pada label, atau membuatnya sendiri.
Caranya, campur satu atau dua cangkir air hangat dengan ¼ atau ½ sendok teh garam tak beryodium, dan sejumput baking soda (berguna meringankan reaksi garam). Sebagai catatan, gunakan air suling/steril/air matang untuk membuat larutan demi mencegah infeksi.

Langkah 3: Ambil posisi
Jika Anda menggunakan botol, neti pot, maupun alat suntik (tanpa jarumnya), condongkan tubuh hingga posisi kepala di atas wastafel, dengan posisi miring membentuk sudut 45 derajat. Miringkan kepala ke arah samping (melihat ke samping) sehingga lubang hidung menunjuk ke arah wastafel. Jangan memiringkan kepala Anda kembali.

Langkah 4: Tuangkan larutan garam
Tempatkan cerat neti pot, ujung alat suntik, ataupun botol sehingga lubang berada di dalam hidung, lalu pencet. Sebaiknya ujung lubang botol masuk tidak lebih dari lebar satu jari. Jaga mulut Anda tetap terbuka, dan bernafas lewat mulut ketika larutan dimasukkan ke dalam hidung.

Langkah 5: Biarkan tiris
Air garam akan berjalan melalui hidung dan mengalir keluar dari lubang hidung yang lain (atau mulut) ketika larutan garam dimasukkan ke hidung dalam posisi kepala miring ke samping. Sesaat setelah hal ini dilakukan, Anda harus meludah agar cairan keluar dan tidak tertelan. Tetapi jika cairan ada yang tertelan juga tak mengapa.

Langkah 6: Bersihkan hidung dan ulangi
Tiup lembut udara melalui hidung untuk membersihkan sisa larutan. Ulangi prosedur pada lubang hidung yang lain. Setelah selesai, buang sisa larutan dan bersihkan alat yang usai digunakan. Biarkan udara mengeringkannya, lalu simpan dalam tempat yang bersih dan kering.

Quote:Catatan:
- Jika saat membersihkan lubang hidung terasa panas atau pedih, coba kurangi kadar garam dalam larutan, dan pastikan Anda menggunakan air suam-suam kuku.

- Pastikan Anda memiringkan kepala ke samping dahulu dengan sudut 45 derajat, dan jangan memiringkan kepala Anda kembali.

- Jaga mulut tetap terbuka sehingga Anda tidak bernafas melalui hidung dan "mengisap" larutan garam.

- Gunakan larutan garam sekali sehari saja untuk membantu mengencerkan lendir, menurunkan jumlah tetesan lendir hidung, dan membersihkan hidung dari bakteri. Hal ini juga dapat membersihkan alergen yang terhirup. Setelah gejala reda, ulangi dengan frekuensi tiga kali seminggu untuk menjaga hidung terbebas dari gejala.

Spoiler for sumberhttp://www.tabloidnova.com/Nova/Kesehatan/Umum/Redakan-Hidung-Tersumbat-dengan-Larutan-Garam

Spoiler for komen agan2
Quote:Original Posted By kunal â–º
Udah aku coba waktu hidung mampet sebelah. Cuman lupa ga pake air hangat hehehe.. Hasilnya setelah 3-4x percobaan masukin ke hidung itu lendir gampang di keluarin, hidung yg mampet sudah berasa mulai plong.

Nice info gan.. pangkal hidung rada2 cenut2 si gara2 garamnya, cuman gpp yg penting plonggg...



dan agan2 sangat berarti buat TS

SEMOGA BERMANFAAT

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/526f66b7f9ca176611000002

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger