Home » » Lezatnya Kuliner Berkuah Khas Makassar

Lezatnya Kuliner Berkuah Khas Makassar




Spoiler for No repost

~ PEMBUKAAN ~
Quote:Masakan Indonesia merupakan pencerminan beragam budaya dan tradisi berasal dari kepulauan Nusantara yang terdiri dari sekitar 6.000 pulau dan memegang tempat penting dalam budaya nasional Indonesia secara umum dan hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu berasal dari rempah-rempah seperti kemiri, cabai, temu kunci, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa dan gula aren dengan diikuti penggunaan teknik-teknik memasak menurut bahan dan tradisi-adat yang terdapat pula pengaruh melalui perdagangan yang berasal seperti dari India, Tiongkok, Timur Tengah, dan Eropa.

Kali ini, ane akan membahas mengenai makanan favorit di daerah ane. Yap, Makassar. Di Makassar terdapat beberapa panganan berkuah yang khas tapi yang paling terkenal diantara semuanya adalah
Coto Mangkasara' (Coto Makassar), Konro, dan Pallu Basa



Quote: Coto Makassar
Spoiler for Coto Mangkasara'
Coto Makassar atau Coto Mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Coto dihidangkan dalam mangkuk dan dimakan dengan ketupat dan "burasa". Saat ini Coto Mangkasara sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia, mulai di warung pinggir jalan hingga restoran.

Tidak ada catatan resmi mengenai salah satu makanan khas tradisional Makassar ini. Coto Makassar diduga sudah ada sejak jaman kerajaan Gowa yakni Somba Opu yang pernah berjaya pada tahun 1538. Coto Makassar merupakan hidangan seni bercitarasa tinggi yang menjadi hidangan khusus bagi para kalangan istana kerajaan Gowa. Namun sebagian pula ada yang mengatakan bahwa kuliner ini diciptakan oleh rakyat jelata dan disajikan kepada para pengawal kerajaan sebelum bertugas untuk menjaga kerajaan di pagi harinya.

Cita rasa coto makassar disempurnakan oleh adanya perpaduan tradisi makanan Cina yang memang sudah hadir pada abad ke 16. Pemakaian bumbu ramuan kuno Cina yakni sambal Tao-co dipadu dengan 40 macam ramuan rempah lokal ( Rampah Patang Pulo) yang merupakan bumbu lokal. Dengan adanya perpaduan bumbu tersebut maka coto Makassar menjadi makanan berkuah khas dengan aroma bumbu rempah yang pekat. Keunikan coto makassar lainnya yaitu selain daging, juga terdapat jeroan berupa hati, jantung, limpa, usus dan lainnya dimana jeroan biasanya tidak ditemukan pada jenis masakan sup manapun. Dengan cara pengolahan tertentu, jeroan tersebut menjadi pelengkap utama kelezatannya. Tanpa jeroan, coto Makassar kehilangan sensasinya.
Spoiler for COTO



Konro
Spoiler for Konro
Sop Konro adalah masakan sup iga sapi khas Indonesia yang berasal dari tradisi Bugis dan Makassar. Sup ini biasanya dibuat dengan bahan iga sapi atau daging sapi. Masakan berkuah warna coklat kehitaman ini biasa dimakan dengan ketupat kecil yang dipotong-potong terlebih dahulu. Warna gelap ini berasal dari buah kluwek yang memang berwarna hitam. Bumbunya relatif "kuat" akibat digunakannya ketumbar.

Konro aslinya dimasak berkuah dalam bentuk sup yang kaya rempah, akan tetapi kini terdapat variasi kering yang disebut "Konro bakar" yaitu iga sapi bakar dengan bumbu khas konro.
Spoiler for Konro[CENTER]




Pallubasa
Pallubasa adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Seperti Coto Mangkasara (Coto Makassar), Pallubasa juga terbuat dari jeroan (isi dalam perut) sapi atau kerbau. Proses memasak pun hampir sama dengan Coto Makassar, yakni jeroan direbus dalam waktu lama. Setelah matang, jeroan ditambah dengan daging itu diiris-iris, kemudian ditaruh/dihidangkan dalam mangkuk.

Yang membedakan dengan Coto Makassar adalah bumbunya yang diracik khusus. Kemudian kalau Coto Makassar dimakan bersama ketupat, sementara Pallubasa dimakan bersama nasi putih.
Spoiler for Pallubasa





TAMBAHAN
Sop Saudara
Spoiler for Sop Saudara
Sop saudara merupakan masakan khas dari Sulawesi Selatan berupa hidangan berkuah dengan bahan dasar daging sapi yang biasanya disajikan bersama bahan pelengkap seperti bihun, perkedel kentang, jeroan sapi (misalnya, paru goreng), dan telur rebus. Masakan ini umum dikonsumsi bersama dengan nasi putih dan ikan bolu (bandeng) bakar.
Nama Sop Saudara yang unik ini dipilih karena terinspirasi dari nama "coto paraikatte" (biasa dijadikan nama warung yang menjual Coto Makassar). Dalam bahasa Makassar "paraikatte" berarti "saudara" atau "sesama". Dengan nama tersebut, H. Dollahi berharap semua orang yang makan di warung ini akan merasa bersaudara dengan pemilik, pelayan dan sesama penikmat Sop Saudara.
Spoiler for Sop Saudara





Spoiler for SUMURQuote:referensi

http://id.wikipedia.org/wiki/Masakan_Indonesia
http://id.wikipedia.org/wiki/Coto_Makassar
http://id.wikipedia.org/wiki/Sup_Konro
http://id.wikipedia.org/wiki/Sop_Saudara
http://www.kabarkami.com/coto-makass...indonesia.html

gambar
http://panduanwisata.com/2013/03/11/...a-di-makassar/
http://awalinfo.blogspot.com/2013/05...sar-pallu.html
http://catzscafe1.blogspot.com/2010/...akan-coto.html
http://www.pustakasekolah.com/coto-m...n-rasanya.html
http://bidasono.biz/resep-masakan-co...assar-spesial/
http://kitabmasakan.com/2011/04/rese...awesi-selatan/
http://kulinermakassar01.blogspot.co...arebosiui.html
http://dutapariwisatamakassar.blogsp...gembangan.html
http://bugismakassartrip.blogspot.com/
http://smpn1magelang.blogspot.com/20...ulang-iga.html
http://catatan-clay.blogspot.com/201...1_archive.html
http://forum.indogamers.com/showthre...d.php?t=449977
http://www.banyumurti.net/2011/06/ku...ara-juara.html
http://kitabmasakan.com/2011/02/rese...awesi-selatan/
http://resepmasakanta.blogspot.com/2...allu-basa.html
http://panduanwisata.com/2013/02/15/...t-ke-makassar/
http://www.tripadvisor.co.id/Restaur..._Sulawesi.html
http://www.banyumurti.net/2011/06/ku...-serigala.html
http://travel.detik.com/read/2013/03...-dari-makassar
http://ceremende.blogspot.com/2011/1...an-lokasi.html
http://panduanwisata.com/2013/02/16/...dara-makassar/

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/54054fe9bfcb17bf038b456e

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)