Home » » Renyahnya Makan Gorengan "Tempe Kemul" Khas Wonosobo

Renyahnya Makan Gorengan "Tempe Kemul" Khas Wonosobo

Assalamu'alaikum Agan-agan semuaaa



Coba liat ke atas dulu gan.. Itu ada bintang-bintang, paling bagus kalo di klik kelima bintangnya itu gan



Dan sangat menerima Cendolnya gan



Gan, sebagai orang Indonesia yang baik dan benar pasti ente pada tau tempe kan? Tempe adalah makanan khas Indonesia yang menjadi legend. Jadi kalo di inggrisin jadinya "The Legend of Tempe" Keren gak gan?

Ceritanya, trit ini mau bahas tentang salah satu makanan hasil olahan tempe yang asli dari Wonosobo. Namanya "Tempe Kemul" gan. Nama kemul itu berarti selimut. Jadi maksud dari namanya adalah tempe yang diselimuti tepung gitu gan.

Ente mau tau gak gan, kenapa dikasih nama tempe kemul? Soalnya di Wonosobo itu dingin banget, orang-orangnya suka selimutan sambil bakaran kayu biar anget. Coba, kalo tempe kemul itu berasal dari Arab, pasti namanya jadi tempe hijab gan

Oke, yuk sebelum ane kenalin ama tempe kemul, kenalan dulu sama Wonosobo.

Quote:Wonosobo adalah sebuah kota di Jawa Tengah. berbatasan dengan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Magelang di timur, Kabupaten Purworejo di selatan, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara di barat, serta Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal di utara.

Biar jelasnya ini petanya gan, kali aja ente mau ke Wonosobo biar kagak nyasar..

Spoiler for Peta Wonosobo

Quote: Kabupaten Wonosobo berdiri 24 Juli 1825 sebagai kabupaten di bawah Kesultanan Yogyakarta seusai pertempuran dalam Perang Diponegoro. Kyai Moh. Ngampah, yang membantu Diponegoro, diangkat sebagai bupati pertama dengan gelar Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T.) Setjonegoro.

Quote:Wonosobo itu kota yang dingin gan. Sebagian besar wilayah Kabupaten Wonosobo adalah daerah pegunungan. Bagian timur (perbatasan dengan Kabupaten Temanggung) terdapat dua gunung berapi: Gunung Sindoro (3.136 meter) dan Gunung Sumbing (3.371 meter). Daerah utara merupakan bagian dari Dataran Tinggi Dieng, dengan puncaknya Gunung Prahu (2.565 meter).

Bener kan gan? Wonosobo itu kota yang dikelilingi gunung-gunung, jadi kagak salah kalo Wonosobo itu dingin..
Nah, sekarang udah dikit banyak tau tentang Wonosobo kan gan? Oke sekarang kita lanjut ke makanan khasnya.

Orang Wonosobo itu gemar makan gan, apa-apa dimakan. Ayam goreng, ayam kuah, ayam penyek, ayam tepung, sampai tulang ayam aja dimakan gan

Mungkin, karena udara yang dingin itu membuat nafsu makan orang Wonosobo itu tinggi kali ya gan? . Ada salah satu gorengan yang menjadi menu "tea time" alias ngunjuk teh bareng keluarga. Yup, Tempe Kemul ~
Kalo ente ke Wonosobo, jangan heran gan kalo ada emak-emak ngegosip cemilannya tempe temul. Acara pengajian, makanannya dicampur tempe kemul, Lagi pacaran juga makananya tempe kemul.

Tempe kemul sudah menjadi makanan khas terfavorit yang belum ada saingannya di Wonosobo. Gorengan ini berbeda dari mendoan dan gorengan dari kota lain. Memang sama, tapi tak serupa.

Tempe kemul khas Wonosobo cenderung berwarna kuning karena diberi kunir (sejenis rempah2an) di adonannya. Di dalam adonan, ada kucai yang membuat tempe kemul berbau wangi. Nah, kucai ini yang jarang ditemui di kota-kota besar gan..



Ini nih gan, beberapa gambar bahwa tempe kemul dicintai semua makanan, dan cocok untuk kita semua..

Spoiler for Tempe love soto

Spoiler for tempe love megono

Spoiler for tempe love mie ongklok

Spoiler for temepe love teh

Spoiler for tempe pedes

Karena tempe kemul bahan utamanya adalah tempe, maka kandungan gizinya jangan diragukan lagi gan.

Quote:Tempe berpotensi untuk digunakan melawan radikal bebas, sehingga dapat menghambat proses penuaan dan mencegah terjadinya penyakit degeneratif (aterosklerosis, jantung koroner, diabetes melitus, kanker, dan lain-lain). Selain itu tempe juga mengandung zat antibakteri penyebab diare, penurun kolesterol darah, pencegah penyakit jantung, hipertensi, dan lain-lain

Quote:Komposisi gizi tempe baik kadar protein, lemak, dan karbohidratnya tidak banyak berubah dibandingkan dengan kedelai. Namun, karena adanya enzim pencernaan yang dihasilkan oleh kapang tempe, maka protein, lemak, dan karbohidrat pada tempe menjadi lebih mudah dicerna di dalam tubuh dibandingkan yang terdapat dalam kedelai.

Quote:Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat gizi tempe lebih mudah dicerna, diserap, dan dimanfaatkan tubuh dibandingkan dengan yang ada dalam kedelai. Ini telah dibuktikan pada bayi dan anak balita penderita gizi buruk dan diare kronis.

Sekarang udah tau manfaat makan tempe kemul kan gan? Tetapi karena tempe kemul diolah dengan cara digoreng, agan jangan makan terlalu banyak, karena bisa membuat kolestrol tinggi. Tapi jika agan adalah penggila berat tempe kemul, agan harus banyak-banyak minum air putih untuk melarutkan minyak yang ada di tubuh.

Ibu ane sering membuat tempe kemul gan. Jadi ane tau tau dikitlah gimana cara mbuatnya. So, bagi agan yang hobi masak bisa dipraktekin di dapur ente gan.
Cekidddot....

Spoiler for How to make Tempe Kemul/ Resep Ndamel Tempe Kemul

Bahan :

• Tempe kedelai

• Tepung terigu 250 gr

• Tepung basah/ tepung pati 250 gr

• Kunir secukupnya

• Garam sesuai selera

• Bawang putih ±8 siung dan kucai

• Tumbar secukupnya

• Minyak goreng

Cara :

1. Haluskan kunir, garam, bawang putih,dan tumbar sampai halus.

2. Setelah halus, bumbu tersebut dimasukkan di wadah.

3. Masukkan terigu, tepung basah, kedalam wadah yang ada bumbunya tadi ya. Jangan lupa potongan kucai. Biar ada ijo2nya gan

4. Beri air secukupnya, usahakan jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental.

5. Aduk adonan tersebut hingga nyampur semua.

6. Sekarang masukkan tempe yang sudah dipotong-potong ke dalam adonan tadi.

7. Gorenglah dengan cara menyebarkan tepung(adonan) di sekitar tempe kedelai.

8. Goreng sampai matang. Cirinya kalo udah matang itu tepungnya renyah gan. Kalo ente suka yang mendoan, ya gorengnya setengah mateng gitu gan. Oke, kalo udah jadi siapkan dengan teh anget dan jika ente suka pedes, bisa dikasih hiasan cabe rawit atau sambel gan .

Gimana gan? Mancap kagak gan? Tapi yang patut disayangkan adalah tidak semua kota punya Tepung basah/tepung pati dan kucainya. Jadi kalo agan-agan mau makan tempe kemul yang enak, saran ane cuma satu gan.

"Datanglah ke Wonosobo"


Oke gan, sekian dan terimakasih.. Semoga banyak manfaat yang ente tau tentang tempe kemul.

Big cup and hug




Gali Sumur :
Wonosobo
ilmu tempe

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5417ad0d118b46757a8b456b

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)