Home » » Hal-Hal Dasar yang Harus Agan Mengerti Sebelum Membeli Smartphone

Hal-Hal Dasar yang Harus Agan Mengerti Sebelum Membeli Smartphone

Halo semuanyaa.. Pertama tama ane mau menyampaikan bahwa ane yakin sebagian besar Kaskuser disini pasti udah ngerti apa apa aja yang dimaksud di thread ane di bawah ini, tapi ente semua pasti bakalan kaget bahwa masih banyak Kaskuser ataupun orang biasa yang masih belom ngerti apa itu Android, RAM, Pixel Density, Processor, Flagship, dsb dst..

Soo.. yuuk kita liat apa apa aja maksud Istilah yg pastinya sering banget kita denger klo baca baca tentang Smartphone..


1. OPERATING SYSTEM / SISTEM OPERASI
Quote:
Sejauh ini ada Empat pemain besar Operating System dan banyak juga pemain baru bermunculan, Sailfish OS misalnya.. Atau Tizen besutan Samsung (tapi belum dipublish..), belom lagi OS besutan Firefox dan Ubuntu yang kabarnya bakal segera rilis.

Empat Operating Sytem terpopuler di Dunia ini adalah


Quote:


Yeepp.. udah pada tau lah yaa sama ini? Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Google yang menguasai dunia Smartphone saat ini sampe diatas 75%! Android dilisensikan secara bebas kepada semua OEM yang mau menggunakan Android termasuk Vendor vendor terkenal macam Samsung, LG, Sony, HTC, Lenovo, dsbt dst.


Quote:


Udah pada tau juga dong sama ini.. iOS dikembangkan oleh Apple Software dan menguasai sekitar 10 - 15% pangsa pasar Smartphone.. iOS hanya terdapat pada semua produk yang dibuat oleh Apple aja, which is iPhone.



Quote:


Nah ini lumayan baru nih.. Malah, ini OS 'termuda' yang masuk ke Pasar Smartphone dan tembus empat besar. Windows Phone OS dikembangkan oleh.. Udah pasti familiar dong? Yep, oleh Microsoft. OS ini baru menguasai pasar Smartphone sebesar 5 - 7% saja. Sama seperti Android, Windows Phone melisensikan secara bebas kepada semua OEM yang mau menggunakan Windows Phone.


Quote:


Dan yang terakhir adalah, Blackberry 10.. Sebuah OS yang dulu jadi raja di Indonesia. Makin menurunnya penjualan Blackberry membuat OS ini hanya menguasai dibawah 3% saja..



Jadi, Apple bukan Operating Sytem yaa, Bukan juga Samsung, tolong deh 2014 lho ini ..

OS UPDATE
Q : Gan, Maksudnya Jelly Bean tuh apaan sih? Ice Cream Sandwich? Kit Kat? Sponsornya Android ya?
A : Ga tau juga ya soal Kit Kat, tapi itu adalah OS Update dari Android, tiap tahun mereka selalu ngeluarin Update terbaru dan updateannya menggunakan nama nama makanan penutup ataupun snack yang terkenal dan dinamakan sesuai urutan Alfabet, yaitu Alfa - Beta (Dua versi ini versi yang tidak dipublish ke umum), lanjut ke Cupcake - Donut - Eclair - Froyo - Gingerbread - Honeycomb - Ice Cream Sandwich - Jellybean - Kit Kat - Android L (Developer Preview).

Ga cuma Android aja yang ngeluarin update untuk OS nya, tapi juga iOS, Windows Phone, dan BB10. Untuk namanya, Apple dan Microsoft hanya menggunakan angka sederhana aja, jadi Apple menamai iOS mereka jadi :iOS 7, iOS 8. Sedangkan Microsoft menamai OS WP mereka jadi : WP 7, WP7.5, WP 8, WP 8.1 dst.. Ada juga sih yg unik, seperti misalnya Lumia yang mengupdate software WP mereka menggunakan nama nama warna sesuai urutan Alfabet - Amber, Black, Cyan, Denim. Atau Jolla yang menggunakan nama nama Danau yang ada di Finlandia tempat kelahiran OS Sailfish.

Tentunya semakin update OS agan, semakin stabil dan canggih juga performa Smartphone Agan. Jadi klo ngeliat Smartphone murah tapi versi softwarenya outdated, hati hati.. jangan jangan Path aja belom ada tuh ntar



2. DISPLAY / LAYAR

Quote:
LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16M colors, 640 x 1136 pixels, 4.0 inches (~326 ppi pixel density) With Multitouch and Corning Gorilla Glass, oleophobic coating



Whoa whoaa.. apalah itu semua tadi.. layar mah sama aja kan semua? Ya kan? NOOPPEE.. Apalagi sekarang ini Smartphone udah Touchscreen semua, tentunya kita pengen ngeliat tampilan di layar kita sejernih dan seterang mungkin doong? Nah ini beberapa hal yang harus kita perhatiin dalam melihat spesifikasi layar..

1. Tipe Layar
2. Ukuran Layar
3. Resolusi Layar
4. PPI
5. Proteksi Layar

Tipe Layar
  • TFT / Thin-film-transistor
  • IPS / In - Plane Switching
  • Amoled


Untuk gampangnya sih gini, TFT itu teknologi standar layar.. udah dipake di Laptop juga, IPS itu tipe standar layar Smartphone modern yang udah terang warnanya, sedangkan AMOLED adalah tipe layar paling terbaru yang mampu menampilkan warna warna dengan kontras.

Jadi klo diurutin gini TFT < IPS < AMOLED


Ukuran Layar
Dalam satuan Inchi, 1 inchi = 2.54 CM
Smartphone sekarang ini bisa dibilang mempunyai tiga kategori Ukuran layar, Yaitu :
Layar kecil 3.8" - 4"
Layar sedang 4.3" - 4.5" - 5"
Layar Besar 5.5" - 5.7" - 6"

Resolusi Layar
Besarnya tampilan yang akan ditampilkan di dalam layar, Ini salah satu faktor penting untuk mempercantik layar, karena gabungan Ukuran layar dan Resolusi layar ini akan menghasilkan Kerapatan Pixel yang membuat layar terlihat sangat jernih.

VGA - 640 x 480
Wide VGA / WVGA - 800 x 480
iPhone - 960 x 640
720p - 1280 x 720
iPhone 5 - 5s - 1136 x 640
1080p - 1920 x 1080

Semakin besar resolusi layarnya, semakin jernih gambar yang ditampilkan.

Kerapatan / Density / ppi - Pixel per inch
Naahh, Kombinasi dari Ukuran layar dan Resolusi Layar akan menghasilkan PPI, semakin tinggi PPI nya, semakin jernih layarnya. Biasanya PPI yang bagus itu diatas 290.. dibawah 290 akan terlihat gambar yang kotak kotak atau seperti resolusi rendah.

Contoh..
Samsung Galaxy Grand 2
Ukuran Layar 5.25"
Resolusi Layar 720p - 1280 x 720 (~280ppi pixel density)

Samsung Galaxy S5
Ukuran Layar 5.1"
Resolusi Layar 1080p - 1980 x 1080 (~432ppi pixel density)

Sama sama berukuran 5" kan? Tapi ppi nya berbeda, karena resolusi layarnya juga berbeda, Galaxy S5 resolusinya 1080p, sehingga menghasilkan pixel density sampe 432ppi, sudah bisa dipastiin klo layar S5 akan sangat jernih jadinya.

Ah sama aja ah jernihnya kaya iPhone.. bisa dibilang begitu. Karena menurut Apple, retina mata manusia ga sanggup ngebedain kerapatan pixel diatas 300ppi.. Jadi perbedaan ppi yang mencolok diatas kertas jadi ga terlalu keliatan klo diliat langsung sama mata, kecuali ppi nya dibawah 299, pasti akan keliatan kurang jernihnya.

Proteksi layar
Biar ga gampang kebaret kuku atau kerikil pasir halus dan semua benda yang bisa ngegores atau ngebaret layar smarphone ente, biasanya Layar Smartphone udah dibekali sama anti gores canggih, jadi sebenernya ga perlu lagi beli anti gores.. Biasanya yang melindungi layar Smartphone ente itu namanya Gorilla Glass, atau ada juga Rhino Glass. Keduanya sama aja fungsinya dan hampir tidak terlalu jauh bagusnya.



3. Memory

Quote:RAM
Punjabi

RAM - Random Access Memory / Memori Akses Acak. RAM ini bertujuan untuk menjalankan semua program dan data yang tersimpan di Smartphone ente. Semakin besar RAM nya, semakin lancar program yang dijalankan. NAMUN.. besaran RAM juga berpengaruh sama OS Smartphone ente..

Android membutuhkan RAM yang besar agar OS ini dapat berjalan dengan baik karena banyaknya data program yang harus diproses secara bersamaan. Sebaliknya iOS dan Windows Phone tidak memerlukan RAM yang tinggi untuk bisa menjalankan OS.

Smartphone modern sekarang ini biasanya memiliki RAM mulai dari 512MB hingga yang terbesar 4GB

Biasanya Android membutuhkan RAM sebesar minimal 1GB keatas untuk bisa digunakan dengan lancar, sedangkan iOS 1GB dan Windows Phone hanya membutuhkan 512mb saja.

Jadi klo nyari Smartphone, coba cari yang RAM nya paling engga 1GB yaa.. (Tapi kayanya sih semua Smartphone udah segitu RAM nya )

Internal dan Expandable Memory
Nah ini yang dibutuhkan untuk nyimpen file aplikasi, dokumen, foto, video, dan musik di Smartphone agan..

Internal Memory itu yaa memori yang udah dibenamkan ke Smartphone agan, jumlahnya bervariasi, mulai dari 4GB, 8GB, 16GB, hingga 32GB, bahkan ada juga yang sampe 64GB , jadi agan bisa nyimpen data di Smartphone agan langsung tanpa perlu memory card.

Tapi klo kurang, disinilah gunanya Expandable Memory. Biasanya Expandable Memory ini dalam bentuk SD Card ( Secure Digital Card). Nah klo bisa untuk tetap memberikan performa yang baik buat Smartphone agan, cari SD card yang kelasnya "CLASS 10" yaa, biar ntar SD Cardnya ga mandet mandet baca file agan..

Masih Kurang juga?

Masih ada Cloud..

CLOUD SERVICES

Ini dia 3 Cloud Services paling populer.
Spoiler for 1. iCloud - Apple

Spoiler for 2. Google Drive - Google

Spoiler for 3. Onedrive - Microsoft

Ga banyak yang tau soal Cloud Services ini.. tepatnya ga ngerti dan ga peduli mungkin yaa.. padahal Cloud ini sangat berguna banget buat nyimpen data, dan sekaligus pengingat juga buat kita semua untuk ga naruh file file yang rahasia dan pribadi ke dalam Smartphone.

Tanggal 31 Agustus kemaren Internet dibuat heboh gara gara bocornya gambar gambar bugil beberapa artis Holywood terkenal kaya si Jenifer Lawrence, Selena Gomez, Kate Upton, Kirsten Dunst, dsb dst.. Diduga akun Cloud mereka kena hack dan file pribadi mereka diambil dan disebarluaskan sama si hacker.

Ko bisa?

Jadi Cloud Services itu intinya kaya Facebook aja sih.. minus update status, group, birthday, nikahan dsb dst.. cuma ada upload aja, jadi agan bisa upload file agan semua ke cloud ini biar bisa dibuka dimanapun ga cuma di hape agan aja. Syaratnya agan harus inget akun email dan paswordnya. Sama kaya login facebook kaan? Cara uploadnya juga gampang, karena setiap gambar atau video yang agan masukkin ke hape agan baik itu motret atau rekam sendiri maupun transfer data dari laptop, akan otomatis diupload oleh hape agan ke Cloud Services. Tenang.. bisa dimatiin koo auto uploadnya!

Nah jeleknya yaa klo ada orang lain yang tau akun dan pasword agan, jadi bisa diambil deh file agan.. Kaya artis artis holywood diatas..



4. TEKNIS
Quote:

"Quad-core 2.2 GHz Qualcomm MSM8974 Snapdragon 800 Krait 400
Adreno 330"



Ini dia yang bikin Smartphone agan semua 'SMART', Komponen komponen teknis yang terbenam di dallam Smartphone agan.

CPU / Processor
Otaknya Smartphone agan nih.. Smartphone modern biasanya ditanam prosesor mulai dari Dual core, Quad Core hingga sekarang yang terbaru Octa Core. Intinya sih semakin banyak core yang terbenam di dalam suatu Smartphone, akan semakin canggih dan mumpuni juga performa Smartphone ente gaann!

TAPIII.. selalu ada tapinya gaann..

ada banyak faktor lain yang menentukan canggih tidaknya suatu prosessor.. Cara tergampang untuk deteksinya adalah, lihat kecepatan prosesornya.

Misalnya gini.
"Quad Core 1.2 GHz Qualcomm Snapdragon s4"

vs

"Dual Core 1.7 GHz Qualcomm Snapdragon 400"

Siapa yang menang? Quad Core? Nope, Dual Core. Liat angka 1.2 v 1.7 nya.. itu dia penentunya..

Biar gampang menjelaskannya, akan ane pake perumpamaan. Ibaratnya gini, 4 orang bawa tandu sanggup lari selama 12 detik lawan 2 oran bawa tandu sanggup lari 17 detik, siapa duluan yg nyampe? Yang dua orang kaann? Cuma emang yg dua orang itu pasti aga kecapean aja ngangkat tandunya karena beban tandunya cuma dibagi ke dua orang aja..

Ngerti kan maksud ane?

Pengen punya Smartphone harus ngerti doongg perumpamaan simple gini.. masa ente kalah sama hape ente, kan ga lucu

Nah kebayang ga gimana entengnya klo ada 4 orang yang sanggup bawa tandu sambil lari selama 22 detik? Pastinya 4 orang tersebut akan dibayar mahal banget kaann.. itulah kenapa Smartphone kaya S5 iPhone 5s Experia Z2 mahalnya ampun ampunan.. Karena spesifikasi Prosesor mereka juga luar biasa..

Q : Loh gan.. Hape ane udah Quad core juga, tapi ko murah?

A : Nah ini, balik lagi ke yang tadi.. berapa speed Prosesor Smartphone ente? diatas 1.5 GHz ga? Klo engga yaa wajar aja ga semahal hape hape canggih itu..

Q : 1.5 GHz ko gan.. Quad Core 1.5 GHz ARM Cortex-A7 MT6589T..

A : Pantesan.. Ini satu tips lagi untuk ngeliat apakah Prosesor Smartphone agan tuh canggih banget apa canggih 'aja'.. Liat nama pabrikan prosesornya. Yang bagus itu Qualcomm dengan nama Chipsetnya Snapdragon. Sedangkan yang bagus 'aja' itu Mediatek dengan nama Chipsetnya yang beragam (tapi biasanya pake inisial MT di depannya), bukan berarti Chipset dari Mediatek jelek yaa.. Bagus juga koo, tapi masih kalah aja sama Qualcomm Snapdragon.

Q : Lalu Maksudnya Snapdragon 400/600/800 itu apa?
A : Itu seri Chipsetnya Quallcomm, biar ngerti kelasnya, kita samain sama Prosesor komputer, Snapdragon 400 itu kaya Core i3, Snapdragon 600 itu kaya Core i5, dan Snapdragon 800 itu kaya Core i7
Q : Jadi Quad Core 1.7 GHz Snapdragon 400 vs Quad Core 1.2 GHz Snapdragon 800 bagusan mana?
A : Ya ibaratnya kaya naik pesawat ke luar negeri,Naik BusinessClass di Sriwijaya v Naik Economy Class di Qatar Airways.

GPU
Graphic Proccessing Unit. Ini yang bertanggung jawab atas kuat atau engganya Smartphone ente menjalankan suatu program dengan grafis yang sangat tinggi, biasanya sih buat ngegame.. Klo cuma kaya Clash of Clans doang mah pasti smartphone standar kuat kuat aja.. Tapi klo mau main kaya Zombie Trigger, Dungeon Hunter, Mass Effect Infiltrator, Real Racing 3, Modern Combat 5, apa kuat?

Nah biasanya GPU yang bagus mulai dari Adreno 320 2nd Gen - Adreno 330, atau Power VR GX6430 - Power VR G6110. Dibawah itu yaa, biasa biasa ajaa..

Q : Ane sukanya main Cookie Run, Candy Crush, sama Let's Get Rich gan! Kira kira kuat ga Galaxy s5 ane mainin itu game?
A : Itu sama aja motong tissue pake Gergaji mesin namanya.. Dengan kata lain, kuat, kuat banget.. Gausah Galaxy S5, Galaxy S3 Mini aja kuat tuh kayanya.



Battery / Batere
Quote:
Q : Ah batere gampang abis mah ga masalah, beli aja Powerbank..
A : Terserah sihh.. tapi klo bisa punya Smartphone yg irit batere, kenapa engga?
Q : Jadi Smartphone yang baterenya irit kaya Nokia jaman dulu apaan aja gan?
A : Ga ada..
Q : terus gimana dong biar irit batere?
A : Biasanya yang bikin boros batere itu adalah penggunaan aplikasi yang terlalu banyak dan semua aplikasi itu terus berjalan meskipun udah di 'close', apalagi klo aplikasi itu terkoneksi ke internet, wah, boros batere dan kuota itu pasti <- Untuk Android tidak di close melainkan hanya di minimize aja karena Android punya fitur Multitasking dan disini juga faktor kenapa Android butuh RAM yg gede. Sering sering aja close aplikasi dengan cara tahan tombol tengah di Smartphone agan, ntar muncul task manager dan agan bisa close aplikasi yang agan mau.

Klo agan ga mau repot, agan cari Smartphone yang kapasitas baterenya gede, yang diatas 2300 mAh (miliAmpere-hour) biar bisa tahan paling engga 8 jam lah..

Batere teririt sejauh ini yang ane baca adalah Lumia 1520, dengan kapasitas baterenya yg 3400mAh, ada reviewer yang bilang dia nyoba dari hari senin, sampe di hari jumat belom abis abis baterenya..

Ane Punya Lumia 720, dan tercepat abis biasanya 12 Jam, terlama bisa 28 jam dengan pemakaian super aktif - hingga casual..

Itungannya gini, Spec makin tinggi, butuh baterenya makin gede, jadi punya spec quadcore dan resolusi layar HD1080 tapi baterenya kecil? Siap siap aja charger terus..


CAMERA
Quote:
Daaann.. inilah fitur yang paling Unggulan di setiap Smartphone. Semua orang menilai Smartphone ini atau itu bagus karena kameranya bagus. Lalu apa yang bikin suatu kamera Smartphone bagus? Megapikselnya? Well... no.. ga juga.

HTC One m8, sebuah Smartphone Android kelas atas buatan err.. HTC, hanya mempunyai kamera dengan 4 megapiksel aja.. tapi hasilnya tetep bagus banget berkat teknologi Ultrapixels

Lumia 720, sebuah Smartphone Windows Phone kelas menengah buatan Nokia, cuma mempunyai kamera dengan 6.7 Megapiksel aja.. tapi hasilnya bisa diadu sama iPhone5 dan Galaxy s4..

Lalu apa yang menentukan bagus engganya suatu kamera? Well, selain megapikselnya, perhatiin juga sensor cahaya kameranya.. bukan flash yaa, tapi sensor cahaya. Perhatiin juga besar pixelnya.

Spoiler for iPhone 5s


8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, dual-LED (dual tone) flash, 1/3'' sensor size, 1.5 µm pixel size


Spoiler for Samsung Galaxy S5


16 MP, 5312 x 2988 pixels, phase detection autofocus, LED flash, 1/2.6'' sensor size, 1.12 µm pixel size


Spoiler for Lumia 1020


41 MP (38 MP effective, 7152 x 5368 pixels), Carl Zeiss optics, optical image stabilization, auto/manual focus, Xenon & LED flash, 1/1.5'' sensor size, 1.12 µm pixel size


Spoiler for HTC One m8


Dual 4 MP, 2688х1520 pixels, autofocus, dual-LED (dual tone) flash, 1/3'' sensor size, 2µm pixel size


Semuanya spesifikasi diatas adalah spesifikasi Smartphone dengan kamera tercanggih (Sengaja ga masukkin z2 dan 1520, dia lebih ke Phablet soalnya) nah dari semua kamera diatas, bisa keliatan klo rata rata mereka menggunakan sensor size yang besar dan ukuran pixel yg lebih besar dari biasanya. Inilah beberapa faktor yang mendukung bagusnya suatu kamera Smartphone.

Lumia 1020 meskipun punya 41mp yang ga tertandingi, hasil fotonya ga semulus yang dibayangkan karena sensor sizenya ga sebesar kamera yg lain walaupun emang tetep aja dengan 41 mega pixel jadinya pas di zoom detail banget..

Sensor Cahaya yg makin besar ini yang membuat kamera dapat menyerap sebanyak mungkin cahaya agar gambar yg dihasilkan bisa tampak terang dan jernih.

Begitupun iPhone 5s dan HTC one m8 yang megapixelnya ga segede yang lain tapi punya sensor yang besar dan pixel size yg lebih besar, jadi hasil fotonya bisa diadu karena Pixel yg makin besar akan mengurangi noise pada gambar yg dihasilkan...

Nah itu dia beberapa tips buat nyari Hape yang kameranya bagus..



Daannn demikianlah beberapa hal yang patut dimengerti sebelom beli suatu Smartphone..

Udah tau mau beli smartphone apa?

Evercoss Levitate Y2 aja! Bagus lhoo..

Udah Quad Core!
Kamera nya 13mp lagi!
Dan harganya ga nyampe 3 juta lagi!




Mohon maaf sebelumnya buat para pengguna Evercoss, ane ga bermaksud merendahkan gadget pilihan anda, ane cuma ga mau aja orang beli gadget asal asalan ga pake nyari tau dulu, pas gadgetnya jelek atau ga sesuai harapan dia, eh malah nyalahin yang bikin gadget.. semoga aja ga terjadi.



Oiya anyway ane pemakai 3 os.. 2 sih tepatnya, iPhone 4s ane hibah ke ade ane..

Ane megang Galaxy Tab 8.0 buat tablet sehari hari ane browsing.
Ane punya Lumia 720 dan Lumia 920 yang ane dapet murah dan ga bisa lepas dari tangan ane.. loved Windows Phone's smoothness soo muchos!

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/540942d3c0cb1770068b4576

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)