Home » » Jenis-Jenis Motor yang Sering Kita Jumpai di Jalan

Jenis-Jenis Motor yang Sering Kita Jumpai di Jalan

gado2lontong THREAD

"Indahnya membaca dengan memberikan komeng, rate, atau cendol"
-Anonymus


Quote:Yah inilah thread yang dibuat karena pengamatan TS setiap hari dijalanan, khususnya ibu kota.

Spoiler for ilustrasi






Siapa sih yang gak tergiur untuk memodifikasi tunggangannya? ada yang udah bosen gara-gara standard tampilannya, atau bentuknya pengen kayak yang "ngono". nah ini mungkin bisa jadi referensi juga untuk arah modif-modifannya agan-agan yah hehehe.

pasti ga repost, ini ane buat selagi iseng nunggu istirahat kantor.

01
Spoiler for Tipe 01Nama : Motor Ceper

Nama Latin : Wilbes Pendekinesis

Penampakan :


Populasi : Bebek 70% , Motor Laki 20%, Unidentified 10%

Ubahan :

- Tangki di Modif (biar ga mentok ban). Nb : Khusus Bebek
- Swing Arm dibuat Lobang As baru yang biasanya ditengah swing arm, semakin pendek jarak wheelbasenya semakin naik kasta di komunitasnya,
- Fork Depan dipendekkan sependek-pendeknya,
- Chrome Mesin dan accessoris lainnya.

Keunggulan :

- Tampak Ceper (sesuai namanya)
- Mudah berkendara dalam macet.
- Ga bakal jinjit kalo motor berhenti, malahan ga perlu standard kalau parkir.

Kelemahan :

- Susah dan Tidak aman untuk Boncengan
- Tidak nyaman untuk melakukan manuver dalam kecepatan sedang â€" cepat
- Repot untuk melewati polisi tidur
- Repot untuk melewati Jalan bolong
- Tidak bisa lewat banjiran
- Tidak banyak mendapat respon positif dari orang tua.

Biaya Modif : Rp 250.000 ~ Rp 4.000.000

Rating TS : 2 / 10

Comment TS : Kurang dapat diterapkan untuk kondisi bertempur harian dijakarta. Hanya
untuk anak-anak yang masih abg (ga ada kepastian waktu seperti bekerja).


02
Spoiler for Tipe 02Nama : Motor Drag

Nama Latin : Bahu Pegeliosis

Penampakan :


Populasi : Matic 70% , Bebek 20%, Motor Laki 5%, Unidentified 5%

Ubahan :

- Tangki khusus dari bahan yang ringan dan seringkas mungkin
- Bore up Mesin, Piston Oversize
- Saringan Udara lepas
- Semua kosmetik dilepas, hanya menyisakan rangka utama
- Stang Jepit
- Velg Jari-jari dengan ban cacing
- Penggantian part mesin yang biasa menjadi part racing
- Jok hanya lurus dan minim busa (kayak papan skate board)
- Komstir distel sangat kaku.
- Airbrush (biasanya berakhir di warna terang kayak kuning dan oranye)
- Knalpot Racing.

Keunggulan :

- Sangat Kencang !!!!! (DRIVE WITH EXTREME CAUTION!!!!!!).

Kelemahan :

- Kalau kena macet mesin sangat cepat overheat
- Biasanya sangat ringan, sangat berbahaya jika ada genangan air dalam keadaan kecepatan tinggi.
- Beloknya susah dan berat
- Kalau manuver di jalan macet sama aja kayak hari pertama fitness, pegel!
- Ada kecendrungan bahaya pecah di bagian head mesin / piston (dikarenakan bore up extreme)
- Memiliki tingkat bising yang tinggi (>110 db)

Biaya Modif : Rp 1.500.000 ~ Rp 12.000.000

Rating TS : 4 / 10

Comment TS : Kalau mau balapan, balapanlah di sirkuit! Jangan dijalan umum.


03
Spoiler for Tipe 03Nama : Cb / Cb jadi-jadian

Nama Latin : Terjebakis Masalaluis

Penampakan :


Populasi : Motor Laki 97 %, Unidentified 3 %

Ubahan :
- Tangki diganti menjadi seperti cb atau menggunakan tangki cb
- Swing arm dibuat menjadi bulat, tidak kotak.
- Cover Aki menggunakan dari cb atau custom.
- Chassis / Frame belakang dibuat rata agar tampilan jok rata
- Knalpot diganti knalpot cb,
- Spakbor depan dan belakang ambil dari cb,
- Velg Jari (It’s a MUST!!)
- Chrome Batok Lampu, Kaca Spion, Knalpot, dll.
- Untuk mesin biasanya menggunakan part GL atau TIGER

Keunggulan :

- Tampil Retro (ya iyalah)
- Dudukan ga cepat pegal, sangat cocok untuk touring (jarak jauh)

Kelemahan :

- Kalau mau ngejer ori harus berdompet tebal
- Tidak nyaman kalau di parkiran (takut kegesek / baret)
- Tangki harus sering dikuras, biasanya menggunakan tangki 2nd yang sudah di las alasnya jadi untuk mengurangi resiko rembes.
- Nyucinya repot (banyak lipetan)

Biaya Modif : Rp 500.000 ~ Rp 30.000.000

Rating TS : 7 / 10

Comment TS : Untuk harian sangat baik, dan masih banyak diminati para bikers. Lagipula
Bentuknya itu loh gan, siapa yang bisa menahan godaan cb?


04
Spoiler for Tipe 04Nama : Street Fighter

Nama Latin : Limbahanis Mogeus

Penampakan :


Populasi : Motor Laki 93 %, unidentified 7%

Ubahan :

- Tangki diganti dengan tangki moge (limbah)
- Swing arm Limbah moge
- Upside down limbah moge
- Jok dibuat seperti sengkedan
- Chassis / Frame menjadi fitur utama, jadi ferring dan penutup lain tidak diperlukan
- Knalpot diganti knalpot racing
- Velg Racing (depan min 3”, belakang min 4.25”)
- Ban Gambot (depan min 120 belakang min 140)
- Mesin Dirombak dikit biar bisa kuat ngebawa kaki yang guede.

Keunggulan :

- Baru Motor Laki namanya
- Susah selip
- Ditikungan sangat nyaman walaupun dalam kecepatan tinggi, karena menggunakan part-part limbah moge yang memiliki teknologi sudah sangat baik. (harus pinter nyarinya )
- Traksi maksimal! Ban gede masa traksi minimum?

Kelemahan :

- Berat!
- Part sangat mahal (biasanya)
- Harus dengan montir yang sudah berpengalaman, jangan sekali-sekali menggunakan montir amatir, karena banyak yang diketahui olehi para montir yang berpengalaman untuk urusan memasang part limbah ke motor kita.

Biaya Modif : Rp 3.000.000 ~ Rp 70.000.000

Rating TS : 6 / 10

Comment TS : Terlalu mahal sih untuk hitungan hobby, tapi kalau ngeliat pasti pengen
Hehehe.

05
Spoiler for Tipe 05Nama : Cafe Racer

Nama Latin : Buntutus Buntungis

Penampakan :


Populasi : Motor Laki 95 %, unidentified 5%

Ubahan :

- Tangki Costum sendiri atau bisa dari tangki motor batang jadul
- Swing arm musti bulat
- Cover shock depan
- Jok dibuat rata dengan adanya buntut yang dibuat dari galvanis atau fiber
- Chassis / Frame dipotong sesuai yang dibutuhkan (MUTILASI!!!! )
- Knalpot diganti knalpot racing 3/4
- Velg jari dengan balutan ban jadul (avon, , shinko, etc )
- Usahakan ban depan dan belakang sama ukurannya (kalau depan 120 ya belakang 120 atau usahakan beda 1 ukuran)
- Stang ada 2 Varian : clubman (rekomended) dan stang jepit
- Aki ditaruh didalam / dibawah jok, filter udara diganti filter racing.

Keunggulan :

- Bentuknya unik, dan mempunyai citarasa tersendiri
- Cocok untuk agan yang suka menjadi bahan perhatian
- One of a kind, kalo agan buatnya dari 0, (total custom)

Kelemahan :

- Ga bisa boncengan (fatal kalo lagi PDKT )
- Kalau hujan silahkan dinikmati (ga ada spakbor bro )
- Harus pintar memilih bengkel custom, dan selalu harus diawasi perkembangannya. bayangan cukup tiap orang beda.

Biaya Modif : Rp 5.000.000 - Rp 25.000.000/U]

Rating TS : 5 / 10

Comment TS : Kalau agan suka menjadi bahan perhatian, motor ini sangat cocok untuk agan. tapi untuk kesehariannya rada susah kayaknya yaaaa

06
Spoiler for Tipe 06Nama : Super Moto

Nama Latin : Belalangis Tempurulus

Penampakan :


Populasi : Motor Trail 55%, Motor Laki 30 %, Bebek 10%, unidentified 5%

Ubahan :

- Tangki Trail (yang bentuknya segitiga gitu)
- Swing Arm Tebal
- Cover shock depan (khusus trail)
- Jok Rata
- Knalpot nungging (custom pipa knalpot)
- Bodyset Trail, yang klo ada buat narok nomernya lebih bagus lagi.
- Velg jari harus lebar dengan balutan ban yang lebar dan jangan menggunakan ban yang tebal (misal 120-80/17, akan lebih baik menggunakan 150-55/17 atau 130-70/17)
- Stang Fatbar
- Hand Protector dan accesoris motor trail lainnya

Keunggulan :

- All Around
- Ga usah permasalahkan jalanan rusak, genangan, banjir... HAJAR
- Bisa menjadi yang tertinggi (kalau yang terdepan kan udah pasti yam*h* hehehe)
- Untuk tikungan pun masih tergolong "enak"

Kelemahan :

- Kalau boncengan yang boncengan pahanya panas, deket knalpot
- Kalau yang punya (maaf) pendek, akan susah untuk posisi diam.

Biaya Modif : [U]Rp 10.000.000 - Rp 60.000.000/U]

Rating TS : 8 / 10

Comment TS : Untuk keseharian dan gaya motor jenis ini paling juara, mungkin yang menjadi penghalang adalah harga part-part pendukung yang masih mahal

UPDATE!!

07
Spoiler for Tipe 07Nama : Scrambler

Nama Latin : Melanglang Buanas

Penampakan :


Populasi : Motor Laki 85%, Bebek 10%, unidentified 5%

Ubahan :

- Tangki model CB / DS / Custom
- Swing Arm yang Tahan Banting
- Ban menggunakan yang bisa on/off-road (rada kembang tahu gitu)
- Jok Rata tapi Tebal dan Empuk
- Knalpot sebatas bawah lutut, dan menggunakan cover guard
- Bodyset tidak ada yang special kecuali dop aki, dan menggunakan Spakbor CB / Trail
- Velg jari harus besar seperti 17"~18"
- tambahan : semakin banyak dekil-dekilan bekas tanah/tanah merah lebih baik

Keunggulan :

- Pemakan segala bentuk jalanan
- Banjir? apaan tuh?
- Bagi agan yang menginginkan petualangan baru, melewati jalan yang tidak mainstream

Kelemahan :

- Harus sering cek & servis (apalagi bagian kaki-kaki)
- Mencuci akan menjadi hobby baru anda atau bahkan menjadi musuh anda
- Sensasi hawa knalpot dibagian kaki (karena knalpot dekat dengan kaki)

Biaya Modif : [U]Rp 1.500.000 - Rp 20.000.000


Rating TS : 9 / 10

Comment TS : Pengubahan bentuk yang tidak terlalu extrim dan bisa menggunakan kocek tipis, tapi masih terlihat baik untuk penggunaan keseharian



Spoiler for Biasakan setelah membaca
rate


cendol

Sumber Photo : Tempo, Asianews, Jakartapost , Economist, Return of The Cafe Racer, Google.

kalau ada waktu mungkin akan ane update yaaaa

Sekian dan terima kasih

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/527c84fcf8ce179f5e000002

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)