Home » » Manfaat Tinta Cumi Bagi Kesehatan yang Perlu Lo Tau

Manfaat Tinta Cumi Bagi Kesehatan yang Perlu Lo Tau







Spoiler for BUKTI NO REPOST




Quote:

Quote: ALHAMDULILAH HT#4 ANE

Terima Kasih Mimin, Momod dan Kaskuser Sekalian




Quote:

Quote:
For every drug that benefits a patient, there is a natural substance that can achieve the same effect
Dr. Carl C. Pfeiffer





>

Quote:
INTRO

Quote:Cumi-cumi (Loligo sp.) sudah sangat dikenal masyarakat luas, terutama bagi para pecinta kuliner seafood. Bagi para pecinta seafood pasti menyukai hewan laut ini.
Spoiler for Cumi-Cumi



Quote: Tapi kalau TINTA CUMI...?
Spoiler for BUKA
Spoiler for Tinta Cumi
Pasti sesuatu yang hitam, lengket, berbau amis dan menjijikan yang tergambarkan di pikiran beberapa orang.
Tapi tahukah kaskuser sekalian, dibalik penampilannya tersebut ternyata Tinta Cumi banyak dimanfaatkan terutama dalam bidang kuliner sebagai pewarna makanan atau sebagai penambah rasa makanan.

Spoiler for Cumi Masak Tinta
Spoiler for Mie Hitam Tinta Cumi
Spoiler for Nasi Goreng Hitam Tinta Cumi
Jangan Ngiler



Quote: Cumi-Cumi dan Tintanya Itu Apa?
Spoiler for BUKA
Spoiler for Anatomi Cumi-Cumi
Kingdom : Animalia
Phylum : Mollusca
Class : Cephalopoda
Family : Loliginidae
Ordo : Teuthoidea
Genus : Loligo
Species : Loligo sp.

Cumi-cumi merupakan hewan invertebrata yang hidup di laut. Secara umum, mereka bertubuh pipih dorsoventral, memiliki 8 buah lengan pendek dan 2 buah tentakel yang lebih panjang dari pada lengannya dan mempunyai mata yang besar yang sangat baik dalam melihat mangsanya, bahkan beberapa cumi-cumi dapat membedakan warna.
Spoiler for Ilustrasi
Untuk mempertahankan diri, mereka mempunyai kantong tinta yang dapat menyemprotkan tinta yang terbuat dari melanin dan mukus. Tinta Cumi merupakan hasil metabolisme yang digunakan untuk menghindar dari predator, namun juga memiliki kegunaan yang cukup beragam setelah dilakukan beberapa penelitian. Menurut penelitian dari Liu et al. (2007), Tinta Cumi diperkirakan mengandung protein (6,33%), melanin (15%), sakarida (3,15%), lemak (0,19%), dan air (74,92%).






Quote:
Quote:Ada lagi manfaat-manfaat lainnya dalam bidang kesehatan yang masih belum banyak diketahui masyarakat umum.
Berikut ini beberapa rangkuman hasil penelitian yang menunjukkan manfaat Tinta Cumi dalam bidang medis.





Quote:
Anti Bakteri

Spoiler for TINTA CUMI ANTI BAKTERI
Spoiler for Anti Bakteri
Bakteri merupakan salah satu organisme yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pada manusia. Bakteri dapat masuk kedalam tubuh manusia melalui berbagai macam media, terutama lewat makanan. Penyakit yang ditimbulkan pun bermacam-macam, dari yang ringan hingga dapat menyebabkan kematian.
Spoiler for Bakteri
Dari berbagai penelitian yang telah ada, hasilnya Tinta cumi terbukti memiliki khasiat sebagai anti bakteri. Tinta cumi memiliki senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan dan membunuh bakteri-bakteri patogen seperti Escherichia coli (Penyebab Diare), Salmonella thyposa (Penyebab Tifus), Staphylococcus aureus (Penyebab Pneumonia), Shigella flexneri (Penyebab disentri), dll.

Spoiler for Sumur No JebMen
Sumur Jurnal 1
Sumur Jurnal 2
Sumur Jurnal 3





Quote:
Potensi Pengawet Makanan Alami

Spoiler for TINTA CUMI POTENSI PENGAWET MAKANAN
Spoiler for Pengawet Makanan
Sejalan dengan manfaatnya sebagai Anti Bakteri, tinta cumi memiliki potensi sebagai bahan pengawet makanan alami. Seperti yang kita tahu, bahwa saat ini penggunaan pengawet makanan menjadi hal umum yang digunakan oleh para produsen makanan agar hasil produksi mereka dapat disimpan dalam jangka waktu yang relatif lebih lama. Zat pengawet yang diperbolehkan oleh pemerintah dalam industri makanan adalah natrium benzoat, namun tak jarang pula banyak yang menggunakan senyawa berbahaya seperti formalin dan boraks.
Spoiler for Bahan Pengawet Alami
Hasil penelitian yang dilakukan Aulia dkk dari Indonesia menunjukkan adanya peningkatan ketahanan makanan olahan terhadap proses pembusukan. Makanan yang tidak diberi apapun (kontrol), lebih cepat mengalami proses pembusukan dibandingkan makanan yang telah diberi tinta cumi.

Spoiler for Sumur No JebMen
Sumur Jurnal




Quote:
Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Spoiler for TINTA CUMI MENINGKATKAN SISTEM KEKEBALAN TUBUH
Spoiler for Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Imunitas atau kekebalan adalah sistem mekanisme pada organisme yang melindungi tubuh terhadap pengaruh biologis luar dengan mengidentifikasi dan membunuh patogen serta sel tumor. Sistem ini mendeteksi berbagai macam pengaruh biologis luar yang luas, organisme akan melindungi tubuh dari infeksi, bakteri, virus sampai cacing parasit, serta menghancurkan zat-zat asing lain dan memusnahkan mereka dari sel organisme yang sehat dan jaringan agar tetap dapat berfungsi seperti biasa. Jika sistem kekebalan melemah, kemampuannya untuk melindungi tubuh juga berkurang yang dapat menyebabkan bakteri pathogen dan virus mudah menginfeksi tubuh.
Spoiler for Ilustrasi
Penelitian yang dilakukan Naraoka dkk dari Jepang menunjukkan, tinta cumi dapat mengaktifkan dan memperbanyak sel darah putih, sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat melumpuhkan bakteri patogen dan virus yang menyerang tubuh.
Spoiler for Sumur No JebMen
Sumur Jurnal



Quote:
Anti Tumor dan Kanker

Spoiler for TINTA CUMI ANTI TUMOR DAN KANKER
Spoiler for Tumor dan Kanker

Tumor merupakan sekelompok sel-sel abnormal yang terbentuk hasil proses pembelahan sel yang berlebihan dan tak terkoordinasi. Dalam bahasa medisnya, tumor dikenal sebagai neoplasia, neoplasia mengacu pada pertumbuhan sel yang baru yang berbeda dari pertumbuhan sel-sel di sekitarnya yang normal.


Kanker merupakan tumor yang mengganas, dimana terjadi jika sel-sel membelah diri secara tidak terkendali. Sel-sel abnormal ini dapat menyerang jaringan di dekatnya atau berpindah ke lokasi yang jauh dengan cara memasuki aliran darah atau sistem limfatik. Sel kanker akan terus membelah diri dan akan terus hidup, lalu bertambah banyak dan menghancurkan jaringan yang normal.

Spoiler for Ilustrasi
Sejalan dengan manfaatnya untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, pada penelitian oleh Naraoka dkk sebelumnya, tinta cumi dapat mengaktifkan dan memperbanyak sel darah putih untuk memerangi tumor ganas.
Penelitian lain yang dilakukan oleh Sintya Dewi dkk dari Indonesia, tinta cumi memiliki sifat antiproliferatif (menghambat proses pembelahan sel) yang tinggi dengan sitotoksisitas (penghancuran sel oleh senyawa tertentu) rendah terhadap sel kanker.

Spoiler for Sumur No JebMen
Sumur Jurnal
Sumur Berita










KLIK TULISAN INI UNTUK MEREKOMENDASIKAN HOT THREAD





Quote:
Quote:
Quote:Bila ada kaskuser yang ingin menambahkan atau bertanya dipersilahkan. Mari saling bertukar ilmu

Quote:Masih banyak misteri di dunia ini, bahkan hal-hal yang tak terlihat penting dimata kita pun sesungguhnya memiliki banyak manfaat. Tuhan tidak akan menciptakan sesuatu di Bumi ini bila tidak mempunyai kegunaan bagi hidup manusia. Apalagi kita hidup di negara yang kekayaan hayatinya sangat melimpah. Salah satu bentuk syukur kita adalah dengan mempelajari dan meneliti potensi-potensi tersebut untuk kesejahteraan hidup manusia.







Quote:
Quote: UPDATE
Quote:Original Posted By TheSophomore â–º
Ane tambahin gan dari mata kuliah ane tuh, tinta cumi bisa meredakan wasir / ambeien, dosen ane biasa pake tinta cumi kalo ambeiennya kambuh

Makasih Cendol dan Abu Gosok-nya

Pertanyaan dan komentar terpilih ada di post #3





Quote:

Quote:
The art of medicine consists in amusing the patient while nature cures the disease.
Voltaire









MAMPIR JUGA KE THREAD BERKUALITAS ANE YANG LAIN
48 Alasan Mengapa Harus Ke Yogyakarta HT #1
Pesona Pantai Sundak Yogyakarta HT #2
Kepiting Uca (Fiddler Crab) Yang Unik Dan Menawan HT #3
10 Tempat Paling Berpolusi Di Bumi
Pantai Sepanjang Yogyakarta, Pantai Dengan Eksotisme Yang Terhampar Luas
[Renungan] Kisah Seorang Ayah Dan Anak

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53c4ba3514088dd2538b459b

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)