Home » » 5 Makanan Khas Pesta Tahun Baru di Jepang

5 Makanan Khas Pesta Tahun Baru di Jepang



Mudah-mudahan artikel ini nggak repost dan bisa menghibur agan-agan sekalian

Quote:Tahun baru sebentar lagi nih gan! Merayakan tahun baru selalu ditunggu-tunggu karena selalu ada keseruan dimana-mana. Tapi tahun baru tentunya nggak lepas dari acara makan-makan, setuju? Nah, kalau di Indonesia sendiri, perayaan tahun baru identik dengan bakar-bakar jagung, ayam, daging, dll. Di Jepang juga ada makanan khas pergantian tahun baru yang menggugah selera lho! Yuk langsung cekidot:

Quote:1. Osechi Ryōri

Osechi Ryōri adalah hidangan yang biasa disiapkan saat pergantian musim dan tahun. Makanan ini disajikan dalam kotak-kotak kayu yang disebut Jubako. Lauk yang disajikan bermacam-macam dan penuh warna yang menarik. Makanan yang ada di dalam Jubako pun melambangkan kesehatan, kesuburan, panjang umur, kebahagiaan, dll.

Quote:2. Mochi

Warga Jepang punya tradisi unik jelang tahun baru, yaitu mochitsuki yang berarti menumbuk mochi. Mochi juga merupakan makanan pengganti nasi selama tahun baru lho! Selain itu, mochi yang imut ini juga dijadikan hiasan untuk tahun baru yang disebut kagami mochi. Cute banget ya!

Quote:3. Soba

Soba adalah salah satu jenis mie dari Jepang yang dibuat dari gandum hitam. Kalau udon cenderung tebal dan besar, soba lebih panjang dan tipis. Nah, uniknya soba dapat dimakan dalam keadaan panas maupun dingin, dan keduanya sama-sama enak. Soba sendiri dianggap memiliki simbol kekuatan dan ketahanan. Hal itu dilambangkan oleh tanaman gandum hitam yang kuat dalam terpaan angin sekencang apapun.

Quote:4. Konbu

Konbu ini sebenarnya adalah ganggang laut yang biasa dikonsumsi orang-orang di Asia Timur. Di Jepang, kombu dipakai dalam masakan Jepang sebagai bahan dasar kaldu yang disebut dashi, yang nantinya akan dimasak bersama sayur-sayuran dan daging, atau diproses menjadi makanan olahan sebagai lauk teman makan nasi. Makanan yang mirip dengan rumput laut ini melambangkan sukacita, dan biasa disajikan saat tahun baru.

Quote:5. Nanakusa Gayu

Nanakusa adalah sebuah tradisi yang biasa dilakukan tanggal 7 Januari di Jepang, dan semua orang akan memakan bubur nanakusa (nanakusa gayu) yang merupakan campuran beras dengan 7 sayuran. Selain itu, bubur nanakusa dipercaya menjauhkan orang dari segala macam penyakit. Bubur ini biasa dimakan saat penutupan tahun baru, sekitar tanggal 7 Januari. Bubur ini dipercaya mampu menjauhkan seseorang dari segala jenis penyakit.

Quote:Nah itu dia makanan-makanan khas yang wajib ada saat tahun baruan di Jepang. Kalau kamu ada makanan khusus nggak untuk tahun baruan? Share yuk!

Oh iya gan, jangan lupa ya thread ini dirate bintang 5 dan kalau berkenan cendolnya dikirim dong

Klik di sini untuk baca artikel seru lainnya dari Lintas.Me  (www.lintas.me)

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/54a0dd48c2cb1761308b4568

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger