Home » » [Hello Community] Baca Buku Lebih Seru Bareng Serapium

[Hello Community] Baca Buku Lebih Seru Bareng Serapium




Hallooo Gan & Sis!



Habis baca buku kurang greget kalau belum review bareng pembaca lain. Susah cari temen review buku Gan? Berarti Agan belum gabung Serapium nih, komunitas yang eksis di Forum Buku KASKUS. Gabung Serapium nggak cuma bisa bedah buku aja, lo juga bisa share hasil tulisan sendiri! Langsung aja simak interview KASKUS bareng Serapium di bawah.




1. Haloo Gan, gimana kabarnya?
Baik gan Alhamdulillah, meskipun balakangan ini forum agak sepi

2. Btw namanya unik ya, Serapium...
Iya, pencetus nama itu adalah sesepuh kita yang ber-ID elphist. Berikut kisahnya:

LIBRARY OF ALEXANDRIA

Di dalam library-nya ada tempat yang namanya Muses, isinya gambar-gambar dan juga artefak-artefak arkeologi. Kata "Muses" ini akhirnya menjelma jadi Museum.

Di samping Library Of Alexandria ada yang namanya SERAPIUM, tempat memuja Dewa Serapis dan tempat berdiskusi bagi para Thinker jaman itu, soalnya kalo di dalam perpustakaan gak boleh bicara dan berisik (Jadi kebiasaan ini ternyata sudah ada sejak jaman mesir 5000 SM).

Nah SERAPIS ini sebenarnya artinya "Pembaharuan Kehidupan". Jadi menurut pengertian Filsuf Mesir waktu itu, Pengetahuan dan Buku adalah cara untuk memperbaharui hidup. Jadi kalau mau meniru mereka, saya usul nama Lounge Forum Buku itu SERAPIUM dan penghuninya bisa dijuluki SERAPER : Covenant Of The Books.


Gathering a la Serapium

3. Boleh diceritain gimana sejarah terbentuknya Serapium?
Singkat version, jadi sekitar tahun 2008, di Forum Movies terdapatlah beberapa orang sepuh yang malah membahas buku. Maka, “diusirlah” mereka, dan terbentuklah Book Review di bawah Forum Education. Nah, rancu juga kalo Book Review ada di bawah Forum Edu, jadi kebanyakan Kaskuser nyangkain Book Review ini membahas buku-buku tentang edukasi/pelajaran doang. Maka dari itu, diadakanlah demo besar-besaran (ceileeeh..) menuntut pelepasan Book Review dari Education. Akhirnya, tanggal 28 Desember 2011, resmi deh Forum Buku jadi forum sendiri, layaknya Music & Movie.


Asik banget, ada acara tukar bukunya, lho!

4. Kira-kira ada berapa jumlah KASKUSer yang ikut gabung dengan Serapium?
Di daftar absen sih ada sekitar 500-an lebih tapi gak semuanya aktif. Yang aktif offline dan online pun gak merata. Yang aktif offline bisa 50-an. Tapi kalau lagi ada gathering-gathering mini palingan kurang dari 10 orang yang hadir.

5. Gimana caranya kalau mau gabung dengan Serapium?
Pastinya harus punya ID Kaskus. Lalu meluncur ke tret buku tamu, dan isi biodata seperti nama panggilan, domisili, akun socmed, dan buku favorit. Sudah, itu saja kok.



6. Sebenernya apa sih yang banyak dibahas Seraper kalo di online forum?
Banyak hal, mulai dari yang santai sampai yang serius. Dari yang gak jelas, sampai ke hal-hal ilmiah. Tentunya berhubungan dengan dunia buku dan seputar kepenulisan.

7. Ada topik-topik tertentu yang paling rame atau buku-buku favorit gak yang sering dibahas?
Setiap Seraper biasanya punya buku favorit masing-masing. Topik yang paling rame kalau misalnya Forbuk dijajah junker atau pemasang iklan dan berjualan. Itu biasanya kita langsung turung gunung buat memperingatkan.



8. Udah berapa kali ngadain gathering dan apa sih yang biasanya dilakukan Serapium kalau lagi gathering?
Gathering pertama di Kota Tua (Jakarta). Ada insiden seru di sini. Selanjutnya mulai bingung di mana soalnya kita sering banget gathering. Sebulan bisa 2 kali ketemu. Yah, gathering kecil sih semisal nobar atau makan atau main kartu aja (bukan remi apalagi gaple ya).

Gathering akbar pernah piknik di Ragunan, meskipun akbar, cuma dihadiri 18 orang saja. Hiks. Selanjutnya lagi di Museum Mandiri. Kalau gathering resmi biasanya kita barengi dengan kegiatan lain misalnya bedah buku, baksos, atau buka bersama. Kita juga pernah gathering di Kebun Raya Bogor. Dan beberapa Seraper pernah gathering di Semarang dan Jogja juga Surabaya. Ada juga lho yang sampai sekarang belum pernah ikutan padahal aktif banget di forum. Tapi kami sih gak terlalu mempermasalahkan hal tersebut.

Rencana gathering akbar tahun 2015 penginnya sih sekitar Jawa Tengah atau Jogja. Soalnya selama ini di Jakarta terus


Gathering Serapium di Museum Bank Mandiri, Jakarta

9. Denger-denger Serapium mau ulang tahun yang ketiga nih, rencananya mau mengadakan apa?
Ada Games Treasure Hunt lintas forum Kaskus tanggal 28 Desember di Forum Buku dan baksos yang puncak acaranya di bulan Februari. tapi dari sekarang sampai akhir Januari sudah dibuka penerimaan untuk donasi buku dan dana.

10. Ada member Serapium yang nerbitin buku juga kan? Seru banget yaa
Iya. Cukup banyak Seraper (sebutan bagi warga Serapium) yang bikin buku. Karena kan kegiatan membaca gak lepas dengan kegiatan membaca saja tapi juga menulis. Baru-baru ini kami bikin kumpulan cerpen yang berjudul Serapium Punya Cerita. Next project sedang dalam proses penulisan, buat Seraper yang mau gabung, boleh dan bisa banget. Sifatnya terbuka bagi Seraper yang ingin berkarya, tidak ada sistem seleksi atau semacamnya.


Forum Buku Serapium Kaskus di Festival Pembaca Indonesia

11. Menurut Serapium, gimana nih kebiasaan membaca masyarakat Indonesia? Gimana sih Gan tips biar kita suka baca buku?
Mulailah baca hal-hal yang kita sukai. Misalnya, suka traveling, ya baca buku-buku tentang traveling. Gak perlu memaksakan diri buat suka baca buku-buku seperti orang kebanyakan. Baca aja majalah, komik, dsb.



12. Wokee Gaan, terima kasih banyak atas waktunya, sukses terus untuk Serapium!
Terima kasih, support kita terus ya




Buat KASKUSer yang mau nimbrung review, rekomendasi buku sampai share hasil karya sendiri bareng Serapium, langsung aja ke sini  (www.kaskus.co.id)

Cheers, Gan

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/54a26ef731e2e62c518b4569

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)