Home » » Mengenal Kapal Perang Tercanggih Indonesia 2014

Mengenal Kapal Perang Tercanggih Indonesia 2014



Hargai TS dengan memberikan

dan

Terima kasih & Enjoy my Special Thread


Spoiler for Repost?


'Jalesveva Jayamahe'

Quote:PROFILE
MRLF Bung Tomo ClassQuote:
KRI Bung Tomo, KRI Usman Harun, KRI John Lie saat HUT TNI 7 Oktober 2014
Quote: Pada tanggal 7 oktober 2014 kemarin 3 kapal perang terbaru milik Indonesia pertama kali tampil ke publik sebagai Alutsista TNI AL Tercanggih saat ini. 3 kapal itu adalah KRI BUNG TOMO (357), KRI JOHN LIE (358) dan KRI USMAN-HARUN (359) kapal2 ini dikenal dengan nama BUNG TOMO - CLASS. Kapal2 ini nanti akan masuk ke jajaran Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Gugusan Pemukul Komando Armada RI wilayah Timur (Koarmatim) TNI AL.


Quote:Nahkoda Ragam class adalah nama kapal ini saat pertama kali dipesan brunei
Quote: Kapal perang jenis Multi Role Light Frigate (MRLF) atau korvet type F2000 buatan BAE Systems Marine Inggris yang awalnya dibuat untuk angkatan laut Brunei namun batal, akhirnya di beli oleh Indonesia denga harga $380 juta, atau hanya sekitar 20% dari total biaya yang telah dikeluarkan oleh Brunei. Ada yang menyebut bahwa batalnya Brunei untuk menggunakan kapal perang ini karena masalah spesifikasi yang kurang sesuai dengan kebutuhan mereka. nyatanya kapal ini akhirnya menjadi milik TNI AL dan telah melalui upgrade oleh teknisi-teknisi handal dari Indonesia yang membuat kapal ini menjadi meningkat kualitasnya.


Quote:LATAR BELAKANG PENAMAAN
Quote:
KRI ini diberi nama sesuai dengan nama Para pahlawan Indonesia yg terkenal dengan keberaniannya
Quote: KRI Bung Tomo Diberi nama sesuai dengan nama sang pemimpin perang gerilya rakyat surabaya, Sutomo alias Bung Tomo. KRI John Lie Dinamai sesuai dengan nama panglima armada TNI AL Laksamana Muda John Lie dgn prestasi menumpas kelompok separatis RMS, PRRI, dan Permesta

Quote:Mereka Pahlawan Indonesia saat konfrontasi dengan malaysia
Quote: KRI Usman-Harun Dinamai berdasarkan nama Anggota KKO (sekarang Marinir) yang dieksekusi oleh singapura atas tuduhan pengeboman MacDonald House Orchard Road tahun 1965. Pada saat itu Indonesia sedang Terlibat Konfrontasi dengan Malaysia dan mereka dikirim utk menyabotase kepentingan malaysia di singapura. Penamaan ini sempat membuat singapura marah besar apalagi nama Usman Harun dipakai pada kapal perang canggih

Quote:SPESIFIKASI UMUM
Quote:
KRI Bung tomo 357
Quote: KRI ini memiliki berat 1,941 ton. Dengan dimensi 89.9 meter x 12.8 meter x 3.6 meter. Ditenagai oleh 4 x MAN B&W / Ruston diesel engine (total of 30.2 MW). Kecepatan maksimal 30knot dengan jarak jelajah 9,000km. Diawaki oleh maksimal 79 pelaut dan bisa berlayar 1 bulan penuh sebelum mengisi logistik. Kapal ini juga memiliki dek helikopter ringan tanpa hanggar

Quote:Combat management System adalah kecanggihan kapal ini
Quote: BAE System Maritime-Naval Ships melengkapi ketiga kapal perang yang semula dipesan oleh Angkatan Laut Kesultanan Brunei Darussalam itu dengan pengarah senjata elektro-optik Ultra Electronics/Radamec Series 2500, radar penjejak I/J-band BAE Insyte 1802SW I/J-band, radar navigasi Kelvin Hughes Type 1007, radar Thales Nederland Scout, dan penangkal serangan Thales Sensors Cutlass 242.
Untuk keperluan perang bawah air dari serbuan dan intipan kapal selam, kapal-kapal perang ini dilengkapi radar berbasis sonar di lambung Thales Underwater Systems TMS 4130C1, radar permukaan dan udara E-band dan F-band BAE Systems Insyte AWS-9 3D. Inilah salah satu sebab personel pengawaknya cukup banyak. Tiap kapal memerlukan 79 personel termasuk sang komandan kapal.


Quote:PERSENJATAANQuote:
KRI Usman-Harun
Quote: Spoiler for Oto Melara 76 mm
Quote:Meriam Oto Melara 76 mm
Quote: Meriam Oto Melara 76 mm merupakan meriam utama di kapal perang Bung Tomo Class dan beberapa kapal perang TNI AL lainnya.Meriam Oto Melara 76 mm ini mampu menembak dengan kecepatan tinggi (rapid fire) sehingga cocok untuk digunakan sebagai meriam penangkis serangan udara, baik berupa peluru kendali maupun pesawat terbang dan helikopter.Amunisi yang di pakai meriam ini terdiri dari berbagai jenis, diantaranya adalah jenis amunisi armour piercing, incendiary, directed fragmentation sedang untuk jarak tembak tergantung pada sudut tembakan dan material amunisi yang di gunakan, namun secara umum jarak tembak bisa mencapai antara 5 km hingga 20 km.
Spoiler for Rudal Anti Kapal Exocet MM40 Block II
Quote:Exocet MM40 block II ditembakan dari KRI SIGMA Class
Quote: Kapal perang ini dilengkapi dgn 8 rudal buatan Prancis yang memiliki kecepatan 315 meter per detik dan bisa menjangkau sasaran hingga 180 Km dioperasikan dgn sistem fire and forget

Spoiler for VLS MBDA MICA Surface to Air Missile
Quote:MBDA MICA misil pertahanan udara yg diluncurkan secara vertikal
Quote: 16 peluncur rudal Mica ini dirancang untuk bisa dioperasikan dalam waktu singkat dan mampu beroperasi di segala cuaca, dan mampu menyesuaikan dengan arah datangnya target hingga 360 derajat.Target favorit rudal ini adalah pesawat tempur, UAV, helikopter dan menyergap rudal anti kapal, termasuk sasaran dalam modus sea skimming.Mica dapat menyergap sasaran sejauh 25 km dengan ketinggian 9 km.Yang patut diacungi jempol, Mica sanggup menghadapi target yang punya kemampuan manuver tinggi. Semisal berhadapan dengan jet tempur, rudal ini sanggup meladeni G-force hingga 50G pada jarak 7 km, dan 30G pada jarak 12 km.
Spoiler for Torpedo Launcher Triple BAE Systems kaliber 324 mm
Quote:Torpedo Anti Kapal selam
Quote: Kapal ini juga dilengkapi dengan 2 peluncur torpedo triple BAE Systems kaliber 324 mm untuk menyerang target dibawah permukaan air.

Spoiler for DS 30B REMSIG 30 mm
Quote:Kanon Pertahanan jarak pendek
Quote: DS 30B REMSIG kaliber 30 mm merupakan kanon untuk menghadang terjangan roket, rudal jarak pendek, roket pelontar granat. kanon jenis ini juga sangat efektif untuk memberikan tembakan ke sasaran di permukaan laut. Di Bung Tomo Class, terdapat DS 30B yang ditempatkan pada sisi kanan dan kiri lambung kapal.Dengan jarak tembak maksimum 10.000 meter, kanon dapat memuntahkan 650 proyektil dalam hitungan satu menit. Kecepatan luncur proyektil mencapai 1.080 meter per detik. Sudut elevasi vertikal laras maksimum 65 derajat hingga -20 derajat. Amunisi ditempatkan dalam cartridge yang berisi 160 peluru. Secara keseluruhan, bobot kanon termasuk dengan amunisi mencapai 1,2 ton.

Spoiler for Radamec 2500
Quote:perangkat sensor electro optic weapon director.
Quote: Radamec 2500 memiliki beberapa sensor, seperti Sea Archer 30, FLIR (forward looking infra red), TV, eye safe high, dan PRF laser radio frequency. Hasil pencitraan dari Radamec 2500, selanjutnya dituangkan dalam dual imaging sensor yang terdapat di dalam PIT (pusat informasi tempur). Bagi operator pengendali, dapat dilakukan monitoring dan eksekusi tindakan lewat joystick. Radamec 2500 dapat di setting dengan multi mode auto tracker, lima sasaran dapat dipantau sekaligus dari jarak 18.000 meter. Radamec 2500 dirancang untuk dapat mengendalikan dua kanon DS 30B.



Quote:FOTO DAN VIDEO

Quote:Spoiler for Anjungan
Spoiler for Torpedo
Spoiler for MM40 block II Exocet
Spoiler for VLS MICA dan Oto Melara 76mm
Spoiler for AS365N Dauphin touch and go di KRI Bung tomo HUT TNI 2014
Spoiler for Heli anti kapal selam AS565 Panther akan melengkapi Bung tomo class
Spoiler for Bung tomo class bersama Sigma class KRI Diponegoro
Spoiler for Video HUT TNI 2014 DEFILE KAPAL PERANG




Terima kasih Sumber
Spoiler for Sumberlink (www.kaskus.co.id)

Quote:Silahkan Pilih Gan
  (docs.google.com)  (www.kaskus.co.id)  (www.kaskus.co.id)  (www.kaskus.co.id)

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/549907d132e2e680558b456e

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)