Home » » Perkembangan Anak Dilihat dari Aktifitas Motorik dan Kontak Visual

Perkembangan Anak Dilihat dari Aktifitas Motorik dan Kontak Visual

ijin share pengetahuan lagi
setelah sebelumnya saya share tentang
UPAYA PENINGKATAN TUMBUH KEMBANG ANAK  (www.kaskus.co.id) dan PERKEMBANGAN MOTORIK SOSIAL ANAK  (www.kaskus.co.id)
maka ini saya ingin share tentang
PERKEMBANGAN ANAK DILIHAT DARI AKTIFITAS MOTORIK DAN KONTAK VISUAL
Spoiler for PERKEMBANGAN LAHIR HINGGA 3 BULANQuote:PERKEMBANGAN LAHIR HINGGA 3 BULAN
Quote:Aktivitas motorik
Letakkan anak dalam posisi tengkurap untuk membantu perkembangan otot leher dan punggung yang diperlukan untuk mengangkat kepala
Quote:Kontak visual
  • Bayi mulai memperlihatkan kontak visual sekitar umur 1,5 bulan. Kemudian ia belajar melihat dengan memperhatikan obyek yang bergerak, terutama wajah anda atau obyek yang terang, yang digerakkan perlahan-lahan dari satu sisi ke sisi lainnya. Jarak antara mata anak dengan obyek sekitar 40 cm
  • Bantulah anak memperhatikan lingkungan sekitarnya

Quote:Komunikasi
  • Bantulah perkembangan pendengaran anak dengan berbicara sebanyak mungkin. Bicaralah selama memberi makan, mengganti popok, menggelitik anak dan bermain
  • Bantulah anak mengenal berbagai suara misalnya kerincingan, mainan yang berbunyi bila dipijat, atau musik
  • Tirulah suara anak, misalnya suara 'ooo-ooo' atau 'mmm-mmm'.
  • Kemampuan interpersonal dan sosial
  • Bayi berkomunikasi dengan menangis, mengeluarkan suara 'ooo-ooo' atau 'mmm-mmm'. Ia mencoba memberitahu bila ia merasa lapar, sakit perut atau popoknya basah. Biasanya ibu akan mengenal kebutuhan anak secara alamiah
  • Ia menginginkan untuk dibelai. Sebaiknya ia sering dibelai sambil berbicara dengan suara yang halus
  • Senyumlah kepada bayi sesering mungkin untuk mengajarnya tersenyum
  • Tidurlah dengan anak anda


Spoiler for PERKEMBANGAN 3 SAMPAI 6 BULANQuote:PERKEMBANGAN 3 SAMPAI 6 BULAN
Quote:Aktivitas motorik
  • Bayi lebih memperhatikan lingkungannya. Pada saat tengkurap, ia akan berusaha mengangkat kepala dan dadanya
  • Tengkurap sendiri kemudian membalik lagi ke posisi terlentang dimulai pada umur ini
  • Pada umur 6 bulan ia boleh didudukkan di sofa sambil diberi penyangga di belakangnya
  • Ia boleh mencoba berdiri pada kedua tungkainya. Peganglah anak pada ketiak, turunkan perlahan-lahan sampai telapak menyentuh lantai atau meja. Biasanya ia merasa senang dan menaik-turunkan badannya
  • Latihlah ia untuk menggapai suatu benda dengan meperlihatkan benda tersebut di luar jangkauannya
  • Latihlah kedua tangannya. Biarkan ia memegang biskuit dan mainan, kemudian memindahkan dari kanan ke kiri dan sebaliknya. Biarlah ia mencoba makan biskuit sendiri


Quote:Komunikasi
  • Bicaralah sesering mungkin dengan anak. Ulangi kata-kata tertentu dan usahakan agar ia mau meniru bunyi atau kata (Jangan bingung kalau anak belum mengeluarkan kata yang jelas.Umur ini ia belum dapat melakukannya. Yang penting adalah usaha meniru)
  • Bunyikan suara di luar jangkauan pandangan anak. Apakah ia menoleh ke arah sumber suara?


Quote:Kemampuan interpersonal dan sosial
  • Berikan respons bila anak menangis, jangan didiamkan saja. Bujuklah anak bila rewel
  • Anak perlu ditimang dan dibelai
  • Bila ia tersenyum pada anda, tersenyumlah kembali
  • Mengusap punggung, lengan atau tungkai dapat membantunya bersantai
  • Cobalah bermain 'Ciluk-ba' dengan anak
  • Anak menikmati saat mandi. Biarkan ia bermain dengan air. Periksa suhu air sebelum memasukkan anak. Jangan tinggalkan anak sendiri di dalam air



Spoiler for PERKEMBANGAN 6 SAMPAI 9 BULANQuote:PERKEMBANGAN 6 SAMPAI 9 BULAN
Quote:Aktivitas motorik
  • Bantulah anak untuk duduk dan mencoba berdiri pada kedua kakinya
  • Peganglah anak pada ketiak dan biarkan ia menaik-turunkan badannya
  • Bantulah anak untuk merayap atau merangkak dengan memberikan mainan di luar jangkauannya
  • Latihlah anak untuk memegang biskuit dan makan biskuit sendiri
  • Berikan mainan pada saat mandi. Jangan tinggalkan ia sendiri dalam bak mandi
  • Latihlah anak untuk menjatuhkan obyek yang dipegangnya ke dalam botol bekas tempat selai atau suatu kotak kecil. Jangan biarkan anak bermain dengan benda kecil sendirian!

Quote:Komunikasi
  • Seringlah bicara dengan anak. Cobalah anak untuk berlatih menirukan suara yang anda ke luarkan. Berikan suara di luar jangkauan penglihatannya dan latihlah ia untuk mencari sumber suara
  • Perlihatkan gambar-gambar yang cerah dan sebutkan nama gambar tersebut

Quote:Kemampuan interpersonal dan sosial
  • Anak perlu ditimang dan dibelai. Seringlah tersenyum kepadanya. Berikan respons dan cobalah bujuk bila anak menangis atau rewel
  • Teruskan bermain ciluk-ba


Spoiler for PERKEMBANGAN 9 SAMPAI 12 BULANQuote:PERKEMBANGAN 9 SAMPAI 12 BULAN
Quote:Aktivitas motorik
  • Bantulah anak untuk berjalan dengan bantuan. Jangan paksa anak berjalan sendiri
  • Biarkan ia merangkak bila ia menyukainya
  • Pada saat sedang berjalan dituntun, kadang-kadang ia berhenti untuk mencoba mengambil mainan dilantai
  • Ajarkan anak menumpuk kubus beberapa buah. Kubus yang baik berukuran sekitar 3X3X3 cm
  • Ia senang melihat-lihat laci berisi mainan. Isi suatu laci yag rendah dengan mainan atau benda yang aman, misalnya kotak plastik, peralatan masak dari kayu yang tidak tajam. Letakkan benda-benda berbahaya di laci yang tidak dapat dijangkaunya atau di tempat yang dapat dikunci

Quote:Komunikasi
  • Bicaralah sesering mungkin. Perlihatkan gambar-gambar di buku dan sebutkan namanya
  • Latihlah anak berbicara. Dapat dilakukan dengan seolah-olah berbicara kepada boneka
  • Anak biasanya menyukai musik. Biarkan ia mendengar musik yang bagus dari kaset

Quote:Kemampuan interpersonal dan sosial
  • Belai dan gelitik anak setiap bemain. Seringlah tersenyum dan bicaralah dengan nada yang manis. Teruskan bermain 'ciluk-ba'
  • Anak dapat duduk bersama keluarga pada saat makan. Ajarlah anak untuk memegang gelas dan minum dari gelas. Gunakan gelas plastik kecil dengan sedikit minuman

Quote: Kuestioner Perkembangan
Quote:Kuestioner perkembangan untuk anak berumur 9 bulan
  • Apakah ia menoleh bila anda mengeluarkan suara lembut dari belakang?
  • Apakah ia mencoba untuk meraih benda di luar jangkauannya dengan menjulurkan tangan dan badannya?
  • Bila anda bersembunyi, lalu memperlihatkan diri lagi berulangkali, apakah ia memperhatikan dan menanti kemunculan anda dengan penuh harapan?
  • Apakah sulit untuk menarik pinsil yang digenggamnya dengan kuat?
  • Apakah ia dapat berdiri selama 30 detik atau lebih sambil berpegangan pada kursi atau meja?
  • Apakah ia dapat mengeluarkan suara "ma-ma" atau "da-da" atau "pa-pa"?
  • Dapatkah ia menarik badannya ke posisi berdiri tanpa bantuan anda?
  • Apakah ia dapat membedakan anda dari orang yang asing baginya? Hal ini tampak dengan sikap malu atau tidak mau dekat dengan orang yang asing baginya
  • Apakah ia dapat memegang benda kecil misalnya kacang dengan menjepit antara ibu jari dan telunjuk? (bukan dengan seluruh telapak tangan)
  • Apakah ia dapat duduk sendiri dari posisi tidur tanpa bantuan?

Quote:Kuestioner perkembangan untuk anak berumur 12 bulan
  • Bila anda bersembunyi, lalu memperlihatkan diri lagi berulangkali, apakah ia memperhatikan dan menanti kemunculan anda dengan penuh harapan?
  • Apakah sulit untuk menarik pinsil yang digenggamnya dengan kuat?
  • Apakah ia dapat berdiri selama 30 detik atau lebih sambil berpegangan pada kursi atau meja?
  • Apakah ia dapat mengeluarkan suara "ma-ma" atau "da-da" atau "pa-pa"?
  • Dapatkah ia menarik badannya ke posisi berdiri tanpa bantuan anda?
  • Apakah ia dapat membedakan anda dari orang yang asing baginya? Hal ini tampak dengan sikap malu atau tidak mau dekat dengan orang yang asing baginya
  • Apakah ia dapat memegang benda kecil misalnya kacang dengan menjepit antara ibu jari dan telunjuk? (bukan dengan seluruh telapak tangan)
  • Apakah ia dapat duduk sendiri dari posisi tidur tanpa bantuan?
  • Apakah ia mecoba meniru 2 sampai 3 kata yang anda ucapkan padanya? Suara tiruan tidak harus persis sama, yang penting adalah ia berusaha meniru suara
  • Apakah ia dapat membenturkan 2 kubus kecil yang dipegang dengan tangan kanan dan kiri? Benda yang besar tidak dihitung


Spoiler for PERKEMBANGAN 12 SAMPAI 18 BULANQuote:PERKEMBANGAN 12 SAMPAI 18 BULAN
Quote:Aktivitas motorik
  • Bantulah anak belajar meloncat dengan berpegangan pada tangan anda
  • Ia senang menari dan bertepuk tangan mengikuti musik
  • Ia senang menyusun dan menumpuk, misalnya kubus kecil atau gelas plastik
  • Berikan 'puzzle' dengan potongan yang cukup besar. Latihlah anak untuk menyusun 'puzzle' tersebut

Quote:Komunikasi
  • Ia sudah mulai dapat menonton TV dan ia mendapat pelajaran berbicara dari TV
  • Ia dapat mengikuti instruksi sederhana, misalnya mengambilkan sesuatu atau meletakkan mainannya di suatu tempat
  • Selain menyebutkan nama gambar dan menceritakan suatu cerita, kadang-kadang tanyakan kepada anak mengenai apa yang dilihatnya

Quote:Kemampuan interpersonal dan sosial
  • Tetaplah membelai, tersenyum dan berbicara pada anak. Banyaklah bermain bersamanya. Bujuk dan berikan perhatian bila rewel
  • Latihlah untuk makan dengan sendok dan garpu. Biarkan ia ikut duduk di meja makan bersama keluarga
  • Latihlah ia untuk mengancingkan baju, memasang sepatu yang menggunakan velcro atau kancing jepret
  • Biarkan ia bermain dengan anak lain

Quote:Kuestioner Perkembangan
Quote:Kuestioner perkembangan untuk anak berumur 19 bulan
  • Apakah ia mengatakan "pa-pa" bila memanggil atau melihat ayahnya, atau "ma-ma" bila memanggil atau melihat ibunya?
  • Dapatkah ia berdiri tanpa berpegangan selama kira-kira 15 detik?
  • Dapatkah ia berdiri tanpa berpegangan selama kira-kira 30 detik?
  • Dapatkah ia membungkuk untuk memungut mainan, kemudian berdiri kembali tanpa berpegangan atau menyentuh lantai?
  • Dapatkah ia menunjukkan apa yang diinginkannya tanpa merengek atau menangis?
  • Dapatkah ia berjalan sekeliling ruangan tanpa jatuh atau terhuyung-huyung?
  • Jika ia mengambil benda kecil sebesar kacang, apakah ia menggunakan ujung ibu jari dan ujung telunjuk?
  • Jika anda menggelindingkan bola ke arahnya, apakah ia menggelindingkan atau melemparkan bola tersebut kembali kepada anda?
  • Dapatkah ia memegang cangkir atau gelas dan minum sendiri tanpa tumpah?
  • Jika anda sedang mengerjakan pekerjaan rumah tangga, apakah ia mencoba meniru apa yang anda kerjakan?

Quote:Kuestioner perkembangan untuk anak berumur 22 bulan
  • Dapatkah ia berjalan sekeliling ruangan tanpa jatuh atau terhuyung-huyung?
  • Jika ia mengambil benda kecil sebesar kacang, apakah ia menggunakan ujung ibu jari dan ujung telunjuk?
  • Jika anda menggelindingkan bola ke arahnya, apakah ia menggelindingkan atau melemparkan bola tersebut kembali kepada anda?
  • Dapatkah ia memegang cangkir atau gelas dan minum sendiri tanpa tumpah?
  • Jika anda sedang mengerjakan pekerjaan rumah tangga, apakah ia mencoba meniru apa yang anda kerjakan?
  • Apakah ia dapat menyusun 2 kubus kecil berukuran 2,5 cm pada tiap sisinya, satu di atas yang lain tanpa menjatuhkan susunan kubus tersebut? Kubus besar tidak dihitung?
  • Dapatkah ia mengucapkan paling sedikit 3 kata yang mempunyai arti selain "pa-pa" dan "ma-ma"?
  • Dapatkah ia berjalan mundur 5 langkah atau lebih tanpa kehilangan keseimbangan? Anda mungkin melihat hal ini pada saat anak menarik mainannya
  • Dapatkah ia melepaskan pakaiannya, misalnya baju, rok atau celana. Kaus kaki dan topi tidak dihitung

Spoiler for PERKEMBANGAN 2 SAMPAI 3 TAHUNQuote:PERKEMBANGAN 2 SAMPAI 3 TAHUN
Quote:Aktivitas motorik
  • Saat ini anak belajar berlari, melompat, mengatur keseimbangannya, bermain bola dan memanjat
  • Bantulah anak untuk menyusun benda-benda menurut ukuran, bentuk atau warna tertentu
  • Ia mulai belajar berhitung
  • Ajarlah ia bermain dengan balok-balok kayu atau puzzle
  • Ajarkan ia menggambar bentuk misalnya lingkaran, persegi empat atau garis
  • Ia mulai dapat berpakaian tanpa dibantu
  • Ia senang meniru memakai pakaian orang dewasa

Quote:Komunikasi
  • Perlihatkan buku bergambar, kemudian tanyakan pendapatnya tentang apa yang dilihatnya. Biarkan ia berfantasi dan berimajinasi dengan membuat cerita sendiri
  • Mintalah ia untuk menerangkan apa yang dilihat dan didengarnya waktu berada di luar rumah
  • Ajarkan ia mengetahui namanya, nama orang tuanya, dan kakaknya
  • Beritahu nama-nama pakaian waktu berpakaian

Quote:Kemampuan interpersonal dan sosial
  • Seringlah mengajaknya bermain, bercakap-cakap dan bersenda gurau. Jangan dimarahi, tetapi bujuklah dengan halus bila ia 'nakal'
  • Ajaklah ia bepergian, misalnya ke kebun binatang, taman dan tempat rekreasi


Quote:Kuestioner Perkembangan
Quote:Kuestioner untuk perkembangan anak berumur 25 bulan
  • Jika anda sedang mengerjakan pekerjaan sehari-hari di rumah, apakah ia mencoba untuk menirunya?
  • Apakah ia dapat menyusun 2 kubus kecil berukuran 2,5 cm pada tiap sisinya, satu di atas yang lain tanpa menjatuhkan susunan kubus tersebut? Kubus besar tidak dihitung?
  • Dapatkah ia mengucapkan paling sedikit 3 kata yang mempunyai arti selain "pa-pa" dan "ma-ma"?
  • Dapatkah ia berjalan mundur 5 langkah atau lebih tanpa kehilangan keseimbangan? Anda mungkin melihat hal ini pada saat anak menarik mainannya
  • Dapatkah ia melepaskan pakaiannya, misalnya baju, rok atau celana. Kaus kaki dan topi tidak dihitung
  • Dapatkah ia berjalan naik tangga sendiri. Jawab YA bila ia dapat naik tangga dengan posisi tegak, dengan berpegangan pada dinding atau pegangan tangga. Jawab TIDAK bila ia merangkak pada saat naik tangga, anda tidak memperbolehkannya naik tangga, atau ia harus berpegangan pada seseorang
  • Dapatkah ia menunjuk ke salah satu bagian badannya (rambut, mata, mulut) bila diminta dengan perkataan? Jawab YA bila ia menunjuk dengan benar tanpa petunjuk atau bantuan
  • Dapatkah ia makan dengan sendok tanpa banyak tumpah?
  • Dapatkah ia membantu memungut mainannya sendiri atau mengangkat piring jika diminta?
  • Dapatkah ia menendang bola kecil seperti bola tenis ke depan, tanpa berpegangan? Mendorong bola tidak dinilai

Quote:Perkembangan untuk anak berumur 27 bulan
  • Dapatkah ia mengucapkan paling sedikit 3 kata yang mempunyai arti selain "pa-pa" dan "ma-ma"?
  • Dapatkah ia berjalan mundur 5 langkah atau lebih tanpa kehilangan keseimbangan? Anda mungkin melihat hal ini pada saat anak menarik mainannya
  • Dapatkah ia melepaskan pakaiannya, misalnya baju, rok atau celana. Kaus kaki dan topi tidak dihitung
  • Dapatkah ia berjalan naik tangga sendiri. Jawab YA bila ia dapat naik tangga dengan posisi tegak, dengan berpegangan pada dinding atau pegangan tangga. Jawab TIDAK bila ia merangkak pada saat naik tangga, anda tidak memperbolehkannya naik tangga, atau ia harus berpegangan pada seseorang
  • Dapatkah ia menunjuk ke salah satu bagian badannya rambut, mata, mulut) bila diminta dengan perkataan? Jawab YA bila ia menunjuk dengan benar tanpa petunjuk atau bantuan
  • Dapatkah ia makan dengan sendok tanpa banyak tumpah?
  • Dapatkah ia membantu memungut mainannya sendiri atau mengangkat piring jika diminta?
  • Dapatkah ia menendang bola kecil seperti bola tenis ke depan, tanpa berpegangan? Mendorong bola tidak dinilai
  • Berikan pinsil dan kertas kepada anak. Lihat apakah ia dapat mencoret pada kertas. Jawab TIDAK bila ia membanting pinsil. Jawab YA bila ia membuat coretan di kertas
  • Apakah ia dapat menyusun 4 kubus kecil berukuran 2,5 cm pada tiap sisinya, satu di atas yang lain tanpa menjatuhkan susunan kubus tersebut? Kubus besar tidak dihitung

Quote:Perkembangan untuk anak berumur 30 bulan
  • Dapatkah ia melepaskan pakaiannya, misalnya baju, rok atau celana. Kaus kaki dan topi tidak dihitung
  • Dapatkah ia berjalan naik tangga sendiri. Jawab YA bila ia dapat naik tangga dengan posisi tegak, dengan berpegangan pada dinding atau pegangan tangga. Jawab TIDAK bila ia merangkak pada saat naik tangga, anda tidak memperbolehkannya naik tangga, atau ia harus berpegangan pada seseorang
  • Dapatkah ia menunjuk ke salah satu bagian badannya (rambut, mata, mulut) bila diminta dengan perkataan? Jawab YA bila ia menunjuk dengan benar tanpa petunjuk atau bantuan
  • Dapatkah ia makan dengan sendok tanpa banyak tumpah?
  • Dapatkah ia membantu memungut mainannya sendiri atau mengangkat piring jika diminta?
  • Dapatkah ia menendang bola kecil seperti bola tenis ke depan, tanpa berpegangan? Mendorong bola tidak dinilai
  • Berikan pinsil dan kertas kepada anak. Lihat apakah ia dapat mencoret pada kertas. Jawab TIDAK bila ia membanting pinsil. Jawab YA bila ia membuat coretan di kertas
  • Apakah ia dapat menyusun 4 kubus kecil berukuran 2,5 cm pada tiap sisinya, satu di atas yang lain tanpa menjatuhkan susunan kubus tersebut? Kubus besar tidak dihitung
  • Apakah ia dapat mengucapkan kalimat pendek terdiri dari 2 kata misalnya: "Mau minum", "Adi lapar". Kuesioner perkembangan untuk anak berumur 33 bulan





Quote:LANJUTAN DI BAWAH

=KAPUK10=

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/51e066d659cb176c1d000005

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger