Home » » Binturong, Musang Langka yang Masih Banyak Diperdagangkan

Binturong, Musang Langka yang Masih Banyak Diperdagangkan

Quote:


Halo agan-agan sekalian, gimana nih libur tahun barunya? Pasti seru kan ! Nah, dalam thread ane kali ini ane bakal bahas tentang musang yg masih banyak diperjual belikan di pasar hewan, padahal populasinya di alam liar udah nyaris punah . Ya, dia adalah Binturong Mari kita bahas yuk gan!


Quote:Quote:Mengenal Binturong

Binturong atau Binturung yang dalam bahasa latin disebut Arctictis binturong adalah sejenis musang bertubuh besar. Musang yang mirip Beruang dan mulai diminati sebagai hewan peliharaan ini memiliki beberapa keunikan. Ekor Binturung dapat berfungsi sebagai kaki kelima guna berpegangan pada dahan. Dan pada Binturong betina memiliki organ khas berupa (maaf) penis palsu (pseudo-penis)

Dalam beberapa daerah binatang ini disebut sebagai Binturong, Binturung, Menturung atau Menturun. Dalam bahasa Inggris, hewan ini disebut Binturong, Malay Civet Cat, Asian Bearcat, Palawan Bearcat, atau secara ringkas Bearcat. Disebut Bearcat mungkin dikarenakan karnivora berbulu hitam lebat ini bertampang mirip beruang yang berekor panjang, serta berkumis lebat dan panjang seperti kucing. Sedangkan di China binatang ini disebut Xiong-Li.

Binturung (Arctictis binturong) tersebar mulai dari Bangladesh, Bhutan, Brunei Darussalam, Kamboja, Cina, India, Indonesia (Jawa bagian barat,Kalimantan, Sumatera), Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Filipina (provinsi Palawan), Thailand, dan Vietnam. Di Indonesia binatang ini termasuk hewan yang dilindungi.

Quote:Quote:Ciri-ciri dan Karakteristik

Binturung memiliki tubuh yang berukuran besar dan ekor yang besar dan panjang. Panjang tubuh Binturong antara 60 â€" 95 cm, sedangkan panjang ekornya antara 50 â€" 90 cm. Beratnya binatang sejenis Musang ini sekitar 6 â€" 14 kg, bahkan bisa mencapai 20 kg.

Binturong berambut panjang dan kasar yang berwarna hitam seluruhnya atau kecoklatan, dengan taburan uban keputih-putihan atau kemerahan. Pada masing-masing ujung telinga terdapat seberkas rambut yang memanjang. Ekor Binturung berambut lebat dan panjang, terutama di bagian mendekati pangkal, sehingga terkesan gemuk. Ekor ini dapat digunakan untuk berpegangan pada dahan sebagai ‘kaki kelima’. Yang unik, Binturung betina memiliki pseudo-penis alias penis palsu, suatu organ khas yang langka ditemui pada makhluk lainnya.

Binturung sebagaimana umumnya musang, merupakan binatang nokturnal yang aktif di malam hari. Walaupun lebih sering berada di atas pepohonan (arboreal) Binturong juga turun ke tanah (terestrial). Kadang-kadang ada juga yang bangun dan aktif di siang hari.

Sebagai bangsa karnivora, Binturung (Arctictis binturong) memakan telur, hewan-hewan kecil semacam burung dan hewan pengerat. Namun Binturung juga memakan buah-buahan dan dedaunan.

Binturung sangat pandai memanjat dan melompat dari dahan ke dahan, binatang sejenis musang ini biasanya bergerak tanpa tergesa-gesa di atas pohon. Ekornya digunakan untuk keseimbangan, atau terkadang berpegangan manakala sedang meraih makanannya di ujung rerantingan. Cakarnya berkuku tajam dan melengkung, memungkinkannya untuk mencengkeram pepagan dengan kuat. Kaki belakangnya dapat diputar ke belakang untuk memegang batang pohon, sehingga binturung dapat turun dengan cepat dengan kepala lebih dulu.

Seperti umumnya Musang, Binturung mengeluarkan semacam bau dari kelenjar di bawah pangkal ekornya. Bau ini digunakan untuk menandai wilayah kekuasaannya. Hewan betina melahirkan 2-6 anak, setelah mengandung selama kurang lebih 91 hari.

Quote:Quote:Berita Binturong terancam punah

Quote:Quote:BERITA#1
Populasi Binturong (Arctictis binturong) cenderung mengalami penurunan. Oleh IUCN Redlist binatang ini dimasukkan dalam status konservasi Vulnerable (VU; Rentan). Selain itu juga terdaftar dalam CITES Apendiks III. Binatang ini oleh pemerintah Indonesia termasuk salah satu satwa yang dilindungi.

Berkurangnya populasi Binturong disebabkan oleh perburuan dan hancurnya hutan sebagai akibat penggundulan hutan dan kebakaran hutan. Binturung diburu untuk diambil kulitnya yang berbulu tebal, dan untuk dimanfaatkan bagian-bagian tubuhnya sebagai bahan obat tradisional.

Dewasa ini mulai banyak orang yang memelihara Binturong sebagai hewan peliharaan layaknya kucing dan anjing. Binatang ini memang lucu sebagai hewan peliharaan tetapi saya yakin akan semakin ‘lucu’ jika Musang berkaki lima ini punah di alam liarnya.



Quote:Quote:BERITA#2
Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat, menyelamatkan seekor Binturung. Berawal dari sebuah informasinya masyarakat terkait keberadaan hewan yang dilindungi ini dipelihara warga setempat.

“Hewan langka ini yang sudah dipelihara oleh warga asal Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, selama 6 bulan, “ kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA ) Singkawang, Pasaoran Samosir, Rabu 11 Juni 2014,.

“Dipelihara selama 6 bulan sama warga asal Kecamatan Sungai Raya. Masih liar. Ini Binturung jenis betina. Besar sekali. 13 kilogram beratnya,” lanjut Samosir.

Untuk selanjutnya, kata Samosir hewan ini akan dibawa ke tempat aman. “Kita akan evakuasi ke Lembaga Konservasi Taman Satwa Sinka Island Kota Singkawang,” katanya.

Samosir menjelaskan, Binturung masuk Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES) atau konvensi perdagangan internasional tumbuhan dan satwa liar spesies terancam adalah perjanjian internasional antarnegara yang disusun berdasarkan resolusi sidang anggota World Conservation Union (IUCN) tahun 1963.

Lebih lanjut Samosir menambahkan, hingga saat ini populasi hewan tersebut mengalami penurunan. "Populasinya berkurang karena pembukaan lahan untuk perkebunan," kata dia.

Ancaman lain datang dari kerusakan lingkungan di hutan-hutan sebagai akibat pembalakan liar. Hancurnya hutan mengakibatkan rusaknya habitat Binturung, sehingga populasinya di alam terus menurun. Kini Binturung termasuk hewan yang dikhawatirkan kelestariannya dan termasuk hewan dilindungi di Indonesia.

Quote:Quote:Galeri Binturong

Quote:Quote:Video-video Binturong

Spoiler for
sumber  (www.youtube.com)

Spoiler for
sumber  (www.youtube.com)

Spoiler for
sumber  (www.youtube.com)

Spoiler for
sumber  (www.youtube.com)



Quote:Quote:Foto-foto Binturong

Spoiler for

Spoiler for

Spoiler for

Spoiler for

Spoiler for

Spoiler for

Spoiler for

Spoiler for

Spoiler for

Quote:Sumber:
- alamendah.org  (alamendah.org)
- news.liputan6.com  (news.liputan6.com)
- Beberapa video ane ambil dari Youtube dan gambar ane ambil dari Google Image

Thread lain dari ane:
- "Kucing Bakau" Kucing langka yg jago renang  (www.kaskus.co.id)
- Inilah Yang Terjadi Ketika Agan Mendownload Game Bajakan  (www.kaskus.co.id)
- Pelajaran yg Bisa Kita Ambil Dari Fenomena Game Flappy Bird  (www.kaskus.co.id)
- [GoGreen] Pengharum Ruangan Dari Rumput Laut  (www.kaskus.co.id)
- Kumpulan Tablet Gaming Android Terbaik  (www.kaskus.co.id)
- Apa Saja Istilah Seputar Keamanan Komputer  (www.kaskus.co.id)

Thread ane selengkapnya  (www.kaskus.co.id)

Jangan lupa timpukin TS pake jangan timpuk TS pake . Sesudah membaca, budayakan komeng dan

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/54a0eeedc0cb176b1c8b456b

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)