Home » » Masih Ingatkah Agan Dengan Seni Kruistik ?

Masih Ingatkah Agan Dengan Seni Kruistik ?

Assalamu'alaikum



Quote:Insyaallah Gak Repost Gan
Spoiler for Cek

Quote:Apa Itu Kruistik ?

Spoiler for AnswerKruistik (bahasa Belanda: kruissteek) atau tusuk silang adalah salah satu jenis sulaman yang memakai jahitan benang yang bersilangan (membentuk huruf X) di atas kain tenunan sejajar. Teknik jahitan membentuk huruf X disebut setik silang (tusuk silang), sehingga kruistik populer dengan sebutan "tusuk silang".

Produk kruistik berupa sulaman gambar-gambar untuk hiasan pakaian, perabot rumah tangga, atau hiasan dinding. Desain gambar kruistik dapat dicontoh dari buku berisi pola-pola motif atau hasil desain sendiri.

Benang yang dipakai adalah benang sulam dari katun atau rayon. Jarum untuk kruistik adalah jarum tapestri berujung tumpul dengan mata jarum ukuran besar agar bisa dilewati beberapa helai benang sekaligus


Quote:Sejarah Kruistik
Kruistik adalah salah satu bentuk tertua dari kerajinan sulam (kerajinan bordir), dan dapat ditemukan di seluruh dunia. Hasil kerajinan kruistik seperti pakaian yang dihias dengan kruistik, khususnya dari benua Eropa dan Asia dijadikan benda pameran di berbagai museum etnologi di seluruh dunia.

Kerajinan sulam sangat populer di kalangan rakyat Eropa Timur dan Eropa Tengah. Ciri khas kerajinan sulam mereka adalah pola geometris dan tusuk silang dua dimensi (bayang-bayang benda tidak dibuat) dengan benang hitam dan merah di atas kain linen.

Hasil kerajinan kruistik tertua yang diketahui orang di Amerika Serikat adalah sulaman kruistik asal tahun 1653 yang disimpan di Pilgrim Hall, Plymouth, Massachusetts. Sulaman tersebut adalah hasil karya Loara Standish, anak perempuan dari Kapten Myles Standish.


Quote:Kain Untuk Kruistik
Kain untuk kruistik adalah kain yang memiliki kotak-kotak (lubang-lubang) dalam ukuran yang sama, horizontal maupun vertikal. Oleh karena itu, hasil jahitan terlihat seperti pola-pola persegi dengan ukuran yang sama.

Jenis kain yang umum untuk kruistik adalah kain strimin, kain aida, dan kain linen. Kain aida memiliki kotak-kotak per inci yang dapat dihitung: 8, 11, 14, 16, dan 18 kotak per inci. Satu kotak berarti satu jahitan yang membentuk huruf X. Jumlah helai benang untuk satu jahitan bergantung ukuran kain dan selera. Tusuk silang di kain aida 11 kotak per inci misalnya, memakai 3 helai benang, sementara di kain aida 14 memakai 2 helai benang.
Spoiler for Kain Strimin

Kebetulan, Ibu ane dulu hobi bikin ginian gan. Nih, beberapa karya Ibu ane
Spoiler for Karya Ibu Ane
Spoiler for 1

Spoiler for 2

Spoiler for 3Yang ini keliatanya paling sulit nih gan


Kata ibu ane, proses pembuatanya itu hampir berbulan-bulan, bahkan tahunan. kadang ibu ane sampe' bosen, berhenti di tengah jalan

Ane dulu juga pernah buat gan. Kruistik yang sederhana banget. Beberapa hari yang lalu sempet ilang, tapi ketemu lagi di gudang. kainya udah kusam banget. ini picnya

Spoiler for kalo jelek jangan diketawain yeSpoiler for pict

Spoiler for pict

Spoiler for pict

Meskipun sederhana banget, ane buat ini hampir 3 bulan gan



Nih gan, karya-karya kruistik keren lainya

Spoiler for 1

Spoiler for 2

Spoiler for 3

Spoiler for 4

Spoiler for 5

Spoiler for 6

Spoiler for 7

Spoiler for 8

Spoiler for 9

Spoiler for 10
Hasil kerajinan kruistik di Jerman, 1735.

Update!

Spoiler for 11

Spoiler for 12

Spoiler for 13

Spoiler for 14

Spoiler for 15

Spoiler for 16

Spoiler for 17

Update!!

Spoiler for 18

Spoiler for 19

Spoiler for 20

Spoiler for 21

Spoiler for 22

Spoiler for 23

Spoiler for 24

Spoiler for 26

Spoiler for 27


Spoiler for 28

Mother of Kruissteek

Spoiler for 29

Spoiler for 30

Spoiler for 31

Spoiler for 32

Spoiler for 33

Spoiler for 34

Spoiler for 35

Spoiler for 36

Spoiler for 37

Spoiler for 38

Quote:Original Posted By nurizkayudha â–º

ini gan beberapa
Spoiler for karya ibu ane

Quote:Original Posted By nurizkayudha â–º


ini karya ane gan
Spoiler for karya ane





Buat yang penasaran pengen nyoba, nih ane kasih video tutorialnya gan

Tutorial Membuat Tusuk Silang


Tutorial Membuat Pola Kruistik




Apa Kata Kaskuser ?
Spoiler for Apa Kata KaskuserQuote:Original Posted By damon.bairdâ–º
jaman SD pernah ada tugas bikin kruistik gan. ternyata lumayan asik juga lho

ane dulu bisa bikin pola sederhana diajarin emak. tapi udah lupa sekarang.

dan ane gak malu sebagai cowok bikin kruistik

Quote:Original Posted By k1dth3c4t â–º
Ibu ane dl suka bikin gan...
tapi sekarang koq ga pernah bikin lg ya... mungkin karena udah sibuk banget kali ya...

Quote:Original Posted By Jokiez â–º
oalah rajutan ini ya
dulu ibu sama kakakku sering bikin
sekarang dah jarang bikin

Quote:Original Posted By judexs2010 â–º
jadi inget mantan bikin gambar masjid gede...
ane tanya kapan selesainy?
dia jawabnya lebaran juga selesai... (pas awal puasa tuh ane nanyanya)..
ternyata jadinya bener lebaran..tapi 3 tahun kemudian....
dia bikinnya kalau sempat aja kan dia kerja...

Quote:Original Posted By yiska.ayu â–º
*ane punya banyak Gan, tp g ada yg kelar ane bikin


Quote:Original Posted By tardar.sauce â–º
dulu ane waktu SD sering buat gannnn.
dan ane cowok
seru aja liat ibu ane buat kaya gitu.
jadi ane ikut2an dahhh

Sekian dari ane gan
Bagi yang mau nambahin silahkan
ane berharap sama gan


Spoiler for SumberWikipedia (id.wikipedia.org)
Youtube  (www.youtube.com)

Sumber Gambar :
Dari Rumah Ane Gan

Beberapa gambar lainya ane dapet dari

Google Image  (www.google.com)

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/53532e8ec907e745088b46bb

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)