Home » » Ternyata Inil Manfaat dari Shut Down Komputer Agan

Ternyata Inil Manfaat dari Shut Down Komputer Agan



Spoiler for Cek Repost

Quote:Intro dulu gan :
Di masyarakat terdapat mitos yang cukup menyesatkan tentang mematikan komputer. Banyak yang beranggapan bila setiap komputer atau laptop dilarang dimatikan lewat 'shut down' setiap malam setelah dipakai seharian.

Namun, mitos tersebut salah besar! Rutin mematikan komputer atau laptop sejatinya mempunyai beberapa manfaat tersendiri yang baik untuk komputer, bahkan membuatnya dapat berumur panjang.

Lalu, keuntungan apa saja yang bisa didapat dengan rutin melakukan shut-down pada komputer? Berikut ulasannya.


1.Spoiler for Minim masalah sistem

Keuntungan pertama yang didapat oleh pengguna dengan rutin mematikan komputer adalah masalah temporer sistem dan program komputer. Sebagian besar komputer yang memang digunakan seharian penuh seperti komputer server atau warnet (warung internet) khusus game terbukti sering mengalami masalah sistem.

Meskipun masalah-masalah itu tidak terlalu serius, namun peningkatan frekuensi timbulnya masalah bisa membuat pengguna jengah. Nah, masalah-masalah itu biasanya akan teratasi setelah dilakukan reboot.

Jika Anda ingin lebih dini mengantisipasi masalah-masalah sistem tersebut, lebih baik melakukan shut-down secara rutin. Bagi laptop sendiri akan lebih baik di-shut-down kurang dari 8 jam.

2.Spoiler for Hemat listrik dan buat baterai awet

Dengan mematikan komputer di malam hari dan tidak meninggalkannya untuk mengunduh film atau game semalaman penuh, Anda juga secara otomatis menghemat daya listrik atau baterai cukup tinggi.

Terlebih bila komputer Anda adalah komputer premium dengan spesifikasi tinggi. Komputer premium biasanya mengonsumsi energi baterai dan listrik yang lebih tinggi. Mematikan komputer di malam hari bisa menghindarkan Anda dari tunggakan listrik tinggi.

Selain itu, terus menggunakan laptop semalaman dengan charger yang terus terhubung sering kali dapat membuat baterai cepat ngedrop. Anda tentu tidak mau menganggarkan uang sampai Rp 1 juta untuk membeli baterai baru bukan?

3.Spoiler for Komputer jauh lebih awet

Komponen hardware dari komputer dan laptop biasanya baru akan bermasalah setelah 3-5 tahun pemakaian. Namun, jarang mematikannya bisa mempersingkat umur karena terlalu sering digunakan dan 'kepanasan'.

Oleh karena itu akan lebih baik rutin menshut-down komputer untuk menjamin komputer Anda berumur panjang. Di sisi lain, jangan melupakan pembersihan komponen CPU atau laptop dari debu yang menempel dan rutin mengupdate software agar beban kerja komputer tidak terus bertambah.

4.Spoiler for Bebas polusi suara

Bagi laptop yang dihidupkan semalaman mungkin suaranya tidak akan terlalu mengganggu telinga kita, namun lain halnya dengan komputer. Suara dari fan dan komponen lainnya dapat merusak jam tidur Anda. Apalagi, dalam beberapa kasus komputer dapat secara tidak sengaja mengeluarkan suara apabila terjadi masalah.

Jadi, sebaiknya Anda rajin mematikan komputer di malam hari agar tidak mendapat gangguan saat tengah tertidur lelap. Hal ini juga sangat disarankan bila Anda tinggal di kosan dan mempunyai teman sekamar.

Coment kaskuser yang bermanfaat

Quote:Original Posted By gigolo.lokal â–º
laptop toshiba L745 ane 3.5 tahun beli BM an oke oke aja
pkoknya 3 jam pakai dimatiin 1/2 jam nunggu adem dolo..
trus keyboardnya ane beliin kondom biar debu nggak masuk

Quote:Original Posted By KiddrevolverZ â–º
untuk PC pastikan sirkulasi udara aman gan. PC ane awet dr ane kuliah sampe sekarang +- 7 tahun, paling upgrade aja macem ram, vga, monitor. PS nya aja masih bagus.

Quote:Original Posted By zhaoyue000 â–º
Kalau ane pake laptop asus, 2~3bln sekali bongkar laptop bersihin daleman dari debu2 yang ada, terutama di bagian fan sama lubang ventilasinya.
Trauma dulu laptop toshiba gara2 lubang fan ketutupan debu jadi panas sering overheat trus mokad.

Quote:Original Posted By terakhirx â–º
SLEEP itu buat komputer kalau mau ditinggal sebentar. Komputer akan mematikan layar, harddisk, dll yang ga perlu. Tapi daya masih dipakai soalnya memori (RAM) harus tetap hidup.

HIBERNATE itu buat komputer kalau mau ditinggal lama tapi masih ada pekerjaan yang belum selesai. Komputer akan menyalin data dari memori ke harddisk kemudian mematikan komputer. Copot baterai, cabut colokan setelah itu terserah (orang komputernya mati). Nanti saat dinyalakan kembali data di harddisk tersebut akan disalin kembali ke memori dan aplikasi bisa langsung lanjut dipakai.
Jadi disini ente perlu adanya ruang bebas seukuran memori di harddisk (buat nyimpan data) serta ada kemungkinan suatu aplikasi tidak bisa melewati hibernasi (ane sih belum pernah nemuin, tapi secara teori bisa saja).

SHUTDOWN itu kalau pekerjaan sudah selesai. Komputer akan menutup aplikasi sama mematikan komputer. Lakukanlah shutdown soalnya kadang ada aplikasi yang ga bisa ilang dari memori meskipun sudah ditutup.
-----
- Normalnya, kalau laptop ente sleep, lama-lama juga akan hibernate otomatis.
- Hibernate akan lama kalau RAM ente besar, akan cepat kalau harddisk/SSD ente cepat



Spoiler for Bonus Jika berkenan ane minta dan jangan lupa di Gan

Sumur   (www.merdeka.com)

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/549d2ecfc0cb1770338b4576

Hosting

Hosting
Hosting

TryOut AAMAI

Hosting Idwebhost

Hosting Idwebhost
Hosting Handal Indonesia

Belajar Matematika SD

Popular Posts

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger