Home » » Serba Serbi Tinggal di Asrama Mahasiswa

Serba Serbi Tinggal di Asrama Mahasiswa

  (www.kaskus.co.id)


Quote:Quote:Mukaddimah

Image courtesy of facebook.com
Quote:Asrama Mahasiswa adalah Sebuah Tempat Tinggal bagi Mahasiswa dan Mahasiswi yang berada di lingkungan Kampus Sebuah Perguruan Tinggi yang dikelola oleh Pihak Perguruan Tinggi Tersebut, Asrama Mahasiswa bahkan termasuk juga dalam salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berada dalam naungan Bidang Kesejahteraan Mahasiswa, jadi bisa dikatakan bahwa Asrama Mahasiswa bukan tempat tinggal biasa. Pada Waktu ane menjadi Mahasiswa sekitar beberapa tahun yang lalu ane tinggal di Asrama Kampus sejak masih menjadi Mahasiswa Baru sampai Lulus dan di Wisuda, Banyak sekali kenangan dan juga pengalaman yang ane rasakan selama tinggal disana, dan itu semua akan ane angkat dalam sebuah thread sederhana kali ini.

Semoga thread sederhana ini bisa bermanfaat.




Quote:Serba Serbi Tinggal di Asrama Mahasiswa
Quote:Quote:Sekilas Tentang Asrama Mahasiswa

Image courtesy of beritalima.com
Quote:Asrama Mahasiswa adalah sebuah tempat tinggal bagi Mahasiswa dan Mahasiswi pada sebuah kampus yang letaknya dilingkungan kampus tersebut, mereka yang tinggal disana biasanya disebut Warga Asrama, Antara Mahasiswa dan Mahasiswi gedung tempat tinggalnya berbeda namun jaraknya tidak terlalu berjauhan. Keduanya berada dalam satu naungan organisasi bernama Asrama Mahasiswa. Siapa Saja boleh tinggal disana selama mereka tercatat sebagai Mahasiswa Kampus Tersebut, namun yang diutamakan adalah mereka yang berasal dari Luar Daerah, bahkan Luar Pulau serta berasal dari golongan ekonomi menengah ke bawah. Masa Tinggal terbatas namun bisa diperpanjang dengan memenuhi syarat-syarat tertentu.

Quote:Quote:Bukan Sekedar Tempat Tinggal

Image courtesy of facebook.com
Quote:Seperti yang ane kemukakan diatas, Asrama Mahasiswa itu termasuk salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berada dibawah naungan bidang Kesejahteraan Mahasiswa, jadi bisa dikatakan Asrama Mahasiswa itu bukan sekedar tempat tinggal seperti kebanyakan penginapan dan Asrama yang lain, disana terdapat Sebuah Struktur Organisasi lengkap dengan AD/ART layaknya UKM yang lain, termasuk juga di dalamnya Pembina yang selalu mengawasi dan membimbing selama kita tinggal disana, mereka yang tinggal disana secara otomatis harus bisa mengikuti segala aturan dan konsekuensi yang ada serta mengikuti kegiatan yang telah ditetapkan secara bersama.

Quote:Quote:Asrama Adalah Miniatur Kampus

Image courtesy of facebook.com
Quote:Asrama Mahasiswa itu bisa dikatakan adalah miniatur dari kampus tempat kita menimba ilmu, hampir semua Mahasiswa dan Mahasiswi yang tinggal disana berasal dari berbagai jurusan yang ada, selain itu mereka yang tinggal disana adalah orang pilihan karena untuk bisa tinggal disana harus mengikuti seleksi yang ketat dan jika ada kegiatan yang melibatkan Mahasiswa dan Mahasiswi atas nama kampus yang sifatnya isidental maka Warga Asrama lah yang menjadi utusan terdepan, hal itu disebabkan karena jumlah warganya yang banyak dan berada disatu tempat sehingga mudah untuk dikumpulkan dalam waktu yang singkat, beda halnya jika melibatkan mahasiswa yang bukan warga asrama.

Quote:Quote:Keistimewaan Bagi Warga Asrama

Image courtesy of asrama.um.ac.id
Quote:Untuk dapat tinggal dan menetap di Asrama Mahasiswa harus melalui seleksi yang ketat, sehingga bisa dikatakan mereka yang tinggal disana adalah orang-orang pilihan. Selain orang Pilihan mereka yang tinggal disana juga memiliki keistimewaan, yang paling utama tentu saja pada biaya sewa yang relatif sangat murah karena mendapatkan subsidi dari Kampus, termasuk juga dalam hal listrik dan air, selain itu ada juga kemudahan untuk mendapatkan berbagai macam informasi karena letaknya yang berada di lingkungan kampus, dan jika ada Beasiswa bagi Mahasiswa, prioritas utama adalah Warga Asrama. Belum lagi masalah sarana dan prasarana penunjang yang ada lebih komplit dari sebuah rumah kost, bahkan ada cleaning servis dan juga juru masaknya, dan jujur saja, semua keistimewaan itu adalah daya tarik utama mengapa mahasiswa ingin tinggal disana.

Quote:Quote:Adanya Beban yang Berat

Image courtesy of facebook.com
Quote:Karena berbagai keistimewaan yang dimiliki tersebut, maka akan banyak tantangan yang harus dihadapi dan itu bisa menjadi sebuah beban yang berat. Warga Asrama itu selalu menjadi sorotan di lingkungan kampus, mulai dari nilai, sikap dan etika serta perbuatan sehari-hari di lingkungan Kampus. Selain masalah yang ane sebutkan tersebut, karena Asrama adalah sebuah organisasi maka Warga Asrama juga harus mengikuti berbagai kegiatan yang ada serta harus bisa menyesuaikan itu semua supaya kegiatan belajar juga tetap berjalan, tentu ini menjadi sebuah tantangan tambahan, hanya mereka yang kuat yang bisa bertahan disana, tidak jarang pada tiap semester selalu ada warga yang mengundurkan diri sebelum masa tinggalnya habis untuk mencari tempat tinggal lain karena ketidak mampuan mengikuti semuanya dengan baik.

Quote:Quote:Beragam Kegiatan yang dilakukan

Image courtesy of dunia-ima.blogspot.com
Quote:Sebagai sebuah Organisasi Kemahasiswaan, tentunya ada banyak kegiatan yang dilakukan disana disela kesibukan utama sebagai Mahasiswa, mulai dari yang sifatnya keagamaan seperti kuliah subuh dan kuliah maghrib setiap hari bagi warga yang Muslim, kegiatan sosial seperti Bakti Sosial serta Penggalangan Dana jika ada Bencana Alam, Kegiatan Hiburan seperti Mengadakan Acara kesenian, Acara Olah Raga seperti Jalan Pagi dan berbagai Perlombaan yang tingkat Kampus dan Regional, bahkan tidak jarang pula acara yang diadakan sifatnya sudah Tingkat Provinsi dan berbagai kegiatan lainnya. Kegiatan itu dilakukan setiap hari untuk kegiatan harian dan jika skalanya besar dilakukan pada akhir pecan. Tentunya ini menjadi tantangan tersendiri bagi Warga yang tinggal disana untuk bisa menyesuaikan dengan kegiatan Kampus lainnya.

Quote:Quote:Contoh Kecil Kehidupan Sebenarnya

Image courtesy of smartyouthclub.wordpress.com
Quote:Tinggal di Asrama dengan banyak orang yang berasal dari berbagai daerah dan juga adat istiadat serta asal usul yang berbeda membuat sebuah keragaman dan juga menjadi sarana yang sangat baik untuk belajat tentang hidup dan kehidupan. Selain belajar berorganisasi, disana kita belajar tentang banyak hal, mulai dari karakteristik orang, sifat, etika dalam bergaul dan berbagai pelajaran tentang hidup lainnya. Keanekaragaman dan juga perbedaan yang ada adalah sebuah contoh kecil dari apa yang akan kita temui di kehidupan nyata nantinya. Tidak jarang selalu saja ada konflik yang tercipta antar sesama warga, bagaimana kita menyikapi dan menyelesaikannya membuat kita semakin dewasa dalam berfikir, itu masih dalam jumlah yang bisa dihitung, tapi setidaknya itu menjadi modal awal untuk terjun dalam masyarakat dengan permasalah yang lebih komplek.


Quote:Ada Yang Punya Pengalaman Lain ???

Quote:
Pengalaman Pribadi

  (www.kaskus.co.id)

Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/5498b56e128b46b1318b4575

TryOut AAMAI

Popular Posts

Solusi WC Mampet Degra Simba

Arsip Kaskus HT

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
close(x)